Home » Lokasi KKN » Kab. Batang

Category Archives: Kab. Batang

ASI (Acara Sharing Ibu): Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan dan Ibu Hamil Resiko Tinggi

Kalipucang Kulon, Batang, Rabu (25/7/18). Kegiatan “ASI (Acara Sharing Ibu tentang Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan dan Ibu Hamil Resiko Tinggi”. Kegiatan ini memberikan edukasi kepada ibu hamil, mengingat  berdasarkan data terakhir tercatat telah terjadi 7 kasus keguguran ataupun kematian pada bayi saat dilahirkan. Kegiatan  dikordinasi oleh Andry Setiadharma dan diikuti oleh 15 ibu hamil, bidan dan asisten bidan. Antusias dari peserta sangat dirasakan, ketika materi berlangsung juga diadakan sesi sharing antara pemateri dan peserta. Ibu hamil yang sebelumnya pernah mengalami kehamilan tidak malu untuk bercerita pada kehamilan pertamanya dulu. Pengalaman tersebut menjadi edukasi bagi para ibu hamil yang sedang mengalami kehamilan pertamanya. Tanda-tanda bahaya pada ibu hamil bisa terjadi kapan saja. Ibu hamil sangat sensitif akan segala hal yang terjadi ketika masa mengandung. Usia kehamilan 0-4 bulan merupakan massa rawan bagi ibu hamil, maka dianjurkan untuk para ibu hamil bisa menjaga kondisi kesehatannya dengan baik. Apabila terdapat keluhan seperti meriang, pusing, dan darah tinggi perlu segera diperiksakan ke bidan atau puskesmas terdekat. Ibu hamil juga disarankan agar rutin kontrol ke bidan minimal 1 bulan 1 kali saat usia kandungan 0-8 bulan, dan ketika memasuki usia 9 bulan diharapkan kontrol 1 minggu 1 kali. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang berbahaya saat kehamilan. Diingatkan pula segala sesuatu yang masuk kedalam badan ibu akan berpengaruh pada calon bayi, oleh karena itu ibu hamil perlu memperhatikan makanan dan minuman yang sehat dan layak dikonsumsi untuk ibu hamil.

telah direview oleh bambangsulis’18

PANGAN ASUH & IKAN SEGAR UNTUK NUGET

Batang, Kamis (26/7/18).  Bertempat  Balai Desa Kalipucang Kulon  ibu-ibu PKK antuasis mengikuti kegiatan “Pengenalan PANGAN ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal); Pemilihan Ikan Segar dan Ikan Kurang Segar; dan Pembuatan Nugget Ikan Lele serta Nugget Ayam”. Kegiatan dibawakan oleh Maryam Naqya (Peternakan 15) dan Silvia Ayu (Perikanan 15). Pada sesi pertama disosialisasikan tentang Pengenalan PANGAN ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal). Diterangkan bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan pangan yang cukup bergizi dan aman dikonsumsi,  sehingga perlu diperhatikan mutu dan keamanan makanan yang layak untuk konsumen. Makanan yang aman artinya tidak mengandung bahaya biologis, kimiawi dan fisik, makanan sehat mengandung bahan-bahan yang baik untuk kesehatan manusia, makanan utuh berarti tidak dikurangi atau dicampuri dengan bahan lain, dan makanan halal tentunya sesuai dengan syariat agama Islam. Diterangkan juga tentang ciri-ciri daging sapi, babi dan ayam, serta perbedaan dari ketiganya. Dijelaskan pula beberapa penyakit menular melalui daging yangperlu diketahui, sebagai dasar untuk menentukan keamanan mutu pangan.

Sesi kedua diisi oleh Silvia tentang ikan segar dan kurang segar. Diberikan contoh ikan bandeng yang segar dan kurang segar. Membedakan segar atau kurang segar dapat dilihat dari kenampakan mata, insang, warna, bau, daging, sisik dan dinding. Terlihat bahwa ikan segar cerah matanya daripada ikan kurang segar, insang ikan segar merah dan berbau sedangkan ikan kurang segar coklat/kelabu, warna ikan segar terang dan lendir bening sedangkan ikan kurang segar pudar, bau ikan segar seperti bau laut sedangkan ikan kurang segar asam atau busuk, daging ikan segar nampak putih sedangkan ikan kurang segar kemerahan sekitar punggung, sisik ikan segar menempel kuat pada kulit sedangkan ikan kurang segar mudah lepas, dan dinding ikan segar utuh sedangkan kurang segar menggelembung. Dijelaskanpula beberapa ciri-ciri ikan berfomalin serta pencegahannya.

