Home » Kec. Bodeh

Category Archives: Kec. Bodeh

Mengenal Lebih Dekat Desa Cangak

Pemalang-3 Jan 2020, TIM I KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) Desa Cangak Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang tiba di lokasi posko KKN. Kegiatan hari pertama setibanya di Posko, TIM anggota KKN melakukan kunjungan ke berbagai rumah warga Desa Cangak untuk bersilahturahmi. Salah satu kunjungan tersebut yaitu kunjungan ke rumah  mantan Kepala Desa Cangak periode 2014-2020 yaitu Pak Talkuto. Disana kami mencoba berbaur dan bertanya-tanya tentang apa saja yang menjadi masalah di Desa Cangak.

 

Beberapa permasalahan yang kami dapatkan dari kunjungan ke rumah Pak Talkuto yaitu seperti permasalahan tata ruang desa, pendidikan masyarakat terkait dengan demokrasi yang masih kurang, pendataan jumlah Kepala Keluarga yang tidak lengkap, data jumlah rumah yang ada di Desa Cangak yang masih belum lengkap, belum adanya pengelolaan sampah plastik, tidak adanya tempat pembuangan akhir (TPA), dan semakin berkurangnya gotong royong antar masyarakat.

 

Selain permasalahan yang ada di Desa Cangak, sebenarnya Desa Cangak memiliki kegiatan yang cukup baik seperti aktifnya karang taruna dan kegiatan ibu PKK. Bukan hanya itu, untuk potensi di Desa Cangak sendiri yaitu di bidang pertanian seperti tanaman jagung dan padi. Potensi tersebut didukung oleh mata pencaharian terbesar di Desa Cangak yaitu sebagai petani jagung dan padi.

 

Desa Cangak sendiri terdiri dari 3 Dusun dengan 17 RT dan 2 RW. Untuk bidang kesehatan di Desa Cangak  hanya memiliki poliklinik Desa yang terletak di Sebelah Balai Desa. Poliklinik Desa sendiri hanya buka pada hari Senin, Rabu, dan Kamis. Dari data di Desa Cangak, penyakit tertinggi di Desa Cangak yaitu penyakit ISPA. Penyakit ini banyak disebabkan oleh kualitas lingkungan yang kurang baik. Untuk kegiatan dibidang kesehatan lainnya yang ada di Desa Cangak yaitu  posyandu yang dilakuakan setiap sebulan sekali.

 

Setiap harinya kami pasti menyempatkan untuk silaturahmi kepada warga agar semakin berbaur dengan mereka. Di desa Cangak ini rata-rata warga hanya berternak kambing dan ayam. Remaja disini juga lebih memilih bekerja daripada untuk kuliah karena biaya yang sangat mahal. Seiring berjalannya waktu kami mulai mengenali masyarakat dan tidak sedikit anak kecil yang ingin belajar atau hanya ingin sekedar bermain dengan kami.https://i.ibb.co/hyw0Dzm/IMG-5894.jpg https://i.ibb.co/C9wjH2p/IMG-9885.jpg

Mengunjungi Rumah Salah Satu Warga Desa Cangak

SIKAT! PARA PETANI DESA JATINGARANG BEREBUT BIBIT TANAMAN GRATIS!


IMG_7277

             Senin (06/01/2020), Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan di Desa Jatingarang bertajuk “Pelatihan Peningkatan Produksi Tanaman Perkebunan”. Kegiatan tersebut diisi oleh empat narasumber dimana dua narasumber berasal dari Kecamatan Bodeh dan dua narasumber lain berasal dari Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan diikuti dengan antusias oleh warga Desa Jatingarang. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya petani dari kelima dusun di Desa Jatingarang, yaitu Dusun Alang-Alang Amba, Dusun Jatingarang, Dusun Sipring, Dusun Larangan, dan Dusun Dampit.

           Serangkaian kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Dinas memiliki beberapa harapan di Desa Jatingarang. Beberapa harapan yang dimiliki adalah agar pekarangan rumah di Desa Jatingarang dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman kebutuhan dapur sehingga dapat dikonsumsi sendiri, seperti tomat, cabai, dan lain-lain. Harapan khusus juga diutarakan kepada tim satu KKN Desa Jatingarang agar dapat menindaklanjuti pemanfaatan hasil alam di Desa Jatingarang sehingga pemanfaatan alam bisa maksimal. Pembagian bibit tanaman dilakukan setelah sosialisasi selesai dilakukan secara gratis. Pembagian bibit berlangsung dengan heboh dimana para petani berebut untuk mendapatkan bibit tanaman yang diinginkan.

rsz_img_7283

Serunya Guyub Rukun Dusun Kwasen Bersama Tim I KKN UNDIP 2020

20200110_060103

Pemalang (10/1). Mahasiswa Tim I KKN UNDIP 2020 melakukan kegiatan kerja bakti bersama warga Dusun Kwasen, Desa Kwasen, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Kerja bakti merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh warga Dusun Kwasen setiap hari Jumat Kliwon.

