Home » Kec. Bodeh

Category Archives: Kec. Bodeh

KKN Undip Kenalkan Teknologi Pompa Air Ramah Lingkungan di Desa Kwasen untuk Efisiensi Biaya Irigasi pada Lahan Pertanian

Kincir Air Rezeki Petani

Kwasen-Bodeh-Pemalang – Minggu, 28 Juli 2019, para petani di Dukuh Kedunggong, Desa Kwasen, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang tidak khawatir lagi saat musim kemarau tiba berkat TIM II KKN Undip.  Mahasiswa KKN Undip telah memberi solusi dengan mengenalkan teknologi pompa air yang menggunakan tenaga arus air. Teknologi pompa atau kincir air ini dapat dibuat dengan menggunakan barang-barang bekas dan sederhana yang ada di sekitar pemukiman penduduk. Alat ini cukup handal dalam memompa air yang diambil dari sungai dan akan disalurkan melalui pipa peralon dan selang ke area persawahan.

Desa Kwasen mempunyai potensi sumber daya alam yang sangat besar dengan adanya sungai yang mempunyai air yang mengalir deras sepanjang tahun. Namun dengan potensi yang dimiliki tersebut tersimpan masalah yang dihadapi masyarakat desa yaitu posisi sungai yang lebih rendah dari sawah sehingga air sulit untuk dialirkan langsung ke persawahan. Atas kenyataan tersebut, Tim KKN Undip perlu untuk menerapkan teknologi yang dapat memberi solusi, yaitu dapat mengalirkan air dari sungai yang berada di bawah ke sawah yang berada di atasnya. .

Potensi dari aliran air dapat menjadi alternatif lain yang dapat digunakan yaitu penggunaan pompa atau kincir air sebagai tanaga pemompa. Proses pengairan dilakukan dengan membendung aliran sungai untuk memperbesar arus sungai yang dapat digunakan untuk memutar turbin. Putaran  turbin yang hasil dari aliran sungai selanjutnya dihubungkan dengan pompa air. Pompa air akan menaikan air dari sungai ke persawahan melalui pipa peralon dan saluran air. Semakin besar aliran sungai maka tenaga putaran yang dihasilkan akan lebih kuat. Ukuran dari turbin juga mempengaruhi besarnya energi yang mampu dikonversi menjadi putaran. Pengaturan putar atau torsi dari turbin dapat dilakukan dengan mengatur panjang lengan turbin dan panjang lengan pemompa. Hal yang perlu diperhatikan pada pompa adalah kerapatan pompa dan kelicinan tarikan pompa karena hal ini mendukung dalam proses kompresi dan besar tarikan yang dibutuhkan. Untuk menghasilkan debit air yang tinggi diperlukan pompa dan turbin yang besar serta aliran air yang deras.

Tim II KKN Undip Desa Kwasen berharap, pemerintah dan masyarakat dapat menyalurkan kembali teknologi pertanian yang ramah lingkungan dengan kapasitas yang lebih besar. Keberadaan teknologi pertanian berupa pompa air dengan kapasitas lebih besar dibutuhkan agar manfaatnya bisa dinikmati banyak petani di desa Kwasen dan sekitarnya.

Editor: Sunarno

 

KKN Undip Berdayakan UMKM Kripik Pisang dan Rengginang Desa Gunungbatu

Gunungbatu, Bodeh-Pemalang – Tim II KKN Undip telah melakukan pemberdayaan dua UMKM di Desa Gunungbatu Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Dua UMKM yang diberdayakan adalah produk Pisang yang diproduksi oleh Ibu Rofiqoh dan Rengginang yang diproduksi oleh Ibu Sri. Kedua produk UMKM sudah memiliki pasar yang cukup luas, baik di dalam maupun di diluar wilayah Kabupaten Pemalang.

Pemberdayaan UMKM dilaksanakan pada hari Selasa (23/7) pukul 10.00 dengan narasumber dari Tim II KKN Undip, yaitu Davita dan Dinda. Materi yang diberikan adalah tentang marketing online, pembukuan, dan edukasi pentingnya memiliki ijin edar kesehatan pada produksi olahan rumah tangga (SPP-IRT).

Kegiatan pemberdayaan ini disambut dengan sangat antusias oleh kedua pelaku UMKM. Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan pemasarkan produk secara online melalui e-commerce, mengenalkan pembukuan,  dan memberikan pemahaman pentingnya memiliki ijin edar kesehatan untuk produksi olahan rumah tangga. Program pemberdayaan ini dapat berjalan dengan lancar dan kedua pelaku UMKM sangat antusias mengikuti kegiatan.

Editor: Sunarno

IMG-20190726-WA0002[1]IMG20190723115425[1]

Edukasi Mengenai Manfaat Interaksi dengan Janin serta Pentingnya Kelekatan Ibu dan Bayi Di Kelas Ibu Hamil Desa Payung

Program Monodisiplin di Kelas Ibu Hamil

PEMALANG – Pelaksanaan program edukasi telah dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II di rumah bidan Desa Payung. Setiap sebulan sekali Ibu Bidan mengadakan kelas yang dikhususkan untuk Ibu hamil. Biasanya kelas diisi dengan penyuluhan mengenai berbagai materi seputar kehamilan dan melahirkan seperti jenis makanan yang baik ketika sedang mengandung, bagaimana merawat bayi, serta proses melahirkan.

Kelas yang dilaksanakan pada Sabtu (20/7) pukul 10.00 diisi oleh mahasiswa KKN Tim II. Materi yang diberikan adalah manfaat dari interaksi dengan janin dan pentingnya menjalin kelekatan dengan anak usia dini. Kelas ibu hamil ini dihadiri oleh kurang lebih 8 orang dan didampingi oleh Ibu Bidan. Kegiatan edukasi ini disampaikan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip saudari Fienna dan Suci.

Kegiatan kelas ibu hamil ini diawali dengan sambutan dari Ibu Bidan yang menjelaskan apa materi yang akan disampaikan oleh mahasiswa KKN Tim II. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara berinteraksi yang dilakukan antara Ibu dan Si Kecil saat masa mengandung yaitu dilakukan dengan cara bernyanyi, berbicara, atau membacakan cerita, buku, atau dongeng untuk Si Kecil dan pentingnya attachment antara Ibu dan Si buah hati.

Acara selanjutnya yaitu dengan sesi tanya jawab, “Mba, bagaimana membuat anak saya agar tidak malas dalam hal belajar, tapi dia kalau main sangat aktif sekali bersama teman-temannya?” Tanya Bu Darmi.

Pertanyaan itu pun dijawab, “Cara belajarnya mungkin dibuat lebih menarik lagi, atau memakai dengan metode membaca, mendengar dan lain sebagainya, setiap anak pasti memiliki cara belajar yang berbeda-beda, kembali lagi pada sang Ibu yang bagaimana membuat Si Anak agar mau  belajar bersama, kuncinya Ibu harus banyak bersabar dan mengerti akan keadaan Si Anak”, Ucap Fienna, Nimas, dan Suci. Setelah berakhir pada sesi tanya jawab, selanjutnya makan bersama dan diakhiri dengan berfoto bersama para Ibu Hamil dan Ibu Bidan.

Editor: Sunarno

KKN Undip Ikut Lestarikan Budaya Hari Raya Kurban di Desa Kwasen, Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang

VideoCapture_20190812-195824Pemalang – Minggu, 11 Agustus 2019, bersama dengan masyarakat di Desa Kwasen, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang Tim II KKN Undip berpartisiapsi pada kegiatan penyembelihan hewan kurban setelah menunaikan sholat pada hari raya Idul Adha 1440H. Jumlah hewan kurban yang disembelih berjumlah 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Kegiatan penyembelihan hewan kurban dilanjutkan dengan acara makan bersama. Budaya makan bersama setiap hari raya Idul Adha telah dilaksanakan secara turun temurun dan merupakan bentuk kearifan lokal dengan mengikuti salah satu dari sunah Nabi Muhammad Sholallohualaihiwassalam. Salah satu manfaat dari pelestarian budaya ini adalah dapat mempererat tali silaturahmi, persaudaraan, kebersamaan, dan gotong- royong. Tidak hanya bapak-bapak, ibu-ibu, pemuda, dan remaja, anak-anak pun sangat antusias menghadiri acara penyembelihan hewan kurban bersama dengan Tim KKN Undip. Warga masyarakat tampak kompak berbagi tugas, ada yang menyembelih hewan kurban, memproses daging, dan membagi daging. Ibu-ibu bertugas menyiapkan masakan bagi bapak-bapak, pemuda, remaja maupun anak-anak yang ikut hadir pada acara tersebut. Pembagian tugas terorganisasi dengan baik sehingga dapat berjalan dengan lancar dan efisien. Setelah prosesi pemotongan hewan dan pembagian daging hewan kurban, dilanjutkan dengan makan bersama dengan menu masakan olahan daging hewan kurban.

Tim II KKN Undip memberi apresiasi atas kelancaran kegiatan penyembelihan dan pendistribusian daging hewan kurban sampai kepada pihak yang berhak menerimanya. Pengalaman makan bersama dengan menu olahan daging hewan kurban menjadi pengalaman hidup yang tidak akan terlupakan. KKN Undip Desa Kwasen, Jaya!!!

Editor: Sunarno

Kenalkan Produksi Susu dari Bahan Jagung, KKN Undip dapat Apresiasi Warga Desa Gunung Batu Kecamatan Bodeh Pemalang

IMG_2767Gunungbatu, Pemalang – Tim II KKN Undip 2019 bekerjasama dengan warga Desa Gunungbatu, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang telah berhasil memproduksi susu dari bahan jagung. Produk ini oleh Tim II KKN Undip dan warga masyarakat diberi nama ‘SUJU’ yang artinya susu jagung Gunungbatu. Produksi susu jagung merupakan salah satu program multidisiplin yang dikerjakan oleh beberapa mahasiswa dari berbagai macam disiplin ilmu. Prosedur produksi susu diawali dengan proses pengolahan jagung menjadi susu, yang dilanjutkan dengan pengemasan dan pembuatan merek serta pendaftran nomor PIRT. Selain kegiatan produksi, masyarakat juga diberi pelatihan tentang pemasaran secara online melalui Shopee, salah satu E-Commerce yang ada di Indonesia.

Produksi susu jagung merupakan upaya melakukan diversivikasi pangan, yaitu pemanfaatan jagung menjadi susu. Alasan jagung dipilih sebagai bahan produksi susu, karena masyarakat di Gunungbatu banyak membudidayakan tanaman jagung. Selain itu, jagung memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah untuk meningkatkan nilai gizi. Dari informasi berbagai macam sumber, jagung telah diketahui mengandung vitamin B12 yang sangat tinggi. Jenis vitamin ini mempunyai peran penting untuk menjaga metabolisme tubuh dan  mencegah anemia atau kekurangan darah. Karbohidrat pada jagung juga diketahui merupakan sumber energi yang menyehatkan. Susu jagung memiliki banyak manfaat, selain untuk kesehatan tubuh, jenis susu ini juga dapat dijual untuk menambah penghasilan masyarakat. Manfaat lainnya adalah kebutuhan jagung untuk produksi jenis susu ini dapat meningkatkan nilai jual jagung.

Program produksi susu jagung ini telah dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2019 yang bertempatkan di Balai Desa Gunungbatu, dengan dihadiri kurang lebih 50 warga. Warga masyarakat mengikuti dengan sangat antusias dan memberi apresiasi atas keberhasilan program ini. Program ini sangat penting karena sebagian besar penduduk Desa Gunungbatu berkerja sebagai petani jagung, dengan produk pertanian terbesar adalah agung. Kemampuan produksi susu berbahan jagung yang telah dimiliki oleh masyarakat diharapkan dapat terus dilanjutkan.

Editor: Sunarno

Pelatihan Seni Budaya Tradisional di Kesesirejo

KKN Undip 2019 TIM 1, Desa Kesesirejo – Kuntulan merupakan salah satu kesenian tradisional desa Kesesirejo yang terfokus dalam bela diri. Kuntulan ini dapat dimainkan oleh anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar maupun orang-orang yang telah dewasa. Seni beladiri ini dimainkan apabila terdapat acara tertentu, misalnya acara pagelaran seni, peringatan-peringatan di desa, dan lain sebagainya. Kuntulan ini sangat mirip dengan pencak silat, namun disetiap gerakannya diiringi oleh alunan musik, sholawat, atau bahkan doa-doa. Pada saat pelatihan yang dilakukan di Balai Desa Kesesirejo pada tanggal 16 Februari 2019 pemain kuntulan berseragam memakai pakaian putih serta dilengkapi dengan peci yang juga berwarna putih.

Kesenian bela diri kuntulan
Kesenian bela diri kuntulan

Pelatihan Seni Budaya Tradisional yang dilakukan di Balai Desa ini bertujuan untuk tetap melestarikan budaya khas daerahnya kepada masyarakat terutama generasi muda yang mulai berkurang ketertarikannya terhadap hal-hal yang berbau tradisional. Antusiasme warga desa Kesesirejo terlihat pada saat sebelum acara dimulai, masyarakat datang berbondong-bondong ke balai desa untuk menyaksikan kesenian kuntulan.

Pelatihan seni budaya tradisional tidak hanya menampilkan seni bela diri kuntulan saja, namun juga adanya penampilan kesenian kuda lumping. Kuda lumping ini dimainkan oleh orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Dalam sebuah tim kuda lumping terdapat berbagai macam bagian pekerjaan yang harus dilakukan pemainnya. Misalnya pemain alat musik, penyair, pemain kuda lumping, pemain barong, serta pemain yang mengenakan riasan. Kesenian kuda lumping ini juga diiringi musik tradisional dengan syair bahasa jawa kuno serta sholawat ataupun doa-doa. Kesenian ini juga dilengkapi dengan debus, dimana pemainnya tahan apabila terkena api ataupun benda-benda yang membahayakan. Pada saat ditengah-tengah acara terdapat beberapa pemain yang kerasukan dan dapat disadarkan sesegera mungkin. Kegiatan pelatihan seni budaya tradisional ini rutin dilakukan di desa Kesesirejo setidaknya setahun sekali.

Kuda Lumping khas Kesesirejo
Kuda Lumping khas Kesesirejo

ACARA PERPISAHAN TIM I KKN UNDIP 2019 DESA KEBANDARAN, BODEH, PEMALANG

Kebandaran (17/02/19), Tidak terasa KKN sudah dipenghujung hari. Bertepatan dengan hari ke-42 yang menandakan bahwa KKN tinggal tersisa 2 hari lagi.

Pada Minggu hari ini, setelah isya kami TIM KKN menggelar acara kecil-kecilan sebagai tanda perpisahan kepada warga Desa Kebandaran yang telah berbaik hati menerima kami serta memberikan banyak pelajaran dan pengalaman kepada kami.

Acara dimulai pada malam hari setelah sholat isya, dan dibuka dengan sambutan oleh Bapak Kepala Desa dan Koordinator Desa. Lalu, dilanjutkan dengan berdoa bersama dan menyantap hidangan yang telah disediakan.

Acara ini dihadiri oleh banyak segmen masyarakat yaitu RT/RW, Karang Taruna, serta Adik-adik yang senantiasa datang ke posko untuk dibantu belajar.

Terakhir, Kami TIM I KKN UNDIP Desa Kebandaran ingin berterima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Kebandaran untuk 44 hari yang tidak terlupakan, Terimakasih.

EXPO KABUPATEN PEMALANG TIM I KKN UNDIP 2019

Pemalang (16/02/19), Hari Sabtu adalah hari yang cukup berarti untuk kami peserta KKN, karena terdapat acara megah berupa EXPO Kabupaten Pemalang yang juga menandakan akan selesainya rangkaian KKN oleh KKN TIM I UNDIP 2019.

