Home » Lokasi KKN » Kab. Kendal

Category Archives: Kab. Kendal

Jambu Merah sebagai Komoditas Andalan menuju Desa Purwo Sari yang Mandiri dan Sejahtera

IMG-20190211-152433

Kendal, Senin (11/02/2019), Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Desa Purwo Sari, Kec. Sukorejo mengadakan kegiatan Program Multidisiplin. Pada kegiatan ini Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Desa Purwo Sari mengundang Kelompok tani, Karang Taruna, dan Perangkat desa guna memberikan penyuluhan mengenai Penanaman, Perawatan, Pemasaran dan Pemanfaatan jambu merah yang menjadi komoditas di desa Purwo Sari.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan Bapak Miadi selaku Kepala Desa Purwo Sari. Kemudian kegiatan dilanjutkan oleh pemaparan mengenai cara penanaman dan perawatan pohon jambu  yang baik dan benar oleh perwakilan Tim KKN Undip, Aulya Alzena (mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian). Mahasiswa KKN menjelaskan tentang  pemilihan bibit hingga cara penanggulangan penyakit yang sering menyerang tanaman jambu di Desa Purwo Sari.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan mengenai pemilihan lahan untuk penanaman jambu yang baik oleh Andre Nugroho sebagai perwakilan Tim KKN Undip, yang berasal dari Departemen Geodesi, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Peserta juga diberikan edukasi terkait cara pemasaran buah jambu dan produk olahannya dari sisi ekonomi yang disampaikan oleh Naufal Rizky Salsabila, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Jambu merah selain dapat dikonsumsi secara langsung juga dapat dijadikan berbagai produk olahan. Produk olahan jambu tersebut dapat berupa selai jambu, sehingga diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi dari buah Jambu merah tersebut. Selain produk olahan berupa makanan, limbah jambu yang berasal dari jambu yang tidak layak jual, dapat diolah menjadi pupuk cair. Proses cara pengolahan jambu menjadi selai dan pupuk cair ini disampaikan oleh Mohd Afiff yang merupakan mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan edukasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip di Desa Purwo Sari ini dapat meningkatkan pengetahuan para petani dan masyarakat sekitar. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan daya jual Jambu merah sehingga masyarakat Desa Purwo Sari dapat berkembang menjadi masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

(TIM DESA PURWO SARI)

SAMPAH = BERKAH

Sebagian masyarakat Indonesia masih ada yang belum membuang sampah pada tempatnya. Adapun yang masih membuang sampah dilaut dan sungai-sungai yang ada disekitarnya. Sampah-sampah yang dibuang pada sembarangan ini ada yang dapat terurai ada pula yang tidak dapat terurai. Kebanyakan dari sampah yang tidak dapat terurai ini merupakan sampah berbahan plastik. Sampah plastik merupakan salah satu limbah yang berbahaya bagi lingkungan dan sekitarnya yang dapat membunuh hewan dan merusak lingkungan yang ada disekitar kita.

Dampak sampah plastik ini sangat berbahaya bagi lingkungan. Ketika sampah-sampah plastik ini dibuang ke laut maupun ke sungai kebanyakan dari sampah plastik ini tidak dapat terurai sehingga dapat melukai hewan – hewan yang berada didalam laut maupun sungai. Sedangkan efek dari pencemaran sampah plastik ini pada lingkungan adalah dimana tanah yang dicemari akan tercemari oleh zat kimia yang digunakan dalam pembuatan plastik tersebut. Bukan hanya itu saja, dikarenakan proses yang susah diuraikan maka sampah plastik ini juga dapat membunuh pengurai yang ada ditanah. (more…)

Pelatihan dari Hulu ke Hilir Mengembangkan Potensi Lokal Desa Mlatiharjo

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 05/02/2019 Tim KKN UNDIP Desa Mlatiharjo mengadakan pelatihan untuk karang taruna mengenai pengembangan potensi lokal dari produksi hingga pemasaran. Potensi lokal yang dibahas dalam pelatihan karang taruna adalah potensi produksi kopi pasca panen. Pascapanen adalah tahap penanganan hasil tanaman pertanian segera setelah pemanenan. Tujuan melakukan kegiatan pelatihan pascapanen yaitu agar karang taruna termotivasi mengolah kopi sehingga dapat meningkatkan masa simpan kopi, meningkatkan kualitas dari biji kopi, dan meningkatkan cita rasa kopi. Hal ini dilakukan karena Desa Mlatiharjo memiliki potensi kopi yang melimpah namun masih sedikit yang tertarik melakukan kegiatan pascapanen kopi. (more…)

Ikuti Lomba Memasak Tanpa Beras Desa Mlatiharjo Cipatakan Makanan Lezat dari Singkong dan Jagung

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 04/02/2019 Tim KKN UNDIP Desa Mlatiharjo ikut serta dalam kegiatan memasak tanpa beras yang diselengarakan oleh EXPO SMK 6 Kendal. Terdapat 5 tim dari Desa Mlatiharjo yang mengikuti lomba tersebut. Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar ibu-ibu dapat berkreasi menciptakan makanan selain beras dengan mengkreasikan potensi umbi-umbian dan jagung di desa masing-masing. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin silatuhrahmi antar desa.

