Home » Lokasi KKN

Category Archives: Lokasi KKN

Pembuatan Video Profil desa Sedayu

sabila10

Foto 1. Video Profil Desa yang diupload ke YouTube

 Desa Sedayu merupakan desa yang berada di kecamatan Grobogan kabupaten Grobogan. Desa Sedayu merupakan termasuk kategori desa yang tertinggal dan masih banyak masyarakat luas khususnya masyarakat Purwodadi yang belum mengenal desa Sedayu. Desa ini memiliki 2 tempat wisata yaitu Air Terjun Gulingan yang terletak di dusun Sandi dan Goa Lawa serta Goa Macan yang terletak di dusun Watusong. (more…)

Pemberdayaan Home Industry Pembuatan Sirup Jagung

sabila7

Foto 1. Kegiatan Pembuatan Sirup Jagung

Sekitar 65% desa Sedayu dikelilingi oleh perkebunan jagung, namun jagung biasanya hanya dijual mentah ke pasar. Selain itu, warga hanya mengetahui jagung bisa diolah jadi makanan seperti pop corn dan jagung bakar. Pemanfaatan hasil bumi yang berupa jagung belum dilaksanakan oleh warga desa Sedayu dengan maksimal. Oleh karena itu perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat melalui home industry sirup jagung sebagai bentuk inovasi dari pengolahan jagung. Home industry sirup jagung juga bisa dijadikan sebagai suatu usaha, mengingat belum adanya terbentuk UMKM di desa Sedayu sehingga desa Sedayu pun bisa jadi pelopor yang pertama bahkan satu-satunya dalam produk sirup jagung di Indonesia, karena di Indonesia belum pernah ditemukan produk sirup jagung. Home industry sirup jagung bisa menjadi suatu produk baru yang siap bersaing dengan produk lainnya di Indonesia. (more…)

Pelatihan Pengukuran Antropometri kepada Kader Kesehatan Desa Sedayu

sabila4

Foto 1. Kegiatan Edukasi dan Pelatihan Pengukuran Antropometri kepada Kader Kesehatan Desa Sedayu

Desa Sedayu memiliki 1 Puskesdes (PKD), 3 Posyandu, serta 14 orang kader kesehatan yang merangkap sebagai kader PKK juga. Pada awal tahun 2019, terdapat 6 orang kader kesehatan baru. Menurut wawancara dengan bidan desa, ketua kader kesehatan desa Sedayu, dan kepala desa Sedayu, menyatakan bahwa kurangnya sumber daya manusia pada Posyandu akibat jumlah kader yang terbatas dan setiap kader memiliki double jobdesk, menyebabkan penerapan 5 meja pada Posyandu Balita dan Posyandu Lansia tidak dapat berjalan dengan optimal. Berdasarkan kegiatan Posyandu Balita yang telah diikuti oleh mahasiswa menunjukkan bahwa pengukuran antropometri pada balita tidak berjalan dengan optimal dikarenakan hanya 2 sampai 3 kader kesehatan yang bekerja dengan efektif, sehingga penerapan sistem 5 meja pada kegiatan Posyandu tidak berjalan optimal. Selain itu pengisian buku Kartu Menuju Sehat belum diisi dengan lengkap, padahal pentingnya pengisian buku KMS dapat menunjang pemantauan tumbuh kembang balita. (more…)

