Home » Pengabdian Masyarakat

Category Archives: Pengabdian Masyarakat

Perpustakaan SDN Puncel 01, Pelatihan Kepustakaan Dibutuhkan

Selasa, 14 Januari 2019, tim KKN Desa Puncel melakukan kunjungan ke SDN Puncel 01, untuk melakukan survey sekaligus silaturahim kepada kepala sekolah SDN Puncel 01. Kedatangan kami disambut hangat oleh kepala sekolah, Bapak Supriyadi. Beliau sangat terbuka kalau ada program kami yang bisa diterapkan di SDN Puncel 01.

Perpustakaan SDN Puncel 01 sendiri membutuhkan pelathan soal pengarsipan dan penyusunan buku-buku yang ada disana. Tidak adanya pegawai yang mengerti soal kepustakaan membuat perpusatkaan berantakan dan buku-buku disimpan begitu saja.

“Saya akan membantu sebisa saya. Kalau memang dari proker adik-adik sekalian ada yang dibutuhkan, kami dari SDN Puncel 01 dengan senang hati membatu,” ujar Pak Supriyadi saat kami berbincang-bincang di ruang Kepala Sekolah.

Selesai berbincang-bincang, kami diajak untuk melihat-lihat fasilitas sekolah. Perpustakaan, ruang olahraga, kantin, dan juga ke kelas-kelas. Pak Supriyadi juga berharap, kelak program kerja kami bisa membawa kebermanfaatan bagi SDN Puncel 01.

ReviewbyAriany

 

 

Perangkat KKN UNDIP Tim I 2019 Kecamatan Bodeh : Kunjungan Kerja Minggu Pertama Diakhiri Menikmati Malam Minggu Bersama dengan Bebakaran Ikan

1547738523541

Bodeh, 17 Januari 2019, Pengurus Kecamatan – Mhs KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) Tim I Tahun 2019 Kecamatan Bodeh, telah melakukan Bebakaran Ikan pada tanggal 12 Januari 2019 sekitar pukul 20.00 WIB untuk mempererat rasa kekeluargaan antar anggota KKN di Kecamatan Bodeh.

Setelah hampir seminggu melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), rasa lelah menghinggapi kawan-kawan Mahasiswa KKN UNDIP Tim I Tahun 2019 Kecamatan Bodeh. Hari Sabtu, hari yang tepat untuk melakukan relaksasi dari padatnya kegiatan KKN.

Bebakaran bersama diawali dengan menyapa dan mengobrol bersama bertukar cerita selama seminggu pertama melakukan KKN, selain itu ada juga yang membantu mengoleskan bumbu pada ikan yang hendak dibakar, membantu memanggang, ada yang menyiapkan nasi dan peralatan, sampai meracik bumbu di dalam dapur posko Desa Kesesi Rejo.

Ikan yang dibakar akhirnya matang sekitar pukul 22.00 WIB, Kumpul bebakaran diawali dari sepatah dua patah dari desa tuan rumah, Mas Nanda Jolondo, kemudian sambutan oleh Koordinator Kecamatan, dan ditutup dengan jargon, masing-masing ber’doa sebelum makan, serta berfoto bersama.

Kumpul tersebut terasa lebih nikmat dengan penyajian masakan bebakaran yang simpel dan merakyat, dengan dilembari daun pisang yang kemudian masakan tersebut ditaburi di atas lembaran daun pisang.

Bebakaran ikan teruntuk 75 anggota KKN UNDIP Tim I Tahun 2019 Kecamatan Bodeh, untuk meningkatkan chemistry serta kekeluargaan antar anggota serta perangkat Kecamatan KKN UNDIP Tim I Tahun 2019 Kecamatan Bodeh, tetapi yang mana terhitung hanya sebanyak 6 desa saja yang dapat menghadiri acara tersebut dari total 10 desa KKN UNDIP Tim I 2019 yang dipakai di Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang.

Sebelum perangkat KKN Kecamatan Bodeh mengakhiri kunjungan dengan bebakaran bersama, perangkat KKN Kecamatan Bodeh mengawali program kecamatan dari melakukan blusukan ala Koordinator Kecamatan, Rais Firdaus. Dimulai dari Hari Senin kunjungan ke desa terjauh KKN Kecamatan Bodeh, yaitu Kesesi Rejo dan Kebandungan yang letaknya berdekatan. Dilanjut Hari Selasa melakukan kunjungan ke Desa Babakan, Hari Rabu kunjungan ke Desa Jraganan, Hari Kamis malam ke Desa Pendawa dan Kelangdepok, Hari Jumat ke Desa Karangbrai, dan Hari Sabtu ke Desa Bodeh untuk melakukan evaluasi mingguan antar perangkat Kecamatan KKN Kecamatan Bodeh dengan para Koordinator Desa Kecamatan Bodeh.

Selain melakukan kunjungan kerja, pada Hari Rabu 9 Januari 2019 sekitar pukul 09.00 WIB, Koordinator Kecamatan bersama Wakil Koordinator Kecamatan Bodeh serta 10 Koordinator Desa  melakukan silaturahmi bersama Bapak Umar Aziz (Sekretaris Kecamatan Bodeh), guna memberikan nasihat dan arah gerak yang sesuai nilai dan norma sehingga kawan-kawan Mahasiswa KKN UNDIP Tim I Tahun 2019 Kecamatan Bodeh dapat diterima oleh masyarakat Kecamatan Bodeh dikemudian hari.

Selain melakukan kunjungan kerja dan bersilaturahmi dengan pejabar tokoh di Kecamatan Bodeh, perangkat KKN Kecamatan Bodeh, yaitu Koordinator Kecamatan bersama Wakil Koordinator Kecamatan Bodeh, juga sempat  bersilaturahmi dengan Mas Darmansyah (Ketua KNPI Kecamatan Bodeh, Karang Taruna Kecamatan Bodeh, & Organisasi Masyarakat Kecamatan Bodeh), guna berdiskusi dan mengobrol mengenai kemungkinan harapan untuk bersinergitas melakukan program kerja perangkat Kecamatan Bodeh dengan para pemuda Kecamatan Bodeh untuk memberdayakan pemuda Kecamatan Bodeh.

Jelang Idul Adha, Tim KKN UNDIP Sosialisasikan Metode Pemilihan Daging ASUH

https://drive.google.com/file/d/1xiGK-JmretEdGM3W-Z4x21tyeo2B6am5/view?usp=sharing

BUMIREJO – Tim II KKN Universitas Diponegoro tahun 2018 menyelenggarakan sosialisasi dengan tema “Metode Pemilihan Daging ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal)” di Balai Desa Bumirejo pada Rabu (25/7). Kegiatan tersebut bersamaan dengan acara selapanan ibu-ibu PKK Desa Bumirejo yang rutin diselenggarakan setiap bulannya.

 

Materi disampaikan oleh Fatimah, mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro. Materi yang disampaikan meliputi metode pemilihan daging hewan yang berkualitas serta pendeteksian daging ayam tiren. Kualitas daging yang disorot dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah aman, sehat, utuh dan halal atau yang biasa disingkat sebagai ASUH. Keempat aspek tersebut merupakan hal wajib yang harus diketahui oleh ibu-ibu rumah tangga yang merupakan penyedia konsumsi di rumah. Penyampaian materi ini dinilai sangat tepat, terlebih dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, umat muslim akan merayakan hari raya ‘Idul Adha.

 

Menurut Fatimah, pemilihan daging yang baik dan berkualitas merupakan salah satu kunci dalam pemenuhan gizi keluarga, serta sebagai langkah awal untuk mencegah terjangkitnya penyakit berbahaya yang berasal dari konsumsi daging yang tidak berkualitas dan tidak layak untuk dikonsumsi. Materi lain yang disampaikan dalam kesempatan tersebut yakni mengenai berbagai jenis penyakit dan bahaya yang ditimbulkan dari daging yang tidak memenuhi kriteria ASUH. Berbagai penyakit yang disampaikan merupakan kasus-kasus nyata yang marak terjadi di masyarakat. “Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan masyarakat mampu untuk memilah dan memilih daging yang baik dan berkualitas untuk keperluan konsumsi sehari-hari, sehingga timbul kesadaran dalam masyarakat untuk tidak mengkonsumsi daging yang buruk meski dengan harga yang relatif murah, untuk menghindari terjadinya dampak negatif yang dapat ditimbulkan”, ujar Ardik Putra Pratama selaku koordinator KKN Desa Bumirejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

https://drive.google.com/file/d/1EjwI3eLr6Tin1ZqjUIl9dKEgu_EXvjfC/view?usp=sharing

BERIKAN PERLINDUNGAN SESUNGGUHNYA, PEKERJA ADALAH TULANG PUNGGUNG PERUSAHAAN

Sumberagung – Grobogan (09/08/2018),  telah diadakan Sosialisasi mengenai perlindungan terhadap para pekerja yang bertempat di kediaman Kepala Desa Sumberagung dan dihadiri oleh ibu-ibu PKK, Karang Taruna. Disitulah saya menjelaskan bahwa pentingnya perlindungan terhadap para pekerja, Menyadari akan pentingnya pekerja bagi perusahaan, pemerintah dan masyarakat, maka perlu dilakukan pemikiran agar pekerja dapat menjaga keselamatannya dalam menjalankan pekerjaan. Demikian pula perlu diusahakan ketenangan dan kesehatan pekerja agar apa yang dihadapinya dalam pekerjaan dapat diperhatikan semaksimal mungkin, sehingga kewaspadaan dalam  menjalankan pekerjaan itu tetap terjamin.

