Home » 2019 » January » 11

Daily Archives: 11th January 2019

Penerimaan Mahasiswa KKN di Kabupaten Pemalang

Penerimaan Mahasiswa KKN Tim I di kabupaten Pemalang

Selasa (8/01/2019) Tim I KKN UNDIP di terima di kabupaten Pemalang di terima oleh pemerintah kabupaten Pemalang. Sebanyak 385 mahasiswa KKN UNDIP akan ditempatkan di 5 kecamatan antara lain, Bodeh, Taman, Petarukan, Ulujami, dan Pemalang. Mahasiswa KKN Undip diterima oleh Sekretaris Bappeda yang mewakili bupati Pemalang yang tidak bisa hadir. Penerimaan mahasiswa Undip dilakukan di kantor Bappeda kabupaten Pemalang

Acara penyambutan Mahasiswa KKN di Kabupaten Pemalang dihadiri oleh Ketua LPPM Heru Susanto, Koordinator Dosen Kabupaten Pemalang Triyono, dan beberapa dosen pendamping di Kabupaten Pemalang. Ketua LPPM memberikan pesan kepada mahasiswa mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan KKN meliputi program yang diterapkan harus kontekstual, tidak ikut kampanye dan menjaga sikap serta selalu berhati-hati dalam melakukan mobilitas.

Selanjutnya Sekretaris Bappeda kabupaten Pemalang  Setyo Hadi Susilo membacakan sambutan dari bupati dimana bupati menerima dengan senang hati kegiatan KKN. Dalam sambutannya Settyo Hadi Susilo menjelaskan bahwa Pemalang memiliki geografis yang beragam serta SDM dan SDA yang kompetitif. Pemalang merupakan 1 dari 100 smart city yang ada di Indonesia berdasarkan Kominfo. Bupati mengharapkan mahasiswa untuk melakukan pendekatan yang baik kpd masyarakat serta pihak pemerintah diharapkan dapat membantu dan membimbing mhs bagi kebutuhan selama KKN berlangsung.

Diakhir acara Penerimaan Mahasiswa KKN ditandai dengan pemakaian simbolik jaket KKN oleh Ketua LPPM Universitas Diponegoro dan penandatanganan Berita Acara oleh Ketua LPPM dan Pihak Bappeda Kabupaten Pemalang

 

(Ummi, Riska/ Tim I KKN Undip Desa Kendalsari, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang)

Editor: Yanuar Yoga Prasetyawan

Penyambutan Mahasiswa KKN Undip Tim 1 2019 di Kecamatan Petarukan

Penerimaan Mahasiswa KKN Tim I 2019

Senin (7/01/2018), sebanyak 77 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Tim I di terima di kantor kecamatan Petarukan. Penyambutan dilakukan oleh Kasi Pelayanan kecamatan Petarukan, Ibu Endang.

Mahasiswa KKN Undip akan ditempatkan ke dalam Sembilan desa dari 18 desa di kecamatan Petarukan, kabupaten Pemalang. Kesembilan desa tersebut terdiri atas 8 desa dan 1 kelurahan antara lain Nyamplungsari, Loning, Tegalmlati, Bulu, Pegundan, Kelurahan Petarukan, Serang, Iser, dan Kendalsari.

Mahasiswa yang diterjunkan ke kecamatan Petarukan berasal dari 5 fakultas yaitu, Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), dan Fakultas Sains dan Matematika (FSM).

Kasi Pelayanan kecamatan Petarukan bu Endang berharap dengan adanya mahasiswa KKN di kecamatan Petarukan dapat mengembangkan potensi yang ada di desa tempat mahasiswa KKN diterjunkan. Selain itu pengelolaan sampah juga menjadi sorotan agar dengan adanya mahasiswa KKN Undip, permasalahan sampah dapat teratasi.

Diakhir Kasi Pelayanan  kecamatan Petarukan berharap kegiatan KKN Tim I di kecamatan Petarukan berjalan lancar dan mampu menginspirasi warga desa untuk menciptakan inovasi guna pengembangan desa ke arah yang lebih baik.

(Ummi/ Tim I KKN Undip Desa Kendalsari, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang)

Editor: Yanuar Yoga Prasetyawan

Diversifikasi Ikan Bandeng Menjadi Bakso Ikan Bandeng di Desa Blimbung Wuluh Kecamatan Wonokerto

Blimbing Wuluh (11/1/18) – Ikan bandeng merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, dan ikan bandeng dapat di olah menjadi banyak bentuk makanan yang lebih menarik. Salah satunya adalah menjadi bakso. Di desa blimbing wuluh karena minimnya pengetahuan dalam mengolah produk hasil perikanan menjadikan ibu-ibu yang berada di Desa Blimbung Wuluh hanya mengonsumsi ikan bandeng dengan cara digoreng, meskipun mengonsumsi ikan olahan. Ikan olahan tersebut sudah diolah di pasar contohnya seperti ikan panggang, ikan asin, ikan pindang, dan bandeng presto,sehingga diperlukan pelatihan dalam mengolah produk hasil perikanan. Dengan sumber ikan bandeng  yang melimpah dan masih kurangnya diversifikasi produk ikan bandeng maka TIM Pengabdian Masyarakat UNDIP 2018, berinisiatif membuat program penyuluhan pembuatan ikan bandeng menjadi bakso ikan bandeng.

Kegiatan ini dilakukan di balai desa blimbing wuluh pada hari minggu 7 Januari 2018, dengan mengindang Ibu-ibu PKK desa setempat. Acara dilakukan dengan melakukan demo pembuatan bakso dari ikan bandeng. Kemudian para peserta diberi kesempatan untuk mencobanya sendiri. Setelah itu peserta diberikan brosur cara pembuatan bakso ikan bandeng tersebut.

Peserta kegiatan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan sangat tidak sabar untuk mencobanya dirumah. Dengan program ini diharapkan akan terjadi diversifikasi produk ikan bandeng menjadi bakso sehingga meningkatkan nilai ikan bandeng itu sendiri.

Penanganan Dan Pemanfaatan Limbah Tapioka Melalui Teknologi Fermentasi Sebagai Pakan Ternak

Tim Pengabdian Masyarakat UNDIP 2018 mengadakan kegiatan penanganan dan pemanfaatan limbah tapioka melalui teknologi fermentasi sebagai pakan ternak. Kegiatan tersebut diadakan pada bulan Januari 2019. Peserta dari kegiatan tersebut yaitu para warga desa terutama peternak. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan untuk mengurangi limbah tapioka. Pelatihan berupa penanganan dan pemanfaatan limbah menggunakan teknologi fermentasi untuk dijadikan pakan ternak.