Home » beranda

Category Archives: beranda

Jumat Asik Bersama Ibu-Ibu Kader Posyandu Parakan Wetan

Parakan- (20/07/2018). Pada pukul 08.30 telah berlangsung kelas ibu dan balita di Balai Kampung RW 4 Parakan Wetan. Penyampaian materi diberikan oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP jurusan Ilmu Gizi. Pada acara tersebut berisi pemaparan tentang gizi pada balita, untuk meningkatkan pengetahuan akan pentingnya gizi pada balita. Selain itu, juga dipaparkan materi terkait karakteristik balita, perubahan motorik, perubahan psikologis, MPASI (Makanan Pendamping ASI), kebutuhan zat gizi mikro dan makro pada balita, penentuan status gizi, serta permasalahan lain yang sering terjadi pada balita.

Siang harinya bertempat di Mini Mandiri Kantor Kelurahan Parakan Wetan telah berlangsung pelatihan kerajinan tangan yang terbuat dari pinggiran gelas plastik bekas. Keterampilan ini diambil karena memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai untuk menghasilkan suatu produk yang bernilai ekonomis. Ada berbagai kerajinan tangan yang ditampilkan, meliputi piring, keranjang belanja, tempat tisu, tempat aqua, dan vas bunga. Vas bunga merupakan salah satu kerajinan tangan yang dipilih untuk dipraktekkan kepada ibu-ibu karena sangat simple untuk diberikan kepada ibu-ibu kader posyandu.

Untuk memudahkan para ibu-ibu, dibuat 3 kelompok dengan tujuan untuk saling bekerjasama dan membangun kekompakan. Ibu-ibu kader posyandu Parakan Wetan terlihat antusias dan penuh dengan semangat. Awalnya, para ibu-ibu sangat kewalahan karena mereka baru pertama kali membuat kerajinan tangan dari pinggiran gelas plastik bekas. Tetapi, karena semangat ibu-ibu yang sangat antusias, akhirnya mereka berhasil membuat vas bunga.  Setelah pelatihan keterampilan dilanjutkan dengan senam skj dan “lagi syantik” bersama ibu-ibu kader posyandu.

Sore harinya, berlangsung penyuluhan kelas ibu hamil yang berlokasi di PKD (Poli Klinik Desa) RW 9 kelurahan Parakan Wetan. Materi yang disampaikan antara lain mitos-mitos seputar kehamilan, kebutuhan gizi pada ibu hamil, masalah-maslah yang sering dialami pada ibu hamil, trimester-trimester kehamilan dan diagnosis kehamilan, serta cara menentukan usia kehamilan. Peserta terlihat antusias dengan pemaparan materi ini terutama saat penjelasan terkait cacat bawaan pada anak. (Edit by Suryanti)

https://photos.app.goo.gl/iJUnxTYYFyRzqPFa6

KEBERSAMAAN PARA IBU DI PELATIHAN KADER POSYANDU DESA MENDONGAN

Mendongan, Sumowono (30/07/2018) – Di pagi yang cerah, kali ini Tim II KKN Undip Desa Mendongan melakukan kegiatan yaitu Pelatihan Kader Posyandu Desa Mendongan. Acara ini dipimpin oleh Diah Pitaloka Kusumaningrum dari Fakultas Kedokteran dan diikuti oleh seluruh anggota Tim II KKN Desa Sumowono. Kegitatan pelatihan dimulai pada pukul 09.30 WIB di Balai desa Desa Mendongan, serta dihadiri oleh kader posyandu Desa Mendongan masng-masing dusun dan bidan desa, Ibu Suyarni, A.md, Keb.