EXPO kali ini bertempat di Pantai Joko Tingkir Pemalang dengan agenda acara Jalan Sehat yang berfokus untuk mengelilingi venue acara dan membersihkan Pantai Joko Tingkir yang cukup kotor dengan sampah.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan baik oleh Pejabat Kampus maupun Perangkat-perangkat daerah yang telah datang ke EXPO Kabupaten Pemalang. Dianjutkan dengan inti acara, berupa banyak-nya stand yang tersedia dan diisi oleh produk-produk olahan yang dapat dibeli dan merupakan komoditas atau produk unggulan dari masing-masing desa maupun kecamatan. Ada juga stand batik yang siap untuk memberikan tutorial membuat batik tulis untuk pengunjung EXPO.

Disisi lain, pada panggung utama, memiliki penampil yaitu Tari dari Desa Kelangdepok, Bodeh serta mahasiswa/i yang tampil untuk bernyayi dan menghibur pengunjung.

PENYERAHAN PRODUK HASIL PROGRAM KERJA MONODISIPLIN

Kebandaran (15/02/19), Kegiatan hari ini adalah untuk menyerahkan kepada Bapak Kepala Desa produk-produk yang sekiranya dapat dipakai atau menjadi referensi dari Desa Kebandaran kedepannya..

Produk yang diserahkan datang dari berbagai ilmu disiplin yaitu, Produk Hukum berupa Dradt PERKADES dan PERDES mengenai Lingkungan Hidup. Lalu dari jurusan PWK berupa Laporan Analisis Rencana Pembangunan Desa.

Dari jurusan Matematika memberikan Penjadwalan Perencanaan Pembangunan Rumah Menggunakan Metode PERT, dan terakhir dari jurusan Teknik Arsitektur berupa Perancangan Desain Ruang Komunal bagi Warga Desa Guna Memfasilitasi Warga dalam Bersosialisasi.

Produk-produk diatas telah diterima dengan baik oleh Bapak Kepala Desa dan semoga bermanfaat untuk Desa Kebandaran.

Website Desa yang Baik Cerminan Wajah Desa yang Baik

Pendowo, Pemalang – Perawatan website desa merupakan suatu yang perlu untuk dilakukan. Namun, sangan disayangkan website desa yang bisa dibilang masih mendapat perhatian kurang dari pemerintahan desa itu sendiri. Padahal website desa bisa dibilang sebagai wajah digital utama dari sebuah pemerintahan desa. Salah satunya terjadi di Desa Pendowo Bodeh. Website Desa Pendowo bisa dibilang tidak terlalu update karena kurangnya tenaga dan pengetahuan untuk pengelolaannya. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan dan bantuan dalam pengelolaan Website Desa Pendowo.

Perawatan dimulai dengan mengumpulkan data dan melihat kekurangan dari website desa untuk saat ini. Setelah itu Tim KKN UNDIP di Desa Pendowo mengumpulkan data untuk melengkapi kekurangan pada website. Setelah melengkapi bagian yang kurang dilakukan pelatihan kepada perangkat yang bertugas untuk mengelola Website Desa Pendowo. Pelatihan dilakukan tergantung permintaan materi dari perangkat desa, sehingga untuk waktu dan tempat pelatihan menjadi lebih flexibel. Pelatihan dan perawatan website desa berlangsung selama masa KKN Tim 1 tahun 2019 ini.

Saat ini Website Desa Pendowo mulai terupdate kembali dan sudah ada beberapa postingan baru. Diharapkan dengan adanya program kerja ini dapat membantu Desa Pendowo untuk mengelola website desanya dengan lebih baik lagi. Selain itu, dengan adanya dasar-dasar pengelolaan yang telah diberikan setidaknya dapat membuka wawasan dari perangkat desanya sendiri. Website yang cantik memberikan kesan Desa yang cantik.

-Helmi Piliang
Web Desa