Sesi 3 diisi dengan demonstrasi memasak nugget ikan lele dan ayam. Pada sesi ini Qya dan Silvia mencontohkan pembuatan nugget ikan lele dan ayam yang mana dagingnya sudah digilingkan terlebih dahulu. Demonstrasi memasak ini cukup meriah, karena ibu-ibu PKK ikut membantu memasak. Penghujung acara ditutup dengan makan nugget bersama dan sesi foto bareng bersama ibu-ibu PKK dan mahasiswa KKN.

telah direview :bambangsulis’18

Optimalisasi Peran Peer Group Ibu Hamil dan Ibu Menyusui dalam Pelaksanaan ASI Eksklusif di Desa Kemiri Timur, Subah

Kamis, 16 Agustus 2018, diadakan psikoedukasi dan optimalisasi peran peer group ibu hamil dan ibu menyusui dalam pelaksanaan asi ekslusif yang bertempat di Balai Desa Kemiri Timur, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang. Hal ini dilakukan sesuai dengan asesmen permasalahan yang didapatkan di Desa Kemiri timur dimana masih banyak ibu-ibu yang tidak mau repot untuk memberikan ASI ekslusif dan bahkan sudah memberikan makanan lain di usia bayi yang masih 2 bulan. Program ini disambut dengan antusias yang baik oleh bidan dan perangkat desa setempat juga masyarakat setempat.

            Dalam acara ini dibahas mengenai pentingnya ASI ekslusif selama 6 bulan tanpa asupan lain, kemudian keuntungan yang didapat baik bayi ataupun ibu jika memberikan asi ekslusif, bagaimana cara yang baik dan benar dalam memberikan asi baik secara langsung maupun botol, sehingga bukan hanya perkembangan gizinya saja yang baik namun juga perkembangan secara kognitif dan mental psikologis anak kelak, selain itu edukasi pemompaan asi yang baik, penyimpanan, juga pemberian asi setelah disimpan di kulkas juga dipaparkan dengan jelas melalui presentasi menggunakan power point dan peragaan oleh narasumber

            Dengan adanyaa proram ini diharapkan ibu-ibu hamil desa Kemiri Timur akan lebih sadar dan lebih paham akan pentingnya menyusui asi ekslusif dan bagaimana cara pemberian asi eksklusif yang baik dan benar sehingga kelak setelah melahirkan ibu-ibu ini akan dengan baik dan benar memberikan asi eklusif yang dapat mencegah berbagai penyakit dan hambatan pertumbuhan juga dapat membantu pertumbuhan baik kognitif, fisik, maupun psikologis, dengan begitu diharapkan anak-anaknya kelak akan menjadi anak yang tumbuh sehat, dan cerdas

edit_2
edit_3
edit_4

Karnaval Budaya Peringatan HUT RI ke-73 Desa Kemiri Barat, Subah

Untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, semua rakyat Indonesia bersuka cita dalam menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas dari setiap orang dan kemudian dipamerkan di depan banyak orang.
Dalam memperingati HUT RI ke-73, Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah Kabupaten Batang mengadakan karnaval budaya yang sudah diadakan setiap tahun dan sebagai acara ulang tahun Desa Kemiri Barat yang diselenggarakan pada hari Sabtu (18/7) di lapangan sepakbola Desa Kemiri Barat.
Karnaval budaya Desa Kemiri Barat diikuti oleh seluruh elemen masyarakat desa Kemiri Barat. Setiap RT di seluruh dukuh memberikan persembahan yang sangat luar biasa, seperti keseian tungprek, drum band, barongan dan kesenian lainnya. Untuk elemen pendidikan, setiap sekolah yang ada di Desa Kemiri Barat menampilkan penampilan drumband, pasukan bendera merah putih, baju daerah, dan bendera Merah Putih terpanjang. Karnaval budaya tersebut dibuka dengan pasukan bendera Merah Putih sebagai bentuk penghormatan kepada Sang Merah Putih kemudian dilanjutkan dengan iring-iringan karnaval budaya masyarakat Desa Kemiri Barat yang berjalan mengelilingi desa.
Karnaval kebudayaan dimulai pukul 10 pagi dan selesai hingga pukul 12 siang. Kegiatan peringatan HUT RI ke-73 dilanjutkan dengan orkes dangdut di lapangan sepakbola Desa Kemiri Barat pada pukul 1 siang sampai dengan pukul 3 sore. Untuk acara puncak dilakukan pada malam hari dimulai setelah adzan Isya’ yaitu Kirab Tumpeng sebagai bentuk rasa syukur telah diberi kelimpahan hasil bumi dan dilanjutkan dengan wayang kulit sampai pagi.
karnaval budaya 2017
pakaian tentara
pembawa bendera merah putih
batik carnival
kesenian tungprek

