Home » Lokasi KKN » Kab. Pekalongan

Category Archives: Kab. Pekalongan

Agenda Kegiatan

June 2018
M T W T F S S
« May    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Kegiatan yang akan datang

There are no events.

ENRICHMENT KNOWLEDGE IBU HAMIL DALAM PENINGKATAN CAPAIAN PROGRAM ASI EKSKLUSIF

Siwalan, Pekalongan (6/2)Dosen KKN Undip bersama dengan Tim I KKN Desa Rembun melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Balai Desa Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan pada hari Selasa 6 Februari 2018. Acara berlangsung dari jam 13.00 sampai dengan 16.30 WIB. Sasaran kegiatan adalah wanita usia subur, ibu hamil, dan kader kesehatan yang ada di Desa Rembun. Peserta yang hadir sangat antusias dengan acara ini. Terbukti dari 50 undangan yang disebarkan terdapat 46 peserta yang hadir. Turut hadir dalam acara ini adalah Ketua PKK sekaligus Ibu Lurah Desa Rembun.
enrichment1
Tiap peserta mendapat brosur mengenai ASI Eksklusif dan souvenir berupa alat tulis yang diberikan saat registrasi. Sebelum pemaparan materi peserta mengerjakan soal pre-test. Kegiatan  berjalan cukup kondusif, terlihat dari antusiasme peserta yang terlibat dalam sesi tanya jawab. Walaupun di tengah pelaksanaan acara listrik padam, namun tidak menyurutkan semangat dari para pemberi materi dan audiens yang hadir pada acara itu. Materi pertama disampaikan oleh Theresia Gultom dari Tim KKN mengenai pengetahuan dasar mengenai ASI Eksklusif dan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Dilanjutkan dengan pemberian materi kedua oleh Aditya Kusumawati, S.KM, M.Kes mengenai Tantangan ASI Eksklusif dan Kiat-Kiat Memperlancar Produksi ASI pada Ibu Menyusui. Acara dirangkai dengan sesi tanya jawab.
enrichment2
Sesi tanya jawab berlangsung cukup menyenangkan diselingi dengan sharing pengalaman. Diharapkan dengan terlaksananya acara ini bisa memberikan kesadaran pada wanita usia subur, terutama pada ibu hamil di Desa Rembun tentang pentingnya pemberian ASI Eksklusif sekaligus bisa memberikan informasi yang cukup mengenai ASI Eksklusif dan mitos yang berkembang di lingkungan mereka. Acara diselingi dengan pemberian doorprize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dan memberikan pertanyaan, serta hasil dari undian nomor sesuai dengan daftar hadir. Acara diakhiri dengan penyerahan X-Banner yang berisi mengenai informasi tentang ASI Eksklusif untuk menjadi media edukasi kesehatan di Desa Rembun, yang direncanakan akan diletakkan di PKD setempat.  Sesuai dengan jargon pada acara ini, semoga dengan ASI Eksklusif bisa “mewujudkan generasi gemilang” di Desa Rembun pada khususnya, dan bagi Negara Indonesia pada umumnya. (Editor: Aditya Kusumawati)
e3
e4

Wujudkan Ibu Hamil Cerdas Mandiri melalui Kelas Ibu Hamil

Bojong, Pekalongan – Tim I KKN Universitas Diponegoro tahun 2018 berhasil melaksanakan program kelas ibu hamil di Desa Sumurjomblangbogo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, Selasa 16 Januari 2018. Program kelas ibu hamil diadakan di balai Desa Sumurjomblangbogo dan dihadiri oleh kader dan para ibu hamil di desa Sumurjomblangbogo. Program kelas ibu hamil dibagi menjadi tiga topik yaitu breast care, nutrisi untuk ibu hamil dan pijat bayi. Ketiga topik tersebut di sampaikan oleh Qasdha Naila Salsabila (20) mahasiswi Kedokteran Umum, Himatul Hikmah (21) mahasiswi Keperawatan, dan Rochanisa Sita Arifiani (21) mahasiswi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Menurut mereka, program tersebut dilatar belakangi oleh kondisi masyarakat Desa Sumurjomblangbogo khususnya ibu hamil yang kurang mengetahui tentang pijat bayi secara mandiri, breast care dan masih ada ibu hamil yang mengalami Kekurangan Energi Kronik (KEK) serta anemia. Dari latar belakang tersebut, Qashda dkk beserta perangkat puskesmas Sumurjomblangbogo (kader) membuat program kelas ibu hamil. Program ini dilaksanakan atas kerjasama Tim I KKN Universitas Diponegoro tahun 2018, perangkat puskesmas Desa Sumurjomblangbogo beserta kader dan para ibu hamil.