Kepala Dusun Kwasen, Ibu Titiek memantau langsung berjalannya kegiatan kerja bakti ini. Hal itu dilakukan demi menjaga kebersihan lingkungan Dusun Kwasen. Seluruh warga Dusun Kwasen sangat antusias dalam mengikuti kegiatan kerja bakti yang dimulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00 pagi. Semua sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.20200110_062000

Ibu Titiek mengatakan, “Kerja bakti gotong royong ini dilakukan setiap hari Jumat Kliwon, warga sangat antusias untuk memperindah jalan, dan dengan adanya gotong royong ini kita juga berharap tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkanseperti penyakit – penyakit yang ditularkan melalui lingkungan yang kotor, dan tempat berkembang biaknya nyamuk, mengingat ini adalah musim penghujan.”

Ia berharap agar semua warga Dusun Kwasen tetap menjaga kebersihan lingkungan, dan mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai. Sampah tidak boleh dibuang sembarangan, dan rumput liar disekitar jalan harus dibersihkan.

Aktivitas yang dilakukan diantaranya membersihkan jalan, membersihkanselokan dari sampah plastik, membabat rumput, dan lain-lain. Namun, kerja bakti ini didominasi oleh ibu – ibu, sedangkan para bapak – bapak pergi bekerja di ladang.20200110_071040

Mahasiswa Tim I KKN Undip 2020 saling berbaur dengan masyarakat untuk membersihkan lingkungan. Mahasiswa Tim I KKN Undip 2020 juga memanfaatkan kesempatan ini untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Kegiatan diakhiri dengan kumpul pengajian rutin yang bertepatan di rumah bu RT 03 Dusun Kwasen.

“Terimakasih mahasiswa KKN UNDIP atas partisipasinya dalam kegiatanrutin kerja bakti, dan telah hadir di lokasi tepat waktu,” ungkap Ibu Titiek.

KESERUAN SENAM LANSIA DI DESA PAYUNG

Tim I KKN Undip 2020 yang diterjunkan di Desa Payung, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, ikut serta dalam kegiatan posyandu lansia pada Rabu (15/1/2020).

Kegiatan posyandu ini rutin dilakukan pada tanggal 2 dan 15 disetiap bulannya. Kegiatan hanya terpusat di Balai Desa yang diawali dengan melakukan pengecekan tekanan darah, yang dilanjutkan dengan penimbangan berat badan serta melakukan senam lansia.

Tujuan diadakan kegiatan posyandu lansia ini untuk memonitoring dan meningkatkan kualitas kesehatan lansia di Desa Payung. Diharapkan dengan melakukan senam rutin ini, akan menurunkan penyakit lansia seperti stroke, diabetes, dan serangan jantung mendadak. Senam rutin diawali dengan pemanasan, inti, dan pendinginan. Pada inti senam, para lansia terfokus melakukan gerakan senam anti stroke, anti diabetes dan anti serangan jantung mendadak.

Keseruan para lansia yang mengikuti senam rutin (15/01/2020)
Keseruan para lansia yang mengikuti senam rutin (15/01/2020)

Kegiatan berjalan lancar hingga selesai di pukul 11.30 WIB. Disayangkan, lansia yang menghadiri posyandu lansia kali ini terbilang sedikit. Hal ini dikarenakan saat ini di Desa Payung sedang musim tandur (musim tanam padi). Sehingga, banyak lansia yang disibukan dengan kegiatan bercocok tanam.

