Home » Lokasi KKN » Kab. Jepara

Category Archives: Kab. Jepara

Edukasi Bahaya Formalin pada Ikan, Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan Nila dan Permen Jelly di Desa Manyargading

Image and video hosting by TinyPicKamis, 26 Juli 2018 diselenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan nugget ikan nila (Oreochromis niloticus) dan pembuatan permen jelly. Pelatihan ini dilakukan setelah kegiatan pengajian ibu-ibu RT 3 Desa manyargading

Kegiatan ini berlangsung pada pukul 15.30 hingga 16.15 WIB yang dihadiri oleh ibu-ibu anggota pengajian. Kegiatan ini terdiri dari pembacaan asmaul husna dan tahlilkemudian diselingi kegiatan oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro 2018 dengan penyuluhan perbedaan ikan segar berformalin dan ikan segar tanpa formalin dengan menunjukkan kedua ikan tersebut, sehingga ibu-ibu dapat membedakannya secara langsung. Ibu-ibu sangat antusias dengan penyuluhan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan nugget ikan nila dan permen jelly, ibu-ibu memperhatikan pelatihan tersebut dengan serius. Setelah pelatihan selesai ibu-ibu dipersilahkan untuk mencicipi nugget ikan dan permen jelly yang sudah jadi. Diakhir acara ditutup dengan do’a bersama yang dilakukan dengan khidmat.

 

EXPO JEPARA 2018

Image and video hosting by TinyPic

Bangsri, Minggu (12/08/2018) – Dalam rangka mengenalkan kebudayaan, kondisi, serta potensi yang dimiliki oleh Jepara, mahasiswa TIM II KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO yang ditempatkan di wilayah Kecamatan Kalinyamatan, Kecamatan Bangsri, dan Kecamatan Kedung mengadakan EXPO KABUPATEN JEPARA 2018. Expo ini dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Agustus 2018 bertempat pada Pendopo Kabupaten Jepara.

Image and video hosting by TinyPic

EXPO KABUPATEN JEPARA 2018 mengundang Bapak Bupati Jepara, Koordinator Dosen Pembimbing KKN Kabupaten Jepara, perangkat desa, mahasiswa Undip, serta masyarakat umum. Acara dimulai pukul 09.00 WIB yang diawali dengan lomba mewarnai tingkat SD se-kabupaten, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, pameran produk hasil dari usaha antar desa, lomba stand antar desa, serta donor darah yang bekerjasama dengan PMI setempat. Tidak lupa terdapat pula hiburan berupa penampilan band yang berasal dari Kecamatan Kalinyamatan, Kecamatan Bangsri, dan Kecamatan Kedung. Kegiatan diakhiri pukul 15.00 WIB dengan pengumuman pemenang dari lomba mewarnai tingkat SD dan pemenang lomba stand antar desa. Diharapkan EXPO KABUPATEN JEPARA 2018 ini dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk semakin meningkatkan jiwa berwirausaha, mengenalkan potensi desa, dan merekatkan keakraban antar mahasiswa.

Aksi ‘Resik Kali’ Desa Margoyoso

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalinyamatan ikut terjun langsung dalam aksi ‘’Resik Kali’’ yang diadakan oleh TIM KKN II UNDIP 2018 di gang 2 Desa Margoyoso, Minggu (5/8/2018).

Sebanyak 30 orang lebih dari berbagai organisasi desa seperti Ikatan Remaja (IKAR), Pak Wo Squad (PWS), dan terutama Karang Taruna Desa Margoyoso dan anak-anak warga sekitar serta TIM KKN ikut dalam aksi ‘’Resik Kali’’ membersihkan sampah yang menumpuk sepanjang kali di Gang 2.