Pemikiran-pemikiran ini merupakan program perlindungan pekerja yang dalam praktek sehari-hari berguna untuk mempertahankan produktivitas dan kestabilan perusahaan.

Program tersebut dijelaskan kepada ibu-ibu PKK beserta karang taruna yang menjadi sasaran program ini. Mulai dari pemberian informasi mengenai perlindungan, hak-hak pekerja serta kewajiban pengusaha. Supaya setelah mengetahui adanya perlindungan tersebut para pengusaha dapat merealisasikan terhadap para pekerja.
Penulis : Chikita Kintan Susdavie Berliani (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung)

Editor: Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi

Pembuatan Alur Pelayanan/ Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Kependudukan

Sumberagung – Grobogan (16/08/2018) telah dilakukan pemberian banner yang berisikan Alur pelayanan atau SOP (Standar Operasional Prosedur) di kantor Balai Desa Sumberagung. Pemberian banner tersebut diberikan kepada Pak Isgianto selaku Sekretaris Desa Sumberagung. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya.

            Permasalahan yang ada di Desa Sumberagung salah satunya yaitu belum adanya informasi menganai alur pelayanan/ Mekanisme pembuatan administrasi kependudukan. Administrasi kependudukan yang sering diurus masyarakat Desa Sumberagung yaitu pembuatan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). SKTM ini sebagian besar digunakan untuk mendaftarkan anaknya yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan belum adanya informasi yang berkaitan dengan alur pembuatannya, masyarakat harus datang ke kantor balai desa untuk menanyakan persyaratan dan langkah yang harus dilakukan. Oleh karena itu, dengan adanya banner yang berisikan informasi mengenai pembuatan administrasi kependudukan, khususnya SKTM diharapkan mampu mempermudah masyarakat yang akan mengurusnya tanpa harus menunggu pihak yang bersangkutan untuk menjelaskan prosedurnya.

Penulis : Anisah Dewi Irianto (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung)

Editor: Rachma Purwanti S.KM, M.Gizi

Edukasi Hak Pekerja Wanita dalam Dunia Kerja

Sumberagung – Grobogan (09/08/2018), telah dilakukan edukasi mengenai hak memperoleh kesempatan kerja yang sama bagi perempuan dan hak-hak khusus yang dimiliki tenaga kerja perempuan yang disampaikan  oleh KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2018 kepada Karang Taruna Dusun Nongko.

Acara diawali dengan perkenalan anggota KKN Tim  II Undip Tahun 2017 dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ervika Andra Renasya. Pemaparan materi disampaikan kepada pemuda-pemudi Karang Taruna Dusun Nongko yang dalam usia produktif.

Edukasi berjalan dengan lancar dan kondusif, mulai dari pembahasan pentingnya menghindari diskriminasi gender, sampai dengan mengusung kesetaraan gender dalam kegiatan sehari-hari, khususnya dalam hal pekerjaan. Wanita memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pekerjaan. Selain itu, wanita memiliki hak-hak khusus dalam hal pekerjaan yang dilindungi oleh hukum sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Diharapkan dengan adanya edukasi ini masyarakat sadar akan pentingnya kesetaraan gender dalam berbagai bidang, khususnya dalam pekerjaan. Masyarakat juga diharapkan dapat memahami hak-hak khusus yang diberikan oleh hukum kepada pekerja wanita sebagai bentuk perlindungan.

Penulis : Ervika Andra Renasya (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung)

Editor: Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi

Tumbuhkan Sikap Antikorupsi Sejak Dini

Sumberagung – Grobogan (06/08/2018), telah dilakukan edukasi mengenai penanaman sikap antikorupsi oleh KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2018 kepada siswa-siswi kelas 5 SDN 01 Sumberagung. Sosialisasi tentang anti korupsi dimulai pada pukul 10.00 WIB dan dilaksanakan di ruang kelas 5 SDN 01 Sumberagung.

Acara diawali dengan perkenalan anggota KKN Tim  II Undip Tahun 2017 dan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang antikorupsi oleh Ervika Andra Renasya. Pemaparan materi disampaikan dengan interaktif, ringan dan menarik. Dilanjutkan dengan penayangan film animasi tentang sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang perlu ditanamkan oleh siswa-siswi sekolah dasar sebagai bentuk sikap untuk menghindari tindakan-tindakan korupsi.

Edukasi mengenai antikorupsi ini berjalan dengan lancar dan kondusif, mulai dari pembahasan tentangdefinisi korupsi, contoh tindakan korupsi dalam kegiatan sehari-hari serta bahaya korupsi. Selanjutnya dilanjutkan dengan pemutaran film animasi Komisi Pemberantasan Korupsi. Kemudian diadakan kuis bagi siswa-siswi, yang dapat menjawab maka diberikan hadiah.

Diharapkan dengan adanya edukasi sikap antikorupsi ini nilai-nilai integritas berhasil ditanamkan dan menjadi kebiasaan dan pandangan hidup. Selain baik untuk membangun karakter siswa-siswi, edukasi ini merupakan  salah satu upaya kita juga untuk mencegah dan akhirnya mengurangi tindak korupsi di sekitar kita. Serta menyiapkan siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa yang bebas korupsi di masa yang akan datang.

Penulis : Ervika Andra Renasya (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung)

Editor: Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi

KATAKAN TIDAK PADA NARKOBA SEJAK DINI

Sumberagung – Grobogan (09/08/2018)  Telah diadakan Sosialisasi Pembinaan Anak Remaja yang bertempat di Balai Desa Sumberagung dan dihadiri oleh ibu-ibu PKK, Kader, Posyandu, dan siswa SMP Satap dan MTs Subulus Salam. Selain acara tersebut, disampaikan pula program mono disiplin mahasiswa yang berjudul “Pendampingan Terhadap Bahaya Narkoba”.

Program tersebut dihadiri oleh ibu-ibu PKK beserta kader yang menjadi sasaran program ini. Program diisi dengan pemberian informasi mengenai jenis-jenis narkoba, bahaya narkoba, serta hukuman yang dapat dikenakan kepada pemakai dan pengedar narkoba. Hal tersebut dilakukan supaya setelah mengetahui bahaya narkoba masyarakat desa Sumberagung menjauhi barang haram yang dapat merusak tubuh serta masa depan penerus bangsa tersebut.

Penulis : Chikita Kintan Susdavie Berliani (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung)

Editor : Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi

Reproduksi Sehat! Aku Sehat, Aku Aman, Aku Bahagia

Sumberagung – Grobogan (09/08/2018) Tingginya tingkat pernikahan dini di Desa Sumberagung membuat kekhawatiran mahasiswa Tim II KKN Undip. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti paksaan orang tua, alasan ekonomi, pergaulan bebas, dan ejekan lingkungan mengenai sebutan perawan tua apabila belum menikah di usia dini. Tentu saja, hal itu sangat memprihatinkan karena dapat berbahaya bagi kehamilan dan psikologis Ibu kelak. Ancaman gangguan kesehatan mulai dari eklampsia, baby blues syndrome, hingga kanker serviks menghantui para remaja dengan pernikahan dini.

Melihat hal tersebut, disampaikan materi berupa kesehatan reproduksi dan bahaya menikah dini. Materi yang diberikan meliputi fisiologi organ reproduksi, cara menjaga kesehatan organ reproduksi, penyakit yang dapat diderita apabila melakukan pergaulan bebas, dan berbagai tips untuk mengendalikan psikis dari remaja sesuai kategori umur. Acara ini juga bertepatan dengan program kesehatan anak dan remaja yang diadakan oleh Ibu PKK Desa Sumberagung. Bidan Desa, Ibu Ngatminah, berharap dengan adanya program ini angka pernikahan dini di Sumberagung dapat ditekan. Selain itu, masyarakat Sumberagung sudah menyadari mengenai usia minimal pernikahan yang baik bagi kesehatan yaitu laki-laki 25 tahun dan perempuan 21 tahun.

Peserta pendampingan edukasi yang terdiri lebih dari 100 siswa SMP Satu Atap (SATAP) dan MTs Subulussalam sangat antusias mengikuti program ini. Terbukti dari keaktifan peserta selama kegiatan. Seusai materi, diberikan kuis dengan hadiah berupa doorprize yang disediakan oleh Tim II KKN. Siswa juga berpendapat materi ini sangat bermanfaat bagi masa depan mereka kelak.

 

Penulis : Galih Ricci Muchamad (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung) 

Editor: Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi

Belajar Bersama Melalui Science Magic di SD Negeri 1 Sumberagung

Sumberagung – Grobogan (06/08/2018) telah dilakukan edukasi bidang ilmu sains melalui science magic di SD Negeri 1 Sumberagung. Kegiatan yang dilakukan di ruang kelas 5 ini diikuti oeh seluruh siswa dari kelas 5 itu sendiri. Awal kegiatan diisi dengan pemberian materi kemudian diikuti dengan demonstrasi eksperimen sains. Selama kegiatan berlangsung, siswa sangat antusias akan jalannya eksperimen-eksperimen yang dicontohkan.

            Berlangsung selama satu setengah jam, kegiatan science magic ini berjalan sangat seru dan menyenangkan. Banyak pertanyaan dari siswa yang mengikuti akan science magic ini. Sesampainya sesi akhir kegiatan, para siswa masih ingin melakukannya lagi. Kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah bagi seluruh siswa yang bisa menjawab pertanyaan.

Penulis : Kartika Permatasari (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung)

Editor: Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi