Home » Lokasi KKN » Kab. Semarang

Category Archives: Kab. Semarang

PELAKSANAAN PROGRAM MONODISIPLIN KOLABORASI BERSAMA DOSEN KKN

Suruh, Semarang (09/02/2019) – Mahasiswa KKN Tim I Undip Desa Ketanggi atas nama Nurul Fitriani Rahayu melakukan kolaborasi program monodisiplin bersama Dosen Pembimbing KKN, dalam hal ini yaitu Bapak Kusyogo Cahyo, S.K.M., M.Kes.. Program yang dijalankan yaitu “Peningkatan Kapasitas Kader dalam Penanggulangan Hipertensi dengan menggunakan Metode SEFT”. Pelaksanaan program ini dihadiri oleh Ibu – ibu PKK sebanyak 35 orang. Dalam kegiatan ini dilakukan 2 kali presentasi yaitu oleh mahasiswa kkn dan juga Dosen KKN.

Mahasiswa kkn dalam hal ini yaitu Nurul Fitriani Rahayu memberikan materi mengenai hipertensi, sedangkan Dosen KKN dalam hal ini yaitu Bapak Kusyogo Cahyo, S.K.M., M.Kes. memberikan materi dan pelatihan mengenai penanggulangan hipertensi menggunakan metode SEFT. Metode SEFT sudah dipraktikkan di berbagai negara dengan konsep dasar adalah metode akupunktur di 9 titik energi. Dalam pelaksanaannya dilakukan juga praktek yang dapat dilakukan sehari – hari untuk menanggulangi hipertensi dengan menggunakan metode SEFT. Proses pelatihan dilaksanakan dengan metode learning by doing sehingga peserta dapat mempraktikkan langsung pada saat pelatihan. Keberlanjutan program dilakukan dengan kunjungan rumah peserta dalam upaya implementasi hasil pelatihan.

edited by kusyogo

MAHASISWA KKN UNDIP AJAK WARGA DESA SUKOREJO UNTUK HIDUP LEBIH SEHAT MELALUI POLA MAKAN GIZI SEIMBANG

Semarang (30/01) – Mahasiswa KKN Undip ajak warga Desa Sukorejo, Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang untuk memiliki pola makan bergizi seimbang. Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat dan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan saling berkolaborasi dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Sukorejo yang dihadiri sekitar 50 ibu-ibu kader Posyandu serta PKK dari seluruh Dusun yang ada di Desa Sukorejo.

Mahasiswa dari  Fakultas Kesehatan Masyarakat, mengajak warga Desa Sukorejo untuk mencegah hipertensi melalui pola makan yang baik. Afida mengatakan, “Dengan membatasi konsumsi garam, gula, makanan cepat saji,  makanan berlemak serta minyak yang tinggi, kita dapat mencegah munculnya hipertensi. Rasa masakan itu bisa kok diseimbangkan dengan takaran rempah-rempah yang pas, tidak perlu terlalu  gula, garam ataupun penyedap rasa lainnya”.

Masih serangkaian dengan ajakan pola makan gizi seimbang, Ikhsan, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan menyampaikan tentang “Gemarikan”. Gemarikan merupakan sebuah gerakan untuk suka ikan, karena didapati bahwa warga Desa Sukorejo masih sedikit sekali yang mengkonsumsi ikan-ikanan. “Padahal kandungan protein pada ikan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam, kambing ataupun sapi. Dari segi harga pun bisa dibilang lebih murah” tutur Ikhsan kepada ibu-ibu Kader Posyandu dan PKK.

Tidak sampai disitu, melihat mayoritas mata pencaharian warga Desa Sukorejo adalah petani, maka Kurniawan, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan mengajarkan warga untuk membuat pupuk organik. Pupuk tersebut diberi nama “POC (Pupuk Organik Cair)” yang dibuat dari air cucian beras dicampur dengan Aktivator EM4 dan gula merah. “Saya yakin setiap rumah pasti memiliki air cucian beras, daripada kandungan nutrisi tingginya terbuang percuma lebih baik diolah lagi menjadi pupuk organik cair ini” Kurniawan menerangkan.

Ibu-ibu kader Posyandu serta PKK terlihat antusias dengan hal-hal baru yang disampaikan mahasiswa KKN Undip. “Bermanfaat sekali sih mbak, saya jadi tau gimana takaran gula garam yang baik untuk makanan agar terhindar dari hipertensi” terang Ibu Lurah Sukorejo. “Saya jadi mau beralih makan ke ikan-ikanan mbak, biar keluarga saya lebih sehat” tukas beliau lagi.

edited by Kusyogo

Mahasiswa KKN TIM I Undip Rembug Bersama Perangkat Desa

timeline-20190114-132443Semarang (14/1/19) – Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Desa Bonomerto, Kecamatan Suruh melakukan rembug desa di balai desa Bonomerto bersama Kepala desa Bonomerto dan 6 kepala dusun lainnya, yaitu dari dusun Karang Dawung, Jaten, Ngaklik, Mesu, Krajan dan Gedong.  Rembug desa yang berlangsung selama tiga jam diawali dengan sambutan oleh Kepala desa Bonomerto, Muhammad Nurmanto, dilanjutkan dengan pemaparan program monodisiplin dan multidisiplin oleh mahasiswa KKN. Irfan Fajri selaku Koordinator Desa KKN memperkenalkan anggota timnya yang berasal dari empat fakultas, yaitu FISIP, FKM, FPIK, dan FT. Selanjutnya Irfan mempersilakan anggotanya untuk memaparkan program yang diklaim sebagai solusi atas permasalahan yang ada di desa Bonomerto. Setiap kepala dusun selanjutnya memberikan tanggapan dan masukan atas program-program yang telah dipaparkan agar lebih terarah dan dilaksanakan secara merata di setiap dusun.

Kepala Desa memberikan perhatian khusus ke empat poin utama permasalahan desa yang menjadi fokus program mahasiswa KKN. Empat poin tersebut adalah pengelolaan budidaya ikan Lele, pendidikan, air, dan sampah. Saran lain disampaikan oleh Kepala Dusun Jaten, yang menyatakan bahwa pada budidaya ikan Lele permasalahannya bukan di pengolahan dan penjualan, tetapi terkait pakan yang harganya mahal dan rentan terhadap penyakit. Harapannya mahasiswa KKN dapat memberikan solusi terkait pakan alternatif atau pemberantasan hama penyakit agar biaya pakan lebih murah dan panen bisa melimpah. Rembug desa tersebut kemudian ditutup dengan foto bersama oleh mahasiswa KKN dan perangkat desa di depan balai desa Bonomerto.

by kusyogo

Pendampingan Pembudidaya Pemijahan Ikan Lele.

budidaya

Tim 1 KKN UNDIP 2019 yang berada di Kabupaten Semarang, Kecamatan Suruh, Desa Bonomerto sedang melakukan sosialisasi kepada pembudidaya pemijahan ikan lele. Budidaya pemijahan ikan lele yang bertempat di dusun Karang Dawung merupakan satu satunya budidaya pemijahan ikan lele yang ada di desa Bonomerto. Budidaya pemijahan untuk bibit ikan lele ini adalah milik pak Hendrik.

Budidaya pemijahan ini sudah menjadi tempat yang sangat dikenal di Kecamatan Suruh, bahkan pelanggannya juga banyak yang dari Kecamatan lain. Hanya saja budidaya milik pak Hendrik ini kadang menolak untuk menjual bibit ikan lele. Hal ini dikarenakan kekurangan air yang terjadi di desa Bonomerto yang menyebabkan tidak semua kolam bisa digunakan untuk pemijahan. Perlu pengadaan sumber air dalam pengelolaan ikan lele di bonomerto.

edited by kusyogo cahyo

Pelatihan Ecobrick, Biopori, Kompos dan Sosialisasi Pendidikan

126613

Minggu (03/01/2019) – Tim I KKN UNDIP 2019 yang berada di Desa Bonomerto, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang pada Minggu 3 Februari 2019 menyelenggarakan kegiatan bersama karangtaruna desa bonomerto yang diadakan di Kantor Balai Desa Bonomerto. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Desa Bonomerto, Ketua STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) serta perwakilan seluruh karang taruna dusun yang ada di Desa Bonomerto.

7-C492-CE4-F867-46-B7-8838-EC1-C62877-FD0

Acara ini dimulai pada pukul 10.00 wib, dibuka dari penyuluhan mengenai pentingnya melanjutkan pendidikan dengan memberikan pengenalan dan pemahaman mengenai jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri. Dilanjutkan dengan program multidisiplin ecobrick. Menjelaskan apa itu ecobrick serta memperkenalkan juga bagaimana cara pembuatannya. Lalu diteruskan penyuluhan mengenai pembuatan biopori dan juga terakhir mengenai pembuatan pupuk kompos organik. Kegiatan selanjutnya yaitu praktek pembuatan biopori dan juga pupuk kompos organik. Lahan yang digunakan adalah laha di belakang Kantor Balai Desa. Kegiatan ini turut disaksikan langsung oleh karang taruna dan masyarakat sekitar.

edited by kusyogo

Peringatan Hari Gizi Nasional Desa Bonomerto dengan tema Isi Piringku

126616

Semarang (25/01/2019) – Tim I KKN Undip 2019 bersama PKK Desa Bonomerto, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang mengadakan acara Peringatan Hari Gizi Nasional dengan tema Isi Piringku yang bertempat di Balai Desa Bonomerto pada Jumat, 25 Januari 2019 yang dihadiri oleh Ketua Penggerak PKK Desa Bonomerto, Ketua STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), beserta pengurus PKK se-Desa Bonomerto.

126615

Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB ini berisi Lomba Makanan Bergizi yang diikuti oleh 6 tim dari PKK Dusun Gedong, Karang Dawung, Jaten, Mesu, Ngaglik, dan Krajan. Selain itu, diadakan juga pemberian edukasi mengenai Isi Piringku yang merupakan program dari Kementrian Kesehatan oleh mahasiswa KKN. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian edukasi mengenai Bahaya Hipertensi oleh Yeni Dwi yang diawali dengan pemberian pertanyaan singkat kepada peserta acara mengenai hipertensi. Lalu dipaparkan edukasi mengenai Penampungan Air Hujan untuk menanggulangi kekurangan air bersih oleh Grace Elisabeth. Selanjutnya materi ditutup oleh pemaparan oleh Ghiyats Hafizh tentang pembuatan Penjernih Air Sederhana menggunakan botol air mineral 1,5 Liter untuk memanfaatkan air keruh menjadi layak untuk keperluan MCK.

250-D4-F17-9685-4-E1-B-9-FFF-486-DB1251-C36

Acara Peringatan Hari Gizi Nasional dengan tema Isi Piringku ditutup dengan pemberian hadiah kepada pemenang Lomba Makanan Bergizi yang dimenangkan oleh PKK Dusun Gedong.

by kusyogo

Pengenalan Budikdamber dan Ecobrick Kepada Karang Taruna Dusun Gedong, Bonomerto

126614

Semarang (26/01/2019) – Tim I KKN Undip 2019 bersama Karang Taruna Dusun Gedong, Desa Bonomerto, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang berkumpul di Balai Desa Bonomerto pada Sabtu malam. Perkumpulan diagendakan untuk sosialisasi yang diberikan oleh Tim I KKN Undip terkait alternatif budidaya dan pengolahan sampah. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dusun Gedong, Ketua Karang Taruna Desa Bonomerto, Kepala STBM Desa Bonomerto, Pengurus Karang Taruna Dusun Gedong, dan Tim I KKN Undip 2019 Desa Bonomerto. Diah Eka, salah satu peserta Tim I KKN Undip 2019 memberikan info terkait alternatif budidaya ikan Lele menggunakan ember yang disebut Budikdamber (Budidaya Ikan dalam Ember). Budikdamber adalah alternatif budidaya ikan dengan memanfaatkan ember sebagai kolam yang dipadukan dengan sistem aquaponik (polikultur ikan dan sayuran) menggunakan sayur kangkung. Informasi diberikan kepada Karang Taruna Dusun Gedong karena pemuda di sana sangat aktif untuk membudidayakan ikan Lele. Selain itu, Diah Eka melalui program monodisiplinnya memberikan informasi terkait pakan alternatif dari dedaunan, seperti kangkung, daun singkong, daun turi, dan sebagainya yang dapat digunakan sebagai pakan alternatif ikan Lele untuk menekan biaya pembelian pakan. Permasalahan yang selama ini dihadapi adalah karena kurangnya informasi terkait budidaya ikan Lele, sehingga kadang membuat gagal panen atau biaya pakan yang dianggap terlalu mahal. Alternatif budidaya ini diharapkan dapat diterapkan oleh pemuda di Dusun Gedong.

126611

Selain tentang alternatif budidaya, informasi lain yang diberikan adalah tentang pengelolaan sampah yang selama ini menjadi salah satu permasalahan di Desa Bonomerto. Saat pertemuan Karang Taruna tersebut, Ghiyats memberikan informasi terkait alternatif pengolahan sampah organik dan anorganik yang masih belum dikelola dengan baik. Ghiyats menjelaskan tentang pengolahan sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos dan sampah anorganik untuk dibuat ecobrick. Pupuk kompos yang sudah dibuat diharapkan dapat digunakan dalam bidang pertanian, sedangkan ecobrick yang dibuat mampu mengatasi permasalahan sampah anorganik yang hanya dibakar oleh masyarakat, karena sampah yang dibakar dapat menimbulkan polusi udara. Oleh karena itu, alternatif ini diharapkan dapat diaplikasikan oleh masyarakat untuk kehidupan sehari-hari.