(more…)

Pelatihan Pembuatan Kreasi Penyajian Kopi “Kori Kohi” dan “Latte Art”

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 05/02/2019 Potensi kopi yang dimiliki Desa Mlatiharjo belum sebanding dengan keuntungan yang didapat oleh Masyarakat Desa Mlatiharjo. Permasalahan dasar yang menyebabkan hal tersebut adalah potensi kopi yang melimpah belum diolah dengan baik oleh petani kopi mulai dari masa pascapanen. Masyarakat Desa Mlatiharjo cenderung menjual langsung hasil panen. Padahal apabila diolah setelah pasca panen maka akan menambah nilai jual.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Tim KKN Mlatiharjo membuat pelatihan mengenai pengolahan kopi agar nilai jual kopi menjadi lebih tinggi. Penyajian kopi yang menarik tentunya akan meningkatkan harga jual dan menumbuhkan simpati kaum muda terhadap potensi desa. Pelatihan yang dilakukan Tim KKN Mlatiharjo adalah membuat kreasi kopi “Kori Kohi” dan “Latte Art”.

Persiapan Tim KKN UNDIP Mengadakan Pelatihan untuk Karang Taruna

(more…)

Bersama Karang Taruna, Desa Mlatiharjo Jaya!

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 28/01/2019 “Pengabdian yang baik adalah bagaimana suatu kegiatan dapat terus berjalan meskipun fasilitator sudah tidak berada pada kawasan tersebut.” kalimat ini yang membuat mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 Desa Mlatiharjo membuat suatu program yaitu “Pengaktifan Kembali Karang Taruna di Desa Mlatiharjo”. Program ini bertujuan agar karang taruna yang belum aktif menjadi aktif dan yang sudah aktif menjadi lebih aktif untuk dapat menjadi aktor utama dalam melaksanakan program yang sudah direncanakan dan diajarkan oleh KKN UNDIP TIM 1 Desa Mlatiharjo.
Tim KKN Mlatiharjo Berdiskusi Bersama Perangkat Desa

(more…)

Pendataan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk Mengembangkan UMKM di Desa Mlatiharjo

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 26/01/2019 Mahasiswa KKN UNDIP mengadakan program KKN yakni pendataan UMKM karena setelah melakukan survei potensi dan permasalahan terdapat potensi UMKM di Desa Mlatiharjo. Namun, potensi ini belum terdata dengan baik dari mulai modal, sumber bahan baku, tenaga kerja, keungan, wilayah pemasaran, omset, tahun berdiri usaha, dan kendala-kendala yang dihadapi. Oleh karena itu Mahasiswa KKN UNDIP melakukan pendataan UMKM dengan tujuan memberikan gambaran potensi dan permasalahan UMKM yang nantinya dapat direncanakan lebih lanjut untuk meningkatkan perekonomian Desa Mlatiharjo. Tidak hanya itu, dengan adanya informasi yang lengkap dan informasi berbentuk peta dapat mempromosikan potensi UMKM di Desa Mlatiharjo sehingga dapat menarik minat investor untuk berinvestasi pada berbagai UMKM yang terdapat di Desa Mlatiharjo.
Survei Pendataan UMKM di Desa Mlatiharjo
(more…)

Mahasiswa KKN UNDIP Menghadiri Rapat Anggota Tahunan Koperasi “Mugi Widodo”

Koperasi Kelompok Tani Hutan “Mugi Widodo” adalah Koperasi yang terdapat di Desa Sidodadi, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal yang telah berbadan hukum. Di usianya yang ke-20, jumlah anggota Koperasi Mugi Widodo telah mencapai 108 orang. Keberadaan koperasi ini membantu ekonomi masyarakat di sekitar lahan pertanian dan kehutanan yang ada di Desa. Kegiatan yang diselenggarakan oleh koperasi mencakup simpan pinjam anggota, pembukuan, dan Rapat Anggota Tahunan.

Koperasi Tani Hutan “Mugi Widodo” mengadakan Rapat Anggota Tahunan Ke-20 pada hari Minggu, 27 Januari 2019. Rapat ini dihadiri oleh Kepala Keuangan Desa Sidodadi, Dinas Koperasi Kabupaten Kendal, Kepala PHBM Kendal, Segenap Anggota Koperasi dan Mahasiswa KKN UNDIP. Rapat Anggota Tahunan bertujuan untuk melaporkan pertanggungjawaban pengurus kepada anggota dan sebagai sarana menyampaikan pendapat dari anggota koperasi kepada pengurus koperasi.

(more…)

Posyandu Kalidamar : Demi Balita dan Lansia Dusun Kalidamar yang Lebih Sehat

Kalidamar, 29 Januari 2019 – Setiap bulan, pada minggu ketiga, Dusun Kalidamar mengadakan posyandu balita dan posyandu lansia di balai Desa Damarjati .Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Posyandu Dusun Kalidamar yang juga diikuti oleh Tim KKN Undip di Desa Damarjati, Kecamatan Sukorejo. Tujuan kegiatan Posyandu ini adalah untuk meningkatkan kesehatan balita dan lansia Dusun Kalidamar. Terdapat sekitar 60 bayi dan balita yang mengikuti kegiatan posyandu.  Kegiatan yang dilakukan pada Posyandu Balita adalah menimbang berat badan bayi dan melihat perubahan berat badan bayi, serta pemberian makanan tambahan (PMT) seperti telur puyuh dan susu agar meningkatkan berat bayi dan balita di Dusun Kalidamar. Selain kegiatan Posyandu Balita, terdapat kegiatan Posyandu lansia di Dusun Kalidamar. Kegiatan posyandu lansia berupa pelayanan kesehatan lansia dengan memberikan obat kepada lansia yang hadir pada saat kegiatan posyandu tersebut. Pada kegiatan Posyandu lansia, terdapat tenaga kesehatan (mantri) yang menangani kesehatan lansia terkait dengan keluhan penyakit yang dirasakan, sehingga dapat diberikan pengobatan yang sesuai dengan gejala yang dialami oleh Lansia.

rp3-1
Gambar: Posyandu Dusnu Kalidamar dan KKN Tim I UNDIP 2019

Pada pelaksanaan kegiatan Posyandu Dusun Kalidamar, terlihat ibu-ibu dari balita sangat bersemangat dalam mengantar anak-anak mereka ke Posyandu. Tim KKN Undip berpartisipasi dalam mendata nama balita yang berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu, membantu dalam kegiatan pengukuran berat badan balita, serta membantu lansia selama proses kegiatan posyandu berlangsung. Lewat posyandu ini diharapkan Ibu-ibu di Dusun Kalidamar lebih peduli dengan asupan gizi balita dan dapat dilakukan pencegahan komplikasi kesehatan pada seluruh lansia di Dusun Kalidamar.

Editor : Nissa Kusariana

Posyandu Lansia Sehat Desa Tabet

Tabet – Kamis 19 Juli 2018. Di Sore hari yang cerah tepatnya pada pukul 03.00 WIB dilaksanakan kegiatan posyandu  untuk para lansia di Desa Tabet. Posyandu Lansia merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di desa-desa. kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan yang biasa diadakan oleh posyandu lansia beserta kader dan bidan di desa Tabet dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang sudah berusia lanjut selain itu dengan adanya posyandu lansia dapat membantu lansia untuk menyesuaikan diri dalam perubahan fase kehidupannya sehingga menjadi pribadi yang mandiri sesuai dengan keberadaannya. Posyandu lansia sangat kita perlukan untuk membantu para lansia memenuhi kebutuhannya sehingga para lansia tidak merasa lagi terabaikan di dalam masyarakat. Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Desa Tabet membantu melaksanakan kegiatan Posyandu Lansia dengan suka cita, kegiatan yang dilaksanakan meliputi pencatatan atau pengisian kartu menuju sehat, pemeriksaan kesehatan fisik dan mental emosional, pengecekan tekanan darah, pemeriksaan status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, pemeriksaan adanya gula dalam air seni, serta penyuluhan kesehatan. Partisipasi warga desa tabet khususnya para lansia cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan ini sehingga kesehatan para lansia dapat meningkat dan resiko penyakitpun dapat diminimalisir.

posyandu lansia tabet
Pencatatan kesehatan para lansia Desa Tabet dalam kegiatan Posyandu Lansia
Pemeriksaan Kesehatan dan pemberian obat dalam kegiatan Posyandu Lansia di Desa Tabet