Home » Lokasi KKN » Kab. Kudus

Category Archives: Kab. Kudus

Reportase Minggu Ke 3 Desa Bulungcangkring

Reportase Senin, 25 Juli 2016

Seminar Pemanfaatan Limbah Pertanian dan Peternakan untuk Pembuatan Biogas

Senin, 25 Juli 2016 Tim II KKN UNDIP Kecamatan Jekulo mengadakan seminar biogas dengan judul pemanfaatan limbah pertanian dan peternakan. Seminar ini dimoderatori oleh Ir. Bambang Sulistiyanto, M. Agr, Sc. Phd dan pemateri Dr. Marry Christianto, S. Pt. M.P serta Cahya S. Pt. M.P. Seminar ini dilaksanakan di Aula Balai Desa Pladen dan dihadiri oleh perangkat kecamatan yang mewakili bapak camat Jekulo dan para perwakilan desa yang ada di Kecamatan Jekulo.

Kecamatan Jekulo merupakan salah satu daerah yang dapat dikatakan subur. Limbah dari tanaman padi berupa jerami banyak ditemukan di masing-masing desa. Jerami yang ada tidak dimanfaatkan sebagaimana semestinya,melainkan jerami yang ada hanya dibakar. Padahal jerami dapat digunakan sebagai salah satu pakan alternatif bagi ternak yang dapat diberikan secara langsung ataupun mendapat perlakuan berupa amoniasi, fermentasi, silase dan amofer (erpaduan amoniasidan fermentasi).

 

Reportase Rabu, 27 Juli 2016

Pendataan Siswa Kurang Mampu di Beberapa Sekolah Dasar Bulungcangkring

Rabu, 27 Juli 2016 Tim KKN UNDIP mengawali hari dengan mengunjungi beberapa Sekolah Dasar yang ada di Desa Bulungcangkring. Kunjungan tersebut dilakukan untuk menjalin silaturahmi antara anggota tim kkn undip dengan guru ataupun siswa yang ada. Selain itu, kunjungan tersebut juga bertujuan untuk mendata jumlah siswa yang kondisi ekonominya kurang bagus. Pendataan tersebut selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam pemberian bantuan yang dilakukan pada hari berikutnya.

Hasil pendataan menunjukkan bahwa jumlah siswa yang keadaan ekonominya kurang baik pada beberapa Sekolah Dasar di Desa Bulungcangkring relatif banyak, sehingga dalam proses pendataan siswa yatim piatu lebih diutamakan untuk mendapatkan bantuan. Proses pendataan tersebut dibantu oleh pihak guru dan kepala sekolah dari masing-masing sekolah sehingga pemberian bantuan diharapkan bisa lebih merata dan adil.

Setelah pendataan ke beberapa sekolah dasar selesai, tim kkn undip segera mencari berbagai keperluan yang dibutuhkan untuk pemberian bantuan ke anak-anak SD. Berbagai keperluan tersebut kami cari di Pasar Kliwon, Kudus dengan harapan bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Sempat terdapat kendala pada saat akan membawa barang-barang belanjaan, namun hal itu dapat diatasi.

 

Reportae Kamis, 28 Juli 2016

Pemberian Bantuan ke Sekolah Dasar

Kamis, 28 Juli 2016 Tim KKN UNDIP kembali melakukan kegiatan sosial di sejumlah sekolah dasar yang ada di Desa Bulungcangkring. Kegiatan tersebut dilakukan dengan memberikan bantuan kepada siswa yatim piatu ataupun siswa yang kurang mampu di sejumlah sekolah. Bantuan yang diberikan tersebut berupa tas dan alat tulis, mengingat bahwa minggu ini masih termasuk hari-hari awal masuk tahun ajaran baru sehingga diharapkan bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Proses pemberian bantuan tersebut dibantu oleh seluruh anggota Tim KKN Undip 2016 di Desa Bulungcangkring dan sejumlah guru yang ada di sekolah. Siswa kurang mampu jumlahnya sangat banyak, sedangkan jumlah bantuan yang diberikan terbatas, sehingga dalam proses pembagiannya guru dari masing-masing sekolah sangat berperan agar pembagiannya merata.

sd

 

 

 

 

 

 

Reportase Jumat, 29 Juli 2016

Sosialisasi terkait Sanitasi, Keamanan, Pengaturan Pembukuan Keuangan, dan Legalitas Badan Usaha di UMKM Ada Rasa

Sosialisasi terkait sanitasi, keamanan, pengaturan pembukuan keuangan, dan legalitas badan usaha di home industri makanan berupa bakso di UMKM Ada Rasa yang dikelola oleh Bapak Tarwi. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh pengeloladan para karyawan Ada Rasa.