“Alhamdulillah, program ini terlaksanakan dengan baik. Berkat kerjasama semua pihak. Kami apresisasi kepada mahasiswa mahasiswi KKN Universitas Diponegoro yang telah melaksanakan program ini.” imbuh Bidan Ana salah satu perangkat puskesmas desa Sumurjomblangbogo.

“Alhamdulillah, program ini dihadiri oleh 25 ibu hamil di desa Sumurjomblangbogo.” Tutur Hima.

Program kelas ibu hamil dikemas secara baik dan komunikasi aktif sehingga selama acara berlangsung terjalin komunikasi dua arah antara pemateri dan para ibu hamil.

“Para ibu hamil selama program ini sangat antusias. Hal ini dibuktikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan para ibu hamil” imbuh qasdha.

“Kalau antusias, alhamdulillah selama acara berlangsung menurut saya pribadi bagus. Karena para ibu hamil sering menanyakan hal-hal sesuai dengan topik yang kami bawakan tadi.” Tutur Anisa.

DSC00645

Selain menurut mahasiswa-mahasiswi KKN, para ibu hamil pun juga ikut berpendapat mengenai program yang dilaksanakan Tim I KKN Universitas Diponegoro Desa Sumurjomblangbogo tersebut.

“Senang sekali bisa diadakan kelas seperti ini. Kami jadi lebih mengetahui tentang ibu hamil. Tadi saya juga menanyakan tentang kondisi ibu hamil yang tidak mengkonsumsi susu ibu hamil. Hal itu ternyata bisa diatasi dengan mengkonsumsi ikan asin dan ikan bandeng sehingga pemenuhan nutrisi untuk ibu hamil dapat terpenuhi dengan baik” tutur salah satu ibu hamil.

“Satu lagi, tadi juga mengenai tentang mual-mual dan konsumsi buah durian pada saat kehamilan. Hal tersebut juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang berkuah sedang dan mengurangi konsumsi buah durian secara berlebihan.” Imbuhnya.

Program ini tentunya memiliki harapan bagi semua pihak. Menurut Qasdha dkk bahwa tujuan program ini dapat bermanfaat dan tersampaikan dengan baik kepada ibu hamil.

“Harapan kami yaitu apa yang kami sampaikan tadi dapat bermanfaat dan tersampaikan dengan baik ke ibu hamil serta program ini dapat berjalan secara rutin minimal 1 bulan sekali” imbuhnya.

Selain dari mahasiswa KKN desa Sumurjomblangbogo, para ibu hamil, perangkat puskesmas dan ketua PKK juga menyampaikan harapan setelah program itu terlaksana karena program tersebut sangat didukung oleh ketua TP PKK desa Sumurjomblangbogo, Ibu Sri Widayati dan Perangkat puskesmas, Bidan Ana.

“Program ini sangat baik, kami mendukung program ini karena dapat memberikan pengetahuan lebih tentang ibu hamil kepada masyarakat. Kami akan kaji terlebih dahulu dan usahakan untuk mengatur program ini kedepannya. Terimakasih untuk adik-adik KKN yang sudah melaksanakannya dengan sangat baik” Pujinya.

“Terimakasih adik-adik KKN Desa Sumurjomblangbogoyang telah mengadakan acara ini dengan baik. Harapan kami tentunya program seperti ini dapat berlangsung minimal 1 bulan sekali secara rutin. Karena ini sangat penting bagi kami. Pengetahuan-pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kami para ibu hamil. Bagaimana cara mengatur nutrisi selama proses kehamilan sehingga hal yang tidak diinginkan dapat kami cegah sampai cara memijat bayi secara mandiri dan breast care. Sekali lagi terimakasih” Ujar salah satu ibu hamil.

 Editor : Ayu Rahadiyanti

Legokclile— Kak, Ayo Belajar!

Reportase 17

Suasana belajar anak-anak Legokclile bersama mahasiswa KKN

PEKALONGAN Legokclile, Januari 2018. Posko TIM 1 KKN UNDIP Desa Legokclile Kecamatan Bojong, Pekalongan mendadak ramai.  Anak-anak kecil menyeruak masuk ke dalam posko meminta diajari mengerjakan PR mereka. Anak – anak sekitar posko ini datang setiap pukul 7 malam sehabis sholat magrib berjamaah di masjid kampung. Mulai dari anak TK hingga kelas 6 SD berbondong-bondong membawa buku pelajaran mereka untuk belajar bersama di Posko KKN Legokclile.