 

edited by kusyogo

Pertemuan Rutin Kader Kesehatan Desa Bonomerto

S-18685954

Selasa, 29 januari 2019 di Balaidesa Bonomerto diadakan pertemuan rutin kader kesehatan yang dilaksanakan sebulan sekali. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 30 orang perwakilan dari 6 dusun Desa Bonomerto yaitu terdiri dari dusun karang dawung, gedong, jaten, ngaglik, krajan dan Mesu. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu mengumumkan dan memaparkan tentang struktur organisasi terbaru kader kesehatan. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai alokasi dana untuk program kesehatan yang dijelaskan oleh ibu lurah bonomerto. Alokasi dana digunakan untuk menjalankan program kesehatan seperti kegiatan kelas ibu hamil, kelas balita, posyandu, kelas lansia, dan posbindu. Dalam program kesehatan ini mahasiswa TIM I Undip tahun 2019 juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan posyandu, kelas ibu hamil dan kelas balita. Dalam pelaksanaan kegiatan, mahasiswa didampingi oleh ibu bidan linggar hastuti beserta ketua kader kesehatan.

 

S-18685956

Kemudian adanya edukasi dan informasi dari polisi perwakilan dari sektor kecamatan suruh tentang penggunaan gadget yang berlebihan pada anak. Beliau menuturkan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan dapat mengakibatkan terganggunya tumbuh kembang anak, obesitas, kurang tidur, kelainan mental, radiasi emisi hingga kecanduan.

Selain itu beliau juga menuturkan tentang pentingnya safety riding. Beliau menghimbau agar masyarakat bonomerto senantiasa memakai helm saat berkendara. Selain itu pengendara juga wajib memiliki surat lengkap seperti BPKB motor, SIM dan STNK. Lebih lanjutnya, beliau menuturkan bahwa keamanan di kecamatan suruh terutama desa bonomerto sudah terjamin karena wilayah kecamatan suruh sudah dijaga ketat oleh aparat setempat. Sehingga beliau mengharapkan mahasiswa KKN senantiasa nyaman dalam melaksanakan kegiatan pengabdian keoada masyarakat dan merasa aman tinggal di wilayah desa Bonomerto.

 

by kusyogo

PELAN-PELAN MENUJU SEHAT DI DUSUN NOLOPRAYAN

Desa Jatirejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang (Februari 2019), Kegiatan PELAN-PELAN (Pendampingan Lansia dan Peduli Lansia Menuju sehat  merupakan salah satu program monodisiplin mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemenuhan gizi lansia dengan diet gizi seimbang untuk mengatasi penyakit hipertensi di Desa Jatirejo.

1549186469309

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin (4/2). Kegiatan PELAN-PELAN Menuju Sehat melibatkan ibu-ibu PKK di Dusun Noloprayan, Desa Jatirejo. Rangkaian kegiatan ini meliputi pemberian edukasi kepada masyarakat mengenai diet gizi seimbang untuk meningkatkan pengetahuan lansia dan kader tentang cara mencegah terjadinya penyakit tidak menular. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama mengenai cara-cara pencegahan terjadinya penyakit tidak menular.

Pendampingan Lansia dan Peduli Lansia menuju Sehat ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap peduli kesehatan lansia dan pencegahan akan penyakit-penyakit tidak menular. Masyarakat cukup antusias untuk mengetahui diet gizi seimbang lansia sehingga nantinya angka kejadian penyakit tidak menular di Desa Jatirejo dapat menurun. Lansia yang sehat dan produktif, sumber daya manusia bagi Indonesia.

Edited by kusyogo

KONSERVASI SUMBER DAYA AIR DI DUSUN KLEWONAN

IMG-0232
Desa Jatirejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang (Januari 2019), Kegiatan observasi di lokasi Kali Klewonan bertujuan untuk konservasi sumber daya air yang ada di Dusun Klewonan. Pengembangan dan konservasi sumber daya air ini bermanfaat sebagai penyedian air baku bagi masyarakat di Dusun Klewonan. Kegiatan pembangunan ini dilaksanakan oleh masyarakat sekitar.
1547615625440
Kegiatan observasi ini dilaksanakan pada hari Jumat (11/1). Observasi yang dilakukan meliputi mengamati pekerjaan reservoir dan survei lokasi untuk pemasangan pipa ke rumah-rumah warga. Konservasi sumber daya air ini dilakukan karena adanya keluhan dari warga setempat mengenai mahalnya harga air bersih dari PDAM. Pengembangan ini kedepannya diharapkan dapat menyediakan sumber air bersih yang cukup bagi warga setempat dengan harga yang jauh lebih terjangkau daripada air PDAM.

Konservasi sumber daya air ini baru dikembangkan di Dusun Klewonan. Kedepannya diharapkan dapat dikembangkan dan diterapkan di Dusun lain agar sumber air bersih dapat diakses oleh seluruh masyarakat dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau. Mengingat air merupakan kebutuhan utama manusia, maka akses untuk mendapatkan air bersih menjadi hal yang krusial untuk dipenuhi. Air menjadi sumber utama kehidupan.

edited by kusyogo cahyo