Susunan acara Kegiatan Pelatihan Kader Posyandu adalah pembukaan, doa, sambutan dari perwakilan Tim II KKN Undip Desa Mendongan, sambutan dari perwakilan desa, materi inti, dan penutup. Pemateri pelatihan kali ini yaitu Ibu Amy Prahesti, S.Km, M. Gizi. dari Puskesmas Sumowono. Materi pertama tentang refresing kader mengenai sistem pelayanan posyandu, cara menimbang yang benar, mengukur tinggi badan, dsb. Selain itu, Ibu Amy juga menjelaskan bagaimana cara mengisi buku KMS (Kartu Menuju Sehat). Di akhir sesi materi, ada penyampain hasil screening stunting berdasarkan hasil dari 3 posyandu yang berada di Desa Mendongan.

Para ibu kader posyandu banyak berdiskusi tentang bagaimana memajukan posyandu yang lebih baik. Pihak puskesmas berencana untuk mengadakan pelatihan kader posyandu di bulan selanjutnya, khususnya materi tentang membuat bekal sehat. Diharapkan,  pelatihan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Mendongan melalui posyandu di tiap dusun.

 

edit by kusyogo cahyo

LINGKUNGAN SEHAT BERSAMA POSYANDU DUSUN MENDONGAN

LINGKUNGAN SEHAT BERSAMA POSYANDU DUSUN MENDONGAN

Mendongan, Sumowono (21/07/2018) – Di hari yang cerah ini, Tim II KKN Desa Mendongan tahun 2018 ikut berpatisipasi dalam kegiatan Posyandu Dusun Mendongan periode Juli 2018 di Balai Desa Desa Mendongan. Kali ini, partisipasi kegiatan dipimpin oleh Diah Pitaloka Kusumaningrum Al-Muharram dari Fakultas Kedokteran dan dibantu oleh Senia Rahayu dan Muhammad Zaki Fuad dari Fakulas Teknik, Disha Septiviardi serta Sarah Nabila dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Posyandu Dusun Mendongan sudah ramai dikunjungi ole masyarakat sejak pukul 09.00 WIB. Berdasarkan data yang ada, yang hadir sebanyak 52 orang, 32 orang ibu dan balita serta 20 orang lansia. Tim II KKN Desa Mendongan membantu Ibu Suharni, A.md, Keb untuk melakukan beberapa prosedur dan pemeriksaan di posyandu. Para ibu dan balita datang bergiliran untuk mengukur tinggi badan, mengukur berat, dan mencatat buku KMS (Kartu Menuju Sehat) yang mereka bawa. Sedangkan lansia menuju ke meja sebelah untuk melakukan pengecekan tensi dan tekanan darah, pengukuran kolesterol, gulah darah sewaktu (GDS), dan asam urat.

Masalah yang ditemukan berkaitan dengan pemeriksaan kesehatan di posyandu adalah ditemukan 5 anak yang memiliki perawakan pendek (stunting) dan hampir seluruh pasien lansia yang melakukan pengecekan, baik hipersensi, asam urat dan gula darah, hasilnya menunjukkan tekann darah, kolesterol, asam urat, dan GDS yang tinggi. Diharapkan para ibu yang anaknya didapatkan perawakan pendek untuk langsung konsultasi ke puskesmas, agar diberi penanganan lebih lanjut. Selain itu, masyarakat dihimbau untuk menjaga pola hidup (olahraga dan aktivitas fisik) agar terhindar dari Sindroma Metabolik.

182

Edit by Winarni

TAHU BAKSO “AL-FARUQ” : POTENSI UMKM DESA MENDONGAN

TAHU BAKSO “AL-FARUQ” : POTENSI UMKM DESA MENDONGAN

Mendongan, Sumowono (13/07/2018) – Pukul 10.00 WIB, Tim II KKN Desa Mendongan melakukan kunjungan ke salah satu UMKM yang ada di Desa Mendongan, yaitu Pabrik Pembuatan Tahu Bakso “Al-Faruq” di Dusun Gondangsari. Survei ini dipimpin oleh Arif Hartadi dan dibantu oleh seluruh anggota Tim II KKN Desa Mendongan. Menurut pemilik pabrik tersebut adalah Pak Tajib dan sekarang pembuatan tahu bakso dikelola oleh istrinya, yaitu Ibu Nur Khimatul. Pabrik pembuatan tahu bakso ini termasuk home industry, letaknya di belakang rumah Bu Nur. Pabrik ini memproduksi 2 jenis olahan, tahu putih biasa dan tahu bakso.

164

Foto : Proses pengolahan tahu bakso

Bu Nur mengatakan bahwa tahu bakso ini sudah berdiri sejak lama. Tahu bakso yang diproduksi biasanya dipasarkan di Pasar Pagi dan mereka juga menerima pesanan. Pabrik Tahu Bakso “Al-Faruq” bisa memproduksi 6000-6500 buah tahu per hari dengan kisaran harga untuk 1 tahu sebesar Rp 600,- dan untuk kemasan menggunakan plastik atau mika sebesar Rp 6.000,- .Hal yang perlu ditingkatkan dalam UMKM Tahu Bakso ini adalah memperluas pemasaran, pembuatan logo dan packaging yang menarik serta menyusun sistem keuangan yang baik dan benar. Karena, apabila UMKM Tahu Bakso ini dikembangkan, maka dinilai bisa menjadi potensi bagi Desa Mendongan.

 

edit by kusyogo cahyo

Cegah Pernikahan Dini, Mahasiswa KKN dampingi siswa MTs Desa Sidorejo

Sidorejo – Selasa, 24 Juli pukul 8.00 pagi telah diadakan rangkaian pendampingan remaja dalam rangka mencegah pernikahan dini pada siswa kelas IX MTs Riyadlotut Thalabah Desa Sidorejo. Edukasi mengenai akibat pernikahan dini pada pelajar perlu diberikan mengingat masih adanya pernikahan remaja pada usia sekolah. Hal tersebut dapat berdampak pada masa depan pelajar yang melakukannya. Dilaporkan siswa MTs yang menikah menghadapi kesulitan saat menghadapi ujian nasional.

Kespro Remaja

Acara dimulai dengan permainan ringan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai pengenalan aspek hukum pernikahan dini. Setelah pemberian materi pertama, materi tentang kesehatan reproduksi remaja. Materi keehatan reproduksi remaja meliputi pertumbuhan dan perkembangan manusia pada masa remaja serta mengenali tanda perkembangan reproduksi remaja. Selain itu, aspek kesehatan dari pernikahan dini diberikan. Acara diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab pada pukul 10.00.

Kegiatan Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Desa Sukorejo, Kec. Ulujami, Pemalang – Menggali Potensi Desa Sukorejo

Pemalang – Minggu, 15 Juli 2018.
Sejak diterjunkan di lokasi KKN Pada 10 Juli – 15 Juli 2018, mahasiswa TIM II KKN UNDIP Desa Sukorejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang telah mengikuti berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan Posyandu, audiensi dengan perangkat desa, serta wawancara dengan masyarakat Desa Sukorejo guna mengetahui permasalahan yang ada di Lokasi KKN.

Aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan posyandu dimulai dengan pendataan nama balita dan dilanjutkan dengan melakukan penimbangan berat badan oleh petugas posyandu yang mana diantaranya adalah ibu kepala dusun dan dibantu oleh mahasiswa KKN.

Dari hasil Wawancara dan Audiensi yang dilakukan, informasi tersebut digunakan untuk menyusun program baik yang bersifat Individual maupun Kelompok guna mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Sukorejo

 

Karnaval Budaya Peringatan HUT RI ke-73 Desa Kemiri Barat, Subah

Untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, semua rakyat Indonesia bersuka cita dalam menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas dari setiap orang dan kemudian dipamerkan di depan banyak orang.
Dalam memperingati HUT RI ke-73, Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah Kabupaten Batang mengadakan karnaval budaya yang sudah diadakan setiap tahun dan sebagai acara ulang tahun Desa Kemiri Barat yang diselenggarakan pada hari Sabtu (18/7) di lapangan sepakbola Desa Kemiri Barat.
Karnaval budaya Desa Kemiri Barat diikuti oleh seluruh elemen masyarakat desa Kemiri Barat. Setiap RT di seluruh dukuh memberikan persembahan yang sangat luar biasa, seperti keseian tungprek, drum band, barongan dan kesenian lainnya. Untuk elemen pendidikan, setiap sekolah yang ada di Desa Kemiri Barat menampilkan penampilan drumband, pasukan bendera merah putih, baju daerah, dan bendera Merah Putih terpanjang. Karnaval budaya tersebut dibuka dengan pasukan bendera Merah Putih sebagai bentuk penghormatan kepada Sang Merah Putih kemudian dilanjutkan dengan iring-iringan karnaval budaya masyarakat Desa Kemiri Barat yang berjalan mengelilingi desa.
Karnaval kebudayaan dimulai pukul 10 pagi dan selesai hingga pukul 12 siang. Kegiatan peringatan HUT RI ke-73 dilanjutkan dengan orkes dangdut di lapangan sepakbola Desa Kemiri Barat pada pukul 1 siang sampai dengan pukul 3 sore. Untuk acara puncak dilakukan pada malam hari dimulai setelah adzan Isya’ yaitu Kirab Tumpeng sebagai bentuk rasa syukur telah diberi kelimpahan hasil bumi dan dilanjutkan dengan wayang kulit sampai pagi.
karnaval budaya 2017
pakaian tentara
pembawa bendera merah putih
batik carnival
kesenian tungprek

KEMBAR ART FESTIVAL ( Festival Seni di Desa Kemiri Barat )

Pada hari Rabu (25/7) mengadakan Expo Bazar dan kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Batang. Pihak Bupati yang datang dengan staffnya-staffnya mengunjungi balai desa untuk mengetahui kondisi sekaligus mengevaluasi berbagai keluhan dari Masyarakat di daerah itu. Kedatangan Bupati langsung disambut baik oleh segenap masyarakat dan beserta Camat dan seluruh Kepala desa sekecamatan Subah.
Selama kurang lebih 3 Jam Bupati dengan ditemani staffnya melakukan diskusi ringan dan musyawarah dengan Masyarakat pihak kominfo membahas semua permasalahan. Dalam diskusi itu, Masyarakat memohon kesediaan Bupati beserta jajarannya agar lebih memperhatikan keadaan tiap Desa di Kecamatan Subah.
Di akhir kunjungan, Bupati dan Wakil Bupati mengelilingi Bazar yg tersedia di depan Balai Desa. Dalam kesempatan ini juga mahasiswa KKN Undip yang sedang berada di balai desa untuk ikut terlibat dalam proses pemberdayaan Desa.
Acara pun berjalan dengan lancar tanpa memakan waktu yang lama. Setelah itu ditutup dengan Pentas Seni dari desa Keborangan.

kembar art festival
kembar art festival 2017
lukisan di kembar art festival 2017

Mahasiswa Edukasi Hak Kekayaan Intelektual Bagi Wirausahawan Muda

Edukasi HKI Wirausahawan Muda

Pada tanggal 25 Juli 2018 sampai 31 Juli 2018 telah dilaksanakan program kerja yang bertajuk “ Kelas Hak Kekayaan Intelektual Bagi Wirausahawan Muda” yang bertempat di SMPN 1 Desa Sidorejo. Program kerja ini ditujukan bagi para siswa kelas 2 yang mana dalam pelaksanaan program ini menggantikan mata pelajaran kewirausahaan.

Mata pelajaran kewirausahaan adalah satu mata pelajaran yang tercantum dalam kurikulum 2013 dimana tujuan utama diadakan mata pelajaran ini adalah untuk mengolah dan mengasah softskill para siswa di bidang inovasi dan penciptaan suatu produk yang bernilai ekonomis. Dalam mata pelajaran kewirausahaan, para siswa secara langsung diterjunkan untuk menghasilkan suatu produk nyata hasil karya para siswa yang bersangkutan.

