Home » Lokasi KKN

Category Archives: Lokasi KKN

INDAHNYA PANTAI IDOLA DI DESA BANYUTOWO

Pada  hari Kamis (11/01/2019), seluruh mahasiswa KKN Tim I Undip di desa Banyutowo melakukan kunjungan ke Pantai Idola dengan diantar oleh anak-anak warga setempat. Banyutowo adalah desa tempat kelahiran dan tempat tinggal asli dari salah satu penyanyi terkenal yaitu Soimah. Lokasi yang dapat kita tempuh untuk mencapai Pantai Idola adalah, dari pusat kota Pati ke arah utara melewati jalan raya Pati – Tayu, dan kemudian masih ke arah utara kembali di jalan raya Tayu – Puncel. Kemudian di daerah Dukuhseti, kita akan menemukan petunjuk arah ke Pantai Idola. Sesampainya kita di pertigaan rumah penyanyi Soimah, kemudian belok kiri sekitar 50 meter kemudian belok kanan sekitar 100 meter (kita bisa melihat alamatnya di GoogleMaps). Biaya untuk masuknya pun tergolong murah, hanya diperlukan Rp 5.000,- saja kita sudah dapat masuk dan menikmati pantai serta mencoba wahana lainnya dan juga berfoto-foto di spot foto yang disediakan.

Pantai Idola

Meskipun pantai ini masih memerlukan perbaikan dan kelayakan di sana-sini, namun pantai ini sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Kita dapat menikmati sunrise dan sunset yang cantik, jika waktunya tepat kita dapat ikut berpartisipasi dalam penanaman mangrove serta melihat nelayan-nelayan yang pulang dari melaut.

Pantai Idola

Pantai Idola

Tunggu apalagi, segera datang ke Desa Banyutowo. Selain menikmati indahnya pantai, nikmati pula keindahan alam lainnya, kenikmatan masakan, serta keramahan warga penduduknya. Jangan lupa ajak teman, kerabat, dan keluarga. Serta tetap jaga kerbersihan lingkungan!

ReviewbyAriany

DETEKSI DINI POSYANDU KUNTHI DESA WEDUSAN

Wedusan, Pati (10/1) – Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Tahun 2019 Desa Wedusan, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati mengikuti kegiatan posyandu yang diadakan di RW 03 Desa Wedusan. Kegiatan posyandu ini dihadiri oleh bidan desa, kader posyandu, balita dan orang tua balita, serta oleh mahasiswa KKN Tim 1 Undip Desa Wedusan. Kegiatan posyandu ini dilaksanakan rutin setiap bulan pada tanggal 10 dan bertempat di rumah ketua kader posyandu yaitu Ibu Tutik.

Posyandu ini bernama Posyandu Kunthi dengan jumlah 5 orang kader. Kegiatan dalam posyandu ini berupa pengukuran berat badan (BB) dan tinggi badan (TB). Jumlah balita yang mengikuti posyandu sebanyak 55 orang balita. Alat yang digunakan untuk mengukur berat badan yaitu berupa timbangan dacin untuk anak usia dua tahun ke atas dan baby scale untuk anak usia di bawah dua tahun, sedangkan untuk pengukuran tinggi badan digunakan alat bernama microtoise. Kegiatan posyandu ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya gizi buruk dan stunting pada balita di Desa Wedusan.

ReviewbyAriany

Perpustakaan SDN Puncel 01, Pelatihan Kepustakaan Dibutuhkan

Selasa, 14 Januari 2019, tim KKN Desa Puncel melakukan kunjungan ke SDN Puncel 01, untuk melakukan survey sekaligus silaturahim kepada kepala sekolah SDN Puncel 01. Kedatangan kami disambut hangat oleh kepala sekolah, Bapak Supriyadi. Beliau sangat terbuka kalau ada program kami yang bisa diterapkan di SDN Puncel 01.

Perpustakaan SDN Puncel 01 sendiri membutuhkan pelathan soal pengarsipan dan penyusunan buku-buku yang ada disana. Tidak adanya pegawai yang mengerti soal kepustakaan membuat perpusatkaan berantakan dan buku-buku disimpan begitu saja.

“Saya akan membantu sebisa saya. Kalau memang dari proker adik-adik sekalian ada yang dibutuhkan, kami dari SDN Puncel 01 dengan senang hati membatu,” ujar Pak Supriyadi saat kami berbincang-bincang di ruang Kepala Sekolah.

Selesai berbincang-bincang, kami diajak untuk melihat-lihat fasilitas sekolah. Perpustakaan, ruang olahraga, kantin, dan juga ke kelas-kelas. Pak Supriyadi juga berharap, kelak program kerja kami bisa membawa kebermanfaatan bagi SDN Puncel 01.

ReviewbyAriany

 

 

RANGKAIAN ACARA PENERIMAAN MAHASISWA KKN TIM I UNDIP DESA GROGOLAN

Pati (8/01/2019) Sebanyak 307 mahasiswa Tim I KKN UNDIP diterima di Kabupaten Pati yang kemudian ditempatkan di 2 kecamatan antara lain, Kecamatan Gunung Wungkal dan Kecamatan Dukuhseti. Mahasiswa KKN Undip diterima langsung oleh Bupati Pati, sekertaris Beppeda, Camat Gunung Wungkal, dan Camat Dukuhseti. Penerimaan mahasiswa Undip dilakukan di pendopo pemerintahan Kabupaten Pati.
1547290573199
Acara penyambutan Mahasiswa KKN di Kabupaten Pati dihadiri oleh perwakilan Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Sutedjo, Koordinator Dosen Kabupaten Pati, dan dosen pendamping KKN di Kabupaten Pati. Ketua LPPM memberikan pesan kepada mahasiswa mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan KKN meliputi program yang diterapkan harus sesuai dengan permasalahan yang ada di masyarakat, hati-hati dalam menjaga sikap, tidak terlibat dalam kampanye, dan harus selalu menjaga nama baik civitas Universitas Diponegoro. Diakhir acara Penerimaan Mahasiswa KKN ditandai dengan pemakaian jaket KKN secara simbolik oleh Ketua LPPM Universitas Diponegoro.
1547290791734
Setelah acara penyambutan di Kabupaten Pati, perjalanan dilanjutkan menuju Kantor Kecamatan Dukuhseti. Di Kantor Kecamatan Dukuhseti mahasiswa KKN disambut kembali oleh Camat Dukuhseti, Danramil, dan Kapolsek, beserta Kepala Desa dari masing-masing kelurahan. Masing-masing mahasiswa KKN ditempatkan di Kelurahan Alasdowo, Kelurahan Bakalan, Kelurahan Banyutowo, Kelurahan Dukuhseti, Kelurahan Dumpil, Kelurahan Grogolan, Kelurahan Kembang, Kelurahan Ngagel, Kelurahan Puncel, Kelurahan Tegalombo, dan Kelurahan Wedusan.
1547290741274
Rabu (9/01/2019) 13 mahasiswa KKN UNDIP yang ditempatkan di Desa Grogolan, bersama perangkat desa dan koordinator desa menyelenggarakan acara perkenalan mahasiswa pada perangkat desa. perangkat desa yang berada di Desa Grogolan yaitu, Budi Utomo selaku sekertaris desa, Erkham selaku Kepala Urusan Keuangan, Husnain selaku Kepala Urusan Administrasi Umum, Zaenudin sebagai Kepala Sie Pembangunan, Abdul Wahib sebagai Kepala Sie Kesejahteraan Masyarakat, Muslih sebagai Staf Kepala Urusan Keuangan, Sulistyono sebagai Staf Kepala Urusan Administrasi Umum, Achmad Zaini Sebagai Staf Kepala Sie Kesejahteraan Masyarakat. Kemudian, perangkat desa memberikan informasi mengenai potensi yang ada di Desa Grogolan serta permasalahan-permasalahan yang terjadi di Desa Grogolan.
Diskusi mengenai permasalahan yang ada di desa serta pemberian pesan dari perangkat desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Grogolan kepada anggota Tim KKN untuk dijadikan masukan dalam perencanaan program KKN. Acara ini ditutup dengan foto bersama dengan perangkat desa. Adanya acara ini diharapkan dapat menjalin silaturahmi yang baik antara mahasiswa dengan masyarakat, sehingga permasalahan di Desa Grogolan dapat teratasi dan bermanfaat bagi masyarakat.

ReviewbyAriany

Ayo Belajar Meubel di Ngabenrejo!

Grobogan (20/1), Desa Ngabenrejo terletak di Kecamatan Grobogan dengan produksi mebel yang cukup terkenal, UMKM mebel Desa Ngabenrejo pernah berjaya pada akhir tahun 90an, bahkan dapat bertahan dan meningkat pada saat krisis moneter terjadi di Indonesia. Produk Mebel Desa Ngabenrejo sangat terkenal dan diekspor hingga ke mancanegara, Akan tetapi pada masa sekarang ini produksinya cenderung kalah bersaing dengan produk mebel dari Jepara. Penyebabnya adalah harga kayu dari Jepara cenderung murah, dan variasi ukiran yang dimiliki oleh produk mebel dari Jepara lebih diminati konsumen. Hal ini membuat Mebel Desa Ngabenrejo umumnya Mebel Grobogan redup atau kalah pamor. Penyebab lain diantaranya tidak ada ikatan atau organisasi antar produsen mebel yang kuat serta belum adanya keunikan khusus yang ditonjolkan dari produk Mebel Grobogan.

