Home » Lokasi KKN » Kab. Pemalang

Category Archives: Kab. Pemalang

BELAJAR BATIK MANGROVE DI DESA MOJO

Mojo, Senin (29/01/18) –  Mahasiswa KKN mengadakan pelatihan membuat batik dengan menggunakan pewarna dari mangrove. Pelatihan ini dilaksanakan di  Sekretariatan Kelompok Pelita Bahari, di Desa Mojo. Pelatihan ini dimulai dari jam 2 siang sampai dengan jam 5 sore. Pelatihan ini dihadiri oleh ibu-ibu PKH dan PKK. Selain ibu-ibu dari Desa Mojo, terdapat ibu-ibu dari desa sekitar seperti Tasikrejo. Pelatihan ini juga bekerja sama dengan mahasiswa FPIK yang ada di desa-desa sekitar seperti Blendung, Tasikrejo, Kertosari, dan Kaliprau.

Pada awal kegiatan membatik, mahasiswa KKN memberikan penjelasan seputar mangrove. Penjelasan tentang jenis mangrove, pentingnya mangrove hingga informasi lainnya mengenai mangrove. Setelah itu, Ibu Endang selaku Dosen Pembimbing Lapangan mengenalkan contoh hasil batik mangrove yang sudah dijahit sehingga menjadi suatu pakaian. Setelah memberikan beberapa patah kata, pelatihan membuat batik pun dimulai.

Pelatihan membuat batik dimulai dengan pembuatan pola batik pada kain. Para ibu yang datang dibagi menjadi 5 kelompok, kemudian memulai untuk membatik. Ibu-ibu yang datang pun antusias untuk membatik. Dengan rapi, ibu-ibu menyelesaikan batik dan mencelupkan kain yang sudah dibatik pada pewarna yang sudah disiapkan oleh mahasiswa KKN. Setiap ibu-ibu mencoba untuk mencelupkan kain pada pewarna dan dengan bangga mengangkat hasil karya batik masing-masing. Setelah semua selesai, mahasiswa beserta Dosen berfoto bersama sambil memegang hasil karya batik.

Tidak lupa mahasiswa KKN memberikan penjelasan ulang tentang bagaimana cara membuat pewarna dari mangrove, dan cara memberi warna pada batik. Selain itu, diberikan contoh-contoh bahan yang diperlukan agar hasil batik mangrove lebih bagus lagi. Dosen juga memberi motivasi kepada ibu-ibu Mojo jika ingin memulai usaha dalam batik Mangrove khas Mojo.  Pelatihan ini diharapkan dapat menumbuhkan ide dan niat ibu-ibu untuk memulai suatu UMKM baru sehingga Mojo makin maju dan dikenal masyarakat luar.

PEMALANG PUNYA KARYA !!!!

Kaliprau, Ulujami, 4 Februari 2018, Pantai Kaliprau yang biasanya sepi seketika ramai oleh warga serta lautan mahasiswa KKN Se-Kabupaten Pemalang. Acara Expo yang diadakan oleh mahasiswa KKN Kabupaten Pemalang ini juga dihadiri oleh Bupati Pemalang serta Wakil Rektor I Universitas Diponegoro. Acara sempat mundur karena hujan yang turun sejak pagi, namun akhirnya hujan reda dan acara bisa dimulai. Expo ini diawali dengan sambutan dari Bupati Pemalang, Wakil Rektor I, serta Koordinator Kabupaten Mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan penampilan tari kesenian oleh mahasiswa KKN, dan ditutup dengan penampilan dari Orkes Lentera. Disepanjang jalan juga terdapat stand-stand umkm dari masyarakat, dan stand donor darah. Walaupun hujan turun namun antusias masyarakat dan mahasiswa tidak surut sampai acara berakhir

Kegiatan Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Desa Sukorejo, Kec. Ulujami, Pemalang – Menggali Potensi Desa Sukorejo

Pemalang – Minggu, 15 Juli 2018.
Sejak diterjunkan di lokasi KKN Pada 10 Juli – 15 Juli 2018, mahasiswa TIM II KKN UNDIP Desa Sukorejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang telah mengikuti berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan Posyandu, audiensi dengan perangkat desa, serta wawancara dengan masyarakat Desa Sukorejo guna mengetahui permasalahan yang ada di Lokasi KKN.

Aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan posyandu dimulai dengan pendataan nama balita dan dilanjutkan dengan melakukan penimbangan berat badan oleh petugas posyandu yang mana diantaranya adalah ibu kepala dusun dan dibantu oleh mahasiswa KKN.

Dari hasil Wawancara dan Audiensi yang dilakukan, informasi tersebut digunakan untuk menyusun program baik yang bersifat Individual maupun Kelompok guna mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Sukorejo

 

Reportase Minggu Pertama KKN UNDIP Tim II 2018 Desa Wiyorowetan

Reportase Selasa, 10 Juli 2018

Selasa, 10 Juli 2018 Tim II KKN UNDIP 2018 mengikuti upacara pelepasan dan peresmian kegiatan KKN di lapangan Widya Puraya Universitas Diponegoro. Upacara pelepasan mahasiswa KKN Tim II dihadiri oleh Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Setelah upacara pelepasan selesai, mahasiswa KKN menuju desa tempat KKN masing-masing.

Tim KKN 2018 terlebih dahulu tiba di Kantor Kecamatan Ulujami untuk mengambil kendaraan masing-masing tanpa dilakukan upacara penerimaan di kecamatan seperti tahun sebelumya. Kemudian Tim II KKN UNDIP melanjutkan perjalanan ke Desa Wiyorowetan, Ulujami, Pemalang dan menuju posko KKN. Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu melakukan penataan dan membersihkan rumah posko KKN. Setelah itu mengunjungi Balai Desa Wiyorowetan untuk membereskan izin dll.

 

Reportase Kamis, 12 Juli 2018

https://drive.google.com/open?id=18AAnc2wWen64a_MyVTjBkqoEuOzTSsNB
Kunjungan ke Balai Desa Wiyorowetan

 

Agenda hari ini diawali dengan kegiatan perkenalan mahasiswa dengan para perangkat desa di Balai Desa Wiyorowetan. Kepala Desa, Ibu Susyati menerima mahasiswa KKN dengan tangan terbuka. Selain perkenalan, mahasiswa KKN diberikan informasi berkaitan dengan profil desa yaitu, lokasi, data penduduk, dan sarana serta infrastruktur desa. Sekretaris Desa memberikan pesan kepada mahasiswa KKN untuk melaksanakan program KKN dengan baik dan tertib agar dapat membantu terciptanya kesejahteraan Desa Wiyorowetan. Selain itu, masing-masing anggota Tim II KKN UNDIP juga menggali informasi kepada Ibu Kades dan beberapa perangkat desa yang disesuaikan dengan bidang keilmuan dari masing-masing anggota Tim II KKN UNDIP.

 

 

 

 

 

 

Reportase Jumat, 13 Juli 2018

Kunjungan ke Rumah Ibu Kepala Desa

 

 

Agenda pada hari dimulai dengan olahraga pagi yaitu badminton dengan anak-anak yang ada di sekitar posko pada pagi harinya. Sore harinya Tim II KKN UNDIP mengunjungi kediaman Ibu Kepala Desa Wiyorowetan untuk silaturahmi sekaligus memberikan Doa kepada Ibu Kades dan keluarga yang akan beerangkat ke Tanah Suci untuk Melaksanakan Ibadah Haji. Setelah itu Tim II KKN UNDIP melanjutkan silaturahmi dengan mengunjungi beberapa rumah warga yang ada di sekitar posko untuk menambah keakraban sebagai tetangga sementara selama Tim II KKN UNDIP menrmpati posko. Pada saat berada di rumah warga Tim II KKN UNDIP juga mendapatkan tambahan informasi terkait Desa Wiyorowetan.

 

Reportase Sabtu, 14 Juli 2018

Kunjungan ke IPNU

 

 

Kegiatan hari ini dari pagi sampai siang diisi dengan kegiatan survei ke tempat yang relevan dengan keilmuan dari masing-masing anggota Tim II KKN UNDIP. Pada sore harinya Kordes, Sekdes dan Bendes melakukan pertemuan koordinasi se-Kecamatan Ulujami guna membahas  rencana program kerja tingkat kecamatan.

 

 

 

Reportase Minggu, 15 Juli 2018

Kunjungan ke rumah Bapak RT Pemaparan Program Kerja di Balai Desa

 

 

Tim II KKN UNDIP Desa Wiyorowetan mengunjungi Ketua RT 02 yaitu rumah Bapak Sugeng, Ketua RW dan menyambangi rumah Bapak Sekretaris desa yaitu Pak Heru untuk melakukan silaturahmi dan menggali informasi tentang potensi dan permasalahan yang ada di Desa Wiyorowetan secara lebih mendalam. Pada sore harinya Tim II KKN UNDIP juga mengunjungi kediaman Ibu Evi sebagi Ketua Ibu-Ibu PKK untuk bersilaturahmi sekalikus menanyakan kegiatan Ibu-Ibu PKK yang ada di Desa Wiyorowetan. Malam hari sekitar pukul 19.30 Tim II KKN UNDIP melakukan perkenalan secara resmi Kepada Perangkat Desa, Ketua RT/RW, Tokoh Agama, Ketua BDP, karangtaruna dan masyarakat di Desa Wiyorowetan sekaligus Tim II KKN UNDIP melakukan pemaparan program kerja dan meminta saran serta masukan untuk kelangsungan program kerja kedepannya.

 

 

 

 

 

 

 

Silaturahim dan Penerimaan Tim II KKN Undip di Balai Desa Pamutih

Image and video hosting by TinyPic

Pamutih – Tim II KKN Undip di Desa Pamutih, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang diterjunkan ke lapangan untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Tim II KKN Desa Pamutih Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang mengunjungi Balai Desa Pamutih Kecamatan Ulujami pada tanggal 11 Juli 2018 dengan agenda untuk silaturahim dengan perangkat desa, sekaligus merupakan kegiatan penerimaan mahasiswa Tim II KKN Undip Desa Pamutih Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh mahasiswa Tim II KKN Undip Desa Pamutih yang berjumlah 11 orang, Pak Abdurrokhim selaku Kepala Desa Pamutih, Pak Sukotjo selaku Ketua Badan Permusyawaratan Daerah, Pak Darminto selaku Kepala Dusun Tengah, dan Pak Sucipto selaku Sekretaris Desa. Agenda tersebut berlangsung pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Dalam agenda tersebut, mahasiswa dan perangkat desa saling memperkenalkan diri dan perangkat desa pun menceritakan mengenai desa pamutih sebagai awalan bagi mahasiswa untuk melakukan survey permasalahan desa. “Ketika kalian sampai di Desa Pamutih itu berarti kalian musti mengenal desa pamutih. Jadikanlah KKN ini sebagai ajang pembelajaran bagi kalian untuk berbaur dengan masyarakat” ucap Kepala Desa Pamutih.
Image and video hosting by TinyPic
Gambar: Suasana di Balai Desa Pamutih

Perangkat Desa Pamutih mengharapkan kepada mahasiswa agar dapat mengidentifikasi dan memberikan solusi terhadap permasalahan desa sehingga KKN di Desa Pamutih dapat berkesan dan membekas di masyarakat.

Kemeriahan Warga Desa Pamutih dalam Peresmian Taman Keong

Image and video hosting by TinyPic

PAMUTIH – Sabtu, 14 Juli 2018 diadakan acara berupa peresmian Taman Keong yang berlokasi di Dusun Keong Desa Pamutih Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Taman Keong sendiri merupakan taman yang dibangun oleh masyarakat di Dusun Keong Desa Pamutih atas inisatif masyarakat sendiri. Masyarakat menyadari bahwa perlunya sebuah taman yang nantinya dapat memperindah lingkungan mereka dan dapat dijadikan tempat bermain. Taman tersebut terletak di jalan utama Desa Pamutih, tepatnya berada pada Dusun Keong. Acara peresmian taman tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Kepala Dusun Desa Pamutih, warga desa pamutih, serta mahasiswa KKN Tim II Undip. Acara tersebut berlangsung sangat meriah dengan diawali pemotongan tumpeng sebagai simbol peresmian taman oleh Kepala Desa dan dilanjutkan dengan acara hiburan yang mendatangkan penyanyi lokal di Desa Pamutih. Acara tersebut berlangsung mulai dari pukul 19.00 WIB

Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic
Gambar 1: Pemotongan Tumpeng oleh Kepala Desa Pamutih
Gambar 2: Warga Desa Pamutih Turut memeriahkan acara peresmian Taman Keong