KEMBAR ART FESTIVAL ( Festival Seni di Desa Kemiri Barat )

Pada hari Rabu (25/7) mengadakan Expo Bazar dan kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Batang. Pihak Bupati yang datang dengan staffnya-staffnya mengunjungi balai desa untuk mengetahui kondisi sekaligus mengevaluasi berbagai keluhan dari Masyarakat di daerah itu. Kedatangan Bupati langsung disambut baik oleh segenap masyarakat dan beserta Camat dan seluruh Kepala desa sekecamatan Subah.
Selama kurang lebih 3 Jam Bupati dengan ditemani staffnya melakukan diskusi ringan dan musyawarah dengan Masyarakat pihak kominfo membahas semua permasalahan. Dalam diskusi itu, Masyarakat memohon kesediaan Bupati beserta jajarannya agar lebih memperhatikan keadaan tiap Desa di Kecamatan Subah.
Di akhir kunjungan, Bupati dan Wakil Bupati mengelilingi Bazar yg tersedia di depan Balai Desa. Dalam kesempatan ini juga mahasiswa KKN Undip yang sedang berada di balai desa untuk ikut terlibat dalam proses pemberdayaan Desa.
Acara pun berjalan dengan lancar tanpa memakan waktu yang lama. Setelah itu ditutup dengan Pentas Seni dari desa Keborangan.

kembar art festival
kembar art festival 2017
lukisan di kembar art festival 2017

Perpisahan Mas-Mbak KKN dengan Perangkat Desa Subah

BATANG – Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2018 Desa Subah pada hari Kamis, 16 Agustus 2018 melakukan perpisahan dengan Perangkat Desa Subah yang bertempat di Balai Desa Subah. Perpisahan dilakukan secara sederhana yaitu diawali dengan pembacaan doa, sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ignap selaku koodinator mahasiswa KKN Desa Subah dan Bapak Kisriyanto selaku Kepala Desa Subah, pesan dan kesan, pemotongan tumpeng oleh kordes untuk diserahkan ke Bapak Kades, penyerahan kenang-kenangan dari Mas-Mbak KKN untuk Perangkat Desa Subah, dan ditutup dengan doa oleh tokoh masyarakat Desa Subah. Acara perpisahan dihadiri oleh seluruh Tim KKN UNDIP Desa Subah, Bapak Kepada Desa, seluruh anggota Perangkat Desa Subah, dan tokoh masyarakat Desa Subah. Dalam sambutannya, Ignap selaku kordes menyampaikan termakasih karena sudah diterima dengan baik dan diberi banyak pengalaman dalam kegiatan bermasyarakat, dan meminta maaf karena belum bisa maksimal dalam menjalankan KKN. Bapak Kisriyanto selaku Kades Subah dalam sambutannya mendoakan mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2018 Desa Subah supaya setelah kegiatan KKN berlangsung semoga lancar dalam mengerjakan skripsi, segera lulus dan segera diwisuda.

32474
32475

Expo KKN UNDIP Kabupaten Batang

BATANG – Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2018 di Kabupaten Batang yang tersebar di Kecamatan Subah, Kandeman, dan Batang Kota mengadakan kegiatan expo pada tanggal 12 Agustus 2018 yang bertempat di alun-alun Kabupaten Batang. Acara expo sendiri mengambil tema “Kenali Potensi, Permasalahan, dan Solusi di Kabupaten Batang”. Acara dimulai pukul 7.30 WIB yaitu expo yang terdapat 18 stand dimana masing-masing stand tersebut menampilkan produk unggulan dari mahasiswa KKN UNDIP yang tersebar di tiga kecamatan. Acara expo ini dihadiri oleh Bapak H. Wihaji selaku Bupati Batang. Bapak Wihaji berkeliling ke 18 stand melihat-lihat produk apa saja yang ditampilkan oleh mahasiswa sambil melakukan penilaian untuk stand terbaik, kemudian memberi sambutan di acara expo. Acara ini juga diisi Tarian Batik Gringsing oleh tiga penari Batik Gringsing dari SMA 1 Subah sebagai hiburan. Acara selanjutnya adalah talkshow dengan narasumber dari UMKM Batik di Kabupaten Batang, Disperindag, Dinas Pariwisata, dan Dosen yang dimoderatori oleh finalis Mas dan Mbak Batang. Acara berlangsung meriah dari pagi hingga siang acara berakhir sekitar pukul 13.00 WIB.