Resik Kali Margoyoso

Pimpinan DLH mengatakan bahwa “memang tidak bisa sendirian mengatasi permasalahan sampah di Kecamatan Kalinyamatan terutama Desa Margoyoso. Masyarakat juga harus berperan aktif dalam kebersihan Desa Margoyoso terutama kebersihan kali.”
Pimpinan DLH menuturkan sampah-sampah yang membentang di kali Gang 2 Desa Margoyoso ini merupakan cerminan permasalahan sampah warga Margoyoso itu sendiri. Hampir seluruh sampah di kali tersebut merupakan sampah rumah tangga.

resik kali margoyoso

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat membantu mengubah mindset masyarakat dalam kebiasaan membuang sampah di sungai dan meningkatkan kebersihan lingkungan terutama di Desa Margoyoso.

resik kali margoyoso

resik kali

Inovasi Produk : Pengolahan Selai Jagung Manis

Image and video hosting by TinyPic

Jumat, 27 Juli 2018 Tim II KKN UNDIP di Desa Manyargading Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara telah menyelenggarakan kegiatan pengolahan inovasi produk dari bahan jagung manis menjadi selai jagung. Kegiatan dilaksanakan di kediaman salah satu warga RT 01 Desa Manyargading. Kegiatan ini merupakan salah satu program monodisiplin mahasiswi jurusan Administrasi Bisnis yang bernama Nada Amirotul Fatini. Kegiatan ini dilakukan untuk memberi inovasi kepada ibu-ibu pengajian rutin di Desa Manyargading tentang pengolahan jagung manis menjadi selai jagung yang dapat dibisniskan. Besarnya minat masyarakat akan jagung menjadikan potensi bisnis olahan jagung yang cukup menjanjikan. Karena itu selai jagung dapat menjadi pilihan untuk produk yang dapat dibisniskan. Selain mempertimbangka kemudahan dalam pengolahan, dengan berbagai inovasi yang dilakukan dibandingkan produk jagung lainnya, selai jagung berpotensi untuk dikembangkan di Desa Manyargading.

Image and video hosting by TinyPicKegiatan dilaksanakan dengan pemaparan materi cara pembuatan produk dan pemberiaan contoh selai jagung yang telah dioleskan ke roti. Ibu-ibu peserta kegiatan cukup antusias dengan pemberian inovasi produk selai jagung ini. Diharapkan kegiatan ini dapat memberi manfaat yakni meningkatkan ekonomi warga di Desa Manyargading.

Kunjungan ke SDN 1 dan SDN 2 Manyargading

Image and video hosting by TinyPic
Senin, 6 Agustus 2018, Tim II KKN Universitas Diponegoro Tahun 2018 mengadakan kunjungan ke SDN 1 Manyargading. Kegiatan ditujukan pada siswa kelas tiga dan empat, yang dimulai pukul 08.00 s.d 09.30 WIB. Kegiatan kunjungan ini terdiri atas pemberian edukasi langkah cuci tangan yang benar menurut WHO, pemberian edukasi tentang pemanasan global, pelatihan keterampilan siswa berupa pemanfaatan sampah kertas menjadi kerajinan tangan paper bag, dan selingan ice breaking untuk melatih fokus pikiran. Kegiatan selalu diawali dan diakhiri dengan doa bersama, sekaligus pemberian reward pada seluruh siswa di akhir acara sebagai wujud apresiasi atas antusiasme mereka selama kegiatan. Sedangkan kunjungan ke SDN 2 Manyargading dilakukan pada Kamis, 9 Agustus 2018 dengan rincian kegiatan yang sama dengan kunjungan ke SDN 1 Manyargading yang telah dilakukan sebelumnya.

Image and video hosting by TinyPic
Pemberian edukasi mengenai cuci tangan dimaksudkan agar para siswa mengerti dan mampu membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah makan, setelah BAB, dan setelah memegang benda-benda kotor. Sedangkan pelatihan keterampilan siswa membuat paper bag bertujuan menumbuhkan kreativitas siswa dalam melakukan pengolahan kertas bekas atau tak terpakai. Pelatihan ini berkaitan dengan program multidisiplin Tim II KKN Universitas Diponegoro Tahun 2018 yaitu bank sampah.