2Ngabenrejo

Berdasarkan hasil wawancara dengan Pak Jasmin, salah satu pengusaha Mebel Grobogan di Dukuh Ngabenrejo, produk mebel pernah sangat berjaya sebab mendapat bantuan atau subsidi operasional dari pemerintah. Bantuan atau subsidi operasional dari berbagai institusi pemerintahan seperti PLN, Perhutani, maupun dari TNI, sangat meringankan usahanya dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan usaha Mebel Grobogan. Menurut Pak Jasmin, tanpa dimintai proposal, pihak institusi tersebut mendatangi sendiri tempat usaha Pak Jasmin dan tempat-tempat usaha mebel lainnya untuk menyalurkan bantuan.

KKN Tim I Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan berkesempatan berinteraksi langsung dengan para pelaku usaha mebel di Desa Ngabenrejo. Interaksi tersebut dimanfaatkan untuk menggali sejarah perkembangan dan produksi mebel Desa Ngabenrejo. Hal tersebut berhubungan dengan salah satu program multidisiplin dari Tim I Desa Ngabenrejo untuk membuat video profil mengenai keunggulan Desa Ngabenrejo. Untuk itu Tim KKN mengangkat UMKM Mebel sebagai salah satu keunggulan Desa Ngabenrejo. Diharapkan dengan adanya video profil keunggulan Desa Ngabenrejo dapat mengangkat kembali Mebel Grobogan ke dunia luar.

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

Makanan Seimbang VS Kelebihan Susu terhadap Resiko Stunting di Ngabenrejo

Grobogan (15/1), TIM I KKN UNDIP 2019 Desa Ngabenrejo mengadakan sosialisasi tentang ketidakseimbangan asupan gizi pada balita akibat kelebihan konsumsi susu yang meningkatkan risiko terjadinya kasus stunting. Acara dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Ngabenrejo dengan keseluruhan peserta ibu yang mempunyai bayi dan balita berjumlah 68 orang.

1Ngabenrejo

Kegiatan ini bersamaan dengan Posyandu Balita Dusun Ngabenrejo. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan mengisi daftar peserta. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengukuran berat badan bayi dan balita. Dalam sosialisasi ini pembicara memaparkan tentang bagaimana konsumsi susu dapat mengganggu asupan gizi pada balita. Kecukupan gizi pada balita yang terganggu dapat menjadikan risiko penyakit stunting. Tanda dan gejala balita dengan stunting yaitu lelah tanpa alasan yang jelas, balita mudah marah, kurang respon sosial, gagal berkembang di bawah usia 2 tahun, wajah lebih muda dari usia, terjadi penurunan berat badan (di bawah garis merah). Penanganan stunting dengan memberikan asupan gizi yang seimbang pada balita, dan pencegahannya tertuju pada keseimbangan asupan gizi ibu hamil.

Dari kegiatan ini diharapkan ibu hamil dan ibu dengan balita mendapatkan pengetahuan mengenai stunting, khususnya perilaku tidak memberikan susu berlebihan sebagai pengganti asupan gizi seimbang (4 sehat 5 sempurna).

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

Mari Belajar Bersama Tim I KKN Tanggungharjo

Grobogan (16/1), Tanggungharjo Mengajar merupakan salah satu gerakan sosial yang dilakukan oleh mahasiswa Tim I KKN Undip Desa Tanggungharjo. Tanggungharjo mengajar ini pertama kali dilakukan di SDN 04 Tanggungharjo tepatnya dilakukan di kelas 5. Tanggungharjo Mengajar dimulai dengan perkenalan mahasiswa Tim I KKN Undip terlebih dahulu dan disusul dengan perkenalan siswanya. Perkenalan siswa dipimpin oleh sang ketua kelas yaitu Guntur. Antusias siswa sudah terlihat sejak awal Tim KKN masuk ke dalam kelas. Para siswa  menyambut dengan suka cita kehadiran mahasiswa.

2Tanggungharjo

Materi yang diberikan untuk siswa kelas 5 yaitu tentang pengenalan bahasa inggris karena siswa tersebut belum pernah mendapatkan pelajaran bahasa inggris sebelumnya. Materi bahasa inggris dimulai dari pengenalan huruf, angka, dan juga nama – nama hari. Pemberian materi dikemas dengan konsep yang menyenangkan yaitu dengan dilagukan. Sehingga siswa lebih mudah untuk menghafal kosakata. Ditengah pemberian materi, kegiatan juga diselingi dengan pemberian icebreaking yang bertujuan supaya siswa tidak bosan dalam belajar.

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

Hiasan Bunga, Cara Kreatif Dharma Wanita Tanggungharjo sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi

Grobogan (15/8), Dharma Wanita di Desa Tanggungharjo, Kecamatan Grobogan punya cara unik dalam mengisi waktu luang. Mereka secara rutin berkumpul dua kali dalam sebulan untuk melakukan pelatihan berbagai jenis keterampilan. Yang terbaru, Dharma Wanita berkumpul untuk melakukan kegiatan pelatihan pembuatan hiasan bunga dari sabun di Dusun Sidomulyo. Pada kegiatan kali ini, selain Dharma Wanita turut bergabung juga Mahasiswa dari TIM 1 KKN Undip yang bertugas mengabdi di Desa Tanggungharjo. Hal ini sekaligus menjadi ajang pengenalan bagi Mahasiswa KKN dengan organisasi Dharma Wanita tersebut. Harapannya melalui kegiatan ini, para anggotanya dapat memberdayakan masyarakat dengan skill yang telah diperoleh.

1Tanggungharjo

Hasil dari hiasan bunga dari sabun akan dipajang di ruang PKK Desa Tanggungharjo sebagai aset dan kenang – kenangan desa. Hasil akhir bunga dari sabun diberi packaging yang menarik dan dihias dengan beberapa tambahan assesoris seperti pita dan bebatuan.

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

KKN TIM I UNDIP 2019 Melakukan Tes Buta Warna di SDN 03 Genengadal

DSCF3063

Genengadal, 15 Januari 2019 – Mahasiswa Tim I KKN Desa Genengadal, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan melaksankan kegiatan “Tes Buta Warna” di SDN 03 Genengadal. Tes Buta Warna ini dimulai dari pukul 09.00-10.00 WIB.  Sasaran dari kegiatan tersebut adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 20 siswa. Kegiatan yang dilakukan dalam tes buta warna ini dimulai dengan penjelasan mengenai buta warna oleh salah satu anggota KKN, setelah itu dilanjutkan dengan pendataan nama siswa sekaligus tes buta warna yang dipandu oleh mahasiswa KKN. Hasil dari tes buta warna yang dilakukan diperoleh hasil bahwa terdapat satu siswa yang dinyatakan buta warna parsial dan sembilan belas siswa yang lainnya dinyatakan normal. Gerakan ini bertujuan untuk mengajak siswa dan masyarakat untuk peduli dengan kesehatan dan penglihatan mata.

Editor : Wiludjeng Roessali

Pelatihan Pembuatan Makanan Aman Sehat Utuh Halal (ASUH) dari Olahan Jagung di Desa Sugihan, Toroh, Gorbogan

Multi-190120-0003

Desa Sugihan. (Jumat, 19 Januari 2019) Tim I KKN UNDIP Desa Sugihan, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan telah melangsungkan acara Pelatihan Pembuatan Manakan Aman Sehat Utuh Halal (ASUH) dengan berbagai macam jenis produk makanan serba olahan jagung. Acara diadakan di Pendopo Balai Desa Sugihan yang dihadiri oleh 37 orang ibu-ibu PKK. Acara ini dilaksanakan setelah pertemuan rutin ibu-ibu PKK Desa Sugihan yang dimulai pada pukul 15.00 WIB.

Pada acara pelatihan ini dimulai dari pemaparan bahan-bahan yang diperlukan  dalam pembuatan Makanan ASUH. Makanan ASUH serba olahan jagung ini antara lain puding jagung, susu jagung, sirup jagung, kue talam, tortilla, bola-bola jagung, bolu kukus jagung. Pada pertengahan acara, dijelaskan mengenai prosedur pembuatan sampai cara packaging produk yang menarik dan baik agar dapat menarik perhatian pembeli. Selain itu juga ada pembagian booklet yang berjudul “Panduan Praktis Olahan Jagung” kepada ibu-ibu PKK. Pada kegiatan pelatihan ini ibu-ibu PKK sangat antusias serta penasaran akan pengolahan dari jagung tersebut dan mereka juga bisa mencicipi makanan yang didemokan pada kegiatan pelatihan ini. Produk makanan yang didemokan antara lain bola-bola jagung, kue talam, susu jagung, sirup jagung, dan tortilla jagung.

157087

Selain demo memasak dalam program multi terdapat juga pemaparan materi tentang Perijinan Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dengan mendatangkan Ibu Mei Sugiharti selaku pemilik UMKM Lestari Snack di Dusun Dawung, Desa Sugihan. Ibu Mei ini merupakan salah satu contoh pemilik UMKM yang sukses memasarkan produknya di Kabupaten Grobogan. Kegiatan pelatihan yang diberikan , diharapkan dapat meningkatkan minat ibu-ibu PKK membuka usaha pengolahan makanan rumah tangga berbasis jagung  yang tertifikasi P-IRT, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari warga Desa Sugihan itu sendiri.

Editor : Wiludjeng Roessali