Home » Lokasi KKN » Kab. Rembang

Category Archives: Kab. Rembang

Program Kerja Pelatihan Teknik Reportase Kepada Perangkat Desa Sidorejo

Sidorejo – Selasa, 14 Agustus 2018 pukul 11.30 telah diselenggarakan kegiatan program KKN Tim II Universitas Diponegoro yakni pelatihan teknik reportase kepada perangkat desa Sidorejo. Program ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman dan pengetahuan perangkat desa mengenai bagaimana teknik membuat reportase yang baik dan benar. Hal ini dianggap penting karena hasil dari reportase yang dibuat oleh perangkat desa dapat dicantumkan ke dalam web desa atau bahkan keluar lingkungan desa. Reportase sangatlah penting karena dari reportase itulah warga diluar perangkat desa dapat membaca tentang peristiwa atau kegiatan apa yang terjadi di dalam wilayah Desa Sidorejo.

Pemberian materi dilaksanakan setelah jam pelayanan desa selesai. Program ini dilaksanakan bertempat di balai desa Sidorejo. Dalam pelaksanaan program, hampir seluruh perangkat desa hadir dan mengikuti materi tentang teknik reportase. Antusiasme perangkat desa terlihat saat ada salah satu perangkat desa yang menanyakan apakah reportase itu penting. Pemberian materi ini menggunakan media powerpoint dan juga memberikan printout materi kepada para perangkat desa. Kurang lebih 30 menit pemberian materi dan perangkat desa juga memberikan sikap yang positif tentang program yang telah dilaksanakan. Setelah pemberian materi, perangkat mulai menanyakan apakah reportase yang telah dimuat di web desa sudah layak di angkat atau belum.

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Memberikan Pelatihan AutoCAD untuk Membantu dan Mempermudah Kinerja Perangkat Desa Sidorejo

Sideorejo, 8, 13 dan 14 Agustus 2018 dilaksanakan kegiatan Pelatihan AutoCAD oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang di Kantor Balai Desa Sidorejo dikarenakan Kurangnya pengetahuan perangkat desa tentang pemanfaatan teknologi untuk membantu dan mempelancar kinerja perangkat Desa Sidorejo dalam membuat peta / denah wilayah, Maka perangkat diberikan perlatihan aplikasi untuk mendesain dalam bentuk CAD (Computer Aidet Design) yaitu AutoCAD yang merupkan sebuah program aplikasi berbasis grafis yang diluncurkan oleh Autodesk, dimaksudkan untuk membantu dan mempermudah pembuatan gambar 2D, 3D atau bahkan gambar arsitektur (rancang bangun).Sehingga dengan pelatihan ini akan menambah Softskill perangkat desa sidorejo dalam hal pengoprasian aplikasi ini, dan tidak perlu lagi menggunakan jasa pihak lain dalam mendesain denah dan hal lainnya yang menyangkut CAD.

Pelatihan AutoCAD

Kegiatan pelatihan dimulai dengan pengenalan dasar – dasar penggunaan dan perintah dalam AutoCAD, setelah itu memulai praktek membuat denah tanah oleh mahasiswa KKN yang diikuti oleh perangkat desa disertai diskusi mengenai pengoperasian program pada tanggal 8 dan 13 Agustus 2018 dan pada tanggal 14 Agustus 2018 mahasiswa KKN memberikan Modul dasar – dasar AutoCAD kepada perangkat desa sebagai pedoman pengoperasian AutoCAD, kegiatan berjalan lancar dikarenakan perangkat yang koorperatif dan berantusias untuk mengikuti pelatihan.

Mahasiswa KKN Undip menerapkan upaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Alat Pelindung Diri bagi UMKM Konveksi

Sidorejo, Telah dilaksanakan program monodisiplin mengenai upaya keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Desa Sidorejo pada Kamis (09/082018).

Masih kurang diperhatikannya dan kurangnya kesadaran akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja untuk para pekerja di industri konveksi. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan suatu upaya perlindungan kepada tenaga kerja, barang maupun alat agar selalu dalam keadaan selamat dan sehat selama berada di tempat kerja. Salah satu upaya K3 yaitu menjaga kesehatan dan keselamatan kerja dengan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada pekerja. APD merupakan alat bantu yang bermanfaat untuk membantu dan melindungi keamanan, kesehatan dan keselamatan para pekerja atau pengunjung yang berada di tempat kerja tersebut dari cedera atau penyakit akibat kerja. Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada para pekerja dan mengurangi cedera dan penyakit akibat kerja pada saat bekerja serta menunjukan kemungkinan terdapat potensi bahaya yang mungkin tidak terlihat di tempat kerja.