Pelatihan dan Sosialisasi Diversifikasi Hasil Perikanan dan Kelautan : NURELA (Nugget Rumput Laut), Jelly Drink dan Cheese Stick Rumput Laut

Image and video hosting by TinyPicSenin, 23 Juli 2018 Tim II KKN UNDIP di  Desa Manyargading, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan sosialisasi diversifikasi hasil perikanan dan kelautan dari rumput laut. Kegiatan dilaksanakan di kediaman salah satu warga RT 04 Desa Manyargading. Kegiatan pembuatan ini merupakan program monodisiplin yang dilaksanakan oleh mahasiswi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Kegiatan dihadiri oleh ibu-ibu di Desa Manyargading yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat pemanfaatan hasil perikanan dan kelautan khususnya rumput laut.

Kegiatan dilaksanakan dengan pemaparan materi dan cara pembuatan produk. Olahan yang dibuat adalah nugget, jelly drink dan cheese stick.  Olahan nugget menggunakan rumput laut jenis Gracillaria sp., jelly drink menggunakan karagenan yang merupakan ekstraksi dari rumput laut sedangkan cheese stick menggunakan rumput laut jenis Euchema cottonii. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi dan kreatifitas warga di Desa Manyargading.

Pelatihan dan Sosialisasi Diversifikasi Hasil Perikanan dan Kelautan : Brownies Rumput Laut dan Perkedel Rumput Laut

Image and video hosting by TinyPic

Jumát, 27 Juli 2018 Tim II KKN UNDIP di Desa Manyargading, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan sosialisasi diversifikasi hasil laut dari rumput laut. Kegiatan dilaksanakan di kediaman salah satu warga RT 01 Desa Manyargading. Kegiatan pembuatan ini merupakan program monodisiplin yang dilaksanakan oleh mahasiswi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan jurusan Ilmu Kelautan. Kegiatan dihadiri oleh ibu-ibu pengajian di Desa Manyargading yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat pemanfaatan hasil laut khususnya rumput laut. Rumput laut sendiri merupakan makroalga yang hidup didalam laut. Rumput laut memiliki banyak manfaat, contohnya sebagai antikarsinogenetik atau dapat memperkecil terjadinya kanker, sebagai antioksidan, baik untuk diet, ngurangi dan mencegah gejala osteoporosis, dan dapat dijadikan sebagai obat tradisional seperti batuk, asma, bronchitis, TBC, cacingan, sakit perut dan demam.

Image and video hosting by TinyPic

Kegiatan dilaksanakan dengan pemaparan materi dan cara pembuatan produk. Olahan yang dibuat adalah brownies rumput laut dan perkedel rumput laut. Olahan browniesdan perkedel menggunakan rumput laut jenis Eucheuma cottoni. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi dan kreatifitas warga di Desa Manyargading. Dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Manyargading akan pentingnya rumput laut untuk kesehatan.

Posbindu Desa Manyargading Periode Agustus 2018

Image and video hosting by TinyPic
Selasa, 7 Agustus 2018 diadakan kegiatan kesehatan rutin di Desa Manyargading yaitu Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) di Balai Desa Manyargading yang dihadiri oleh Bidan Desa, Kader Kesehatan, Petugas Puskesmas, dan Dokter Puskesmas. Kegiatan Posbindu memfokuskan pada penatalaksanaan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang diprioritaskan pada penyakit hipertensi dan Diabetes Melitus (DM). Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 sampai 11.00 WIB yang terdiri atas pengukuran berat dan tinggi badan, pengukuran lingkar pinggang untuk mengetahui ada/tidaknya faktor risiko obesitas, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan laboratorium (asam urat, gula darah sewaktu, dan kolesterol), pemberian edukasi dan konseling, serta pemberian obat-obatan sesuai dengan penyakit yang diderita. Tim II KKN Universitas Diponegoro juga turut mengisi kegiatan dengan memberikan penyuluhan mengenai PTM dan membantu petugas kesehatan melakukan kegiatan Posbindu. Jumlah pasien yang datang ke Posbindu mencapai 50 orang, terdiri dari pasien baru dan pasien lama yang rutin berobat ke Posbindu. Kegiatan rutin ini diharapkan dapat ikut serta menurunkan dampak buruk atau fatal dari penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi dan DM, sehingga para pasien dapat tetap melangsungkan aktivitas normal sehari-harinya.

