Home » Lokasi KKN » Kab. Grobogan

Category Archives: Kab. Grobogan

Pembuatan Pupuk Kompos dari Limbah Jerami Padi

Image and video hosting by TinyPic

Pemanfaaan limbah jerami padi yang tidak digunakan dan mengurangi penggunaan pupuk kimia dan dapat memenuhi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Edukasi dan pelatihan pembuatan pupuk kompos dari limbah jerami padi dan pelatihan cara pembuatan MOL dari nasi. Proses pembuatan pupuk dimulai dari tanggal 12 Agustus 2018. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait manfaat pupuk kompos dari limbah jerami padi dan praktik pembuatan pupuk kompos.

Image and video hosting by TinyPic

Warga masyarakat yang mengikuti mampu mengetahui cara pembuatan pupuk kompos dari limbah jerami padi dan mampu mengaplikasikannya untuk tanaman sesuai dengan yang disampaikan. Program ini bermanfaat dalam meningkatkan kesadaran para masyarakat untuk memanfaatkan limbah jerami padi yang tidak digunakan dan mengurangi penggunaan pupuk kimia dan dapat memenuhi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

 Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

17 Agustus Dipenuhi Cerita dan Kenangan

17 Agustus pertama dan terakhir di Kecamatan Gabus

Jumat, 17 Agustus 2018, dilakukan upacara 17 Agustus yang berlokasi di Lapangan Tlogotirto. Tujuan upacara ini jelas, untuk memperingati jasa para pahlawab dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Upacara ini diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari Kepala Desa, guru, siswa-siswi, serta mahasiswa KKN.

Upaara berlangsung dengan tertib dan lancar, dan dimeriahkan juga oleh pertunjukan drumband. Selepas upacara, tim KKN Desa Kalipang menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan bapak dan ibu kepala desa. Bapak Lurah tampak gagah dengan seragam serba putih, sementara ibu kades tampak anggun dengan setelan kebaya.

Tirakatan Mengundang Air Mata

Pamitan dalam Acara Tirakatan

Tim II KKN UNDIP Desa Kalipang telah diundang dalam acara malam tirakatan yang diselenggarakan di Balai Desa Kalipang pada 16 Agustus 2018. Acara tersebut dihadiri oleh warga, jajaran petinggi desa dan
tokoh masyarakat Desa Kalipang. Adanya tokoh masyarakat pada acara tirakatan tersebut, dimaksudkan untuk memberikan sepatah/dua patah
kata yang dapat mengingatkan hadirin kepada jasa para pahlawan di zaman kemerdekaan.

Pada acara tirakat Desa Kalipang tersebut, Ibu Kepala Desa menyiapkan dua buah tumpeng dengan nasi kuning dan lauk-pauknya yang siap dibagikan kepada tamu undangan yang hadir. Adapun rangkaian acaranya, seperti pembukaan jalannya acara, sambutan-sambutan oleh para petinggi
Desa Kalipang, cerita tentang pahlawan, ceramah, sambutan dari tim KKN UNDIP, doa, dan pembagian berkat. Sambutan yang disampaikan oleh perwakilan tim KKN UNDIP berisikan ucapan terimakasih dan permohonan maaf, sebagai pidato perpisahan. Tim KKN UDIP juga membantu membagikan berkat yang sudah tersedia kepada hadirin.

Cara Mendeteksi Kebuntingan Sapi, Desa Kalipang, Kecamatan Gabus

Minggu, 13 Agustus 2018 15:00 WIB (Picture)
Grobogan – Salah satu mahasiswi KKN Tim II 2018 Universitas Diponegoro (Undip) yang berasal dari Jurusan Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian mengadakan program monodisiplin, yaitu DEEA Gest Dect sebagai metode efektif untuk mendeteksi kebuntingan ternak.

Program ini diinisiasi karena masyarakat yang bekerja sebagai peternak di Desa Kalipang merasa kesulitan dalam mendeteksi kebuntingan ternaknya. Biasanya deteksi kebuntingan dilakukan dengan palpasi puting yang hanya dapat dilakukan bila usia kebuntingan sudah mencapai 4 bulan. Kini dengan adanya DEEA Gest Dect peternak Desa Kalipang dapat mendeteksi kebuntingan dengan lebih dini. Selain itu, DEEA Gest Dect juga dapat mendeteksi kebuntingan dengan mudah dan akurat, serta berpotensi meningkatkan reproduksi ternak.

Bu Yuli yang merupakan salah satu peternak sangat berterimakasih karena telah dibantu diberikan pengetahuan yang sangat bermanfaat baginya. Kegiatan ini dilakukan kepada Karang Taruna yang bekerja sebagai peternak di Desa Kalipang, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan. Dengan dilakukannya kegiatan ini diharapkan warga Desa Kalipang yang bekerja sebagai peternak dapat memanfaatkan dengan baik cara penggunaan DEEA Gest Dect guna meningkatkan produktivitas ternaknya.

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

Chipang (Mochi Kalipang), Olahan Produk Lokal Khas Desa Kalipang, Kec. Gabus

Minggu, 12 Agustus 2018 16:00 WIB (Picture)

Grobogan – Mahasiswa peserta program kuliah kerja nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (Undip) di Desa Kalipang, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan mengadakan program multidisiplin (kelompok), yaitu Workshop Pembuatan CHIPANG (Mochi Kalipang) dengan Isian Kacang Hijau.

Kegiatan ini menjadi kegiatan program unggulan Tim KKN Undip Desa Kalipang selama mengabdi 42 hari. Porgam multidisiplin merupakan program yang dikerjakan dan dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa minimal berasal dari 3 Fakultas di desa lokasi KKN. Program multidisiplin workshop ini diselenggarakan oleh 8 orang mahasiswa Tim KKN yang berasal dari 4 fakultas, yaitu Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Kegiatan workshop ini memperkenalkan bagaimana cara memilih bahan untuk membuat produk, membuat dan mempraktikan secara langsung pembuatan kacang hijau menjadi CHIPANG (Mochi Kalipang), pemilihan alat dan teknologi 5 R (ringkas, rapih, resik, rawat, rajin), cara pengemasan produk, membuat labeling, menghitung nilai jual produk, pemasaran produk, dan pengetahuan mengenai pentingnya PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga).

Program workshop ini diinisiasi oleh mahasiswa Tim KKN karena melihat Desa Kalipang memiliki potensi kacang hijau, sehingga dengan diadakannya program ini masyarakat Desa Kalipang dapat memanfaatkan kacang hijau agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Kalipang. Selain itu, diharapkan semoga masyarakat Desa Kalipang dapat menjadi lebih mandiri dalam merintis dan mengembangkan usahanya.

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

LOMBA MEWARNAI TINGKAT PAUD & TK SEDESA TANJUNGREJO

Pada hari Kamis, tanggal 16 Agustus 2018 TIM II KKN UNDIP 2018 Desa Tanjungrejo mengadakan Lomba Mewarnai Tingkat PAUD & TK bertempat di Balai Desa Tanjungrejo dengan perwakilan 4 peserta lomba yang dikirimkan dari PAUD & TK yang bersangkutan. Acara yang dilaksanakan terbilang cukup berhasil dan sukses, dengan antusiasme adik-adik peserta lomba mewarnai dari 4 TK dan 2 PAUD di Desa Tanjungrejo, yang keseluruhannya berjumlah 24 Peserta.

Acara dilaksanakan mulai pukul 08:00 dengan mengisi daftar peserta yang mengikuti lomba di meja registrasi, kemudian sebelum memasuki lomba, adik-adik peserta lomba dari PAUD & TK dipersilahkan untuk memperkenalkan diri agar memupuk rasa percaya diri dan keberanian adik-adik tersebut berbicara di depan teman-teman nya.

Setelah perkenalan tersebut, acara lomba mewarnai langsung dimulai dengan waktu selama satu jam, beberapa adik-adik ada yang datang terlambat, namun tetap mengikuti lomba dengan langsung mengikuti lomba mewarnai tersebut. Satu jam berlalu, MC Lomba yaitu Kak Adinda dan Kak Hida memberhentikan jalannya lomba dengan memberitahukan bahwa waktu mewarnai telah habis dan mempersilahkan adik-adik peserta lomba untuk menyerahkan hasil mewarnai-nya ke kakak-kakak TIM KKN untuk dinilai.

Saat penilaian berlangsung oleh beberapa kakak TIM KKN lainnya, Kak Adinda & Kak Hida memberikan beberapa games serta menyanyi bersama adik-adik peserta lomba, dimana adik-adik peserta lomba sangat antusias bernyanyi dan bermain games yang diberikan oleh Kak Adinda dan Kak Hida. Tidak terasa penilaian pun telah selesai, serta kakak-kakak TIM KKN telah memilih 6 peserta lomba mewarnai terbaik untuk selanjutnya diberikan hadiah khusus dan berfoto bersama di depan peserta lomba lainnya, waktu yang ditunggu tiba, kakak-kakak TIM KKN mengumumkan 6 peserta lomba terbaik yang berasal dari PAUD dan TK yang beragam, mulai dari PAUD Little M, TK Pertiwi 4, TK Pertiwi 2, dan TK pertiwi 1, dan TK pertiwi 3.

Di penghujung acara, 6 peserta lomba mewarnai terbaik dipersilahkan untuk duduk kembali, serta sebagai acara penutup kakak-kakak TIM KKN UNDIP bernyanyi bersama adik-adik peserta lomba, acara pun ditutup dengan penuh kegembiraan dan kebahagiaan.

Peserta Lomba

Peserta Lomba 2

Foto Kegiatan

Juara Lomba

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

BERIKAN PERLINDUNGAN SESUNGGUHNYA, PEKERJA ADALAH TULANG PUNGGUNG PERUSAHAAN

Sumberagung – Grobogan (09/08/2018),  telah diadakan Sosialisasi mengenai perlindungan terhadap para pekerja yang bertempat di kediaman Kepala Desa Sumberagung dan dihadiri oleh ibu-ibu PKK, Karang Taruna. Disitulah saya menjelaskan bahwa pentingnya perlindungan terhadap para pekerja, Menyadari akan pentingnya pekerja bagi perusahaan, pemerintah dan masyarakat, maka perlu dilakukan pemikiran agar pekerja dapat menjaga keselamatannya dalam menjalankan pekerjaan. Demikian pula perlu diusahakan ketenangan dan kesehatan pekerja agar apa yang dihadapinya dalam pekerjaan dapat diperhatikan semaksimal mungkin, sehingga kewaspadaan dalam  menjalankan pekerjaan itu tetap terjamin.

Pemikiran-pemikiran ini merupakan program perlindungan pekerja yang dalam praktek sehari-hari berguna untuk mempertahankan produktivitas dan kestabilan perusahaan.

Program tersebut dijelaskan kepada ibu-ibu PKK beserta karang taruna yang menjadi sasaran program ini. Mulai dari pemberian informasi mengenai perlindungan, hak-hak pekerja serta kewajiban pengusaha. Supaya setelah mengetahui adanya perlindungan tersebut para pengusaha dapat merealisasikan terhadap para pekerja.
Penulis : Chikita Kintan Susdavie Berliani (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung)

Editor: Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi

Pembuatan Alur Pelayanan/ Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Kependudukan

Sumberagung – Grobogan (16/08/2018) telah dilakukan pemberian banner yang berisikan Alur pelayanan atau SOP (Standar Operasional Prosedur) di kantor Balai Desa Sumberagung. Pemberian banner tersebut diberikan kepada Pak Isgianto selaku Sekretaris Desa Sumberagung. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya.