APD Sidorejo

Program ini dilaksanakan di industri konveksi bordir desa sidorejo pada pukul 16.30 WIB. Diawali dengan pemberian materi mengenai keselamatan dan kesehtan kerja dan potensi bahaya yang ada di konveksi tersebut dan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan alat pelindung diri ear plug dan masker serta cara pemakaian dan kegunaan dari ear plug. Program ini disambut antusias oleh pekerja dan pemilik dari konveksi karena para pekerja menjadi mengerti tentang pentingnya keselatan dan kesehatan kerja yang selama ini kurang diperhatikan oleh para pekerja.

Tim KKN UNDIP Ajak Remaja Sidorejo Lawan Hoax dengan Kampanye “Cerdas Memilih Informasi dan Lawan Hoax”

Tim KKN II UNDIP Desa Sidorejo mengajak remaja Desa Sidorejo untuk melawan hoax dengan menggelar kampanye bertajuk “Cerdas Memilih Informasi dan Lawan Hoax pada Senin (30/07/18). Kampanye ini dilakukan sebagai wujud kepedulian agar masyarakat khususnya remaja dapat lebih sadar dan waspada akan bahaya hoax yang kerapkali menyerang masyarakat khususnya remaja.

Cerdas Hoax

Kampanye ini berpusat di SMP N 1 Sedan dan diikuti oleh 175 siswa. Kampanye ini diawali dengan pemberian materi mengenai apa itu hoax dan bagaimana cara mengatasinya. Kemudian dilanjutkan dengan penanyangan video singkat dan diakhiri dengan pembagian stiker anti hoax yang disimboliskan sebagai perwujudan remaja untuk ikut serta dalam memerangi hoax.

Kampanye “Cerdas Memilih Informasi dan Lawan Hoax berlangsung dengan meriah. Para siswa menyambut kampanye ini dengan antusias. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peserta didik yang mengajukan pertanyaan seputar materi. Tak hanya para siswa, pihak sekolah pun antusias dengan adanya kampanye “Cerdas Memilih Informasi dan Lawan Hoax”.

Mahasiswa KKN Undip Menerapkan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dengan Pemasangan Rambu-Rambu Keselamatan

Sidorejo, Rembang – Telah dilaksanakan program monodisiplin mengenai upaya keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Desa Sidorejo pada Kamis (09/082018).

K3 Sidorejo

Masih  kurangnya alat pendukung keselamatan seperti rambu K3 yang bergunauntuk menunjang keselamatan para pekerjanya. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan  suatu upaya perlindungan kepada tenaga kerja, barang maupun alat agar selalu dalam keadaan selamat dan sehat selama berada di tempat kerja. Salah satu upaya K3 yaitu dengan membuat rambu-rambu K3. Rambu-rambu Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan alat bantu yang bermanfaat untuk membantu menginformasikan bahaya dan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan para pekerja atau pengunjung yang berada di tempat kerja tersebut. Tujuan dari program ini yaitu meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya rambu-rambu mengenai K3 sebagai upaya untuk mengurangi atau meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja dan meningkatkan kesehatan dan keselamatan pekerja.

Program ini dilaksanakan di industri konveksi bordir desa sidorejo pada pukul 16.30 WIB. Diawali dengan penjelasan mengenai rambu-rambu K3 dan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan rambu k3 yang akan diberikan pada industri konveksi dan diakhiri dengan pemasangan poster rambu-rambu K3 pada industri konveksi. Program ini disambut antusias oleh pekerja dan pemilik dari konveksi karena para pekerja menjadi mengerti tentang jenis-jenis rambu K3 dan apa saja yang dilarang, diwaspadai, dan diwajibkan saat bekerja.

Cegah Pernikahan Dini, Mahasiswa KKN dampingi siswa MTs Desa Sidorejo

Sidorejo – Selasa, 24 Juli pukul 8.00 pagi telah diadakan rangkaian pendampingan remaja dalam rangka mencegah pernikahan dini pada siswa kelas IX MTs Riyadlotut Thalabah Desa Sidorejo. Edukasi mengenai akibat pernikahan dini pada pelajar perlu diberikan mengingat masih adanya pernikahan remaja pada usia sekolah. Hal tersebut dapat berdampak pada masa depan pelajar yang melakukannya. Dilaporkan siswa MTs yang menikah menghadapi kesulitan saat menghadapi ujian nasional.

Kespro Remaja

Acara dimulai dengan permainan ringan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai pengenalan aspek hukum pernikahan dini. Setelah pemberian materi pertama, materi tentang kesehatan reproduksi remaja. Materi keehatan reproduksi remaja meliputi pertumbuhan dan perkembangan manusia pada masa remaja serta mengenali tanda perkembangan reproduksi remaja. Selain itu, aspek kesehatan dari pernikahan dini diberikan. Acara diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab pada pukul 10.00.

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Melaksanakan Kampanye Kemaritiman “Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”

Kampanye kemaritiman Indonesia

Sidorejo – Rabu 25 Juli 2018. Telah dilaksanakan kegiatan Kampanye Kemaritiman “Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia” oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, di Kelas XII IIS 1 dan XII MIA 1 MA Riyadlotut Talabah, dikarenakan oleh kurangnya pengetahuan siswa MA Riyadl tentang pentingnya pengetahuan tentang kemaritiman untuk menunjang tujuan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.Maka siswa diberi pengenalan mendasar tentang isu – isu kemaritiman indonesia dengan kegiatan Kampanye Kemaritiman “Indonesia sebagi Poros Maritim Dunia”.Sehingga memperluas wawasan siswa dan juga membuat siswa tertarik mempelajari dan mengikuti isu – isu kemaritiman untuk menumbuhkan jiwa maritim.

Kegiatan Kampanye Kemaritiman dilakukan dua kali di kelas XII IIS 1 dan XII MIA 1 dikarenakan tidak adanya ruangan yang luas untuk menampung dua kelas.  kegiatan dimulai dengan membagian kuisioner kepada siswa tentang isu maritim dengan arahan mahasiswa KKN untuk mengetahui seberapa banyak informasi yang siswa – siswi tahu tentang isu kemaritiman, seperti Indonesia sebagai poros maritim dunia, Tol Laut, ABK, dan keselamatan dalam berlayar.

Kampanye Kematiriman Indonesia

Pemutaran video juga diberikan untuk membuat pemaparan materi lebih menarik, setelah itu pemaparan materi diberikan kepada Siswa – Siswi dan diselingi dengan penyampaian pendapat dari siswa – siswi tentang materi sebelum dijelaskan oleh pemateri setelah itu diadakan sesi tanya jawab mengenai materi yang disampaikan, untuk mengapresiasi siswa – siswi yang berani menyampaikan pendapat dan bertanya mendapatkan stiker Kampanye Kemaritiman, serta satu maket kapal untuk seorang siswa – siswi disetiap kelasnya, dan kegiatan Kampanye Kemaritiman “Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia” yang di berikan oleh Mahasiswa KKN

TIM II UNDIP diakhiri dengan sesi pernyataan pesan, kesan dan foto bersama dengan Siswa – Siswi dikelas. Kegiatan berjalan lancar karena kerjasama dengan Kepala Sekolah dan Staff  MA Riyadlotut Talabah yang baik dan antusiasme dari siswa – siswi yang tinggi.

Mahasiswa Edukasi Hak Kekayaan Intelektual Bagi Wirausahawan Muda

Edukasi HKI Wirausahawan Muda

Pada tanggal 25 Juli 2018 sampai 31 Juli 2018 telah dilaksanakan program kerja yang bertajuk “ Kelas Hak Kekayaan Intelektual Bagi Wirausahawan Muda” yang bertempat di SMPN 1 Desa Sidorejo. Program kerja ini ditujukan bagi para siswa kelas 2 yang mana dalam pelaksanaan program ini menggantikan mata pelajaran kewirausahaan.

Mata pelajaran kewirausahaan adalah satu mata pelajaran yang tercantum dalam kurikulum 2013 dimana tujuan utama diadakan mata pelajaran ini adalah untuk mengolah dan mengasah softskill para siswa di bidang inovasi dan penciptaan suatu produk yang bernilai ekonomis. Dalam mata pelajaran kewirausahaan, para siswa secara langsung diterjunkan untuk menghasilkan suatu produk nyata hasil karya para siswa yang bersangkutan.

Namun dalam mata pelajaran kewirausahaan, para siswa tidak dibekali ilmu dalam hal hukum dibalik penghasilan produk-produk tersebut. Ilmu hukum yang dimaksud adalah hukum hak kekayaan intelektual dimana dalam hukum ini terdapat pemahaman dasar mengenai klasifikasi hak cipta dan dasar hukum berbagai macam hak cipta tersebut.

Siswa menggambar logo usaha

Pelaksanaan program kerja ini diperuntukkan bagi seluruh siswa kelas 2 SMPN 1 Desa Sidorejo dengan media pendukung berupa materi presentasi power point yang disampaikan di setiap kelas tersebut.
Program kerja ini mendapatkan respon positif baik dari pihak instansi desa, pihak tenaga pendidik SMPN 1 Desa Sidorejo dan siswa-siswa peserta program kerja ini.

Dalam pelaksanaan program kerja ini diisi dengan penyampaian materi terkait hukum hak kekayaan intelektual dan diakhiri dengan kegiatan menggambar logo merk hasil ide kreasi para siswa menurut imajinasi, inovasi, misi dan visi dibalik gambar logo merk mereka masing-masing.

Dengan diadakannya program kerja ini diharapkan mampu memberikan pemahaman mendasar bagi para peserta mengenai hukum hak kekayaan intelektual dan memberikan motivasi bagi para peserta untuk menghasilkan produk-produk hasil inovasi yang bernilai ekonomis dan memiliki nilai guna.

Mahasiswa Ajak Pelajar Menghindari Pernikahan Dini

Cegah Pernikahan Dini

Pada tanggal 24 Juli 2018 telah dilaksanakan program kerja yang bertema “Gerakan Menghindari Pernikahan Dini ke Anak Pelajar Menengah Pertama” yang bertempat di MTs Riyadlotut Thalabah Desa Sidorejo. Program kerja ini ditujukan bagi para siswa kelas 2 untuk semakin memahami apa bahaya pernikahan dini untuk mereka yang masih dibawah umur.

Pengertian pernikahan dini itu sendiri adalah sebuah bentuk ikatan/pernikahan yang salah satu atau kedua pasangan berusia di bawah 18 tahun atau sedang mengikuti pendidikan di sekolah menengah pertama. Jadi sebuah pernikahan disebut pernikahan dini, jika kedua atau salah satu pasangan masuk berusia di bawah 18 tahun (masih berusia remaja).

Didalam Undang-Undang Perkawinan terdapat beberapa pasal diantaranya pada pasal 1 menyatakan bahwa perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Pada pasal 2 menyatakan bahwa Perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaannya itu, dan tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pelaksanaan program kerja ini diperuntukkan bagi seluruh siswa kelas 2 MTs Riyadlotut Thalabah Desa Sidorejo dengan media pendukung berupa materi presentasi power point yang disampaikan di kelas tersebut.

Program kerja ini mendapatkan respon positif baik dari pihak instansi desa, pihak tenaga pendidik MTs Riyadlotut Thalabah Desa Sidorejo dan siswa-siswa peserta program kerja ini. Dalam pelaksanaan program kerja ini diisi dengan penyampaian materi terkait bahaya pernikahan dini dan diakhiri dengan kegiatan sesi tanya jawab lalu ada pemberian hadiah berupa snack dan foto bersama dengan anak-anak kelas 2 MTs Riyadlotut Thalabah.

Dengan diadakannya program kerja ini diharapkan anak-anak kelas 2 MTs Riyadlotut Thalabah mampu memahami maksud dan tujuan pemaparan materi ini dan juga dapat diterapkan agar tidak melakukan pernikahan dini dan tetap harus melaksanakan kewajiban yaitu sekolah dan juga harus berprestasi agar kelak bisa menjadi sukses.

Mahasiswa Kurangi Paparan Gadget Dengan Kampanye “Generasi Anti Nunduk – Nunduk”

Kampanye Anti Nunduk

Sidorejo – 21 Juli 2018 pukul 10.00 telah dilaksanakan program kerja KKN Universitas Diponegoro yakni kampanye pengurangan penggunaan gadget dalam rangka mencegah penggunaan gadget yang berlebihan dan dampak negatif yang diberikan. Sasaran utama program kerja ini adalah siswa kelas VIII MTs Riyadlotut Thalabah Desa Sidorejo. Kampanye sekaligus pendampingan mengenai gadget ini perlu diberikan mengingat masih banyaknya siswa usia MTs atau SMP yang masih mengkonsumsi gadget secara berlebihan. Hal tersebut dapat berdampak pada masa depan pelajar yang mengkonsumsi gadget secara berlebihan. Walaupun pihak sekolah telah membuat tata tertib mengenai larangan untuk membawa gadget ke sekolah, namun para siswa tetap saja mencuri – curi kesempatan untuk membawa gadget mereka.

Program ini sangat penting lantaran perkembangan teknologi saat ini telah berkembang sangat cepat. Siapapun dapat mengakses segala hal melalui gadget masing – masing. Dengan demikian perlu adanya pendampingan oleh orang tua ataupun dari pihak sekolah untuk mendampingi dan mengedukasi anak – anaknya untuk bijak dalam menggunakan gadget.

Acara dimulai dengan perkenalan anggota Tim II KKN Universitas Diponegoro desa Sidorejo kepada siswa kelas VIII A MTs Riyadlotut Thalabah. Setelah perkenalan, para siswa diajak untuk icebreaking sejenak sebelum memasuki materi. Setelah itu pemberian materi mengenai pengertian gadget dan dampak yang diberikan serta bagaimana cara agar tidak kecanduan gadget. Pemberian materi menggunakan slide powerpoint dan bersifat interaktif. Terlihat dari antusiasme siswa MTs selama pemaparan materi berinisiatif untuk bertanya apabila ada penjelasan yang kurang jelas.

Program kerja ini mendapatkan respon positif baik dari pihak instansi desa, pihak tenaga pendidik MTs Riyadlotut Thalabah dan siswa-siswa peserta program kerja ini.