Home » Articles posted by Dosen Kab. Pati

Author Archives: Dosen Kab. Pati

Pengenalan TIM 1 KKN UNDIP  dan Pengenalan Potensi Desa oleh Perangkat Desa Margotuhu Kidul

Pati, Jumat(5/1/2018) TIm 1 KKN UNDIP melakukan pengenalan kepada Perangkat Desa Margotuhu Kidul di Kantor Kepala Desa Margotuhu Kidul. Setelah dilakukan pengenalan oleh TIM 1 KKN UNDIP, pihak Perangkat Desa menjabarkan seluk beluk dan potensi  yang ada di Desa Margotuhu Kidul. Salah satu potensinya adalah pembenihan lele. Pembenihan lele sudah menjadi mata pencaharian utama bagi sebagian besar masyarakat desa Margotuhu Kidul.
null
Pembenihan lele yang ada di Desa Margotuhu Kidul Merupakan salah satu pembenihan terbaik dan terbesar di jawa Tengah. Bahkan beberapa waktu yang lalu sempat mendapatkan penghargaan melalui video terbaik nasional yang menjadikan lele Desa Margotuhu Kidul sebagai objek peliputan. Di desa Margotuhu Kidul sudah tidak ada lagi masyarakat yang menganggur karena sudah tercukupi dengan adanya mata pencaharian yang ada khususnya Pembenihan lele.

Selain potensi yang ada di desa Margotuhu Kidul, perangkat desa juga menjabarkan permasalahan yang ada, umumnya masih terikat dengan peternakan lele. Salah satu permasalahannya adalah SDM yang kurang akan pengetahuan baik itu dalam pengelolaan maupun penginformasian kepada pelanggan benih lele karena semua yang dilakukan dalam pembenihan lele masih dilakukan dengan cara yang tradisional.(Faza/Sekar)

Editor : Dr. Adi Nugroho, M.Si.

Pemberangkatan KKN Undip Tim 1 Tahun 2018 ( Desa Tunjungrejo Kec. Margoyoso Kab. Pati )

Semarang – Rabu (3/1), Universitas Diponegoro kembali mengirim mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 ke beberapa kabupaten di Jawa Tengah yaitu meliputi Kabupaten Pati, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Jepara. Serangkaian acaranya dimulai pada hari Rabu tanggal 3 Januari 2018 upacara pemberangkatan KKN undip Tim 1 pukul 07.30 WIB di Lapangan Widya Puraya Undip. Upacara dipimpin oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, Ketua LPPM Undip Prof. Dr. Ret. Nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T., Ketua P2KKN Undip Dr. Ir. Edy Prasetyo, M.S., Dosen Pendamping Lapangan KKN dan para dekan fakultas. Peresmian pemberangkatan KKN Undip Tim 1 dilaksanakan pukul 09.00 WIB oleh bapak Rektor Undip. Upacara diakhiri dengan penyerahan topi KKN secara simbolis kepada koodinator kecamatan.

Kemudian, keberangkatan KKN Undip Tim I tahun 2018 tahap pertama dilaksanakan setelah upacara pada hari yang sama. Setelah pemberangkatan tahap pertama selesai dilanjutkan Tim I KKN Undip tahap kedua melakukan pengangkutan motor yang terbagi menjadi dua lokasi, yaitu di Gedung Prof. Soedarto dan Gedung ICT yang berlangsung pada pukul 14.00-17.00 WIB, serta pengumpulan barang-barang pribadi di titik kumpul yang telah ditentukan oleh masing-masing desa pada malam harinya.

Keberangkatan Tim I KKN Undip tahap kedua sendiri dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Januari 2018 pada pukul 09.15 WIB di titik kumpul, yaitu Gedung Prof. Soedarto. Mahasiswa KKN tiba di kantor Kabupaten Pati pada pukul 11.00 WIB.

Pati (4/1). Acara penyambutan Penerimaan mahasiswa KKN Tim I Undip di kantor Kabupaten Pati dihadiri oleh Bupati Pati Bapak Haryanto, Bappeda Pati, dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Bupati secara simbolis melakukan penyerahan topi kepada dua perwakilan mahasiswa KKN Undip. Kegiatan ini berakhir pada pukul 15.00 WIB dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju kantor Kecamatan Margoyoso.