            Permasalahan yang ada di Desa Sumberagung salah satunya yaitu belum adanya informasi menganai alur pelayanan/ Mekanisme pembuatan administrasi kependudukan. Administrasi kependudukan yang sering diurus masyarakat Desa Sumberagung yaitu pembuatan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). SKTM ini sebagian besar digunakan untuk mendaftarkan anaknya yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan belum adanya informasi yang berkaitan dengan alur pembuatannya, masyarakat harus datang ke kantor balai desa untuk menanyakan persyaratan dan langkah yang harus dilakukan. Oleh karena itu, dengan adanya banner yang berisikan informasi mengenai pembuatan administrasi kependudukan, khususnya SKTM diharapkan mampu mempermudah masyarakat yang akan mengurusnya tanpa harus menunggu pihak yang bersangkutan untuk menjelaskan prosedurnya.

Penulis : Anisah Dewi Irianto (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung)

Editor: Rachma Purwanti S.KM, M.Gizi

Edukasi Hak Pekerja Wanita dalam Dunia Kerja

Sumberagung – Grobogan (09/08/2018), telah dilakukan edukasi mengenai hak memperoleh kesempatan kerja yang sama bagi perempuan dan hak-hak khusus yang dimiliki tenaga kerja perempuan yang disampaikan  oleh KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2018 kepada Karang Taruna Dusun Nongko.

Acara diawali dengan perkenalan anggota KKN Tim  II Undip Tahun 2017 dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ervika Andra Renasya. Pemaparan materi disampaikan kepada pemuda-pemudi Karang Taruna Dusun Nongko yang dalam usia produktif.

Edukasi berjalan dengan lancar dan kondusif, mulai dari pembahasan pentingnya menghindari diskriminasi gender, sampai dengan mengusung kesetaraan gender dalam kegiatan sehari-hari, khususnya dalam hal pekerjaan. Wanita memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pekerjaan. Selain itu, wanita memiliki hak-hak khusus dalam hal pekerjaan yang dilindungi oleh hukum sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Diharapkan dengan adanya edukasi ini masyarakat sadar akan pentingnya kesetaraan gender dalam berbagai bidang, khususnya dalam pekerjaan. Masyarakat juga diharapkan dapat memahami hak-hak khusus yang diberikan oleh hukum kepada pekerja wanita sebagai bentuk perlindungan.

Penulis : Ervika Andra Renasya (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung)

Editor: Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi

Tumbuhkan Sikap Antikorupsi Sejak Dini

Sumberagung – Grobogan (06/08/2018), telah dilakukan edukasi mengenai penanaman sikap antikorupsi oleh KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2018 kepada siswa-siswi kelas 5 SDN 01 Sumberagung. Sosialisasi tentang anti korupsi dimulai pada pukul 10.00 WIB dan dilaksanakan di ruang kelas 5 SDN 01 Sumberagung.

Acara diawali dengan perkenalan anggota KKN Tim  II Undip Tahun 2017 dan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang antikorupsi oleh Ervika Andra Renasya. Pemaparan materi disampaikan dengan interaktif, ringan dan menarik. Dilanjutkan dengan penayangan film animasi tentang sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang perlu ditanamkan oleh siswa-siswi sekolah dasar sebagai bentuk sikap untuk menghindari tindakan-tindakan korupsi.

Edukasi mengenai antikorupsi ini berjalan dengan lancar dan kondusif, mulai dari pembahasan tentangdefinisi korupsi, contoh tindakan korupsi dalam kegiatan sehari-hari serta bahaya korupsi. Selanjutnya dilanjutkan dengan pemutaran film animasi Komisi Pemberantasan Korupsi. Kemudian diadakan kuis bagi siswa-siswi, yang dapat menjawab maka diberikan hadiah.

Diharapkan dengan adanya edukasi sikap antikorupsi ini nilai-nilai integritas berhasil ditanamkan dan menjadi kebiasaan dan pandangan hidup. Selain baik untuk membangun karakter siswa-siswi, edukasi ini merupakan  salah satu upaya kita juga untuk mencegah dan akhirnya mengurangi tindak korupsi di sekitar kita. Serta menyiapkan siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa yang bebas korupsi di masa yang akan datang.

Penulis : Ervika Andra Renasya (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung)

Editor: Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi