Home » Lokasi KKN » Kab. Kendal

Category Archives: Kab. Kendal

Pelatihan Perangkat Desa Mewujudkan Arsip yang Memudahkan

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 16/02/2019 Tim KKN UNDIP Desa Mlatiharjo melakukan pelatihan penataan arsip di balai Desa Mlatiharjo. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mempermudah dalam penyusunan arsip, tersimpannya arsip secara sistematis dan logis sehingga dapat diketemukan secara cepat dan tepat. Kegiatan ini sejalan dengan perlombaan yang akan diadakan oleh Kabupaten Kendal dimulai dengan diskusi untuk penunjukan perwakilan desa yang mewakili Kecamatan Patean. Pada diskusi Kecamatan Patean didapatkan bahwa 2 desa yang mewakili Kecamatan Patean adalah Desa Gedong dan Desa Mlatiharjo. Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai aspek-aspek penilian lomba.

Kegiatan ini dilakukan selama 5 hari pada jam kerja yang dimulai dengan hari pertama Tim KKN UNDIP mempelajari penataan arsip yang sudah ditentukan oleh Kecamatan Patean. Hari kedua adalah pemberian materi dan diskusi kepada perangkat desa yaitu Bu Lina, Pak Wawan, dan Pak Miftah. Pada hari ketiga yang dilakukan adalah membuat modul pengarsipan yang akan diterapkan pada arsip Desa Mlatiharjo. Kemudian hari ke-empat dan kelima dilakukan pendataan dan penataan arsip yang ada di Desa Mlatiharjo didampingi oleh Pak Wawan dan Pak Miftah. Berdasarkan diskusi yang sudah dilakukan maka, sistem pemberkasan dilakukan secara numerik berdasarkan kode penataan arsip.

Penataan Arsip KKN UNDIP Desa Mlatiharjo (more…)

Pelatihan Kreasi Sampah Mewujudkan Desa Mlatiharjo Bebas Sampah

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 16/02/2019 Tim KKN UNDIP Desa Mlatiharjo memberikan pelatihan ke karang taruna mengenai pengolahan sampah organik dan anorganik. Pelatihan pengolahan sampah ini dimulai dengan pemberian materi jenis-jenis sampah, cara memisahkan sampah, dan keuntungan-keuntungan apabila mengolah sampah yang dicontohkan oleh masyarakat Jepang. Pemberian materi ini agar karang taruna dapat termotivasi terlebih dahulu mengolah sampah yang ada di Desa Mlatiharjo agar nantinya dapat diterapkan pengolahan sampah yang ada di Jepang.

Tujuan program ini dilakukan karena masalah utama di Desa Mlatiharjo adalah masalah persampahan. Desa Mlatiharjo belum memiliki lokasi TPS dan dan sistem pengangkutan yang terintegrasi sehingga masyarakat masih membuang sampah ke kebun dan sungai serta membakar sampah di pekarangan rumah. Adanya kegiatan pelatihan ini nantinya dapat mengurani timbulan sampah yang ada di kebun dan sungai karena karang taruna dapat mengerakan pengolahan sampah di Desa Mlatiharjo.

Pelatihan pertama yang dilakukan adalah dengan pelatihan mengenai pembuatan kreasi bunga dari sampah plastik. Sampah plastik yang dijadikan bunga adalah sampah plastik yang sudah dibawa oleh karang taruna dari rumah masing-masing. Tindakan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada karang taruna bahwa sampah yang ada di rumah masing-masing dapat diolah. Alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan kreasi bunga adalah kawat tipis, tusuk sate, benang, dan double tape. Kemudian sampah plastik dipotong rapi menjadi persegi panjang dan kemudian dilipat-lipat sesuai dengan bentuk kelompak bungan yang diinginkan. Setelah jadi kelopak bunga yang dibentuk lalu direkatkan dengan double tape untuk dipasangkan dengan tusuk sate. Kawat juga dapat digunakan untuk membentuk bentuk kelopak bunga agar dapat lebih indah. (more…)

Tim KKN UNDIP Merencanakan Desain Renovasi Balai Desa dan TK yang Berstandar Nasional Indonesia (SNI)

Diskusi Rencana Desain Renovasi Balai Desa dan TK Desa Mlatiharjo

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 18/02/2019 Tim KKN UNDIP Desa Mlatiharjo merencanakan desain renovasi balai desa dan TK Idhata Wonosido. Pembuatan desain ini merupakan program KKN yang sejalan dengan perencanaan perangkat desa pada tahun kedepan (direncanakan pada tahun 2021). Tujuan dari kegiatan ini adalah agar balai desa dan TK Indhata memiliki luas dan fasilitas yang berstandar nasional sehingga pengguna balai desa dan TK dapat dengan nyaman melakukan aktivitas di tempat tersebut.

Kegiatan ini dimulai dengan cara survei lokasi, kemudian survei kondisi eksisting balai desa dan TK dengan cara mengukur luas dan tinggi bangunan serta instalasi listrik. Setelah 4 hari survei yang dilakukan, maka dilakuakan perencanaan dengan cara berdiskusi bersama perangkat desa mengenai kondisi eksisting dan perencanaan yang diinginkan oleh perangkat desa. Setelah berdiskusi, Tim KKN UNDIP berdiskusi mengenai rencana kedepan sesuai rencana yang diinginkan dan standar pembangunan balai desa dan TK yang tercantum dalam SNI (Standar Nasional Indonesia). (more…)

Cintai Budaya, Tim KKN UNDIP Menginisasi Pembuatan Video Profil Kesenian Kuda Lumping

Pembuatan Video Profil

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 19/02/2019 Tim KKN UNDIP Desa Mlatiharjo menginisiasi pembuatan video profil kesenian kuda lumping Desa Mlatiharjo. Desa Mlatiharjo memiliki kelompok kesenian kuda lumping bernama Turonggo Mlati Kencana. Kelompok kesesenian ini telah sering tampil dan memenangkan perlombaan tingkat kecamatan maupun pada tingkat kabupaten. Namun, Tarian Turonggo Mlati Kencana belum begitu terkenal di luar Kendal sehingga TIM KKN UNDIP membuat video profil yang nantinya dapat terjaga budaya Desa Mlatiharjo. Dapat juga menarik generasi muda Desa Mlatiharjo terhadap kesenian kuda lumping sehingga dapat selalu berkarya. Tidak hanya itu, tujuan lain adalah mempromosikan kesenian kuda lumping ke luar Kabupaten Kendal. (more…)

Jambu Merah sebagai Komoditas Andalan menuju Desa Purwo Sari yang Mandiri dan Sejahtera

IMG-20190211-152433

Kendal, Senin (11/02/2019), Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Desa Purwo Sari, Kec. Sukorejo mengadakan kegiatan Program Multidisiplin. Pada kegiatan ini Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Desa Purwo Sari mengundang Kelompok tani, Karang Taruna, dan Perangkat desa guna memberikan penyuluhan mengenai Penanaman, Perawatan, Pemasaran dan Pemanfaatan jambu merah yang menjadi komoditas di desa Purwo Sari.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan Bapak Miadi selaku Kepala Desa Purwo Sari. Kemudian kegiatan dilanjutkan oleh pemaparan mengenai cara penanaman dan perawatan pohon jambu  yang baik dan benar oleh perwakilan Tim KKN Undip, Aulya Alzena (mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian). Mahasiswa KKN menjelaskan tentang  pemilihan bibit hingga cara penanggulangan penyakit yang sering menyerang tanaman jambu di Desa Purwo Sari.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan mengenai pemilihan lahan untuk penanaman jambu yang baik oleh Andre Nugroho sebagai perwakilan Tim KKN Undip, yang berasal dari Departemen Geodesi, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Peserta juga diberikan edukasi terkait cara pemasaran buah jambu dan produk olahannya dari sisi ekonomi yang disampaikan oleh Naufal Rizky Salsabila, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Jambu merah selain dapat dikonsumsi secara langsung juga dapat dijadikan berbagai produk olahan. Produk olahan jambu tersebut dapat berupa selai jambu, sehingga diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi dari buah Jambu merah tersebut. Selain produk olahan berupa makanan, limbah jambu yang berasal dari jambu yang tidak layak jual, dapat diolah menjadi pupuk cair. Proses cara pengolahan jambu menjadi selai dan pupuk cair ini disampaikan oleh Mohd Afiff yang merupakan mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan edukasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip di Desa Purwo Sari ini dapat meningkatkan pengetahuan para petani dan masyarakat sekitar. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan daya jual Jambu merah sehingga masyarakat Desa Purwo Sari dapat berkembang menjadi masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

(TIM DESA PURWO SARI)

SAMPAH = BERKAH

Sebagian masyarakat Indonesia masih ada yang belum membuang sampah pada tempatnya. Adapun yang masih membuang sampah dilaut dan sungai-sungai yang ada disekitarnya. Sampah-sampah yang dibuang pada sembarangan ini ada yang dapat terurai ada pula yang tidak dapat terurai. Kebanyakan dari sampah yang tidak dapat terurai ini merupakan sampah berbahan plastik. Sampah plastik merupakan salah satu limbah yang berbahaya bagi lingkungan dan sekitarnya yang dapat membunuh hewan dan merusak lingkungan yang ada disekitar kita.

Dampak sampah plastik ini sangat berbahaya bagi lingkungan. Ketika sampah-sampah plastik ini dibuang ke laut maupun ke sungai kebanyakan dari sampah plastik ini tidak dapat terurai sehingga dapat melukai hewan – hewan yang berada didalam laut maupun sungai. Sedangkan efek dari pencemaran sampah plastik ini pada lingkungan adalah dimana tanah yang dicemari akan tercemari oleh zat kimia yang digunakan dalam pembuatan plastik tersebut. Bukan hanya itu saja, dikarenakan proses yang susah diuraikan maka sampah plastik ini juga dapat membunuh pengurai yang ada ditanah. (more…)

Pelatihan dari Hulu ke Hilir Mengembangkan Potensi Lokal Desa Mlatiharjo

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 05/02/2019 Tim KKN UNDIP Desa Mlatiharjo mengadakan pelatihan untuk karang taruna mengenai pengembangan potensi lokal dari produksi hingga pemasaran. Potensi lokal yang dibahas dalam pelatihan karang taruna adalah potensi produksi kopi pasca panen. Pascapanen adalah tahap penanganan hasil tanaman pertanian segera setelah pemanenan. Tujuan melakukan kegiatan pelatihan pascapanen yaitu agar karang taruna termotivasi mengolah kopi sehingga dapat meningkatkan masa simpan kopi, meningkatkan kualitas dari biji kopi, dan meningkatkan cita rasa kopi. Hal ini dilakukan karena Desa Mlatiharjo memiliki potensi kopi yang melimpah namun masih sedikit yang tertarik melakukan kegiatan pascapanen kopi. (more…)

Ikuti Lomba Memasak Tanpa Beras Desa Mlatiharjo Cipatakan Makanan Lezat dari Singkong dan Jagung

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 04/02/2019 Tim KKN UNDIP Desa Mlatiharjo ikut serta dalam kegiatan memasak tanpa beras yang diselengarakan oleh EXPO SMK 6 Kendal. Terdapat 5 tim dari Desa Mlatiharjo yang mengikuti lomba tersebut. Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar ibu-ibu dapat berkreasi menciptakan makanan selain beras dengan mengkreasikan potensi umbi-umbian dan jagung di desa masing-masing. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin silatuhrahmi antar desa.

(more…)

Pelatihan Pembuatan Kreasi Penyajian Kopi “Kori Kohi” dan “Latte Art”

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 05/02/2019 Potensi kopi yang dimiliki Desa Mlatiharjo belum sebanding dengan keuntungan yang didapat oleh Masyarakat Desa Mlatiharjo. Permasalahan dasar yang menyebabkan hal tersebut adalah potensi kopi yang melimpah belum diolah dengan baik oleh petani kopi mulai dari masa pascapanen. Masyarakat Desa Mlatiharjo cenderung menjual langsung hasil panen. Padahal apabila diolah setelah pasca panen maka akan menambah nilai jual.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Tim KKN Mlatiharjo membuat pelatihan mengenai pengolahan kopi agar nilai jual kopi menjadi lebih tinggi. Penyajian kopi yang menarik tentunya akan meningkatkan harga jual dan menumbuhkan simpati kaum muda terhadap potensi desa. Pelatihan yang dilakukan Tim KKN Mlatiharjo adalah membuat kreasi kopi “Kori Kohi” dan “Latte Art”.

Persiapan Tim KKN UNDIP Mengadakan Pelatihan untuk Karang Taruna

(more…)

Bersama Karang Taruna, Desa Mlatiharjo Jaya!

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 28/01/2019 “Pengabdian yang baik adalah bagaimana suatu kegiatan dapat terus berjalan meskipun fasilitator sudah tidak berada pada kawasan tersebut.” kalimat ini yang membuat mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 Desa Mlatiharjo membuat suatu program yaitu “Pengaktifan Kembali Karang Taruna di Desa Mlatiharjo”. Program ini bertujuan agar karang taruna yang belum aktif menjadi aktif dan yang sudah aktif menjadi lebih aktif untuk dapat menjadi aktor utama dalam melaksanakan program yang sudah direncanakan dan diajarkan oleh KKN UNDIP TIM 1 Desa Mlatiharjo.
Tim KKN Mlatiharjo Berdiskusi Bersama Perangkat Desa

(more…)