Materi sanitasi yang diberikan berkaitan dengan penjaminan mutu bakso yang dihasilkan karena dalam penyampaiannya menekankan agar para karyawan senantiasa memperhatikan kebersihan baik lingkungan maupun individu.

umkm1 umkm2umkm

Optimalisasi UMKM Krupuk Pangsit “Wawan Jaya” dalam Mengembangkan Perekonomian dan Jiwa Kewirausahaan di Desa Pladen

(Reportase Minggu ke-2: Program Multidisiplin)

10124Tim II KKN Universitas Diponegoro dari desa Pladen melakukan program multidisplin yang bertempat di salah satu UMKM Desa Pladen yaitu Krupuk Pangsit “WAWAN JAYA” pada Kamis, (21/07). UMKM yang beralamat di Jalan Raya Pladen RT 03 RW 04 Dukuh Jawik, Desa Pladen, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus milik ibu Sutriah yang memiliki omzet 500 ribu/hari dengan laba bersih 100 ribu/hari.

Usaha krupuk pangsit rumahan “WAWAN JAYA” memiliki 1 orang tenaga kerja  pembantu. UMKM yang dirintis oleh sepasang suami istri ini dapat menghabiskan 2 sak tepung terigu untuk memproduksi sekitar 500 kg adonan krupuk pangsit. Krupuk pangsit yang sudah jadi dijual per kilo dengan harga 20 ribu.

21 Juni 2016_8976

Bahan baku UMKM krupuk pangsit “WAWAN JAYA” adalah campuran tepung terigu, bawang, garam dan seledri tanpa bahan pengawet. Namun, produk yang dihasilkan dapat bertahan selama 2 minggu dalam kemasan plastik yang tertutup. Bahan baku didapat dari bahan-bahan lokal yang ada di desa pladen, namun cakupan wilayah pemasaran produk baru antar desa di kecamatan Jekulo dengan jenis pemasaran secara langsung, dimana hasil produksi krupuk pangsit disetorkan ke warung-warung atau pembeli datang ke rumah maupun agen yang langsung datang ke tempat produksi untuk mengambil produk dalam jumlah besar.

21 Juni 2016_1667

UMKM yang sudah berjalan selama 4 tahun ini masih memiliki banyak permasalahan yaitu jangkauan pemasaran yang masih local area, perizinan, permodalan, pengembangan produk dan pengembangan SDM. Bantuan optimalisasi dalam produksi bagi UMKM krupuk pangsit “WAWAN JAYA” oleh para mahasiswa KKN Universitas Diponegoro desa Pladen dimulai dari proses pemilihan bahan baku produksi yang diarahkan untuk memilih bahan baku yang baik dan bergizi, pengarahan dan pendampingan pengolahan dan pemasaran produk serta pengarahan dan pendampingan mengenai perizinan produk. Esensi dari program multidisiplin yang dilakukan oeh mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro desa Pladen ini adalah untuk mengoptimalisasi jalannya proses produksi pada UMKM krupuk pangsit “WAWAN JAYA” sebagai usaha yang mampu mengembangkan perekonomian dan jiwa kewirausahaan di desa Pladen.

10126

 

Program Lansia sebagai Sarana Edukasi Kesehatan bagi Para Lansia di Desa Pladen

51719  51724

Desa Pladen Kecamatan Jekulo mendapat giliran pusat pelayanan terpadu bagi para lansia oleh Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Jekulo pada, Senin (18/07). Acara posyandu bagi lansia ini dimulai dengan acara pembukaan, penimbangan berat badan kemudian dilakukan pengukuran tekanan darah dan konsultasi mengenai keluhan-keluhan yang dirasakan oleh para lansia anggota posyandu.