KOLAM LALAT AROMA ROSELA

Pemalang (19/1). Mahasiswa Tim I KKN UNDIP 2020 melakukan kegiatan Monodisiplin di Balai Desa Kwasen, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Setelah melakukan survey yang dilakukan di Desa Kwasen, mahasiswa menemukan beberapa hal yang menjadi masalah di lingkungan Desa Kwasen, diantaranya masih banyaknya sampah yang tidak dikelola dengan baik, sampah – sampah yang dihasilkan oleh warga – warga masih menumpuk di pinggir jalan tanpa ada tindakan lebih lanjut sehingga menghasilkan beberapa masalah seperti bau yang kurang sedap, pencemaran lingkungan dan semakin merajalelanya lalat yang terdapat baik di luar maupun di dalam rumah warga. Masyarakat juga masih memiliki kesadaran yang rendah tentang penggunaan plastik, sehingga sampah plastik belum dimanfaatkan dan menyebabkan pencemaran lingkungan karena terus menumpuk. Semakin merajalelanya lalat merupakan salah satu dampak yang paling terlihat di lingkungan Desa Kwasen. Hal ini dapat berakibat buruk terhadap kualitas kesehatan masyarakat setempat. Untuk mengatasi salah satu dampak dari penumpukan sampah tersebut mahasiswa Tim I KKN UNDIP 2020 berusaha untuk membuat perangkap (flytrap) lalat dengan memanfaatkan botol plastik yang sudah tidak terpakai lagi, Program Pelatihan Masyarakat Dalam Pembuatan Flytrap Sederhana yang dilaksanakan dengan ibu – ibu PKK Desa Kwasen sebagai sasaran dari program ini, para ibu – ibu yang hadir dalam kegiatan ini sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa Tim I KKN UNDIP 2020, dalam kegiatan pelatihan ini para hadirin dijelaskan mengenai bahaya lalat terhadap kesehatan terlebih dahulu kemudian diikuti dengan kegiatan percobaan pembuatan flytrap sederhana dari bahan botol plastik dengan didampingi oleh mahasiwa KKN. Mahasiswa KKN menyediakan alat dan bahan dalam program pendampingan ini. Acara ini juga berusaha untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menimbulkan sarang penyakit dengan keberadaan lalat yang merajalela.

WhatsApp Image 2020-01-21 at 10.46.10 PM

Adapun program mono selanjutnya yang diadakan oleh Tim I KKN UNDIP 2020 adalah Pemberdayaan dan Pelatihan Ibu PKK Penanaman TOGA dengan Media Sampah Botol Plastik. Melalui program ini mahasiswa KKN juga berusaha untuk melakukan pemanfaatan sampah botol plastik dengan menggunakan sampah botol plastik sebagai media penanaman TOGA. Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk memberi pemahaman mengenai beberapa tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat berbagai macam penyakit, sehingga masyarakat memiliki pengetahuan mengenai pemanfaatan tanaman untuk berbagai macam penyakit. Selain memberikan modul, mahasiwa KKN juga membagikan bibit tanaman Rosela bagi setiap peserta program ini sehingga masyarakat dapat mengembangkan tanaman tersebut untuk meningkatkan kesehatan karena teh Rosela dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh manusia. Acara diakhiri dengan pemberian sebuah pengeras suara kepada Kepala Dusun Kwasen, Ibu Titiek. Mahasiswa memberikan pengeras suara karena sebelumnya otoritas desa mengeluhkan mengenai sulitnya mengumpulkan warga ataupun memberi pemberitahuan ke warga tanpa pengeras suara.

 

WhatsApp Image 2020-01-21 at 10.46.14 PM (1)

WhatsApp Image 2020-01-19 at 5.29.54 PM

Sosialisasi Pengenalan Alternatif Pengelolaan Sampah Dengan Lubang Sampah Organik (LSO) Kepada Masyarakat Desa Pasir, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang

Desa Pasir, sampah hasil sisa kegiatan masyarakat masih belum dikelola dengan baik. Sampah yang dihasilkan oleh masyarakat hanya dikumpulkan di pekarangan rumah tanpa pewadahan yang selayaknya. Selain itu juga, tidak ada fasilitas pengumpulan atau pengangkutan sampah di desa, sehingga sampah yang telah dikumpulkan dan kemudian dibakar di pekarangan rumah masing-masing. Dampak dari pembakaran sampah tersebut perlu diketahui oleh masyarakat, karena dapat mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan.

Terkait dengan itu maka TIM II KKN UNDIP Desa Pasir Tahun 2019, memberikan alternative pengelolaan sederhana yang bias dilakukan dengan keterbatasan fasilitas persampahan yang dimiliki oleh desa, yaitu dengan pembuatan Lubang Sampah Organik. Lubang Sampah Organik (LSO) ini nantinya diharapkan dapat menjadi tempat penampungan khusus sampah organik. Melalui lubang sampah organik ini, sampah organik yang dihasilkan oleh masyarakat dapat dikumpulkan dalam suatu wadah (lubang tanah sedalam 0,5 – 1 meter) sehingga tidak berserakan di jalanan atau terhampar di pekarangan rumah. Sampah yang ditampung dalam LSO ini dapat ditimbun secara berkala maupun sekali setelah penuh. Sampah yang yang ditimbun di LSO nantinya dapat membentuk kompos secara alami dalam kurun waktu tertentu sehingga dapat meregenerasi tanah dan dapat ditanami.