Donor Darah dan Sosialisasi HIV/AIDS Desa Margoyoso

 

donor darah dan sosialisasi hiv/aids desa margoyoso

DONOR DARAH dan SOSIALISASI HIV/AIDS DESA MARGOYOSO Kamis, 19 juli 2018 berlokasi di Balai Desa Margoyoso menggelar acara sosialisasi mengenai HIV/AIDS dan Donor Darah dalam rangka pembentukan kepengurusan Warga Peduli AIDS (WPA) serta membantu memenuhi permintaan kebutuhan kantung darah PMI Kabupaten Jepara.
Aksi donor darah dan sosialisasi kali ini di inisiasi oleh Pemerintah Desa, TIM II KKN UNDIP 2018 Desa Margoyoso dan karang taruna bekerjasama dengan PMI kabupaten jepara serta puskesmas Kalinyamatan. Dalam acara yang diselenggarakan ini setidaknya ada lebih dari 20 pendaftar yang ingin mendonor darahnya. Para pendaftar terdiri dari warga Desa Margoyoso itu sendiri dan beberapa mahasiswa/mahasiswi TIM II KKN UNDIP 2018.
donor darah desa margoyoso
Pemerintahan desa, yaitu Kepala Desa Margoyoso menyampaikan apresiasi positif kepada tim penyelenggara acara sosialisasi dan aksi donor darah ini. “saya sangat berterimakasih kepada TIM II KKN UNDIP 2018 atas bantuannya dalam aksi donor darah kali ini, dan juga PMI dari Kabupaten Jepara yang sudah datang” ujar Miftakhul Huda selaku Kepala Desa.Mahmud, bapak staf PMI menyampaikan bahwa persediaan darah dari aksi donor darah kali ini sebanyak 23 kantung darah.
donor darah desa margoyoso

donor darah desa margoyoso

Inventarisasi UMKM Konveksi Desa Sendang

Desa Sendang merupakan sentra konveksi khususnya untuk pakaian gamis, atasan wanita, dan celana pendek di Kabupaten Jepara. Saat tim KKN melakukan survei pendahuluan juga tampak hamper setiap rumah memiliki aktivitas dengan kain maupun mesin jahit, mulai dari bagian pemotongan, pemasangan karet celana, hingga menjahit pola. Namun, berdasarkan hasil survey tim, tidak semua konveksi milik warga, banyak warga yang hanya menjadi buruh, atau konveksi milik keluarga besar yang dikelola beberapa rumah. Tidak adanya pendataan yang jelas dapat menyulitkan dalam melakukan kerjasama, pembinaan, pengawasan, maupun pemberian bantuan dari pihak lain.

Berdasarkan kondisi tersebut, mahasiswa KKN Undip di Desa Sendang melakukan inventarisasi pendataan usaha mikro, kecil, dan menengah khususnya bidang konveksi di Desa Sendang, karena berdasarkan data yang diperoleh tim, beberapa warga juga memiliki usaha dibidang pangan seperti ayam bakar, susu kedelai, hingga pembiakan jamur. Pendataan dilakukan oleh tim mulai 21 Juli hingga 26 Juli 2018 secara door to door dibawah koordinator Adia Beta, mahasiswa Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro.

Selain melakukan inventarisasi UMKM, tim KKN juga berperan mengembangkan usaha konveksi melalui pelatihan packaging dan pemasaran inovasi produk baru. Pelatihan dilakukan bersamaan dengan agenda Ibu PKK, Selasa, 24 Juli 2018 di salah satu rumah warga RW 1 yang dominan melakukan usaha konveksi.