Home » Lokasi KKN » Kab. Kendal

Category Archives: Kab. Kendal

APLIKASIKAN UN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS, MAHASISWA KKN UNDIP AJAK REMAJA GEMUHBLANTEN HIDUP SEHAT DENGAN BEROLAHRAGA

Gemuhblanten, Gemuh, Kendal (28/07/2017) – ­Salah satu mahasiswa KKN Undip di Desa Gemuhblanten melakukan sosialisasi tentang program yang dicetuskan oleh badan Internasional, yaitu PBB. Program tersebut disebut Sustainable Development, yang secara sederhana bertujuan untuk perkembangan atau pembangunan dalam kehidupan manusia tanpa memberikan degradasi kepada kelestarian lingkungan hidup. Program tersebut dapat diterapkan dengan mudah di semua kalangan umur, hanya saja masyarakat belum menyadari hal itu.

Contoh mudah pengaplikasian Sustainable Development itu sendiri dapat berupa tidak membuang sampah sembarangan dan menghemat energi, hal ini berkaitan dengan kata “Sustainable”. Selain itu terdapat cara unik untuk mengaplikasikan program PBB tersebut, salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Program tersebut dinamakan Sport for Development and Peace, program inilah yang berusaha diterapkan oleh mahasiswa KKN Undip kepada desa Gemuhblanten dengan mengajarkan olahraga basket kepada remaja-remaja di Desa Gemuhblanten. Remaja menjadi target pada program ini karena remaja merupakan generasi muda penerus bangsa yang sangat berperan nantinya untuk menerapkan Sustainable Development. Alasan memilih olahraga basket adalah karena basket merupakan olahraga yang kompetitif dan interaktif, selain itu juga tidak membosankan. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, salah satu tujuan Sustainable Development adalah pengembangan sumber daya manusia, olahraga basket tersebut mengajarkan kerja sama dan komunikasi yang baik. Kedua unsur tersebut sangat diperlukan untuk mengembangkan sumber daya manusia. Selain itu, sustainable development juga mengajarkan agar memiliki pola hidup yang sehat, selain dengan mengkonsumsi makanan yang baik, diperlukan juga aktivitas olahraga yang cukup untuk menunjang pola hidup yang sehat.

Program yang dibuat oleh mahasiswa KKN Undip berjudul “Implementasi  Sport for Development and Peace: dengan cara olahraga basket”. Program ini mulai dilaksanakan pada Selasa, 25 Juli 2017 pukul 16.00 WIB. Program ini diinisiasi dengan sosialisasi serta pengenalan tentang Sustainable Development sebagai perhatian atau urgensi masyarakat diseluruh dunia. Selain itu, juga dijelaskan terkait pentingnya melakukan olahraga yang kompetitif dan interaktif seperti basket. Setelah melakukan sosialisasi, dilanjutkan dengan pendampingan olahraga basket mulai dari cara pemanasan  serta cara bermain basket yang benar. Diakhir program, mahasiswa KKN Undip meninggalkan poster tentang Sustainable Development dengan cara olahraga sebagai kenang-kenangan dan juga pengingat kepada remaja Desa Gemuhblanten agar tetap berolahraga sebagai aplikasi program Sustainable Development yang dicetuskan oleh PBB. Remaja Gemuhblanten senang dengan adanya kegiatan ini dan semakin tau cara hidup sehat yang baik dan benar salah satunya dengan berolahraga

Tim II KKN UNDIP 2017 – DesaGemuhblanten, Kec. Gemuh, Kab. Kendal.IMG_0418 IMG_0469

Mahasiswa Undip Ajak Ibu-Ibu PKK Desa Gebang Memanfaatkan Produk Sekitar.

Gebang, Kamis (10/08/2017) , Mahasiswa KKN TIM II Undip mengajak ibu-ibu PKK desa Gebang memanfaatkan produk sekitar menjadi barang jadi tepat guna, pelatihan ini terdiri dari 3 sesi, yang pertama pelatihan pembutan nugget  jagung oleh Betti Meidia Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian, dan sesi kedua dan ketiga pelatihan pembuatan obat nyamuk dari sereh, serta pelatihan pembuatan telur asin oleh Rabbaniya Aulia Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian.

