Home » 2019 » February » 01

Daily Archives: 1st February 2019

Ransum sebagai Pakan Tambahan Kambing

Kamis, (31/01/2019) mahasiswa Tim I KKN Undip Tahun 2018/2019 telah melaksanakan salah satu program monodisiplin yaitu ‘Pelatihan Pembuatan Ransum Kambing sebagai Pakan Tambahan’ kepada peternak kambing di Desa Karangbrai. Program pelatihan tersebut disampaikan oleh mahasiswi KKN Undip yaitu Nauroh Nova Nur Azizah dari Jurusan Peternakan. Pelatihan pembuatan ransum diadakan di salah satu rumah warga bersamaan dengan kegiatan tahlilan rutin bapak-bapak di Dusun Langensari yang dilaksanakan setelah sholat maghrib. Hal ini karena sebagian warga yang mengkuti kegiatan tahlilan tersebut adalah peternak kambing yang biasanya dipelihara di belakang rumah mereka. Peternak biasanya hanya memberi pakan rumput lapangan tanpa pemberian pakan tambahan lain. Padahal kebanyakan kambing dipelihara untuk digemukkan dan kemudian dijual. Tanpa pakan tambahan pertambahan bobot badan kambing kurang maksimal sehingga keuntungan juga kurang maksimal. Hal inilah yang menjadi latar belakang perlunya diberikan pelatihan pembuatan ransum kambing dengan memanfaatkan bahan-bahan hasil pertanian yang mudah didapat.

Acara dimulai dengan kegiatan tahlilan terlebih dahulu kurang lebih selama 30 menit dan dihadiri oleh 22 orang. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan ransum kambing dengan praktek secara langsung. Bahan-bahan penyusun ransum yaitu bekatul, ampas tahu, jagung giling, garam dan tetes tebu/molases. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dimulai dari bahan yang komposisinya paling banyak yaitu bekatul dan terakhir penambahan tetes tebu. Ransum yang telah jadi kemudian dibagikan kepada peternak untuk dicobakan pada ternaknya, sebelumnya telah diberikan penjelasan terlebih dahulu cara pemberian ransum ke ternaknya.

Pelatihan ini diharapkan dapat membantu peternak dalam usaha penggemukan kambingnya dengan memanfaatkan bahan-bahan pertanian sebagai pakan tambahan ternak. Pemberian pakan tambahan ini dapat mengoptimalkan pertambahan bobot badan kambing sehingga nilai jualnya dapat meningkat. Sehingga meskipun hanya sebagai usaha sampingan, ternak kambing dapat dijadikan sebagai tabungan investasi yang menjanjikan warga Desa Karangbrai.

Mahasiswa KKN UNDIP Menghadiri Rapat Anggota Tahunan Koperasi “Mugi Widodo”

Koperasi Kelompok Tani Hutan “Mugi Widodo” adalah Koperasi yang terdapat di Desa Sidodadi, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal yang telah berbadan hukum. Di usianya yang ke-20, jumlah anggota Koperasi Mugi Widodo telah mencapai 108 orang. Keberadaan koperasi ini membantu ekonomi masyarakat di sekitar lahan pertanian dan kehutanan yang ada di Desa. Kegiatan yang diselenggarakan oleh koperasi mencakup simpan pinjam anggota, pembukuan, dan Rapat Anggota Tahunan.

Koperasi Tani Hutan “Mugi Widodo” mengadakan Rapat Anggota Tahunan Ke-20 pada hari Minggu, 27 Januari 2019. Rapat ini dihadiri oleh Kepala Keuangan Desa Sidodadi, Dinas Koperasi Kabupaten Kendal, Kepala PHBM Kendal, Segenap Anggota Koperasi dan Mahasiswa KKN UNDIP. Rapat Anggota Tahunan bertujuan untuk melaporkan pertanggungjawaban pengurus kepada anggota dan sebagai sarana menyampaikan pendapat dari anggota koperasi kepada pengurus koperasi.

(more…)

Pelatihan Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah di Keaksaraan Fungsional

Limbah tidak hanya dihasilkan dari industri berskala besar. Namun, pada lingkup yang lebih kecil seperti UMKM atau home industry juga menghasilkan limbah. Salah satunya adalah minyak bekas menggoreng atau yang lebih dikenal dengan minyak jelantah. Selama ini minyak jelantah di Desa Karangbrai hanya dibuang begitu saja tanpa ada pengolahan menjadi sesuatu yang bernilai guna, padahal hal ini dapat merusak ekosistem di perairan. Selain  warna minyak jelantah yang sudah keruh, penggunaan minyak jelantah untuk menggoreng makanan dapat berakibat kurang baik bagi kesehatan manusia, kasus yang paling berbahaya yaitu menyebabkan penyakit kanker.

Limbah minyak jelantah biasanya diolah kembali menjadi bahan bakar mesin diesel atau solar, namun proses pengolahan yang lama serta memerlukan peralatan mahal sehingga minyak jelantah lebih efisien untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan sabun cuci piring. Proses pembuatan sabun yang sederhana dan tidak memerlukan peralatan yang rumit. Pelatihan pembuatan sabun cuci piring dari minyak jelantah cocok dilaksanakan di Desa Karangbrai karena banyaknya penjual gorengan yang menghasilkan minyak jelantah setiap harinya. Penjual gorengan yang merupakan ibu-ibu, aktif dalam mengikuti kegiatan keaksaraan fungsional. Program monodisiplin pelatihan pembuatan sabun cuci piring dari minyak jelantah dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan rutin keaksaraan fungsional pada hari Minggu tanggal 27 Januari 2019 dipandu oleh saudara Fredy Arief Senjaya dari jurusan Teknik Kimia. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang ibu-ibu. Selain minyak jelantah, bahan lain yang diperlukan adalah soda api (NaOH), air, pewarna makanan dan pewangi serta peralatan seperti botol plastik, pengaduk, sendok dan cetakan. Antusias yang cukup tinggi dari para peserta pelatihan, sehingga timbul banyak pertanyaan pada proses pembuatan sabun cuci piring. Acara ini berlangsung selama 1 jam dan berjalan lancar. Dengan adanya program pelatihan pembuatan sabun cuci piring dari minyak jelantah diharapkan mampu mengurangi risiko peyebab kanker dan mencegah kerusakan ekosistem perairan terutam di Sungai Comal.

TIM I KKN UNDIP 2019 DALAMI BUDAYA MASYRAKAT SEWAKA

Sewaka, Pemalang (14/01), Mahasiswi Tim I UNDIP 2019 mengikuti acara tahlilan ibu – ibu di Dusun Sigentong Desa Sewaka Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang, Jumat 11 Januari 2019. Acara dilaksanakan setelah sholat ashar di rumah bapak Mulud warga dusun Sigentong RT 01 RW 02 Desa Sewaka. Selain acara pembacaan ayat suci Al Quran dilaksanakan juga acara Ruqyah dan pengocokan arisan untuk menentukan lokasi tahlilan minggu selanjutnya.

Tahlilan Ibu-Ibu di Dusun Sigentong

Selain itu mahasiswa KKN UNDIP juga mengikuti acara tahlilan Bapak-bapak Dusun Sewaka pada Jumat, 11 Januari 2019 setelah sholat isya. Tahlilan merupakan kegiatan keagamaan yang secara rutin dilaksanakan tiap dusun di Desa Sewaka. Acara tahlilan sendiri terbagi menjadi dua yaitu tahlilan bapak- bapak dan tahlilan ibu – ibu. Tahlilan ibu – ibu dilaksanakan selepas sholat Ashar sedangkan Tahlilan bapak – bapak dilaksanakan setelah sholat isya. Ada enam dusun di desa sewaka yang masing-masing memiliki jadwal tahlilan yang berbeda-beda.

Tahlilan Bapak-bapak di Dusun Sewaka

Kegiatan tahlilan bapak – bapak dilaksanakan malam hari.

Editor : Abdul Syakur

Kepala Desa Sewaka Sambut Tim I KKN UNDIP 2019

Pemalang (12/01), Kepala Desa Sewaka, Ibu AlMakiyah, Senin (07/01/2019), menerima tujuh mahasiswa KKN Undip di Balai Desa Sewaka. Mahasiswa KKN Tim I Undip 2019 di Desa Sewaka yang beranggotakan Pradipta Megantara (Teknik Elektro), Rizal Gani Kaharudin (Ilmu Perpustakaan), Yoga Ananto (Perikanan), Dianita Riski Pangesti (Teknik Sipil), Tria Nisma Nur Fajriah (Perikanan), Angela Dini Anandathassa (Oseanografi) dan Nadhifa Salsabila (Bahasa dan Kebudayaan Jepang), selama satu minggu pertama melakukan survey terhadap potensi desa, kegiatan masyarakat, permasalahan desa dan lain sebagainya.

Mahasiswa KKN UNDIP 2019 disambut Kepala Desa dan Sekretaris Desa Sewaka

Berdasarkan informasi dari Bapak Kaprawi, selaku Sekretaris Desa Sewaka, Desa Sewaka terdiri dari 6 dusun yaitu Dusun Sigentong, Dusun Kranggan, Dusun Sewaka, Dusun Cengis, Dusun Karanglo dan Dusun Mongkrong. Dengan jumlah penduduk ± 8000 jiwa, mayoritas penduduk Desa Sewaka bekerja sebagai petani padi. Kegiatan PKK dan Tahlilan di Dusun Sewaka sangat aktif sehingga mampu menjadi fasilitator bagi mahasiswa untuk menyampaikan program-program yang akan dijalankan.

Wawancara dengan Ibu Pujiningsih selaku wakil ketua PKK Sewaka

Ditemui dalam kunjungan Posyandu Mawar 5 di Dusun Karanglo, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Kamis (10/01/2019), Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sewaka, Pujiningsih, menjelaskan, “PKK di Desa Sewaka sudah bisa dibilang PKK yang maju. Karena PKK di desa ini aktif dan mempunyai banyak kegiatan dan biasa mewakili Kecamatan Pemalang dalam lomba PKK”.

KKN Tim I UNDIP 2019 di Sewaka membantu kegiatan Posyandu Mawar V Dusun Karanglo

Wawancara dengan Kepala Dusun

Selama survei, Mahasiswa KKN Tim I Undip 2019 di Desa Sewaka mengikuti berbagai kegiatan yang ada di lingkup desa seperti membantu pelaksanaan di Posyandu, turut hadir di kegiatan PKK, mengikuti acara tahlilan, mengajari anak Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Pertama di Posko KKN Desa Sewaka, hingga bermain Gobak Sodor dengan anak-anak kecil.

Editor : Abdul Syakur