51720  51723

Posyandu lansia ini bertujuan untuk memelihara kesehatan para lansia agar tetap sehat dan dapat beraktivitas seperti biasa. Para lansia mendapatkan obat sesuai dengan keluhan yang diberikan pada sesi konsultasi. Kegiatan lansia ini diikuti oeh 20 orang lansia yang tercatat di desa Pladen dengan diberikan kartu sehat yang diisi secara rutin pada kegiatan tersebut. Kartu sehat bagi lansia ini berisi data berat badan dan tekanan darah. Setelah sesi konsultasi selesai para lansia meakukan senam lansia yang dipandu oleh perwakilan mahasiswa KKN Desa Pladen.

REPORTASE: Daur Ulang Limbah sebagai UMKM yang Berpotensi di Desa Jekulo

20160722_105147

Jum’at 22 Juli 2016

Tim II KKN UNDIP

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau biasa disingkat UMKM merupakan sebuah perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. Masyarakat di Desa Jekulo memiliki beragam umkm yang bersifat pribadi maupun kelompok, misalnya toko kelontong, produksi tempe, penjual jamu, persewaan tenda, meubel dan lain sebagainya.

20160722_104641

Salah satu yang berpotensi dari sekian banyak UMKM di Desa Jekulo yaitu kerajinan anyaman dari daur ulang limbah yang digunakan sebagai bahan baku. UMKM tersebut banyak diminati masyarakat karena harga yang relatif terjangkau dan memiliki banyak manfaat. Selain di desa atau di sekitar Kudus, pemasaran produk ini sudah mencakup beberapa kota lainnya, seperti Pati dan Jepara.

Akan tetapi UMKM ini juga memiliki kendala seperti modal yang harus ada, jumlah karyawan yang sedikit dan begantung dengan bahan baku yang tersedia.

Reportase Minggu ke 2 Desa Bulungcangkring

Reportase Senin,18 Juli 2016

Upacara Bendara di Kantor Kecamatan Jekulo

Senin, 18 Juli 2016 sejumlah perangkat kecamatan Jekulo dan mahasiswa KKN dari UNDIP serta perguruan tinggi negeri yang lain melaksanakan kegiatan upacara bendera di halaman Kantor Kecamatan Jekulo. Upacara tersebut dipimpin oleh salah satu anggota TNI setempat dan Drs. Eko Hari Djatmiko, M. Si (camat Jekulo) sebagai inspektur upacara. Upacara berjalan dengan khitmat dan lancar. Dalam upacara tersebut bapak camat sedikit mengecewakan kehadiran perangkat desa yang tidak lengkap. Meskipun demikian, beliau juga mengapresiasi Desa Bulungcangnkring dan Pladen karena perangkat desa yang datang cukup banyak dan lengkap.

Tim KKN UNDIP melakukan kunjungan ke Sekolah Dasar Negeri 5 Bulungcangkring setelah upacara bendera selesai. Kunjungan tersebut bertujuan untuk meminta izin kepada kepala sekolah untuk pelaksanaan program sosialisasi yang akan dilakukan di sekolah tersebut.

Reportase, 19 Juli 2016

Program Sekolah Dasar

Hari Selasa, 19 Juli 2016 pukul 07.00 WIB tim II KKN Undip Desa Bulung Cangkring mengadakan program di SD 5 Bulung Cangkring. Sasaran yang dituju yakni siswa kelas 5 dan kelas 6. Sosialisasi yang ditujukan untuk kelas 5 meliputi Kegiatan Gemar Menabung, Pengenalan Mata Uang asing, Perilaku hidup Bersih dan Sehat, dan Aksi Gizi. Sedangkan, sosialisasi yang ditujukan untuk kelas 6 meliputi Pengenalan Ternak dan Hasilnya, serta Pengenalan Profesi Hukum.