Margoyoso, Kab. Pati (4/1). Sesampainya di Kecamatan Margoyoso mahasiswa KKN Tim I Undip mengikuti Penyambutan mahasiswa KKN Tim I Undip di kantor Kecamatan Margoyoso yang dihadiri oleh bapak Camat, perangkat Kecamatan, Kepala Desa di Kecamatan Margoyoso, Polres dan Koramil setempat, serta Dosen Pendamping Lapangan (DPL). ). Kemudian bapak Camat melakukan pengenalan kepala Desa kepada mahasiswa KKN dan penyerahan topi secara simbolis kepada masing-masing kepala Desa mahasiswa KKN Undip Tim 1 untuk mengakhiri acara penyambutan.

Setelah selesai penerimaan di kecamatan, tiap kepala desa mengantarkan mahasiswa KKN undip ke desa tujuan masing-masing.
(Andhika/Ikhsan)
Editor by : Dr. Adi Nugroho, M.Si

 

UMKM di Desa Cebolek Kidul, Kec. Margoyoso Kab. Pati Potensial Maju

 

(09/01/18) Desa Cebolek Kidul merupakan desa dengan potensi UMKM yang cukup variatif, terdapat lebih dari 10 UMKM yang rata rata bergerak di bidang kerajinan, seperti; tas monte, sapu keset, catering, kue basah, keripik dan masih ada beberapa lainnya.

Seperti yang di ceritakan oleh Hj. Mami, selaku pemilik dari UMKM tas monte di Desa Cebolek Kidul RT 2 / RW 3 usaha ini dimulai tahun 1994 dan memiliki jumlah keuntungan bersih sebesar Rp 2 juta per bulan. Tas monte buatan Hj. Mami sudah dipasarkan hingga kota Tangerang dan Jakarta.

Permasalahan yang dimiliki oleh beberapa pemilik UMKM adalah kurangnya minat masyarakat untuk melanjutkan usaha dan kurang baiknya metode pemasaran produk menyebabkan sebagian dari beberapa UMKM yang mengalami kemerosotan omset bahkan sebagian nyaris gulung tikar. (Anqi Z. / Tomi)

 IMG_3264-min

Tas Monte Karya Hj. Mami, Salah Satu UMKM dari Desa Cebolek Kidul

IMG_3263-min (3)

 Beberapa Kerajinan Lain yang dibuat Oleh Hj. Mami

Editor Oleh : Dr. Adi Nugroho, M.Si

KKN Tim 1 Undip Desa Bulumanis Lor Bantu Warga Benahi Makam Desa

Desa Bulumanis Lor, Margoyoso, Pati (05/01/2018). Kegiatan kerja bakti ini merupakan kegiatan pertama yang diikuti mahasiswa KKN TIM 1 Undip 2017/2018. Kegiatan dimulai dari jam 08.00 pagi sampai sebelum adzan shalat Jumat. Kerja bakti ini dilakukan di pemakaman umum Desa Bulumanis Lor, diikuti oleh sebagian besar kepala keluarga dan pemuda desa. Kerja bakti ini dilakukan dalam rangka pembangunan jalan melalui proyek betonisasi di dalam lingkungan makam dengan hasil akhir jalan setapak yang menghubungkan pintu masuk bagian depan dan belakang. Kegiatan ini juga dimanfaatkan mahasiswa untuk bersosialisasi dengan masyarakat agar lebih akrab.
kerja bakti 2

Kegiatan kerja bakti ini menyiratkan pesan bahwa masyarakat Desa Bulumanis Lor memiliki jiwa sosial dan gotong-royong. Melalui informasi warga kegiatan seperti ini sering dilakukan oleh masyarakat desa untuk saling membantu dan menjaga kebersihan Desa Bulumanis Lor. (Izat&Anggi)

Editor by : Dr. Adi Nugroho, M.Si