32460
32461

Program Kecamatan, Penanaman 300 Mangrove di Pantai Kuripan Subah

BATANG – Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2018 Kecamatan Subah memiliki program kecamatan yang kontennya diangkat dari lima program KKN unggulan terpilih dari 17 desa. Konten tersebut adalah destinasi wisata dan bank sampah. Sabtu, 11 Agustus 2018 merupakan hari pelaksanaan program kecamatan destinasi wisata yaitu penanaman 300 bibit mangrove di muara pantai Kuripan serta pemasangan tiga buah ayunan di sekitaran pantai. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Wahyoe Setyo Oetomo selaku Camat Subah, Bapak Ari Wibawa selaku DPL, Tim Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat), dari Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pariwsata, Relawan PMI, dan diikuti oleh mahasiswa KKN Kecamatan Subah yang tersebar di 17 desa.

Pada acara tersebut Bapak Wahyoe selaku Camat Subah mengapresiasi program ini karena program kecamatan ini sejalan dengan keinginan dari Bapak Bupati Batang yaitu Kabupaten Batang memiliki tempat wisata yang lebih dari yang sudah ada. Setelah sambutan-sambutan diberikan, mahasiswa KKN UNDIP diberi pengarahan bagaimana cara menanam bibt mangrove dengan benar, kemudian puncak dari acara yaitu penanaman bibit mangrove dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP didampingi oleh Tim Sibat. Penaman dilakukan di muara sungai di pantai Kuripan dan menghasilkan lebih dari 300 bibit mangrove telah ditanam.

1
Charles Kingsley Ode On The Istallation of the Duke of Devonshire

2

Program Kecamatan, Penanaman 300 Mangrove di Pantai Kuripan Subah

BATANG – Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2018 Kecamatan Subah memiliki program kecamatan yang kontennya diangkat dari lima program KKN unggulan terpilih dari 17 desa. Konten tersebut adalah destinasi wisata dan bank sampah. Sabtu, 11 Agustus 2018 merupakan hari pelaksanaan program kecamatan destinasi wisata yaitu penanaman 300 bibit mangrove di muara pantai Kuripan serta pemasangan tiga buah ayunan di sekitaran pantai. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Wahyoe Setyo Oetomo selaku Camat Subah, Bapak Ari Wibawa selaku DPL, Tim Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat), dari Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pariwsata, Relawan PMI, dan diikuti oleh mahasiswa KKN Kecamatan Subah yang tersebar di 17 desa.
Pada acara tersebut Bapak Wahyoe selaku Camat Subah mengapresiasi program ini karena program kecamatan ini sejalan dengan keinginan dari Bapak Bupati Batang yaitu Kabupaten Batang memiliki tempat wisata yang lebih dari yang sudah ada. Setelah sambutan-sambutan diberikan, mahasiswa KKN UNDIP diberi pengarahan bagaimana cara menanam bibt mangrove dengan benar, kemudian puncak dari acara yaitu penanaman bibit mangrove dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP didampingi oleh Tim Sibat. Penaman dilakukan di muara sungai di pantai Kuripan dan menghasilkan lebih dari 300 bibit mangrove telah ditanam.

EXPO KKN KABUPATEN BATANG

https://scontent-sin6-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/40078983_1764983243570323_7209832325574557696_n.jpg?_nc_cat=0&oh=dbca13c5091f6e9751f647e2654c1ed9&oe=5BFA3F59

Mahasiswa TIM II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro se-Kabupaten Batang menggelar expo KKN di alun-alun Batang. Kegiatan expo tersebut merupakan kegiatan untuk memamerkan produk-produk yang dihasilkan oleh tim KKN tiap desa di 3 kecamatan yaitu kecamatan Batang, kecamatan Kandeman dan kecamatan Subah. Kegiatan ini termasuk dalam program tingkat kabupaten dari TIM II KKN Universitas Diponegoro. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada hari Minggu, 12 Agustus 2018 dan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Batang, Lurah tiap desa yang ditempati KKN, DPL di kabupaten Batang dan seluruh mahasiswa KKN Tim II UNDIP Tahun 2018 se-Kabupaten Batang.
https://scontent-sin6-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/40183444_1764983093570338_2122262951497826304_n.jpg?_nc_cat=0&oh=1bf948460413dafe30adffd1537c9c9b&oe=5C325E05

Rangkaian kegiatan Expo ini diantaranya hiburan dari mahasiswa KKN, tarian tradisional daerah, sambutan Bupati Kabupaten Batang, pelepasan balon, tanya jawab, dan masih banyak yang lain. Selain Expo, diadakan juga donor darah yang bekerjasama dengan PMI setempat agar dapat dilaksanakannya acara donor darah tersebut dengan baik.