Home » 2018 » November

Monthly Archives: November 2018

Susunan Acara pembekalan KKN tim 1 2018/2019

Diberitahukan kepada mahasiswa peserta kkn tim 1 2018/2019 berikut ini adalah susunan acara pembekalan kkn tim 1 2018/2019. Materi pembekalan dapat di unduh sesuai dengan link berikut

No Jam Kegiatan Penanggung Jawab
Sabtu 1 Desember 2018

 

1 07.00 – 08.00 Registrasi Panitia
2 08.00 – 09.30 Pengorganisasian KKN Dosen KKN
3 09.30 – 09.45 Istirahat Panitia Panitia
4 09.45 – 10.30 Konsep Pelaksanan dan Tatatertib KKN Dosen KKN
5 10.30 – 11.15 Jenis Program1, Jenis Program2 dan Pelaporan
Kluster Program
Dosen KKN
6 11.15 – 12.00 Teknik Survey Dosen KKN
7 12.00 – 12.45 Istirahat Panitia
8 12.45 – 13.30 Reportase dan Pembuatan Video Dosen KKN
9 13.30 – 14.00 Soft Skill Dosen KKN
Minggu, 2 Desember 2018

 

1 07.00 – 08.00 Registrasi Panitia
2 08.00 – 09.30 Metode Penilaian Dosen KKN
3 09.30 – 09.45 Istirahat Dosen KKN
4 09.45 – 11.00 Pengenalan Wilayah (Kecamatan dan Kabupaten) (Untuk Pembekalan Camat atau Bapeda waktu bisa berubah) Dosen KKN
5 11.00 – 12.00 Bimbingan Penyusunan dan Simulasi LRK Dosen KKN
6 12.00 – 12.45 Post test Dosen KKN
7 12.45 – 13.30 Evaluasi (Nilai di Input lewat Excel setelah itu dikirim ke koordinator masing-masing Kabupaten) Dosen KKN

Strategi pengembangan Desa Kejambon Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang sebagai Desa Wisata berbasis “TUQUL”

Perlunya strategi untuk pengembangan desa wisata agar ketika dipraktekkan dapat sesuai dengan rencana. Pada tanggal  20 November 2018, berlokasi di balai desa Kejambon, Tim Pengabdian Masyarakat Undip 2018 melakukan pendampingan kepada perangkat desa Kejambon mengenai strategi pengembangan desa Kejabmbon, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang berbasis TUQUL. Kegiatan ini bertujuan agar strategi pengembangan desa wisata dapat berjalan dengan lancar tanpa ad ahambatan dan tentu tepat tujuan. Kegiatan yang dilakukan dengan melakukan wawancara kepada pihak-pihak terkait kemudian melakukan diskusi untuk menentukan strategi apa yang akan digunakan

Pelatihan perancangan tata letak Fasilitas yang optimal bagi UMKM di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang

UMKM Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang ketika dalam menata tataletak fasilitas masih belum optimal karena banyak ruang yang di tinggal oleh karena itu diperlukan suatu Pelatihan perancangan tata letak Fasilitas yang optimal bagi UMKM di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Ini lah yang membuat TIM pengabdian masyarakat UNDIP 2018 melakukan terobosan berupa kegiatan pelatihan. Pelatihan ini dilaksankan pada tangal 19 November 2018 di aula kecamatan bawen, dan dihadiri oleh 50 Pelaku UMKM.

Kegiatan ini dimulai dengan  pidato pembukaan oleh camat dan dilanjutkan degna pelatihan perancangan tataletak oleh tim pengabdian masyarakt. Peserta diberi pengetahuan tentang pemanfaatan ruang yang optimal dan kemudian diberkan waktu diskusi tentang perancangan tataletak UMKM masing-masing tersebut. Peserta sangat antusias dan sangat bersemangat mengikuti acara, harapanya ini akan membuat tataletak fasilitas UMKM menjadi optimal.

Profil UMKM di Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan

 

Pengertian UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Seperti diatur dalam peraturan perundang-undangan No. 20 tahun 2008, sesuai pengertian UMKM tersebut maka kriteria UMKM dibedakan secara masing-masing meliputi usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah. Pada tanggal 10 November 2018 berlokasi di kantor kecamatan Tegowanu, Tim Pengabdian Masyarakat melakukan penyuluhan kepadan UMKM yang ada di Kecamatan Tegowanu mengenai pencatatan UMKM yang ada. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendataan UMKM kemudian akan didampingi pembuatan profil UMKM. Para peserta penyuluhan sangat antusias dengan penyuluhan ini karena hampir semua UMKM datand di penyuluhan ini.

Pelatihan Pemeriksaan Instalasi Listrik untuk keselamatan diri dan lingkungan dalam rangka mencegah kebakaran akibat korsleting listrik di Kecamatan Pemalang

Pemahaman masyarakat tentang instalasi listrik yang aman merupakan hal penting. Hal ini bertujuan agar manusia terhindar dari bahaya listrik. Selain itu juga berfungsi untuk mengamankan hewan ternak maupun harta benda.