Sosialisasi Lubang Sampah Organik ini dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 28 Juli 2019, dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 11.30 WIB di Rumah Sekretaris Desa Pasir atau Pak Toyib dan diikuti oleh 20 orang masyarakat desa pasir. Masyarakat desa pasir diberikan leafleat yang berisikan materi informasi tentang Lubang Sampah Organik yang dipandu oleh mahasiswa KKN. Masyarakat Desa Pasir sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi ini dan sangat aktif pada saat berdiskusi dengan mahasiswa KKN terkait materi yang diberikan. Hal ini terlihat dari sesi Tanya jawab antara masayarakat dengan pemberi materi pada saat sosialisasi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat Desa Pasir dapat mengelola sampah dengan baik khususnya untuk sampah organik.

Edukasi Mengenai Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Desa Payung, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang

PEMALANG – Pelaksanaan program edukasi mengenai peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa telah dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip di balai Desa Payung. Acara ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan dan dinilai berbeda dari yang tahun-tahun sebelumnya.

Program yang dilaksanakan pada jumat (02/8) pukul 19.00 diisi oleh mahasiswa KKN Tim II. Materi yang diberikan adalah peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa. Program Peningkatan partisipasi masyarakat ini dihadiri oleh 21 masyarakat desa payung. Kegiatan edukasi ini disampaikan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip yakni saudara Joseph (diberi nama lengkap).

Kegiatan Program peningkatan partisipasi masyarakat ini diawali dengan sambutan dari saudara Joseph yang menjelaskan mengenai materi yang akan disampaikan oleh mahasiswa KKN Tim II. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan partisipasi masyarakat di desa dengan metode yang sederhana dan benar serta dengan menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang sejalan dengan program pembangunan desa, guna meningkatkan rasa nasionalisme.

Acara selanjutnya yaitu dengan menonton film yang bertema kemerdekaan dengan judul soekarno, guna meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air dalam diri masyarakat desa payung, yang kemudian dilanjutkan dengan screening film yang ditonton sebelumnya.

Terdapat beberapa pertanyaan yang muncul dari masyarakat salah satunya adalah “bagaimana cara pak Soekarno bisa mendapatkan kepercayaan rakyat yang begitu besar?” Pertanyaan itu dijawab, “Terdapat berbagai jenis tipe atau model-model kepemimpinan dari tiap pemimpin, salah satu diantaranya adalah tipe kepemimpinan kharismatik yang masih menjadi idola bagi masyarakat Indonesia. Soekarno merupakan pemimpin yang menerapkan tipe kepemimpinan yang kharismaik dan hal tersebut ditunjukan dengan wibawa beliau yang tercermin pada setiap pidatonya”, Ucap Joseph. Setelah berakhir pada sesi tanya jawab, kemudian acara dilanjutkan dengan makan bersama dan diakhiri dengan berfoto bersama masyarakat desa payung.

Pengenalan Story-telling sebagai Metode Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas 5 SDN 01 Payung, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang

PEMALANG – Pengenalan metode story-telling kepada tenaga pendidik menjadi salah satu usaha untuk menjauhkan mindset ‘sulit’ dan ‘membosankan’ oleh para siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris. Metode ini, secara spesifik, berguna sebagai sarana memaksimalkan pembelajaran kosakata pada siswa Kelas 5 SDN 01 Payung, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Program ini telah dilaksanakan oleh Tim KKN II Desa Payung pada Senin (22/7) hingga Sabtu (22/7) pukul 07.30 WIB.

Selain mengenalkan metode ini kepada guru, kegiatan juga dilanjutkan dengan percobaan penerapan metode yang memakan waktu sekitar 6 hari. Dalam pelaksanaannya, kegiatan dalam program ini  mencakup penjelasan secara umum terkait metode kepada guru, pre-test di awal sebelum penerapan dimulai, dan post-test di akhir program. Hasil tes menunjukkan, dari 23 siswa kelas 5, 19 anak mendapatkan hasil yang meningkat dari sebelumnya dan 4 anak tidak mengalami peningkatan sama sekali. Dengan kata lain, keberhasilan penerapan metode sejauh ini mencapai 83%. Pengenalan metode ini kepada tenaga pengajar diharapkan mampu diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris ke depannya.