Edukasi dan Pelatihan Pembuatan PMT / MP-ASI kepada Ibu Balita

sabila1

Foto 1. Kegiatan Edukasi dan Pelatihan Pembuatan PMT / MP-ASI kepada Ibu Balita

Sebanyak 70% balita di desa Sedayu tidak mendapatkan PMT berupa biskuit ketika Posyandu. Pembagian PMT yang terbatas dan tidak merata menyebabkan cakupan kunjungan balita ke Posyandu sangat rendah, dikarenakan kurangnya motivasi ibu untuk membawa balita ke Posyandu. Jumlah kader yang terbatas yaitu 14 orang tidak mampu untuk melaksanakan 5 meja Posyandu dengan optimal, terutama dalam hal penyediaan PMT balita. Apabila Posyandu tidak mendapatkan suplai PMT dari Departemen Kesehatan Kabupaten Grobogan, maka penyediaan PMT ditiadakan dan balita yang berkunjung ke Posyandu tidak mendapatkan PMT. Selain itu, berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Mahasiswa dengan 7 orang ibu menunjukkan bahwa pemberian PMT balita tidak sesuai dengan umurnya, yaitu pemberian nasi dan lauk yang gizinya kurang seimbang dan tidak dihaluskan. Maka dari itu, perlunya diadakan pemberdayaan dan pelatihan terhadap ibu—ibu tentang pentingnya pemberian PMT balita sesuai dengan umur balita dan demo pembuatan PMT, agar ibu—ibu dapat mengetahui PMT balita sesuai dengan umurnya dengan gizi yang seimbang sehingga ibu—ibu tidak bergantung dengan pemberian PMT dari Posyandu atau bidan desa. (more…)

Pembuatan Kemasan dan branding Oleh-Oleh Khas Desa Sumberjatipohon

nur6

Gambar 1. Kemasan dan branding sebelum peningkatan kualitas

Desa Sumberjatipohon adalah desa yang memiliki lahan pertanian yang cukup luas dan warga desa Sumberjatipohon dominan memiliki lahan pertanian sendiri yang ditanami singkong, jagung, serta buah buahan. Banyaknya Ssingkong yang dihasilkan menjadi salah satu potensi penghasilan bagi UMKM kripik yang ada di desa ini. Selain itu potensi wisata sumberjatipohon juga sangat baik. Berkembangnya jaman mampu menjadikan desa ini menjadi salah satu desa wisata di kecamatan Grobogan. Wisata yang tengah digandrungi anak muda saat ini adalah wisata Jati Pohon Indah. Wisata yang menampilkan pemandangan alam yang asri dilengkapi dengan berbagai spot foto yang menarik yang mampu menarik berbagai wisatawan untuk berkunjung. Banyaknya wisatawan yang berkunjung mampu memberikan peluang bisnis baru untuk menambah pemasukan masyarakat sekitar salah satunya adalah UMKM kripik yang ada di desa Sumberjatipohon untuk memasarkan produknya di lokasi wisata.

(more…)

Sosialisasi Budaya kerja 5S Bangsa Jepang di Sumberjatipohon

nur4

Gambar 1. Kunjungan pertama untuk Survey  UMKM Konveksi

Pernah mengalami kejadian di ruangan kerja anda dimana Anda sulit menemukan barang yang anda cari? padahal barang tersebut adalah barang yang memang senantiasa digunakan seperti pulpen atau buku catatan? atau lupa dimana anda meletakkan barang-brang yang jarang digunakan? apalagi jika banyak barang yang rusak dan tergeletak dan tidak tahu kapan akan diperbaiki, belum lagi barang yang bisa langsung dipakai tetapi tidak tahu kapan akan dipakainya, apakah besok, bulan depan, atau mungkin satu tahun lagi. Akhirnya habis waktu hanya untuk mempertimbangkan mau diapakan barang tersebut. Bagaimana kita menata sebuah ruangan atau kantor agar terlihat bersih, enak dilihat dan mempermudah kita mencari barang atau alat yang akan kita gunakan dan agar barang atau alat tersebut selalu dalam kondisi terawat dan siap digunakan kapan saja?. Hal ini tidaklah mudah. Namun, 5S dapat memberi jawaban untuk kita, karena 5S merupakan teknik penanganan yang tepat untuk rumah, pabrik dan dimana saja. 5S berpengaruh langsung terhadap produktivitas

(more…)

Sosialisasi APD (Alat Pelindung Diri) bagi pekerja di desa Sumberjatipohon

nur1

Gambar 1. Survey ke UMKM furniture

Alat Pelindung Diri (APD) atau Personal Protective Equipment adalah alat-alat atau perlengkapan yang wajib digunakan untuk melindungi dan menjaga keselamatan pekerja saat melakukan pekerjaan yang memiliki potensi bahaya atau resiko kecelakaan kerja. Alat-alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan harus sesuai dengan potensi bahaya dan resiko pekerjaannya sehingga efektif melindungi pekerja sebagai penggunanya.