Pada Senin, (15/11) Tim Pengabdian Masyarakat Undip 2018 memberikan pencerdasan terhadap masyarakat Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang tentang instalasi listrik yang aman sesuai PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) dengan membuat prototype instalasi listrik di papan.\

n70-img

Kegiatan ini dilaksanakan disela-sela pengajian yang diikuti oleh bapak-bapak Kecamatan Pemalang. Diawali dengan perkenalan komponen listrik beserta fungsinya, kemudian aturan instalasi sesuai PUIL, dan juga bahaya yang bisa terjadi dan cara pencegahannya. Selain itu warga juga diajak untuk kampanye hemat listrik yang bertujuan untuk penggunaan energy listrik yang efisien dan memaksimalkan umur peralatan listrik. Contohnya dengan melakukan beberapa hal kecil seperti: mematikan lampu saat tidur dan tidak  digunakan, mencabut steker (cop-copan) dari stop kontak,dan juga mematikan TV saat tidak ditonton. Harapannya dengan adanya pencerdasan ini masyarakat paham akan penggunaan listrik yang efisien serta pentingnya instalasi listrik  yang aman.

PROFIL BISNIS DI KECAMATAN TEMBARAK KABUPATEN TEMANGGUNG DENGAN MENGGUNAKAN MS – ACCES

Perlunya profil bisnis guna menjadi identitas suatu usaha. Profil bisnis perlu disampaikan dengan mudah dan bagi pemberi informasi juga harus menampilkan informasi yang disampaikan dengan jelas. Berkembangnya teknologi tentu akan memudahkan manusia dalam bekerja salah satunya untuk penyampaian informasi. Pada tanggal 10 November 2018 berlokasi di kantor kecamatan Tembarak, Tim Pengabdian Masyarakat Undip 2018 melakukan pelatihan kepada pegawai kecamatan Tembarak mengenai profil bisnis di kecamatan Tembarak menggunakan MS Access. Kegiatan pelatihan bertujuan untuk meringankan kerja pegawa kecamatan dalam menyampaikan profil bisnis. Penyuluhan dilakukan dengan memberikan pengarahan mengenai cara menggunakan MS Access.

Penyuluhan dan pelatihan Value added produk perikanan guna meningkatkan gizi dan pendapatan keluarga masyarakat Desa

Ikan merupakan hasil laut yang melimpah di laut Indonesia apalagi Indonesia merupakan negara maritim. Ikan dapat diolah menjadi banyak produk makanan seperiti kerupuk, dan semacamnya. Pembuatan produk harus sesuai standar yang ada dan dapat harus memiliki citra rasa yang enak. Pada 1 November 2018, Tim Pengabdian Masyarakat Undup 2018 melakukan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat desa mengenai pelatihan value added produk perikanan. Kegiatan penyuluhan yang dilakukan di balai desa ini bertujuan untuk meningkatkan gizi dan pendapatan keluarga masyarkaat desa. Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan memberikan materi akan pentingnya kualitas hasil produk ikan yang telah dibuat demi memnuhi gizi yang seimbang sehingga ekan manghasilkan citra rasa yang enak dan akan banyak pembeli yang membeli produk sehingga akan meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

Paket Teknologi Budidaya Lele Sangkuriang (Clarias Gariepinus Burchell) Dengan Sistem Bioflok Di Desa Kumejing, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonososbo

Wonosobo (1/11/2018) Tim Pengabdian Masyarakat 2018 Undip melaksanakan salah satu program monodisiplin Paket Teknologi Budidaya Lele Sangkuriang (Clarias Gariepinus Burchell) Dengan Sistem Bioflok Di Desa Kumejing, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonososbo. Adapun tujuan dari program tersebut adalah meningkatkan produktivitas dari peternak Lele .

Pelaksanaan program dilaksanakan Dari bulan Maret hingga November 2018. Harapan kami, melalui program ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

 

OPTIMALISASI PERAN KARANG TARUNA DALAM KESEHATAN REPRODUKSI SEBAGAI UPAYA PENURUNAN PERNIKAHAN DINI DI KEC TLOGOMULYO

Tlogomulyo (1/11/2018) Tim Pengabdian Masyarakat 2018 Undip melaksanakan salah satu program monodisiplin Optimalisasi Peran Karang Taruna Dalam Kesehatan Reproduksi Sebagai Upaya Penurunan Pernikahan Dini Di Kec Tlogomulyo. Adapun tujuan dari program tersebut adalah menurunkan angka pernikahan dini di kecamatan Tlogomulyo .

Pelaksanaan program dilaksanakan Dari bulan Februari hingga November 2018. Harapan kami, melalui program ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Merek kolektif sebagai peningkatan daya saing UMKM di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang

Semarang (1/11/2018) Tim Pengabdian Masyarakat 2018 Undip melaksanakan salah satu program monodisiplin Merek kolektif sebagai peningkatan daya saing UMKM di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Adapun tujuan dari program tersebut adalah memberikan wawasan terhadap UMKM dalam upaya meningkatkan nilai usahanya.

Pelaksanaan program dilaksanakan Dari bulan Februari hingga November 2018. Harapan kami, melalui program ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.