Home » beranda

Category Archives: beranda

MAHASISWI KKN UNDIP TAWARKAN DESAIN GEDUNG SERBAGUNA DESA KEBONDALEM

PROKER VIRA

Kebondalem, Batang (27/1). Tim I KKN Universitas Diponegoro dari Fakultas Teknik, Departemen Arsitektur mempresentasikan hasil rancangannya dan berdiskusi langsung dengan perangkat desa di Balai Desa pada Senin, 27 Januari 2020. Kegiatan tersebut dihadiri kepala desa, kepala dukuh dan kepala urusan pembangunan. Diskusi dilakukan bersama beberapa perangkat desa guna mendapatkan persetujuan bersama terhadap rancangan desain yang diberikan. Rancangan desain yang dibuat merupakan desain ulang kantor balai dan desain gedung serbaguna yang terletak di sebelah balai. Pada lahan gedung serbaguna yang dirancang awalnya merupakan gedung untuk layanan kesehatan, namun karena tidak terawat serta sudah tidak berfungsi dengan baik, bangunan tersebut diruntuhkan dan dibangun gedung serbaguna yang baru yang dapat digunakan selain untuk ruang aula atau pertemuan juga sebagai sarana olahraga futsal dan badminton.

Rancangan desain tersebut dibuat oleh Elvira Andrianti dari Tim I KKN Universitas Diponegoro yang memiliki kompetensi dibidang Arsitektur. Dengan adanya rancangan gedung serbaguna tersebut, perangkat desa terutama Kepala Desa berharap gedung tersebut dapat berfungsi dan dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat desa Kebondalem itu sendiri. Tim I KKN Universitas Diponegoro juga berharap dengan adanya rancangan desain gedung tersebut dapat membantu perangkat desa untuk mewujudkan impian mereka dalam beberapa tahun kedepan, yaitu dapat membangun gedung serbaguna dan memperbaiki tata ruang kantor balai yang masih belum optimal. (Ed – by Bsl 2020)

E-Pelayanan Website Desa Guna Mendukung Smart Village

https://i.ibb.co/TbhN9qM/Screenshot-2.png

Mentosari, Batang (25/01). Dalam rangka mendukung program smart village , mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro mengadakan optimalisasi website desa bersama dengan perangkat desa, tokoh masyarakat, dan perwakilan masyarakat. Bertempat di Balai Desa Mentosari, kegiatan ini diisi dengan pengenalan dan launching website resmi desa kepada masyarakat oleh Monica Sari dan Jati Rahma, selaku mahasiswa KKN.

Launching www.mentosari.desa.id dengan tampilan terbaru ini dilengkapi dengan adanya fitur tambahan berupa e-pelayanan, fitur yang mengakomodir pembuatan surat online, informasi mengenai pelayanan administrasi dan kotak aduan ini diharapkan menjadikan website desa menjadi sarana informasi dan komunikasi yang mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang cepat,adil dan efektif. (Ed – by Bsl 2020)

MAHASISWA UNDIP AJARKAN CARANYA, UBAH SAMPAH JADI BERKAH

WhatsApp Image 2020-01-29 at 11.00.25Lebo, Batang (29/1). Tim I KKN Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi sebagai upaya dalam pengelolaan sampah yang bertempat di Aula Balai Desa Lebo pada Rabu, 29 Januari 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh ibu ibu PKK yang ada di Desa Lebo, kepala seksi pemerintahan, kepala urusan perencanaan, serta sekretaris desa. Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar masih banyaknya masyarakat di desa Lebo yang membuang sampah di selokan dan sungai serta masih melakukan kegiatan bakar sampah.

            Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh ketua PKK, serta sambutan kepala desa yang diwakili oleh kepala seksi pemerintahan, yang kemudian dilanjut dengan kegiatan sosialisasi oleh Tim 1 KKN Universitas Diponegoro. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara bertahap yang diawali dengan pengenalan mengenai sampah dan dampak dari sampah, yang kemudian dilanjutkan sosialisasi mengenai pengelolaan sampah melalui bank sampah dan terakhir ditutup dengan sosialisasi metode pengelolaan sampah dengan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle).(Ed – by Bsl 2020)

Mentosari Siap Industri 4.0 Dengan E-Commerce

monica

Mentosari, Batang (27/01). Revolusi Industri 4.0 merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. Revolusi ini identik dengan teknologi yang berhubungan dengan internet. Di era ini, e-commerce menjadi primadona setiap orang. Berbekal smartphone, apapun bisa dibeli dalam sekejap. Merespon isu tersebut, Monica Sari, selaku mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro melakukan pelatihan pembuatan akun e-commerce kepada perwakilan pedagang Mentosari, khususnya e-commerce dalam ranah makanan. Kegiatan diselenggarakan di rumah Bapak Sikum (pedagang), diharapkan kedepannya dapat  membantu para pedagang bersaing mengikuti perkembangan industri yang ada. (Ed – by Bsl 2020)

MENTOSARI MENJADI TUAN RUMAH EXPO UNDIP 2020

expo

Mentosari, Batang (09/02).Mahasiswa KKN TIM I UNDIP Kecamatan Gringsing, mengadakan puncak acara dari KKN yaitu EXPO KKN. Bertempat di Cokro Kembang Desa Mentosari ini bertujuan mengenalkan hasil produk pemberdayaan masyarakat dan UMKM tiap desa kepada masyarakat umum, kegiatandihadiri oleh masyarakat, perwakilan Ibu-Ibu PKK dan mahasiswa KKN dari 10desa dari Kecamatan Gringsing yaitu dari Desa Kebondalem, Desa Sawangan, Desa Sidorejo, Desa Yosorejo, Desa Plelen, Desa Lebo, Desa Krengseng, Desa Kutosari, Desa Gringsing, dan Desa Mentosari.

Kegiatan dimulai pada 07.00 WIBdimeriahkan dengan beberapa rangkaian acara. Diawali dengan senam bersama diikuti oleh 200 lebih orang, sarapan gratis, menghias makanan sehat utnuk balita dan lansia, presentasi dari Raka Panji Pratama selaku Koordinator Kecamatan Mahasiswa KKN UNDIP dan diakhiri dengan kunjungan dari perwakilan LPPMUNDIP ke tiap stand mahasiswa KKN.(Ed – by Bsl 2020)

Asiknya Bikin Bros dari Kain Flanel bareng Ibu-ibu PKK Desa Mentosari Kecamatan Gringsing

Suasan Pelatihan “Membuat Bros dari Kain Flanel”

(04/01) Mahasiswa TIM I KKN Universitas Diponegoro mengikuti kegiatan “Membuat Bros dari Kain Flanel” di Balai Desa Mentosari Kecamatan Gringsing. Kegiatan diselenggarakan oleh ketua penggiat ibu–ibu PKK Mentosari, dihadiri oleh 20 orang ibu-ibu PKK Desa Mentosari. Ibu Netty selaku ketua PKK Kecamatan Gringsing turut hadir untuk memberikan pelatihan mebuat bros kepada ibu-ibu PKK.

Alat dan bahan yang digunakan yaitu kain flanel, jarum, benang, lem tembak, manik – manik, dan gunting. Ibu Netty memperagakan pembuatan bros dari tahap paling mudah yaitu memotong pola sesuai keinginan. Mayoritas dari mereka mebuat pola bunga. Tahap selanjutnya yaitu menjahit beberapa pola menjadi satu membentuk suatu objek yang diinginkan. Pada tahap akhir dilakukan finishing dengan menempel hiasan berupa penjepit atau manik – manik dengan lem tembak. Beberapa ibu-ibu PKK langsung memakai hasil karya mereka masing – masing. Adanya pelatihan diharapkan menambah keterampilan ibu-ibu PKK untuk meningkatkan produktivitas sumber daya manusia Desa Mentosari.(Ed – by Bsl 2020)

Pemberdayaan Usaha Kecil Desa Mentosari Dengan Pengenalan IUMK

apri

Mentosari, Batang (20/01). TIM I KKN Universitas Diponegoro kembali melakukan kunjungan ke beberapa UMKM desa seperti UMKM Kripik Kelapa,UMKM Furniture,UMKM Roti Pisang dan UMKM Mie Gepeng. Kunjungan dilakukan oeh Apri Adi, selaku Mahasiswa KKN, dengan tujuan meningkatkan minat para UMKM untuk mengajukan Izin Usaha Mikro Kecil .

 

Dengan memiliki IUMK, UMKM akan mendapatkan legaitas resmi dan terdaftar pada Dinas Usaha Kecil dan Menengah, sehingga memperoleh pengakuan yang sah dari berbagai pihak. Hal tersebut akan mempermudah UMKM dalam menjalin kerja sama, dan mendapat pinjaman usaha baik dari bank maupun pemerintah. Adanya IUMK diharapkan kedepannya UMKM dapat lebih berkembang dengan baik. Kegiatan kunjungan ini berkaitan dengan program KKN untuk pemberdayaan UMKM desa Mentosari. (Ed – by Bsl 2020)

PBB ADA DI MENTOSARI

pbb

Mentosari, Batang (19/01). Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro mengadakan dengan masyarakat untuk membentuk Paguyuban Bakul Bakul (PBB) di Pendopo Cokro Kembang Desa Mentosari. Acara dihadiri oleh para penggiat UMKM di desa Mentosari. Jumlah peserta yang hadir mencapai 25 orang, acara juga dihadiri oleh bapak Mutianatik, selaku Ketua BUMDes Cokro Kembang, Desa Mentosari.

Monica Sari menjelaskan materi tentang pengertian, tujuan dan manfaat terbentuknya Paguyuban Bakul Bakul. Selanjutnya ia juga mengkoordinir pembentukan Paguyuban Bakul Bakul yang meliputi ketua, sekretaris, dan bendahara. Struktur organisasi Paguyuban Bakul Bakul telah terbentuk dengan ketua Bapak Nanang, namun ini sementara sebelum diresmikan.(Ed – by Bsl 2020)

KKN UNDIP Desa Ngawen Kenalkan Fitting Lampu Otomatis Hemat Energi

Pengenalan Fitting Lampu Otomatis dalam Pelatihan Instalasi Listrik dan Hemat Energi di Balai Desa

Pati (29/1), TIM I KKN UNDIP Desa Ngawen mengadakan “Pelatihan Instalasi Listrik dan Hemat Energi Listrik Rumah Tangga” guna membekali masyarakat Desa Ngawen tentang bagaimana melakukan instalasi listrik yang benar dan hemat energi listrik pada rumah tangga. Listrik merupakan salah satu energi yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, kantor, jalan, dan tempat lainya. Energi listrik memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan baik dan benar, namun bisa juga mendatangkan malapetaka apabila digunakan dengan cara yang salah ,seperti buruknya instalasi listrik dapat mengakibatkan konslet yang berujung kebakaran ataupun penggunaan listrik secara boros yang mengakibatkan pengeluaran untuk tagihan listrik membengkak terutama pada lingkungan rumah tangga.

Dalam acara yang diikuti oleh sebgaian masyarakat ini, materi yang dijelaskan pertama kali adalah bagaimana melakukan instalasi rumah tangga yang baik dan benar guna menghindari terjadinya kecelakaan yang ditimbulkan akibat instalasi listrik yang salah. Dalam materi ini dijelaskan cara bagaimana  instalasi listrik yang benar seperti jenis-jenis warna kabel, cara penyambungan kabel, dan hal yang harus dihindari agar tidak terjadi kecelakan yang disebabkan instalasi listrik. Tidak hanya menyampaikan materi, pemateri juga mempraktekan cara penyambunga kabel pada masyarakat yang hadir.

Sesi Foto Bersama oleh Warga Ngawen

Setelah pemaparan materi tentang instalasi listrik dilanjutkan pemaparan materi tentang hemat energi listrik. Pada pembahasan ini, pemateri mengajak masyarakat untuk menggunakan listrik secara hemat dengan mengenalkan salah satu teknologi perangkat listrik rumah tangga yaitu fitting lampu otomatis. Fitting lampu otomatis adalah fitting lampu yang akan otomatis menyalakan lampu ketika malam hari dan memadamkan lampu ketika pagi hari. Masyarakat dijelaskan bahwa dengan menggunan alat tersebut banyak keuntungan yang didapat seperti hemat energi listrik, mengurangi penggunaan saklar, tidak repot apablia sedang bepergian, dan rumah menjadi aman. Pemateri juga mendemonstrasikan fitting lampu otomatis yang telah dibuat dan dirakit sebelumnya didepan warga. Masyarakat terlihat sangat tertarik karena mayoritas belum mengetahui tentang teknologi tersebut. Antusiasme masyarakat yang hadir juga terlihat saat beberapa pertanyaan ditanyakan pada pemateri di sesi tanya jawab.

Editor : Abdi Sukmono

GERAKAN MENANAM TOGA MENUJU DESA SEHAT

toga

Pada (28/01) mahasiswa KKN Undip di desa Clapar bersama warga menanam TOGA. TOGA atau tanaman obat keluarga merupakan tanaman rumahan yang berkhasiat untuk dijadikan obat. TOGA biasanya ditanam di sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang. TOGA sangat berguna untuk dijadikan obat-obatan untuk keperluan keluaraga.

Selain itu, menanam TOGA juga untuk mengurangi atau meminimalisir mengonsumsi obat-obatan kimia. “TOGA bisa digunakan untuk meramu obat-obatan herbal yang bisa disediakan sendiri di rumah dengan cukup hanya merawat tanaman obat keluarga.” kata Ihzam, Mahasiswa KKN Desa Clapar.

Ihzam juga menjelaskan, program ini merupakan salah satu tahapan program multidisiplin, bertujuan untuk mengoptimalkan toga di Desa Clapar khususnya Dusun Gondangsari melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan pada beberapa aspek. Mulai dari pemanfaatan pekarangan, pengolahan toga serta pembudidayaan toga.

Pada kegiatan yang mengajak warga ini mendapatkan antusias dari warga sekitar. Warga juga mengakui bahwa penanaman toga ini juga belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Penanaman toga sangat perlu dilakukan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat Indonesia bahwa kita memiliki alam yang kaya akan obat-obatan herbal” kata pak Mubari, Kepala Dusun Gondangsari desa Clapar.

Kegiatan ini diakhiri dengan penanaman bibit toga yang berasal dari Dinas Pertanian yang berada di desa Clapar.

editor: nikie