(more…)

Public Diplomacy Sebagai Salah Satu Upaya Pengembangan Wisata Desa

feb5

Gambar 1. Puncak program multi bersamaan dengan perpisahan desa

Pada hari Senin, 18 februari 2019 Tim KKN I Undip 2019 melaksanakan puncak kegiatan program multidisiplin yang bertemakan pengembangan pariwisata. Pelaksanaan program tersebut, bersamaan dengan acara perpisahan desa Sumber Jatipohon yang dilaksanakan di balai desa setempat. Latar belakang pemilihan tema pengembangan pariwisata dikarenakan dari urgensi desa yang menginginkan adanya perkembangan wisata di desa Sumber Jatipohon. Lokasi desa yang bertempatkan di sisi atas Grobogan semakin meningkatkan potensi desa untuk dijadikan desa wisata pula. Selain menawarkan keindahan dari ketinggian, di desa juga banyak penduduk yang menanam buah-buahan sehingga peluang menciptakan agrowisata buah juga muncul. Tetapi kurang populernya wisata desa Sumber Jatipohon  menjadi hambatan khusus untuk upaya pengembangan desa.

(more…)

Pencegahan Pernikahan Dini Melalui Sosialisasi Pendidikan Tinggi

Undip Tim 1 melaksanakan program Peningkatan pengetahuan dan kesadaran keluarga terhadap dampak negatif pernikahan dini pada tanggal  12 Februari 2019. Program ini diadakan di tempat ibu bidan desa yang juga dihadiri oleh ibu-ibu desa Sumber Jatipohon. Kegiatan yang dilakukan merupakan salah satu program monodisiplin dari Tim KKN Undip yang diwakilkan oleh Febrina Damayanti dari Jurusan Hubungan Internasional. Penyuluhan ini dibuat karena melihat kondisi masyarakat Desa Sumberjatipohon. Berdasarkan survey yang telah dilaksanakan sebelumnya ditemukan kasus pernikahan dini pada desa Sumberjatipohon. Kasus yang terjadi bisa dibilang memiliki angka yang cukup tinggi. Usia pernikahan paling muda yang ditemukan adalah perempuan usia 15 tahun. Sedangkan presentase nikah muda yang tercatat di Kabupaten Grobogan tahun 2016 besarnya hingga 72 %. Secara peraturan hal ini tentunya sudah bertentangan karena usia minimal menikah yaitu 16 tahun bagi perempuan. Namun pernikahan dini seakan sudah menjadi hal biasa di masyarakat. Kesadaran masyarakat terhadap bahaya nikah muda masih kurang sehingga kondisi ini mendorong KKN Undip untuk terjun ke masyarakat untuk memberikan pengetahuan mengenai bahaya nikah muda serta dampak positif apabila meninggalkannya.

(more…)

Perpisahan KKN Desa Pateken

IMG-20190219-151820

Pateken (19/02), diadakan sebuah serangkaian acara perpisahan tim KKN Undip desa Pateken. Ada dua sub-acara dalam serangkaian kegiatan ini, yang pertama adalah perlombaan untuk anak-anak dan malam perpisahan. Perlombaan untuk anak-anak dimulai dari pukul 14.00 WIB di pelataran posko KKN desa Pateken. Peserta lomba mencapai kisaran 30 orang anak, dengan empat jenis lomba yang berbeda. Jenis perlombaannya adalah lomba memasukkan paku ke dalam botol, berjalan di atas kertas, mencari koin di dalam tepung, dan bangku joget. Acara ini selesai pada pukul 17.30 setelah mendapatkan juara pertama, kedua, dan ketiga pada keempat jenis lomba yang ada.

IMG-20190219-211023

Pada pukul 20.00 WIB acara malam perpisahan dimulai. Acara ini berisi sambutan dari perangkat desa, sambutan perwakilan pengelola pasar sawut, dan acara utamanya adalah meminta izin untuk pamit, dan yang terakhir adalah penyerahan hadiah kepada pemenang lomba. Acara diakhiri dengan pesan dan kesan yang disampaikan oleh anak-anak desa Pateken.