EDUKASI MANAJEMEN STRES IBU HAMIL

Program ibu hamil

Sabtu (21/07/18) – Program kerja mahasiswa Tim II KKN Undip pada Desa Limbangan, telah melaksanakan edukasi kepada ibu hamil yang ada di desa dengan penerapan metode manajemen stres pada ibu hamil. Manajemen stres ini bertujuan untuk membantu mengurangi tingkat stres yang dialami oleh ibu hamil. Pola metode ini dilakukan di salah satu rumah kepala dusun Plambangan Gumingsir sebut saja di rumah Bpk. Tayamu. Program ini diikuti oleh 21 ibu hamil.
Pentingnya dilaksanakan edukasi ini bagi ibu hamil selain untuk mengurangi tingkat stres yang dialami juga dapat melatih ibu hamil untuk mempercepat peredaran darah sehingga badan ibu hamil menjadi rileks. Salah satu bentuk program ini adalah dengan melakukan senam peregangan ringan untuk ibu hamil.

Oleh Tim II KKN Undip

Desa Limbangan

MAHASISWA TIM II KKN UNDIP LAKSANAKAN EXPO LIMBANGAN, KEC. ULUJAMI KAB. PEMALANG

Expo Limbangan

Limbangan Expo, Minggu (22/07/18) – Mahasiswa Tim II KKN Undip telah melaksanakan program “Expo Limbangan”. Mahasiswa Undip ciptakan inovasi baru untuk memperkenalkan kepada masyarakat hasil karya dari potensi masing-masing bidang. Program ini dilaksanakan di Balai Desa Limbangan, Kecamatan Ulujami dengan sasaran ibu-ibu PKK yang ada di desa ini. Salah satu inovasi ini bisa mengembangkan hasil potensi yang ada di Desa Limbangan. Adapun potensi yang terdapat di masyarakat yaitu pertambakan. Program ini telah mengembangkan olahan hasil potensi yang ada di desa tersebut.

Program expo ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat terkait bidang yang disampaikan. Diantaranya berupa edukasi mengenai pentingnya pendidikan seks usia dini yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pelecehan seksual kepada anak, edukasi mengenai penanganan terhadap tetangga atau anggota keluarga yang menderita gangguan jiwa, sedangkan bidang hukum memberikan pengetahuan baru tentang hak-hak masyarakat dalam bekerja, memberikan penyuluhan peraturan berlalu lintas serta memberikan pengetahuan tentang keadilan Jamkesda. Mahasiswa di bidang perikanan dan kelautan memberikan inovasi pengolahan ikan menjadi berbagai variasi makanan, hal ini juga diterapkan oleh mahasiswa peternakan dan pertanian dimana mahasiswa ini memberikan edukasi mengenai sistem bercocok tanam secara vertikultur dengan memanfaatkan limbah botol bekas.

Oleh Tim II KKN Undip
Desa Limbangan

Bijak Ber-Social Media Bersama Masyarakat Desa Pamutih

Image and video hosting by TinyPic

Pamutih – Mahasiswa Tim II KKN Undip 2018 melaksanakan program peningkatan kesadaran hukum dalam menggunakan social media melalui pemahaman Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 jo. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau biasa dikenal dengan sebutan Undang-Undang ITE. Program ini menyasar kepada siswa dan guru di SMP Negeri 2 Ulujami dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Desa Pamutih. Berangkat dari kenyataan di lapangan bahwa sejumlah siswa usia SMP ditinggal oleh orangtuanya yang merantau ke Ibukota, sehingga sulit untuk mengontrol perilaku mereka sehari-hari. Selain itu, jumlah pengguna telepon pintar (smartphone) di kalangan usia mereka sangat banyak. Maka dari itu, mahasiswa Tim II KKN Undip 2018 merasa bahwa hal ini penting untuk diberikan kepada siswa sebagai peningkatan pemahaman mereka akan koridor dalam menggunakan social media dengan baik.

Pada penyampaian materi mengenai bijak ber-social media oleh salah satu mahasiswa fakultas hukum, disampaikan mengenai 6 aturan wajib yang harus diketahui dan dipahami oleh setiap warga negara khususnya dalam hal ini siswa beserta gurunya antara lain ketentuan yang mengatur mengenai perbuatan yang dilarang meliputi konten yang melanggar kesusilaan, konten yang berisi perjudian, penghinaan/pencemaran nama baik, ancaman, penyebaran berita hoax, dan ujaran kebencian. Ketentuan-ketentuan tersebut menjadi sangat penting untuk diketahui oleh siswa beserta guru dikarenakan 6 ketentuan tersebut paling banyak dilanggar, terlebih lagi ketentuan mengenai penghinaan, hoax, dan ujaran kebencian yang belakangan sering membuat resah masyarakat. Dalam program ini disampaikan secara detil rumusan perbuatan menurut undang-undang ITE, contoh kasus sederhana, dan penegasan pada materi bagian sanksi pidananya.

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Kegiatan tersebut berlangsung di SMP Negeri 2 Ulujami selama 3 hari mulai dari Senin 23 Juli 2018 sampai dengan 25 Juli 2018, serta di Ikatan Pelajar Muhammadiyah pada tanggal 28 Juli 2018. Kegiatan dilaksanakan pada kelas 9A, 9B, dan 9D di SMP Negeri 2 Ulujami, dan pada pengajian rutin dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah di Masjid Baitussalam Pamutih. Kegiatan berlangsung interaktif dan siswa beserta guru antusias dalam menyambut kegiatan ini karena mereka menganggap sama bahwa UU ITE sangat penting untuk diketahui para siswa.

Harapan dari adanya kegiatan ini ialah untuk meningkatkan pengetahuan bagi siswa dan guru mengenai aturan-aturan yang wajib ditaati dalam menggunakan social media serta sebagai sarana bagi guru untuk lebih dapat mengontrol siswa manakala kondisi saat ini lebih banyak siswa yang telah menggunakan social media, dengan tujuan agar tidak terjadi keresahan dalam msyarakat akibat penggunaan social media yang tidak bijak.

Jelang Idul Adha, Tim KKN UNDIP Sosialisasikan Metode Pemilihan Daging ASUH

https://drive.google.com/file/d/1xiGK-JmretEdGM3W-Z4x21tyeo2B6am5/view?usp=sharing

BUMIREJO – Tim II KKN Universitas Diponegoro tahun 2018 menyelenggarakan sosialisasi dengan tema “Metode Pemilihan Daging ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal)” di Balai Desa Bumirejo pada Rabu (25/7). Kegiatan tersebut bersamaan dengan acara selapanan ibu-ibu PKK Desa Bumirejo yang rutin diselenggarakan setiap bulannya.

 

Materi disampaikan oleh Fatimah, mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro. Materi yang disampaikan meliputi metode pemilihan daging hewan yang berkualitas serta pendeteksian daging ayam tiren. Kualitas daging yang disorot dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah aman, sehat, utuh dan halal atau yang biasa disingkat sebagai ASUH. Keempat aspek tersebut merupakan hal wajib yang harus diketahui oleh ibu-ibu rumah tangga yang merupakan penyedia konsumsi di rumah. Penyampaian materi ini dinilai sangat tepat, terlebih dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, umat muslim akan merayakan hari raya ‘Idul Adha.

 

Menurut Fatimah, pemilihan daging yang baik dan berkualitas merupakan salah satu kunci dalam pemenuhan gizi keluarga, serta sebagai langkah awal untuk mencegah terjangkitnya penyakit berbahaya yang berasal dari konsumsi daging yang tidak berkualitas dan tidak layak untuk dikonsumsi. Materi lain yang disampaikan dalam kesempatan tersebut yakni mengenai berbagai jenis penyakit dan bahaya yang ditimbulkan dari daging yang tidak memenuhi kriteria ASUH. Berbagai penyakit yang disampaikan merupakan kasus-kasus nyata yang marak terjadi di masyarakat. “Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan masyarakat mampu untuk memilah dan memilih daging yang baik dan berkualitas untuk keperluan konsumsi sehari-hari, sehingga timbul kesadaran dalam masyarakat untuk tidak mengkonsumsi daging yang buruk meski dengan harga yang relatif murah, untuk menghindari terjadinya dampak negatif yang dapat ditimbulkan”, ujar Ardik Putra Pratama selaku koordinator KKN Desa Bumirejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

https://drive.google.com/file/d/1EjwI3eLr6Tin1ZqjUIl9dKEgu_EXvjfC/view?usp=sharing