Pelatihan pembuatan nugget jagung ini mengingat jagung merupakan komoditi utama pertanian desa Gebang namun belum termanfaatkan menjadi hasil jadi, sehingga diharapkan pelatihan pembuatan nugget jagung ini bisa dijadikan referensi pengolahan produk jagung,

Pelatihan kedua yaitu, pelatihan pembuatan obat nyamuk alami, bahan utamanya adalah batang sereh yang banyak tumbuh di halaman-halaman rumah di desa gebang, ditambah cengkeh dan air. Pelatihan ketiga adalah pembuatan telur asin, yang bahannya dari telur bebek, yang memang mudah dijumpai mengingat banyak warga yang memelihara bebek, dicampur dengan garam, air, dan abu.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, dapat memberikan keterampilan terhadap ibu-ibu PKK mengenai pemanfaatan dan  pengelolaan produk sekitar.

1502684831007

1502684833805

1502684837716

Kerupuk Abadi, UMKM Desa Cepokomulyo

1502118016057

Cepokomulyo (5/8), Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Cepokomulyo mengunjungi salah satu UMKM di Cepokomulyo. Kerupuk Abadi merupakan usaha kerupuk asli Kendal yang didirikan dan dijalankan berasaskan kekeluargaan. Kerupuk Abadi ini berpusatkan di kota Kendal dengan nama pemilik yaitu Pak Edi. Namun, tempat yang dikunjungi kali ini adalah produksi kerupuk dengan pemilik Pak Kusnadi. Pak kusnadi mengerjakan kerupuk dari bahan mentah hingga setengah jadi, setelah itu kerupuk diantar ke pengerjaan pusat milik Pak Edi untuk diberi bumbu dan pengerjaan akhir.

Kerupuk Abadi Pak Kusnadi ini dijalankan di rumah beliau yaitu Desa Cepokomulyo RT 04 RW 03. Dalam kesehariannya, kerupuk ini dikerjakan oleh 6 orang sebagai tenaga kerja terbagi atas 3 wanita dan 3 laki-laki. Tenaga kerja yang dipakai sendiri merupakan keluarga dari Pak Kusnadi. Gaji yang didapat oleh tenaga kerja yaitu Rp 100.000,- untuk 5 kwintal dalam sekali penjemuran.

1502118018738

Kerupuk abadi ini memakai bahan baku yaitu pati pohong yang di impor langsung. Kerupuk yang datang langsung di olah kemudian dijemur sekitar pukul 06.00-14.00 WIB. Pengerjaan yang dilakukan dapat menghasilkan sekitar setengah ton dalam satu hari. Setelah pengerjaan dilakukan, kerupuk dikirim ke kendal untuk di bumbui dan dipasarkan.

Kerupuk abadi ini sendiri telah memiliki berbagai izin seperti izin usaha, izin merek dan kesehatan sebagai pembuktian kualitas. Dalam pengerjaan usaha selama ini tidak terdapat permasalahan yang berat.

Perayaan 17 Agustus Cepokomulyo

Siapa masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui  pentingnya 17 agustus. Benar, setiap masyarakat yang mengingat tanggaltersebut pasti selalu bersyukur atas kemerdekaannya kita sampai saat ini. Rasa syukur masyarakat tersebut tidak jarang dituangkan dalam bentuk perlombaan termasuk yang dilakukan warga Desa Cepokomulyo. Desa Cepokomulyo membuat suatu perlombaan untuk memperingati hari 17 agustus.

IMG_8227 - Copy

Kegiatan  perlombaan ini diadakan selama 2 hari yaitu  sabtu dan minggu, 18 -19 Agustus 2017 yang  pada hari pertama dimulai pukul 13.00 WIB dan hari kedua dimulai pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini mengambil taruna-taruni sebagai panitia dan penggerak.  Sebelumnya, pada hari selasa 15 agustus 2017 para taruna mengajak TIM KKN untuk melakukan rapat koordinasi dimana disini TIM KKN membantu dalam melancarkan acara.

