Home » 2019 » January » 10

Daily Archives: 10th January 2019

Pelantikan Kepala Desa Kebandaran

Pemalang (9/1/19), KKN UNDIP Tim I 2019 Desa Kebandaran, Kecamatan Bodeh diterjunkan ke Desa Kebandaran pada Senin, 7 Januari 2019 untuk melakukan kegiatan KKN selama 42 hari. Desa Kebandaran sendiri sedang mengalami masa transisi jabatan kepala desa. Posisi Kepala Desa Kebandaran saat ini diisi oleh Bapak Cumul Sumarto yang baru pertama kali menjabat sebagai kepala desa.

Kemenangan Bapak Cumul Sumarto ternyata mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari warga Desa Kebandaran, euforia kemenangan sangat terasa di wilayah Desa Kebandaran. Sebagai bentuk rasa syukur dan dukungan kepada Bapak Cumul  Sumarto, masyarakat bergotong-royong memasak makanan yang akan dibawa dan disajikan pada saat acara pelantikan kepala desa di kantor Bupati Pemalang.

Selain itu euforia masyarakat dapat dilihat dari ramainya masyarakat yang turut hadir dalam acara pelantikan tersebut. Walaupun yang diizinkan masuk ke dalam tempat pelantikan, namun hal itu tidak mengurangi rasa antusias masyarakat. Masyarakat yang hadir setia menunggu di alun – alun Kabupaten Pemalang.

Pertama kalinya sepanjang sejarah pelantikan Kepala Desa Kebandaran dihadiri oleh hampir seluruh masyarakat Desa Kebandaran, hal ini dapat dilihat dari jumlah mobil yang membawa masyarakat untuk menghadiri acara pelantikan Bapak Cumul Sumarto yang kurang lebih berjumlah 17 mobil. Selain itu, Desa Kebandaran juga menjadi desa “pengirim” warga terbanyak dalam acara pelantikan tersebut dibandingkan dengan desa – desa lain.

Setelah acara pelantikan selesai dan Bapak Cumul Sumarto keluar, masyarakat tampak antusias menyalami seraya memberikan selamat dan mengajak untuk berfoto bersama.

KKN DESA BABAKAN BISSA!!!!

7 Januari 2019, KKN UNDIP TIM I telah diterima di desa Babakan dengan selamat. Hal yang pertama kami rasakan adalah antusiame masyarakat sangat tinggi terhadap kami. Sesampainya kami disana kami langsung perkenalan ke perangkat desa setempat. Berdasarkan informasi yang dijelaskan oleh pak Jono selaku Sekretaris desa, penduduk desa babakan mayoritas merupakan petani. Hal ini terlihat dari lahan sawah yang terbentang luas di desa Babakan. Desa Babakan terdiri dari 4 RW, 16 RT, dan 2 dusun yaitu Dusun Babakan dan Dusun Kewaringan.

Day one_190110_0010

Desa Babakan saat ini sedang mengalami pergantian kepala desa baru, yang akan dilantik pada tanggal 9 Januari 2019. Sementara ini kami berada dalam pengawasan Sekretaris desa Babakan, pak Jono sebelum nanti diserahkan kedalam wewenang kepala desa baru. Selanjutnya kami segera perkenalan diri secara resmi ke ketua RW 1, RW 2, dan RW 3, untuk RW 4 saat ini belum memiliki ketua RW karena ketua sebelumnya sudah wafat. Kami disambut dengan ramah oleh ketua RW setempat tak lupa suguhan makanan ringan yang mantap.

DAY 3_190110_0023

Sekian laporan kami dari KKN UNDIP TIM I Desa Babakan.

jargon dulu yokk

BABAKAN??? BISSA!!!!!!!

42 Hari KKN, Mhs Kecamatan Bodeh Siap Mengabdi di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang

Bodeh, Rais Firdaus — Mhs KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) Tim I Tahun 2019 Kecamatan Bodeh telah tiba di desa Kelangdepok pada tanggal 07 Januari 2019 sekitar pukul 12.00 WIB untuk melaksanakan pengabdian masyarakat KKN di Kecamatan Bodeh.

Di awal kedatangan, kawan-kawan KKN UNDIP Tim I Tahun 2019 Kecamatan Bodeh diberi “wejangan” oleh para Dosen Pembimbing, yaitu Bapak H.Nur Adhim, S.H., M.H. Ibu Dr.Heny Risqiati, S.Pt., M.P., dan Bapak Dr. Sunarno, M.Si., agar dapat bertindak sesuai nilai dan norma yang berlaku di Kecamatan Bodeh nantinya.

IMG-20190107-WA0014

Setelah kedatangan, dilanjutkan kegiatan langsung ke posko-posko KKN masing-masing untuk berkenalan dan berkulonuwun dengan pemilik posko KKN dan perangkat desa (Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua RT, Ketua RW, sampai Ketua Badan Permusyawaratan Desa) di 10 desa Kecamatan Bodeh, mulai dari desa Pendawa, Kelangdepok, Muncang, Bodeh, Jraganan, Karangbrai, Babakan, Kebandaran, Kebandungan, dan Kesesirejo.

Hari berikutnya hari Selasa 08 Januari 2019, perangkat Kecamatan Bersama Koordinator Desa dan perwakilan Desa menghadiri acara penerimaan yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Pemalang bersama dihadiri pula Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) serta perwakilan pejabat Rektorat UNDIP pada pukul 09.00 – 11.30 WIB.

1546932423315

Kemudian pada hari Rabu 09 Januari 2019, pada pukul 09.00 – 11.30 WIB, pengurus Kecamatan Bodeh bersama Koordinator Desa melakukan silaturahmi dengan Bapak Umar Aziz (Sekretaris Kecamatan) Kecamatan Bodeh, untuk diberikan nasihat dan masukannya mengenai arah gerak kawan-kawan KKN UNDIP Tim I di Kecamatan Bodeh agar mudah beradaptasi dengan masyarakat Kecamatan Bodeh.

Setelah menerima kunjungan silaturahmi bersama Bapak Sekretaris Kecamatan Bodeh, melanjutkan silaturahmi kunjungan ke Bapak Darmansyah selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Bodeh, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) tingkat kecamatan Bodeh, dan Organisasi Masyarakat (ORMAS) Kecamatan, guna membicarakan sinergitas mitra antara kepemudaan yang berada di Kecamatan Bodeh dengan kawan-kawan KKN UNDIP Tim I 2019 Kecamatan Bodeh pada pukul 12.00 – 13.40 WIB.

Kemudian dilanjutkan pada pukul 13.40 – 14.30 WIB, perangkat Kecamatan Bodeh yaitu Koordinator Kecamatan Rais Firdaus ditemani Wakil Koordinator Kecamatan Trisna Maula, melakukan kunjungan silaturahmi ke Bapak Kepala Kepolisian Sektor (KAPOLSEK) Kecamatan Bodeh serta memberikan surat tembusan UNDIP mengenai penerimaan mahasiswa KKN UNDIP Tim I di Kecamatan Bodeh. (rai)

Editor : nur adhim

1547078751952