“kak tematika”, teriak salah satu anak SD bernama Fina.

”kak ini gimana ngerjainnya? Yang ini sama ini”,  kata salah satu anak yang lainnya.

Begitulah keceriaan yang selalu terjadi setiap malam di Posko KKN Legokclile. Menggambar, berhitung, mengeja, membaca, membuat kalimat, bahkan hanya obrolan dan candaan santai saja sudah bisa membuat kedekatan mahasiswa dan anak-anak ini terjalin.

“Kadang riweuh juga kalo tiap hari pas siang dan malem posko ada anak-anak kecil terus, tapi ya nggak papa sih asal mereka seneng.”

Meskipun kadang sangat melelahkan, namun pada akhirnya mahasiswa mengerti bahwa keinginan belajar anak-anak di Legokclile sangat besar. Canda tawa dan keseruan ini cukup untuk membayar apa yang mahasiswa ini lakukan kepada mereka.

Dan menjelang pukul 9 malam. Ssssst sudah jam malam ya dek. Hehe.

Selamat malam ya, adik-adik!

(Frhmt)

Senam Bugar Lansia Sumurjomblangbogo

Bojong, Pekalongan – Rabu (17/01) Tim KKN Universitas Diponegoro Tim 1 Desa Sumurjomblangbogo mengadakan kegiatan senam lansia sehat bugar. Senam lansia sebelumnya belum pernah dilakukan di Desa Sumurjomblangbogo. Kegiatan senam lansia dilakukan sebelum kegiatan posyandu lansia. Kegiatan ini bertempat di posyandu Dahlia V Dukuh Sumur watu barat, Desa Sumurjomblangbogo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Para lansia datang untuk mengikuti senam.

Senam yang dimulai pukul 08.00 ini dihadiri oleh para lansia dan kader desa Sumurjomblangbogo di dukuh sumur watu barat. Mekanisme kegiatan ini yaitu mulai dari senam lansia, kemuadian dilakukan penimbangan berat badan, cek tensi darah untuk lansia, serta pengobatan untuk para lansia.

Himatul hikmah, mahasiswa jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengajak para lansia agar membudayakan hidup sehat bugar dengan rajin berolahraga.

Dokumentasi Senam Lansia

Di samping itu ibu bidan Ana selaku bidan yang ada di Desa  Sumurjomblangbogo berharap agar kegiatan senam lansia ini terus di jalankan dan lansia semakin antusias mengikuti.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, untuk selanjutnya kegiatan senam lansia bisa dilakukan di dukuh-dukuh yang lain supaya lansia Desa Sumurjomblangbogo tetap sehat dan bugar,” Jelasnya.

NYAMUK HILANG, WIRODITAN SENANG.

PEKALONGAN, BOJONG-Pemberantasan nyamuk merupakan salah satu kegiatan rutin yang diadakan di Desa Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ini dilakukan oleh pihak kecamatan, pihak puskesmas, warga sekitar dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Tahun 2017/2018. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya sarang nyamuk penyebab penyakit seperti demam berdarah (DBD), malaria, dan kaki gajah. PSN ini sudah berjalan selama satu tahun terakhir di RT 2 Desa Wiroditan setiap 1 bulan sekali.

Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain pemeriksaan bak kamar mandi dan sumber air yang ada di lingkungan sekitar rumah warga. Setelah dilakukan pemeriksaan, dilakukan pencatatan mengenai ada atau tidaknya jentik-jentik nyamuk yang ada di bak kamar mandi. apabila terdapat jentik-jentik nyamuk maka pemilik rumah akan diberi obat Abate.

Pemberian Abate lebih efektif dibandingkan dengan pelaksanaan fogging, karena asap yang dihasilkan dari fogging mengakibatkan telur muda nyamuk lebih cepat untuk menetas dan asapnya tidak baik untuk pernafasan balita. Dari kegiatan ini diharapkan warga terbebas dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dan meningkatan kesadaran warga tentang pentingnya kesehatan dan kebersihan lingkungan.

 

DESA MEJASEM SIAP DAN SIGAP MENYAMBUT MAHASISWA KKN UNDIP TIM 1 2018

Penerimaan Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro TIM 1 2018 di Kantor Balai Desa Mejasem

Siwalan, Pekalongan (6/1) – KKN seolah menjadi sebuah momen yang penting dan dinantikan oleh Desa Mejasem,Kecamatan Siwalan. Hal ini dikarenakan program-progam mahasiswa yang siap terjun ke lapangan dan turut serta dalam pembangunan Desa Mejasem.Desa Mejasem kembali menerima mahasiswa KKN Undip pada 06 Jauari 2018 yang bertempat di Kantor Balai Desa mejasem. Acara penyambutan mahasiswa KKN Undip ini dipimin oleh Kepala Desa Mejasem, Bapak Sudarno. Warga dan Perangkat Desa Mejasem juga turut serta menyambut kehadiran mahasiswa KKN Undip dengan sambutan hangat dan harapan akan program yang membantu pembangunan Desa Mejasem.

Sambutan Dari Koordinator TIM KKN Universitas Diponegoro 2018 Desa Mejasem

Setelah sambutan hangat, rembug permasalahan-permasalahan Desa Mejasem dengan perangkat Desa serta warga juga menjadi kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Undip Tim 1 2018. Melalui rembug ini diharapakan mahasiswa KKN menemukan permasalahan konkrit di Desa Mejasem dan membantu memberi dan mencarikan solusi yang sesuai dengan bidang keilmuan mahasiswa. Acara ini kemudian ditutup dengan pemaparan beberapa rencana Program Mahasiswa KKN yang akan dilaksanakan di Desa mejasem. (Editor: Aditya Kusumawati)

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Boyoteluk oleh Tim I KKN UNDIP 2018


Siwalan, Pekalongan – Tim I KKN UNDIP Desa Boyoteluk telah mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Balai Desa Boyoteluk pada tanggal 8 Januari 2018 pukul 20.00 WIB. MMD dilaksanakan guna menentukan alternatif solusi dari beberapa permasalahan yang sedang dihadapi di Desa Boyoteluk. Dalam MMD tersebut, dihadari oleh Kepala Desa Boyoteluk beserta jajarannya, Kepala Dusun Boyoteluk, BPD, LPMD, PKK, Ketua RW, Ketua RT, Karang Taruna, dan tokoh-tokoh masyarakat Desa Boyoteluk, Senin (08/1)
MMD diawali dengan sambutan oleh Kepala Desa Boyoteluk, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari Tim I KKN UNDIP. Perkenalan dari Tim I KKN UNDIP masyarakat Desa Boyoteluk bertujuan untuk membangun tali silaturahmi yang baik. Setelah itu, pemaparan hasil survei Tim I KKN UNDIP Desa Boyoteluk selama 1 Minggu. Kemudian dilanjutkan diskusi dengan masyarakat. Diskusi berjalan dengan baik dan antusias masyarakat sangat tinggi. Saran dan pendapat dari masyarakat sangat membangun dan membantu dalam menentukan program Tim I KKN UNDIP untuk kemajuan Desa Boyoteluk. Selain itu, kerjasama dari masyarakat Desa Boyoteluk juga dibutuhkan dalam keberjalanan program-program Tim I KKN UNDIP. Acara MMD ditutup dengan foto bersama. (Editor: Aditya Kusumawati)

Mahasiswa KKN Universita Diponegoro Turut Serta Membangun Generasi Muda Desa Mejasem

Siwalan, Pekalongan – Generasi muda merupakan salah satu pilar bangsa yang menentukan arah suatu bangsa. Bangsa Indonesia memiliki generasi muda yang besar dengan segala ragam nilai yang dimiliki. Oleh sebab itu alangkah baiknya segala nilai diterapkan dari dini bagi generasi muda.

Menyadari hal tersebut TIM KKN 1 Universita Diponegoro melakukan pengabdian pengajaran bagi sekolah-sekolah di Desa Mejasem dengan tujuan menyampaikan nilai-nilai positif sedari dini bagi generasi muda.
Pengabdian TIM KKN UNDIP di TK Cempaka Mejasem

Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro melakukan pengajari di TK Cempaka pada Kamis, 11 Januari 2018 dilanjutkan di SD 01 Mejasem pada Jumat, 12 Januari 2018, dan yang terakhir di PAUD melati pada Sabtu, 13 Januari 2018. Pengajaran ini menyampaikan nilai Pentingnya cinta lingkungan dan Perilaku hidup bersih sejak dini. Penyampain nilai ini dilakukan seacara aktif di lapangan dengan kegiatan mewarnai bagi siswa TK Cempaka dan PAUD Melati, sedangkan SD 01 Mejasem melakukan kegiatan pemungutan smapah dan pemilahan smapah serta pengetahuan cuci tangan yang benar.  Kegaiatan ini disambut antusias oleh sekolah-sekolah dan para siswa-siswi. (Editor: Aditya Kusumawati)
.
Kegiatan Mewarnai di TK Cempaka

Penjelasan pentingya PHBS
Penjelasan Cara Mencuci Tangan yang Benar
Kegiatan Mewarnai di PAUD Melati

Zat Adiktif dan Minyak Jelantah Dimana-mana

   Siwalan, Pekalongan – Penggunaan minyak kelapa serta zat adiktif  dalam pengolahan makanan sudah menjadi bagian tak terpisahkan. Karena itu, pengetahuan mengenai kesehatan minyak kelapa dan zat adiktif sangat penting diketahui oleh masyarakat khususnya pemilik warung makan. Menurut salah satu anggota Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) yang dikutip dari salah satu berita online nasional bahwa peredaran minyak goreng bekas ini sudah mencapai sekitar 18% hingga 20% dari total peredaran minyak goreng curah di pasaran yang pada tahun 2017 sebesar 3,56 juta ton. Bukan hanya minyak jelantah saja, pemakaian zat adiktif kian marak digunakan masyarakatdalam pengolahan makanan. Untuk menjaga agar produk makanan terasa lezat, tampilannya menggugah selera, dan tahan lama, tidak jarang produsen menambahkan zat aditif selama proses pembuatan makanan. Melihat fenomena tersebut, Mahasiswa KKN TIM I Desa Yosorejo memutuskan untuk memberikan edukasi kepada pemilik warung makan di Desa Yosorejo pada Rabu, 17 Januari 2018.

   Mahasiswa KKN TIM I Desa Yosorejo telah melaksanakan survey sebelum melaksanakan kegiatan edukasi minyak jelantah serta zat adiktif. Hampir seluruh warung makan di Desa Yosorejo masih memakai minyak jelantah serta zat adiktif pada pengolahan makanan. Mahasiswa KKN TIM I Desa Yosorejo memberikan edukasi kepada pemilik warung dengan mendatangi satu per satu warung makan yang berada di Desa Yosorejo. Terdapat 8 warung makan di Desa Yosorejo yang diberikan edukasi mengenai minyak jelantah serta zat adiktif. Pada kesempatan ini pula, mahasiswa KKN TIM I Desa Yosorejo memberikan poster edukasi yang ditempelkan di warung makan. Agar edukasi ini memberikan hasil yang positif, mahasiswa KKN TIM I Desa Yosorejo memantau perkembangan  selama 5 minggu dengan menggunakan kartu sehat yang dirancang oleh mahasiswa KKN TIM I Desa Yosorejo. Kartu sehat merupakan kartu pemantau perkembangan pemakaian zat adiktif serta minyak jelantah pada warung makan di Desa Yosorejo. Harapannya, dengan adanya pemantauan setiap minggunya, para pemilik warung  perlahan meninggalkan minyak jelantah serta zat adiktif pada pengolahan makanan. (Editor: Aditya Kusumawati)

Foto Naufal Alfibrian Sukmana.

Foto Naufal Alfibrian Sukmana.Foto Naufal Alfibrian Sukmana.

Gerakan Tunjungsari Siwalan Bebas Sampah

Siwalan, Pekalongan – Masyarakat selama ini lebih terbiasa membakar sampah yang terkumpul di depan rumah daripada membuang sampahnya ke TPS. Hal itu dapat dipahami karena tidak adanya TPS di Desa Tunjungsari sehingga harus menempuh jarak yang jauh ke TPS yang ada. Padahal, kebiasaan membakar sampah akan menyebabkan pengaruh buruk untuk kesehatan tubuh serta pencemaran udara.

Melihat masalah yang terjadi, Tim KKN Undip Desa Tunjungsari berinisiatif untuk melakukan pengadaan tempat sampah untuk masyarakat. Tempat sampah ini nantinya menjadi wadah untuk menampung sampah dari beberapa rumah untuk nantinya dapat diangkut ke TPS yang ada. Tong sampah ini akan ditempatkan menyebar di beberapa tempat di Desa Tunjungsari.

Sosialisasi mengenai manajemen sampah untuk desa juga dilakukan oleh Tim KKN Desa Tunjungsari. Acara ini diadakan dengan mengundang seluruh perangkat desa, perwakilan RT dan RW, serta kader setempat. Sosialisasi ini berisi penjelasan mengenai dampak pembuangan sampah yang buruk, termasuk kegiatan pembakaran sampah. Pemilahan sampah juga dijelaskan kepada masyarakat agar sampah yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik. (Editor: Aditya Kusumawati)