Perlombaan yang diadakan tidak begitu  banyak namun dapat tetap memberikan rasa menyenangkan dan keakraban yang terjalin. Berbagai kalangan seperti bapak-bapak, ibu-ibu,taruna-taruni serta anak-anak ikut memeriakan acara ini. Perlombaan yang diadakan kali ini merupakan tombak awal untuk mengembalikan lagi semangat kemerdakaan yang telah beberapa saat sirna ditengah masyarakat Desa Cepokomulyo.

Perlombaan Nasi Tumpeng Cepokomulyo

Cepokomulyo (16/7), Hari Kemerdekaan RI merupakan momen istimewa yang selalu ditunggu-tunggu rakyat Indonesia. Tidak berbeda dengan daerah-daerah lain, Desa Cepokomulyo juga ikut merayakan Hari Kemerdekaan. Perayaan 17-an di Cepokomulyo terdiri dari serangkaian acara yang dirayakan seluruh golongan usia. Kali ini, mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Cepokomulyo ikut memeriahkan kegiatan Lomba Tata Boga yang bertema Nasi Tumpeng.

IMG_7920

Lomba Tata Boga ini diikuti oleh kelompok Ibu-Ibu PKK Desa Cepokomulyo. Sistem perlombaan ini dilakukan dengan membagi empat kelompok ibu-ibu PKK. Pembuatan nasi tumpeng itu sendiri dilakukan di rumah masing-masing peserta.Lomba Tata Boga tersebut dilaksanakan di Balai Desa Cepokomulyo. Kegiatan penilaian dimulai pada pukul 15.00 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota PKK dan mahasiswi KKN. Panitia acara menyediakan minuman dan snack untuk peserta maupun penonton.

IMG_7894

Penilaian nasi tumpeng dilakukan oleh 3 orang. Dua orang merupakan juri tamu dan satunya lagi Ketua PKK atau Ibu Lurah Desa Cepokomulyo. Penilaian dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Penilaian yang dilakukan adalah dari segi rasa, gizi, dan nilai ekonomisnya.

Setelah dilakukan penilaian oleh juri, pengumuman pemenang pun dilakukan. Pemenang Lomba Tata Boga tahun ini adalah dari Kelompok 4. Seluruh partisipan lomba lalu diberikan masing-masing hadiah. Setelah itu, nasi tumpeng dipersilahkan untuk dinikmati oleh seluruh warga yang hadir di Balai Desa.

Pembuatan Pupuk Organik dengan Petani Cepokomulyo

IMG_7658 - Copy

Cepokomulyo, Sabtu (12/8) mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Cepokomulyo melaksanakan salah satu program multidisiplin yaitu Pembuatan Pupuk Organik dari Bonggol Pisang. Dalam program ini dilakukan pemanfaatan bahan-bahan alami untuk membuat pupuk. Disini kami memilih bonggol pisang karena terdapat banyak pohon pisang di Cepokomulyo.

Hal pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan bonggol pisang yang sudah roboh. Kemudian bonggol pisang tersebut dicacah hingga halus. Kegiatan pencacahan dilakukan di rumah Ketua Kelompok Tani Cepokomulyo yaitu Pak Lebe. Setelah dicacah, kemudian dijemur hingga kering.

IMG_7202

Setelah kering, dicampur dengan cairan EM4 yang sudah diencerkan dan tetes tebu yang sudah diencerkan. Pencampuran dimulai dengan sepertiga bonggol pisang kering dilapisan paling bawah. Setelah itu larutan EM4 dan tetes tebu dicampurkan. Hal tersebut diulangi sampai bonggol pisang kering habis.

Setelah selesai mencapurkan bonggol pisang kering dengan larutan, wadah ditutup dan dibiarkan berfermentasi. Pengadukan dilakukan setiap seminggu sekali. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para petani desa Cepokomulyo, yang dilaksanakan di halaman rumah Pak Abidin.