Siswa SD 5 ini menunjukan antusiasme yang tinggi terhadap materi sosialisasi yang diberikan. Antusiasme ini ditunjukkan dengan keaktifan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh tim II KKN Undip. Tim II KKN Undip juga memberikan hadiah-hadiah kecil untuk siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang kami berikan. Misalnya, pada saat sosialisasi aksi gizi kami memberikan hadiah berupa susu dan sosis.

Program SD_25 Program SD_27 Program SD_32 Program SD_48

Reportase Rabu, 20 Juli 2016

Pendampingan Pembuatan Pupuk Cair Produktif dari Limbah Cair Pabrik Tempe

Rabu, 21 Juli 2016 salah satu program monodisiplin Tim II KKN UNDIP 2016 telah dilaksanakan. Program tersebut berupa pendampingan kepada salah satu pemilik industri pabrik tempe di Desa Bulungcang, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, yaitu Bapak Mulyono dan beberapa warga yang berada di sekitarnya dalam pembuatan pupuk cair produktif dari limbah cair tempe. Warga terlihat antusias dalam acara tersebut, karena selama ini limbah cair yang dihasilkan dari pabrik tempe langsung dibuang ke lingkungan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Dengan adanya kegiatan pendampingan pembuatan pupuk cair tersebut, warga berharap limbah cair tempe dapat dimanfaatkan tanpa membuangnya secara langsung ke lingkungan dan tidak menimbulkan pencemaran.

Kendala yang dialami selama proses kegiatan tersebut yaitu sulit untuk mengajak warga berkumpul di lokasi pembuatan pupuk, karena pada saat itu hujan mengguyur sebagian besar wilayah di Kudus mulai dari pagi hingga sore hari. Namun kendala tersebut dapat teratasi setelah Tim II KKN UNDIP 2016 mendatangi rumah warga dari rumah ke rumah.

10

Reportase Rabu, 20 Juli 2016

Sore bersama Ibu-Ibu PKK Desa Bulungcangkring

Tim II KKN UNDIP 2016 memiliki empat program yang ditujukan kepada ibu-ibu PKK. Program-program tersebut dilaksanakan secara bersamaan dalam satu hari pada saat kumpulan rutin ibu-ibu PKK di Aula Balai Desa Bulungcangkring. Pelaksanaan program tersebut bertujuan untuk mengefisienkan waktu, mengingat waktu KKN hanya berlangsung selama 35 hari. Dalam kegiatan tersebut program yang dilaksanakan diantaranya yaitu penyuluhan terkait pendaftaran sertifikat tanah; pengolahan sampah organik dan anorganik serta metode pembuatan pupuk takakura; pembuatan ovitrap untuk mengurangi kasus DBD dan pembuatan nugget ayam sebagai salah satu inovasi olahan daging ayam.

121311

Reportase Sabtu, 23 Juli 2016

Mari ke Posyandu

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Tim KKN Undip Desa Bulungcangkring mengunjungi posyandu di RT 02/11 Desa Bulungcangkring, tepatnya di kediaman Ibu Tun. Kegiatan yang dilakukan secara rutin satu bulan sekali setiap tanggal 23 berjalan dengan baik. Ibu dan balita datang silih berganti untuk melakukan penimbangan dan imunisasi. Tim KKN UNDIP turut serta untuk membantu menimbang berat badan, mengukur tinggi badan dan lingkar kepala balita. Kegiatan imunisasi dilakukan oleh seorang tenaga ahli medis yang berpengalaman. Setelah mendapatkan imunisasi dan melakukan penimbangan balita-balita tersebut mendapat telur puyuh ataupun makanan ringan lain yang bergizi.

Posyandu_4Posyandu_3

Reportase: Cupang Desa Jekulo Unjuk Gigi di Festival Bulusan 2016

Senin, 18 Juli 2016

Oleh Tim II KKN Undip 2016 Desa Jekulo

20160713_083209

Pada hari Rabu lalu (13/7) telah dilaksanakan Jekulo Expo yang bertempat di Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Jekulo Expo merupakan salah satu dari rangkaian acara Festival Bulusan yang selalu dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Kudus. Festival Bulusan terdiri dari serangkaian acara mulai dari kirap budaya, expo, hiburan dan pagelaran wayang pada malam harinya. Jekulo Expo terselenggara dengan adanya pameran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) unggulan dari masing-masing desa di Kecamatan Jekulo yang diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat desa setempat untuk mengembangkan UMKM-nya. Acara ini diramaikan oleh 12 desa yang bertempat di Kecamatan Jekulo, salah satunya adalah Desa Jekulo.

20160713_082947

 Produk unggulan UMKM Desa Jekulo yang berupa ikan hias jenis ikan cupang cukup menarik perhatian. Pasalnya, tidak ada produk serupa yang dipamerkan oleh desa lain. Olahan bahan makanan dan kerajinan besi yang mendominasi dalam pameran kali ini, menjadikan produk cupang Desa Jekulo terlihat berbeda dan menarik perhatian pengunjung. Jekulo Expo diramaikan oleh masyarakat dari berbagai daerah dan kalangan. Dengan tiket masuk pameran yang cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 5.000-,/orang, acara ini cukup menarik minat masyarakat. Mahasiswa Tim II KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Diponegoro, juga ikut serta memeriahkan acara ini dengan turut mengunjungi pameran dan membantu selama berlangsungnya acara Jekulo Expo.

Lelang Tanah Desa Pladen Tahap II 2016/2017

Reportase_5759

Desa Pladen Kecamatan Jekulo mengadakan “Lelang Tanah”  pada Minggu (17/07), sebagai acara rutin tiap tahun di desa Pladen dengan 2 tahap. Lelang tanah ini dilaksanakan dengan tujuan pengelolaan tanah desa untuk menambah kas desa.  Acara ini dilaksanakan di Aula desa Pladen dan dihadiri oleh 27 orang yang terdiri dari perangkat desa, panitia lelang tanah desa Pladen, serta masyarakat. Acara lelang tanah desa Pladen ini dipandu oleh Bapak Mahmud selaku ketua panitia lelang tanah desa Pladen.

Acara lelang tanah ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu bengkok aparat desa yang kosong dan bondo desa. Perbedaan untuk kategori bengkok aparat desa yang kosong yaitu untuk bengkok desa yang tidak digarap oleh aparat desanya, sedangkan untuk kategori bondo desa yaitu tanah yang tidak ada kaitan dengan aparat desa. Bengkok aparat desa terdiri dari blok Setro Pladen A, B, C, D dan Doro A, B, C, serta untuk kategori bondo desa terdiri dari Setro Pladen dan Doro.

Reportase_1278

Masyarakat yang berhasil memenangkan lelang dengan harga tertinggi dari harga dasar akan mendapatkan hak mengelola tanah selama setahun. Namun dengan beberapa ketentuan yaitu pemenang lelang diharuskan memberikan DP minimal 25% dari harga yang telah disepakati, dan apabila tidak dapat dilunasi dengan tenggang waktu 10 setelah lelang dilaksanakan maka uang tidak dapat dikembalikan dan akan langsung masuk kas desa dan hak pengelolaan dicabut oleh panitia kemudian dikembalikan ke desa.

 

Upacara Penerimaan Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro oleh Camat Jekulo

P_20160714_094539

Kamis (14/07), tim KKN II Universitas Diponegoro melakukan upacara penerimaan dengan camat Jekulo Ir. Eko Hari Djatmiko M.Si. bertempat di Aula Kecamatan Jekulo, acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh camat Jekulo, sekertaris kecamatan, dosen pembimbing lapangan kecamatan Jekulo yaitu Ir. Bambang Sulistyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., Dr. Meiny Suzery M.S., dan Sartika Nanda Lestari SH., MH.,LLM. serta mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro yang terdiri dari koordinator kecamatan, koordinator desa serta rekan-rekan mahasiswa KKN.

S__55795727

Acara berlangsung dengan lancar dimulai dari pembukaan, pembacaan doa, sambutan dari Fareed Aziiz selaku koordinator kecamatan, Ir. Bambang Sulistyanto, M.Agr.Sc.,Ph.D. selaku perwakilan dosen pembimbing lapangan kecamatan Jekulo  dan camat Jekulo oleh Ir. Eko Hari Djatmiko M.Si., setelah itu dilanjutkan upacara serah terima antara camat Jekulo dengan perwakilan mahasiswa dan upacara serah terima antara camat Jekulo dengan perwakilan dosen pembimbing lapangan serta penutupan dengan diskusi bersama dosen pembimbing lapangan desa masing-masing. Upacara serah terima desa Pladen di lakukan oleh Demas Tri Esthi E.P., selaku koordinator desa Pladen bersama dengan Ibu Sartika Nanda Lestari SH., MH.,LLM., selaku dosen pembimbing lapangan desa Pladen.

1949

 

Makanan Khas Desa Pladen di Expo Kecamatan Jekulo

P_20160713_082424

Expo yang dilaksanakan oleh Kecamatan Jekulo bertempat di desa Hadipolo pada Rabu (13/07), Kecamatan Jekulo mempunyai tradisi tahunan yang diberi nama “Bulusan”  dalam rangka “syawalan” atau “kupatan” (peringatan 7 hari setelah lebaran). Acara Bulusan tersebut meliputi kirab tumpeng, expo makanan khas desa di Kecamatan Jekulo, pasar murah serta puncak acaranya berupa pagelaran wayang kulit.

Acara Bulusan mendapat antusias yang baik dari masyarakat khususnya untuk expo makanan khas desa di Kecamatan Jekulo Kudus. Expo makanan khas desa diikuti oleh 12 desa, salah satunya adalah desa Pladen. Desa Pladen menyuguhkan tapai singkong, tempe, dan telur bebek mentah sebagai partisipasi dalam acara ini. Makanan yang ditampilkan dalam expo tersebut merupakan makanan khas desa Pladen, dimana makanan tersebut merupakan hasil produksi UMKM Desa Pladen.

 

 

 

Reportase Minggu I Desa Sidomulyo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus

Hari Ke-1

UPACARA PELEPASAN TIM II KKN UNDIP TAHUN 2016

 

Tembalang, 12/07/16. Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama SH, M.Hum melepas mahasiswa Tim II KKN Undip tahun 2016 di lapangan Widya Puraya Undip Tembalang. Pelepasan keberangkatan peserta KKN merupakan sebagai langkah awal mahasiswa diterjunkan langsung ke lapangan dan sebagai bentuk dukungan agar mahasiswa dapat menjalankan salah satu nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian terhadap masyarakat dengan baik dan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah tempat mengabdi.

47000

Tim II KKN Undip tahun 2016 yang diterjunkan terdiri dari kurang lebih 2500 mahasiswa yang meliputi 7 kabupaten dengan 31 kecamatan yaitu Kab.Magelang, Kab.Temanggung, Kab.Semarang, Kab.Kudus, Kab.Pati, Kab.Jepara dan Kab.Pemalang. Sedangkan jumlah peserta KKN pada setiap desa berkisar antara 8-12 mahasiswa. Dosen Pembimbing KKN yang terlibat sebanyak 93 orang dan dosen koordinator kabupaten sebanyak 7 orang.

Setiap kelompok mahasiswa dalam satu desa wajib mengerjakan program multidisipliner sebanyak dua macam, dan masing-masing mahasiswa wajib membuat program monodisipliner sebanyak dua macam. Program multidisipliner adalah berupa penyuluhan dan analisis situasi tentang UMKM, sedangkan program multidisipliner alternatif lainnya adalah dan program –program pilihan lain seperti pemberdayaan wilayah, Eksplorasi, SDA dan konversi Lingkungan, pengembangan SDM, Penerapan teknologi tepat guna serta sosial kemasyarakatan.

46999

 

Hari ke-2

BONGKAR RUMAH BERSAMA WARGA DESA SIDOMULYO

20160714_073921

Rabu, 13/07/2016 TIM II KKN UNDIP desa Sidomulyo melaksanakan gotong royong bersama warga Desa Sidomulyo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Kegiatan gotong royong yang dilakukan adalah membantu membongkar atap rumah salah satu warga desa Sidomulyo  yang berada di RT  03 RW 01 untuk diganti dengan yang baru karena atap yang lama sudah dianggap tidak layak lagi untuk digunakan. Di Desa Sidomulyo warganya masih sangat memegang erat tradisi gotong royong dan saling membantu. Jadi, apabila di perkotaan memerlukan biaya untuk membayar tenaga kerja (kuli bangunan), lain halnya di Desa Sidomulyo. Mereka dengan senang hati dan ikhlas bergotong royong membantu pekerjaan tersebut dan sang pemilik rumah hanya cukup menyiapkan dan menyediakan makanan untuk para warga yang ikut bergotong royong.