Sadari Kesehatan Reproduksi Remaja Sejak Dini!

Pemudi Desa Payung yang menjadi sasaran kegiatan
Pemudi Desa Payung yang menjadi sasaran kegiatan
Pemuda Desa Payung yang menjadi sasaran kegiatan
Pemuda Desa Payung yang menjadi sasaran kegiatan
Penyerahan notes yang berisikan informasi seputar kesehatan reproduksi
Penyerahan notes yang berisikan informasi seputar kesehatan reproduksi

Tim I KKN Undip 2020 yang diterjunkan di Desa Payung, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang menyelenggarakan salah satu program monodisiplin mengenai “KIE Kesehatan Reproduksi Remaja di Desa Payung” Pada Rabu (29/01/2020).

Berdasarkan penuturan perangkat desa dan bidan desa, masih cukup banyak terjadinya pernikahan dini di Desa Payung bahkan sedari umur 15 tahun sudah dinikahkan. Hal itulah yang mendasari terselenggaranya kegiatan ini. Terlebih, diusia remaja ini merupakan masa peralihan dari anak-anak ke dewasa yang signifikan dari sisi fisik, biologis, mental dan emosional, serta psikososial. Jika tidak diberikan pemahaman yang baik diusia ini, dikhawatirkan akan mempengaruhi kehidupan dan perilaku pribadi, lingkungan, keluarga, dan masyarakat nantinya.

Kegiatan ini dihadiri oleh pemuda pemudi Desa Payung yang tergabung dalam organisasi IPPNU. Susunan kegiatan dimulai dengan pemberian informasi seputar kesehatan reproduksi yang diantaranya definisi kesehatan reproduksi remaja, masa remaja itu sendiri, fakta-fakta tentang kesehatan reproduksi di usia remaja, dampak-dampak dari perilaku menyimpang, penyakit-penyakit infeksi menular seksual, serta cara-cara menghadapi peralihan di usia remaja. Tak hanya itu, setelahnya dilanjutkan dengan sesi diskusi, meskipun bagi mereka hal-hal yang berkaitan kesehatan reproduksi masih dianggap menjadi hal yang tabu, namun mereka cukup antusias pada kegiatan ini. Diakhir kegiatan, para remaja di Desa Payung juga diberikan notes yang berisikan informasi seputar kesehatan reproduksi, lembar perencanaan bulanan dan mingguan sebagai pengingat, dan bagi perempuan disediakan, catatan menstruasi yang berguna sebagai pengingat siklus menstruasinya.

Diharapkan dengan diselenggarakannya acara ini, remaja di Desa Payung dapat memelihara dan meningkatkan kesehatan reproduksi, serta menghindari dari perilaku-perilaku menyimpang di masa remaja.

Tim I KKN Undip Pantik Semangat Pemuda Desa Payung

Tim I KKN Undip 2020 yang diterjunkan di Desa Payung, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, mengadakan pencerdasan tentang peran pemuda untuk pembangunan desa (29/012020)

Kegiatan pencerdasan ini dilaksanakan sebagai bentuk keresahan yang ditemukan oleh Tim I KKN Undip tentang kurang aktifnya pemuda dalam pembangunan desa, hal itu terlihat ketika Tim I KKN Undip ikut serta dalam kegiatan Musrenbang Desa Payung. Pencerdasan ini penting mengingat Desa Payung sedang menginisiasi desa wisata yang nantinya dapat dikelola oleh para pemudanya.

Dalam kegiatan ini diberikan modul yang berisi tentang peran pemuda dan memberikan pengetahuan terkait siapa saja stakeholder dalam pembangunan desa. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pemuda desa melalui IPNU IPPNU Desa Payung dapat menjadi pemantik aktifnya kembali  pemuda di Desa Payung.

Acara ini dihadiri kurang lebih 30 pemuda dan pemudi Desa Payung. Dimulai dengan pembukaan pada pukul 19.00 hingga pukul 21.00. Acara berlangsung dengan seru karena diselingi pula dengan focus group discussion sehingga pemahaman materi akan semakin maksimal.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan mengggugah semangat serta pemahaman pemuda tentang pentingnya peran mereka dalam pembangunan desa, sehingga Desa Payung dapat menjadi desa yang terus melakukan perbaikan-perbaikan demi kemaslahatan bersama.