Perpisahan Tim II KKN Wonosari

323504

Kendal-Wonosari (20/08) Tak terasa waktu telah menunjukkan di penghujung pertemuan, itu tandanya kisah yang mulai terangkai dari empat puluh hari yang lalu akan segera berakhir. TIM II KKN Undip Desa Wonosari telah menyelenggarakan kegiatan perpisahan bersama masyarakat desa Wonosari. Perpisahan dengan masyarakat ini diselenggarakan pada pukul 19.30 WIB yang dihadiri para perwakilan perangkat desa dan tokoh masyarakat. Tak lupa para pemuda desa Wonosari yang telah berjasa dalam partisipasi program KKN ini juga mengahdiri acara tersebut. Perpisahan yang cukup sederhana dari Tim KKN Undip ini diselenggarakan di Balai Desa Wonosari dengan mengahadirkan penampilan dari ibu-ibu Fatayat yang menampilkan kepiawaiannya dalam memainkan rebana dan melagukan sholawat.

323500

Acara perpisahan ini juga menyampaikan beberapa uncapan terima kasih dan permohonan maaf kepada masyarakat desa Wonosari yang disampaikan melalui Koordinator Desa Wonosari yaitu Denis Nabila Alba. Serta kesan pesan dari perwakilan perangkat Desa Wonosari yang disampaikan oleh Bapak Mahfud selaku yang mewakili Bapak Kepala Desa yang saat itu berhalangan hadir dalam acara tersebut. Selain penyampaian kesan dan pesan, di penghujung acara juga diputarkan video dokumenter dari Tim II KKN Undip selama menjalani kegiatan di Desa Wonsoari. Haru biru tersirat pada raut wajah masyarakat desa Wonosari yang melihat video tersebut, senyum mani terlontarkan secara ikhlas dari masyarakat kepada Tim IIN KKN Undip.

323503

Kemudian acara persembahan spesial dari Tim II KKN Undip adalah persembahan lagu Kemesraan ini yang dinyanyikan secara bersam dengan instrumen lagu dan diselipi dengan pembacaan puisi. Lagu kemesraan ini dipersembahkan khususbagi masyarakat Desa Wonosari, senyum bahagia haru tersirat pada setiap mata yang memandang penampilan dari Tim II KKN Undip malam itu. Seolah masyarakat tak rela melepas kepergiaan Tim II KKN Undip yang telah akrab dengan warganya. Di akhir acara, TIM II KKN Undip memberikan kenang-kenangan kepada Desa Wonosari, Organisasi Kepemudaan, dan SMPN 1 Patebon yang terletak di Desa Wonosari. Kenang-kenangan berupa plakat ini sebagai wujud tanda terima kasih TIM II KKN Undip atas partisipasi dan bantuan para pihak dalam pelaksanaan program KKN di Desa Wonosari. Selain penyerahan plakat, juga terdapat cindera mata yang khusus diberikan pada ibu-ibu Desa Wonosari sebagai ucapan terima kasih telah membantu banyak hal dalam kegiatan KKN di Desa Wonosari. Karena tanpa bantuan dari mereka, TIIM II KKN UNDIP tak akan mampu menjalankannya dengan baik dan lancar. Bila sebuah awal selalu ada pertemuan maka akan ada akhir dalam sebuah perpisahan. Terima kasih wonosari terkasih. Terima kasih Wonosari penuh arti.

Prestasi untuk Wonosari

320834

Wonosari, Kendal (15/08) – TIM II KKN UNDIP yang berada pada Kecamatan Patebon 1 telah melaksanakan program kecamatan dalam memperingati HUT RI yang ke-72. Acara peringatan HUT RI yang ke 72 th ini diselenggarakan dengan mengadakan beberapa lomba di antaranya seperti Sholawatan, Lomba Mewarnai bagi anak usia 6-10 tahun, dan Senam Bersama masyarakat desa se kecamatan patebon 1. Desa yang mengikuti lomba-lomba ini di antaranya Desa Magersari, Desa Wonosari, Desa Kartika Jaya, Desa Pidodo Wetan, Desa Pidodo Kulon, Desa Sukolilan, DesaBangunrejo,dan Desa Bangunsari. Kesembilan desa ini termasuk dalam cakupan wilayah Tim II KKN Undip Patebon 1. Lomba Sholawatan diikuti oleh bebebrapa kelompok rebana dari perwakilan tiap desa sedangkan lomba mewarnai diikuti oleh siswa-siswi usia sekolah dasar. Perlombaan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 15 Agustus 2017 yang dimulai pada pukul 09.00 wib dengan acara pertama didahului oleh senam sehat dari warga desa sekitar. Acara ini diselenggarakan di Balai Desa Bangunrejo Kecamatan PateboN, Kendal.

Wonosari memberikan perwakilan untuk lomba sholawatannya dari kelompok rebana Fatayat Desa Wonosari. Tim rebana ini telah sering tampil di beberapa acara sehingga tak mengherankan jika penampilan dari ibu-ibu Fatayat ini berhasil memukai para dewan juri. Latihan yang dilakukan oleh tim ini pun juga sangat bersungguh-sungguh yang melibatkan Tim KKN Undip yang berada pada Desa Wonosari tersebut. Dari hasil kerja keras inilah, Tim Rebana dari Fatayat Desa Wonosari berhasil merebutkan Juara Ketiga dengan hadiah berupa piala, souvenir, dan uang tunai.

Kebahagiaan tak hanya terbersit dari wajah ibu-ibu perwakilan Fatayat dengan gaun merah jambu yang merona kala itu. Kebahagiaan juga tersirat di senyum kecil Sang Juara Ketiga Mewarnai dari SDN 1 Wonosari kala itu. Kurniawan adalah salah satu perwakilan peserta dari Desa Wonosari yang berhasil menarik hati para juri dengan goresan warna yang tertera pada lembar gambarnya. Adik SD berwajah manis ini berhasil mengalahkan beberapa peserta ddari perwakilan desa lain, senyumnya terlihat indah ketika memperoleh piala di genggaman tangannya. Senyum bahagia juga tersirat dari TIM II KKN UNDIP Desa Wonosari dengan kemenangan para delegasi dari Desa Wonosari. Kemenangan ini setidaknya akan menjadi kenangan manis bagi masyarakat desa Wonosari dan kebanggan bagi sang juaranya.

MAHASISWA UNDIP GAGAS HIDROPONIK SEBAGAI ALTERNATIF LAHAN PERTANIAN

Sektor Pertanian merupakan salah satu sektor terpenting dalam pembangunan suatu daerah. Seiring berkembangnya zaman, lahan pertanian semakin sempit dikarenakan maraknya alih fungsi lahan. Untuk mengatasi minimnya lahan pertanian tersebut maka mahasiswa KKN Undip menggagas pemanfaatan lahan rumah tangga sebagai lahan pertanian dengan menggunakan metode hidroponik.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaakan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Metode hidroponik yang mudah diterapkan adalah sistem wick/sumbu dengan memanfaatkan bahan plastik seperti botol atau baskom.

Dengan adanya pelatihan hidroponik ini diharapkan masyarakat dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan akan sayuran yang sehat, murah dan aman, serta dapat menggairahkan sektor pertanian dan menjadi solusi bagi yang ingin bercocok tanam namun tidak memiliki lahan yang cukup.

Sale Muna

Lanji – Sabtu (19/08/2017) Mahasiswa KKN TIM II UNDIP mengunjungi salah satu UMKM  yang ada di Desa Lanji yaitu “Sale Muna”. Sale Muna ini tidak hanya terkenal di Desa Lanji saja, karena pemasaran produk ini sudah sampai ke seluruh daerah di Kabupaten Kendal.

Di sini mahasiswa KKN TIM II UNDIP memberi sosialisasi kepada pemilik UMKM “Sale Muna” ini tentang Branding dan Perbaikan Kemasan Produk yang bertujuan untuk meningkatkan nilai jual produk. Dalam perbaikan kemasan produk, mahasiswa membuat desain label baru agar produk terlihat lebih menarik dan komunikatif. Pemilik UMKM pun merasa senang dengan inovasi kemasan produk desain mahasiswa KKN TIM II UNDIP. Sebelum pulang, mahasiswa tak lupa untuk membeli produk “Sale Muna” untuk oleh-oleh keluarga di rumah.1503237837086

1503237830209

1503237832529