Home » Lokasi KKN » Kab. Semarang

Category Archives: Kab. Semarang

Acara Tujuh-Belasan di RT 01/01 Baran

17-an Baran

Baran – Rabu, 1 Agustus 2018 dilaksanakan rangkaian kegiatan Lomba HUT RI KE-73 di RT 01/01 Baran Gembyang Kelurahan Baran. Kegiatan lomba dimulai dari Sabtu, 28 Juli 2018 hingga puncaknya nanti jalan santai dan tarik tambang pada hari Minggu, 5 Agustus 2018.

Pada hari pertama diadakan lomba makan kerupuk, yang mana diikuti oleh anak-anak dan orang dewasa. Pada hari Minggu, 29 Juli 2018 diadakan lomba pecah air untuk kategori anak-anak dan dewasa. Hari Senin, 30 Juli 2018 diadakan lomba memasukkan pensil kedalam botol untuk kategori anak-anak.Hari Selasa, 31 Juli 2018 diadakan lomba membawa kelereng dengan sendok untuk kategori anak-anak. Hari Rabu, 1 Agustus 2018 diadakan lomba estafet air untuk kategori kelompok anak-anak. Hari Jumat, 3 Agustus 2018 diadakan lomba ketangkasan sepeda dan ambil koin untuk kategori anak-anak. Dan pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018 diadakan lomba pecah balon untuk kategori anak-anak dan dewasa. Para peserta sangat antusias mengikuti setiap jenis perlombaan. Pihak mahasiswa KKN sebagai tim yang membantu jalannya kegiatan perlombaan yang ada di RT 01/01 Baran Gembyang, mulai dari persiapan perlengkapan lomba hingga pelaksanaan masing-masing lomba. Semoga dengan diadakannya perlombaan ini semakin memupuk rasa cinta kepada tanah air Indonesia dan mempererat silaturahmi antar warga RT 01 Baran Gembyang. (Hendiana)

Telah direview oleh

Bogi BJ

Pelatihan Excel untuk Perangkat Kelurahan Baran

pelatihan excel baran

Baran – Selasa, 31 Juli 2018 dilaksanakan Pelatihan Microsoft Excel bagi perangkat Kelurahan Baran oleh mahasiswa KKN Tim II Undip Kelurahan Baran. Kegiatan ini merupakan program monodisiplin dari Mahasiswa Jurusan Statistika, Windy Rohalidiawati, yang dimulai pukul 14.00 sampai dengan pukul 15.30 WIB yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Baran. Perangkat Kelurahan Baran yang diberi edukasi mengenai penggunaan Excel berjumlah empat orang, yaitu Ibu Gesit, Pak Tri, Pak Tetdi, dan Pak Hanafi.

Materi diajarkan pada pelatihan ini yaitu mengenai aritmatika, logika if, lookup, serta pivot table. Aritmatika sebagai fungsi atau rumus yang digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan perpangkatan atau operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan pada bilangan. Fungsi LOOKUP berguna untuk pencarian dan referensi ketika kita perlu mencari di dalam satu baris atau kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua. Fungsi LOOKUP dibagi menjadi 2 yaitu HLOOKUP dan VLOOKUP. Fungsi logika atau bersyarat memungkinkan kita menguji persyaratan dalam sel. Fungsi bersyarat ini adalah suatu kondisi atau =IF yang hasilnya bergantung pada benar atau salahnya pengujian. Sort and filter berguna untuk mengurutkan dan menyaring data secara sederhana. Sedangkan pivot table digunakan untuk merangkum, mengeksplorasi, dan mempresentasikan data yang berjumlah besar dengan waktu yang singkat. Dalam menggunakan pivot table ini sebaiknya sudah mengetahui terlebih dahulu cara menggunakan sort and filter.

Pelatihan dan edukasi ini berguna untuk menunjang pekerjaan para perangkat kelurahan dalam melaksanakan tugas-tugasnya di kelurahan, terutama untuk kebutuhan perhitungan dan rekapitulasi data-data yang ada di Kelurahan Baran. (Hendiana)

Telah direview oleh

Bogi BJ

 

Memperingati HUT ke-58, Kejaksaan Negeri Kabupaten Semarang Berbagi Sembako ke Warga Desa Pasekan

Pada Selasa (17/07/2018), sejumlah aparat dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Semarang mengunjungi Desa Pasekan, Kecamatan Ambarawa untuk memberi bakti sosial pada warga desa. Kegiatan bakti sosial oleh Kejari Kabupaten Semarang ini dilakukan di Kantor Kepala Desa Pasekan.

Image and video hosting by TinyPic
Ketua Kejaksaan Negeri Kabupaten Semarang memberikan sambutan sebelum membagikan sembako.

Sejak pukul 09.00 WIB sudah terlihat warga menunggu pelaksanaan bakti sosial di luar Kantor Kepala Desa dan di dalam Aula Kantor Kepala Desa. Pelaksanaan kegiatan  bakti sosial ini diawali dengan  sambutan singkat dari Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Semarang.

Setelah itu, sebanyak kurang lebih 170 paket sembako dibagikan kepada warga yang namanya telah ditentukan oleh pihak desa. Sembako yang dibagikan terdiri dari beras dan bahan sembako lainnya.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu kegiatan dalam serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka hari ulang tahun Bhakti Adhyaksa ke-58. Sebelumnya, pada Senin (16/07/2018) pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Semarang melakukan kegiatan penanaman pohon di desa Bejalen. Pada hari Jumat (20/07/2018) pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Semarang mengutarakan bahwa mereka berencana melakukan kegiatan olahraga bersama di Candi Gedong Songo.

Telah direview oleh

Bogi BJ

 

Penyuluhan ASI Eksklusif dan Pentingnya Imunisasi di Kegiatan Posyandu Desa Pasekan

Pada Sabtu (21/07/18), Puskesmas Terpadu Desa Pasekan, Kecamatan Ambarawa mengadakan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Sekitar 20 ibu datang ke Posyandu yang masing-masing membawa anak balita. Para ibu datang ke Posyandu untuk memeriksa kondisi anak balita dan melakukan timbang berat badan. Selain para ibu dan balita, ada pula beberapa warga lansia yang datang untuk memeriksa tekanan darah sekaligus berkonsultasi dengan Ibu Bidan Desa Pasekan.

Image and video hosting by TinyPic
Winantyo Adiansyah memberikan penyuluhan ASI eksklusif dan pentingnya imunisasidi kegiatan posyandu didampingi Ibu Bidan.

Posyandu yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini dibuka oleh Ibu Hartini selaku Ibu Bidan Desa Pasekan. Setelah itu, Winantyo Adiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2015 Tim II KKN Undip 2018 memberi penyuluhan mengenai ASI eksklusif dan pentingnya imunisasi kepada para ibu yang datang. Winantyo menjelaskan keuntungan memberi ASI eksklusif 6 bulan pada bayi, diantaranya adalah meningkatkan ketahanan tubuh anak hingga mempererat ikatan emosional antara ibu dan anak. Winantyo juga menekankan pentingnya imunisasi bagi anak, namun tetap harus dengan rekomendasi dokter. Para ibu tetap mengikuti penyuluhan dengan antusias meski para ibu juga terlihat kerepotan mengurus para balita yang memiliki keinginan tersendiri.

Setelah penyuluhan, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan bebas terkait kesehatan. Banyak ibu yang melanjutkan kegiatan menimbang berat badan balitanya. Beberapa juga berkonsultasi empat mata dengan Ibu Hartini mengenai keluhan-keluhan terkait balita mereka.

Kegiatan Posyandu Desa Pasekan biasanya dilaksanakan di awal bulan. Namun, seperti diutarakan oleh Ibu Hartini, kegiatan Posyandu bulan Juli terpaksa diundur mengingat di awal bulan sudah padat dengan kegiatan lain.

Telah direviewoleh

Bogi BJ

Peluncuran Padat Karya Pembukaan Jalan Antardusun, Bupati Semarang Berkunjung ke Desa Pasekan

Bupati Semarang Bapak dr. H. Mundjirin Es, Sp.OG berkunjung ke Desa Pasekan, Kecamatan Ambarawa pada Jumat (03/08/2018) dalam rangka peluncuran padat karya pembukaan jalan baru antardusun. Jalan baru tersebut menghubungkan Dusun Pluwang dengan Dusun Lengkong.

Bapak Mundjirin meluncurkan kegiatan padat karya pembukaan jalan dengan secara simbolis menyerahkan cangkul kepada Bapak Juli selaku Kepala Desa Pasekan. Dalam sambutannya, Bapak Mundjirin memperkenalkan para perangkat kabupaten dan tak lupa berpesan supaya warga Desa Pasekan tetap menjaga kerukunan dan semangat gotong royong.

Jalan baru yang akan dikerjakan adalah sepanjang 600 meter dengan lebar 3 meter. Tanah yang digunakan untuk jalan didapat dari hibah 29 warga Dusun Pluwang dan Lengkong. Ada pun rincian dana pengerjaan jalan antara lain kurang lebih 187 juta rupiah dari dana desa dan 240 juta rupiah dari swadaya warga. Jalan penghubung antardusun ini diharapkan dapat meningkatkan mobilisasi warga dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian Desa Pasekan.

Telah direview oleh

Bogi BJ

KEMERIAHAN LOMBA PENYAMBUTAN HUT RI KE-73 DESA BEJALEN

Foto Bersama Setelah Lomba

Bejalen – Dalam rangka menyambut HUT RI yang ke-73, Desa Bejalen mengadakan berbagai macam perlombaan. Perlombaan ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Dusun Bejalen Timur dan Dusun Bejalen Barat. Mahasiswa KKN Desa Bejalen ditunjuk untuk membantu persiapan dan pelaksanaan lomba HUT RI. Pada tanggal 1-4 Agustus 2018 diadakan lomba bagi warga Dusun Bejalen Timur yang berlokasi di lapangan Abu Bakrun. Lomba ini sangat bervariasi, mulai dari lomba bagi kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa yang dilaksanakan pada sore hari.

Lomba Ngedot
Sedangkan bagi warga Dusun Bejalen Barat mengikuti lomba yang dilaksanakan di SDN Bejalen pada tanggal 6-9 Agustus 2018 pada sore hari. Ibu-ibu warga kedua dusun tersebut mengikuti lomba voli yang diadakan pada hari Minggu, 5 Agustus 2018. Lomba ini berlangsung sangat meriah dengan antusiasme warga yang sangat tinggi, bahkan kegiatannya dilakukan sore hari yang dilanjutkan malam hari.

Lomba Estafet Karet
Lomba-lomba yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-73 ini tentunya dibantu dengan mahasiswa KKN Universitas Diponegoro. Tak hanya itu, mahasiswa KKN juga turut menyumbang berbagai macam hadiah untuk diserahkan pada pemenang lomba pada malam puncak.

Telah direview oleh

Bogi BJ

Persiapkan 17-an, Warga Kelurahan Kranggan beserta Mahasiswa Tim II KKN Percantik Lingkungan

SEMARANG – Sudah tidak dapat dipungkiri, Peringatan HUT RI menjadi acara rutin tiap tahunnya bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Antusiasme masyarakat Indonesia dalam menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia sudah menjadi budaya yang melekat di diri masyarakat Indonesia, tak terkecuali masyarakat Kelurahan Kranggan. Dalam rangka menyambut HUT RI ke-73, warga Kelurahan Kranggan, baik bapak-bapak, ibu-ibu, hingga anak-anak, dibantu dengan Tim II KKN Kelurahan Kranggan mempercantik lingkungan dengan mengadakan kerja bakti. Kerja bakti yang tersebut diadakan pada Minggu (29/7) lalu di lingkungan RW 3 mulai pukul 08.00 WIB.

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Kegiatan kerja bakti ini dilakukan dengan menyapu jalan lingkungan oleh para ibu-ibu beserta para mahasiswi Tim II KKN Kranggan, yang mana jalan tersebut nantinya akan dihias dengan cat. Tak hanya menyapu jalan, rumput liar yang tumbuh pun dicabuti oleh mahasiswa Tim II KKN Kelurahan Kranggan. Sedangkan para bapak-bapak warga RW 3 memasang umbul-umbul dan membuat serta menghias gapura dibantu dengan mahasiswa Tim II KKN Kelurahan Kranggan dan anak-anak warga setempat. Meskipun kurang terampil, anak-anak tersebut diarahkan oleh mahasiswa Tim II Kelurahan Kranggan dalam mengecat dengan pola tiang-tiang pembatas jalan di RW 3 tersebut. Lewat kerja bakti ini pula, kreativitas dan kemampuan mahasiswa pun diuji. Mulai dari bagaimana membangun gapura di jalan yang sempit, hingga pola-pola hiasan cat apa saja yang akan dibuat.

Image and video hosting by TinyPic

Telah direview oleh

Bogi BJ

 

 

Baran Sehat dengan Nugget Nila

Baran Sehat dengan Nugget Nila

Baran – Rabu, 25 Juli 2018 Tim II KKN Undip 2018 melakukan program monodisiplin pada saat diadakannya perkumpulan rutin PKK RT 4/RW 3 bertempat di rumah Ibu Muslika. Program diadakan oleh Nurannisa Asriningrupti, mahasiwa Ilmu Kelautan, FPIK Undip dengan judul program “Pengenalan Pengolahan Produk Perikanan Nugget Nila”. Tujuan program ini untuk meningkatkan nutrisi masyarakat Baran dan meningkatkan pengolahan serta nilai jual ikan nila agar menjadi produk kulalitas tinggi dengan memanfaatakan hasil budidaya Ikan Nila yang ada di Desa Baran.