Namun dalam mata pelajaran kewirausahaan, para siswa tidak dibekali ilmu dalam hal hukum dibalik penghasilan produk-produk tersebut. Ilmu hukum yang dimaksud adalah hukum hak kekayaan intelektual dimana dalam hukum ini terdapat pemahaman dasar mengenai klasifikasi hak cipta dan dasar hukum berbagai macam hak cipta tersebut.

Siswa menggambar logo usaha

Pelaksanaan program kerja ini diperuntukkan bagi seluruh siswa kelas 2 SMPN 1 Desa Sidorejo dengan media pendukung berupa materi presentasi power point yang disampaikan di setiap kelas tersebut.
Program kerja ini mendapatkan respon positif baik dari pihak instansi desa, pihak tenaga pendidik SMPN 1 Desa Sidorejo dan siswa-siswa peserta program kerja ini.

Dalam pelaksanaan program kerja ini diisi dengan penyampaian materi terkait hukum hak kekayaan intelektual dan diakhiri dengan kegiatan menggambar logo merk hasil ide kreasi para siswa menurut imajinasi, inovasi, misi dan visi dibalik gambar logo merk mereka masing-masing.

Dengan diadakannya program kerja ini diharapkan mampu memberikan pemahaman mendasar bagi para peserta mengenai hukum hak kekayaan intelektual dan memberikan motivasi bagi para peserta untuk menghasilkan produk-produk hasil inovasi yang bernilai ekonomis dan memiliki nilai guna.

Mahasiswa Kurangi Paparan Gadget Dengan Kampanye “Generasi Anti Nunduk – Nunduk”

Kampanye Anti Nunduk

Sidorejo – 21 Juli 2018 pukul 10.00 telah dilaksanakan program kerja KKN Universitas Diponegoro yakni kampanye pengurangan penggunaan gadget dalam rangka mencegah penggunaan gadget yang berlebihan dan dampak negatif yang diberikan. Sasaran utama program kerja ini adalah siswa kelas VIII MTs Riyadlotut Thalabah Desa Sidorejo. Kampanye sekaligus pendampingan mengenai gadget ini perlu diberikan mengingat masih banyaknya siswa usia MTs atau SMP yang masih mengkonsumsi gadget secara berlebihan. Hal tersebut dapat berdampak pada masa depan pelajar yang mengkonsumsi gadget secara berlebihan. Walaupun pihak sekolah telah membuat tata tertib mengenai larangan untuk membawa gadget ke sekolah, namun para siswa tetap saja mencuri – curi kesempatan untuk membawa gadget mereka.

Program ini sangat penting lantaran perkembangan teknologi saat ini telah berkembang sangat cepat. Siapapun dapat mengakses segala hal melalui gadget masing – masing. Dengan demikian perlu adanya pendampingan oleh orang tua ataupun dari pihak sekolah untuk mendampingi dan mengedukasi anak – anaknya untuk bijak dalam menggunakan gadget.

Acara dimulai dengan perkenalan anggota Tim II KKN Universitas Diponegoro desa Sidorejo kepada siswa kelas VIII A MTs Riyadlotut Thalabah. Setelah perkenalan, para siswa diajak untuk icebreaking sejenak sebelum memasuki materi. Setelah itu pemberian materi mengenai pengertian gadget dan dampak yang diberikan serta bagaimana cara agar tidak kecanduan gadget. Pemberian materi menggunakan slide powerpoint dan bersifat interaktif. Terlihat dari antusiasme siswa MTs selama pemaparan materi berinisiatif untuk bertanya apabila ada penjelasan yang kurang jelas.

Program kerja ini mendapatkan respon positif baik dari pihak instansi desa, pihak tenaga pendidik MTs Riyadlotut Thalabah dan siswa-siswa peserta program kerja ini.