20160714_073909

TRADISI KETUPATAN BULUSAN DALAM RANGKA SYAWALAN

20160713_084429

Pada tanggal 13 Juli 2016 TIM II KKN Undip 2016 diundang oleh Sekretaris Kecamatan Jekulo Sancaka Dwi Supani, S.Pd.,M.Pd.,M.Par untuk mengikuti acara bulusan yang diadakan di Desa Hadipolo, Kec. Jekulo. Setiap tanggal 8 Syawal, masyarakat di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, rutin melaksanakan tradisi bulusan (diambil dari kata bulus yang artinya kura-kura air tawar). Perayaan Bulusan bagi warga sekitar dianggap sebagai kegiatan peringatan hari lahirnya (khaul) bulusyang menurut cerita bulus tersebut merupakan jelmaan dua orang manusia yang bernama Kumoro dan Komari murid Kyai Dudo.20160713_084525

Acara bulusan tersebut berlangsung dengan lancar karena terdapat penjagaan yang cukup ketat dari kepolisian. Hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, puncak dari acara tradisi bulusanyakni karnaval dan pertunjukan seni dari masing-masing sekolah di Kecamatan Jekulo.

20160713_082357

Dalam acara bulusan tersebut juga masing-masing desa dari 12 desa yang terdapat di kecamatan jekulo menampilkan potensi-potensi yang terdapat di desanya, untuk desa Sidomulyo menampilkan semangka, pepes lele, sate keong, dll.

20160713_202510

Pada malam harinya, terdapat pementasan wayang yang tidak kalah ramai dengan perayaan di siang hari. Dalam pagelaran wayang tersebut diceritakan asal usul adanya acara Bulusan.

 

Hari Ke-3

PENERIMAAN TIM II KKN UNDIP DI KECAMATAN JEKULO

20160714_112444

Upacara penerimaan TIM II KKN UNDIP di Kecamatan Jekulo dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Juli 2016 pukul 09.00 – 11.00 WIB di Aula kantor Kecamatan Jekulo. Kegiatan tersebut di ikuti sebanyak 97 mahasiswa KKN dari 12 desa dan dihadiri oleh Camat Jekulo Drs. Eko Djatmiko M. Si. dan Sekretaris Camat Sancaka Dwi Supani, S.Pd.,M.Pd.,M.Par serta dosen pembimbing lapangan Ir. Bambang Sulistiyanto, M. Agr.Sc., Ph. D., Sartika Nanda Lestari SH, LLM dan Dr. Meiny Suzery, M.S.

Acara tersebut berjalan dengan lancar dan hikmat. Sambutan pertama dari koordinator kecamatan yaitu Fareed Aziiz, kemudian dilanjutkan sambutan dari dosen pembimbing lapangan Ir. Bambang Sulistiyanto, M. Agr.Sc., Ph.d. Beliau menghimbau agar mahasiswa KKN selalu menjaga diri dan menjaga nama baik almamater Undip. Upacara penerimaan ditutup dengan sambutan dari Camat Jekulo sekaligus penerimaan mahasiswa TIM II KKN UNDIP di kecamatan Jekulo.

Setelah upacara penerimaan selesai, sekretaris camat Sancaka Dwi Supani, S.Pd.,M.Pd.,M.Par menyampaikan beberapa hal, yaitu pengenalan visi dan misi kecamatan Jekulo dan pengenalan potensi 12 desa yang ada di kecamatan Jekulo. Dengan adanya penjelasan potensi dari masing-masing desa, diharapkan mahasiswa KKN mampu menjalankan program kerja baik multidisiplin maupun monodisiplin serta mampu mengembangkan potensi yag ada di desa tersebut.