Acara dimulai dengan pembukaan, sambutan dari Ketua PKK RT 4 Ibu Sri Hartini dan sambutan dari Ibu Muslika, menyanyikan Mars PKK, kemudian Pengenalan Pengolahan Produk Perikanan Nugget Nila, lain-lain dan penutup. Nurannisa mengenalkan cara pembuatan nugget ikan nila sehat didepan ibu-ibu PKK, lengkap dengan bahan-bahannya,  panduan prosedur pembuatannya dan membagikan pamflet. Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri dari bahan utama yaitu fillet ikan nila ¼ kilogram, bawang bombai 1 buah, bawang putih 5 siung, tepung tapioka 1 sdm, tepung roti 3 sdm, telur 2 butir, garam dan gula sesuai selera dan bahan campurannya yaitu telur 2 butir dan tepung roti secukupnya. Prosedur pembuatannya adalah fillet ikan nila dicincang halus, bawang bombai dan bawang putih diiris kecil kemudian ditumis, lalu bahan utama dicampur dan diaduk menjadi satu hingga rata, bentuk nugget sesuka hati kemudian dikukus hingga matang, setelah itu nugget yang sudah dibentuk dioles dengan telur dan dilumuri tepung roti, lalu goreng, jadilah nugget ikan nila yang sehat dan bernutrisi tinggi.

Proses pembuatan nugget ikan nila disambut dengan antusias oleh ibu-ibu PKK dari awal penjelasan hingga saat mencoba nugget ikan nila, banyak yang melontarkan pertanyaan seputar proses pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan. Setelah memahami cara membuat nugget nila, ibu-ibu ingin segera mencobanya dirumah untuk masakan makan bersama keluarga karena nugget ikan nila mengandung protein hewani, omega-3, fosfor dan antioksidan yang masing-masing memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh kita. (Jamila)

telah direview oleh

Bogi BJ

PEMBERDAYAAN KADER MENGENAI PEMERIKSAAN IBU HAMIL DAN PENYULUHAN TENTANG KEK DAN ANEMIA PADA IBU HAMIL

Bejalen – Ibu hamil warga Desa Bejalen melakukan senam yang berlokasi di Pos Kesehatan Desa (PKD). Senam ini dipandu oleh Bidan Desa pada hari Selasa, 31 Juli 2018 sekitar pukul 09.00 WIB, pada kesempatan ini, selain senam ibu hamil, juga dilakukan pemberdayaan kader mengenai pemeriksaan ibu hamil dan penyuluhan tentang KEK serta anemia pada ibu hamil yang dipresentasikan oleh salah satu mahasiswa KKN dari fakultas kedokteran. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan risiko tinggi dan terjadinya KEK serta Anemia pada ibu hamil. Sasaran kegiatan ini yaitu para kader, ibu bidan, dan ibu-ibu hamil yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Pemberdayaan Kader Posyandu

Audiens sangat antusias memperhatikan penjelasan materi dan aktif dalam bertanya tentang materi yang telah disampaikan. Pada akhir kegiatan mahasiswa membagikan modul mengenai pemeriksaan ibu hamil pada para kader, serta membagikan leaflet mengenai KEK dan anemia ibu hamil kepada kader, ibu hamil, juga ibu bidan.

Telah direview oleh

Bogi BJ

Ibu Sehat,Bayi Bahagia untuk Desa Barukan

Kelas Ibu Hamil

Kamis(19/7) Bertempat di Balai Desa Barukan, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah telah di adakan kelas ibu hamil yang bertemakan “Kesehatan Ibu dan Anak”. Penyuluhan yang dilakukan oleh bidan desa barukan yaitu Ibu Lala Prasetya, A.Md.Keb ini sangat berguna untuk membantu ibu hamil dalam menjaga anak yang ada di dalam kandungannya tetap dalam kondisi yang sehat.

Penyuluhan tsb mengedukasi ibu hamil agar lebih sadar akan pentingnya mengkonsumsi  nutrisi dan makanan yang sehat sebelum dan sesudah melahirkan.Selain itu,para ibu hamil dapat mengerti hal-hal apa saja yang harus di lakukan dan harus di hindari saat mengandung dan mengetahui penyakit-penyakit yang beresiko.Penyuluhan ini juga memberikan pengetahuan yang penting  dalam hal sesudah dan sebelum melahirkan seperti :

cara menyusui yang baik,pentingnya senam ibu hamil guna membantu mepermudah proses persalinan.Penyuluhan ini juga memberikan edukasi untuk ibu hamil agar memberikan ASI EKLUSIF selama 6 bulan karena ASI EKSLUSIF sangat bermanfaat baik bagi bayi maupun bagi si ibu.Adapun pemberian ASI pada bayi bermanfaat untuk mengurangi resiko bayi terkena diare dan muntah,mengurangi kemungkinan terkena infeksi pada dada dan telinga dan mengurangi resiko bayi terkena penyakit kulit dan sembelit, sehingga kemungkinan bayi di rawat di rumah sakit semakin rendah.Selain bermanfaat bagi bayi,pemberian ASI juga bermanfaat bagi sang ibu,karena menyusui dapat menunda kembalinya kesuburan serta mengurangi resiko pendarahan pasca melahirkan,kanker payudara,pra meneopause dan kanker ovarium.Oleh sebab itu, ibu yang cerdas membuat keluarga sehat dan bahagia.