Home » 2019 » February » 02

Daily Archives: 2nd February 2019

Kejadian Langka : Tongkang Terdampar di Pantai Widuri

Danasari, Pemalang (28/01/2019) – Sebuah tongkang berukuran besar terdampar di bibir Pantai Widuri, Kelurahan Widuri Kecamatan Pemalang. Saat terdampar, tidak ada awak dan muatan di dalamnya. Kejadian tidak biasa ini sontak menjadi perhatian warga sekitar. Tidak sedikit masyarakat sekitar yang datang ke Pantai Widuri untuk melihat dan mengabadikan kejadian ini. Semakin siang, pengunjung yang datang ke lokasi pun semakin bertambah.

1769

Mahasiswa KKN Desa Danasari bersama Pejabat Kementrian Perhubungan

S-14287040Lokasi tongkang terdampar di bibir Pantai Widuri

Tongkang dengan berat ratusan ton ini terdampar di Pantai Widuri diduga karena lepas dari tugboat atau kapal penariknya ketika ombak di laut sedang besar-besarnya. Sejumlah aparat seperti Satuan Polisi Airud Polres Pemalang, TNI AL, Kementrian Perhubungan tampak meninjau di lokasi kejadian.

“Untuk evakuasi kapal yang kandas harus menunggu air laut mengalami pasang maksimum, menurut BMKG akan terjadi sekitar pukul 02.00-04.00 WIB. Kemudian akan dilakukan docking tahunan di Tegal” ujar Sugiarti dari Kementrian Perhubungan yang meninjau ke lokasi.

Berdasarkan identifikasi yang dilakukan, kapal ini bernama PST 115 GT.4334 no. 6382/PPm 2014 PPm no.3831/L.

Editor : Ima Wijayanti

“SUJUNG” Sushi Jagung dengan Rasa Lokal untuk Alternatif Bekal Anak

Wanamulya, Pemalang (02/02/2019). Mahasiswi KKN Undip Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Jepang melaksanakan program kerja monodisiplin pada hari Kamis (31/01/2019) yakni pemberian pembekalan dan pengetahuan pembuatan SuJung (Sushi Jagung). Tujuan program kerja ini untuk memperkenalkan pembuatan masakan Jepang ke masyarakat Desa Wanamulya dengan memanfaatkan hasil pertanian desa. Sasaran kegiatan ini adalah ibu-ibu pengurus PKK Desa Wanamulya, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang dengan jumlah kisaran 15 orang. Kegiatan dimulai pada pukul 16.30-17.00 WIB dan bertempat di Kantor Balai Desa Wanamulya.

IMG-1932

Mahasiswa KKN Undip memberikan contoh pembuatan Sushi Jagung

Acara diawali dengan sambutan oleh ketua PKK yaitu Ibu Naning kemudian dilanjutkan pemaparan materi. Pemaparan yang disampaikan yaitu mulai dari memperkenalkan sushi dan bagaimana cara pembuatan Sujung (Sushi Jagung) yang sederhana. Setelah selesai pemaparan, dilanjutkan praktek pembuatan Sujung yang sederhana. Sushi merupakan makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk kemudian digulung dengan nori. Isi sushi pada umumnya berupa daging atau makanan laut,namun untuk memanfaatkan hasil pertanian isi sushi diganti dengan jagung yang ketersediaannya sangat melimpah di Desa Wanamulya. Cara pembuatan Sujung sangat mudah dan hanya membutuhkan alat tikar gulung sushi untuk menggulung sushi.

Ibu-ibu pengurus PKK menyambut dengan antusias, dikarenakan kebanyakan ibu-ibu belum tahu apa itu sushi. Sushi dengan variasi baru dengan pemanfaatan hasil pertanian dan cara pengelohan diberikan kepada ibu-ibu pengurus PKK, sehingga nanti ibu-ibu dapat membuat sushi sesuai dengan seleranya masing-masing.

Editor : Abdul Syakur

Pagelaran Tari Sintren “The Javanese Magic Dance” sebagai Wujud Syukur Kemenangan Desa Wisata Surajaya

Surajaya, Pemalang, (02/02/2019). Desa Surajaya menyelenggarakan pageralan tari Sintren pada hari Senin 28 Januari 2019 yang di tonton oleh warga Surajaya dan sekitarnya. Tempat pagelaran tari sintren di  lapangan WIPPAS  mulai pukul 09.00- 11.00 WIB. Tari sintren diadakan sebagai bentuk syukur masyarakat Surajaya karena telah memperoleh juara 1 Lomba Desa Wisata dalam rangkaian HUT Kabupaten Pemalang.

MG-3868
Pagelaran Tari Sintren desa Surajaya di lokasi WIPPAS

Pagelaran tari Sintren diperankan seorang gadis dimana gadis tersebut benar-benar masih suci dalam artian perawan, dibantu oleh  pawang dengan diiringi  gending 6 orang. Dalam perkembangannya tari sintren sebagai hiburan budaya, dilengkapi dengan penari pendamping bodor (lawak). Si pawang (dalang) sering mengundang roh Dewi Lanjar untuk masuk ke dalam permainan sintren, maka penari Sintren akan terlihat lebih cantik dan membawakan  tarian lebih lincah dan mempesona.

3
Tarian Sintren Desa Surajaya

Tarian sintren bercerita tentang kisah Sulandono sebagai Putra Ki Baurekso hasil perkawinanya dengan Dwi Rantamsari. Raden Sulondono memadu kasih dengan Sulasih seorang putri dari Desa Kalisalak, namun hubungan asmara tersebut tidak mendapat restu dari Ki Baurekso, akhirnya Raden Sulandono pergi bertapa dan Sulasih memilih menjadi penari. Meskipun demikian pertemuan diantara keduanya masih terus berlangsung melalui alam gaib. Pertemuan tersebut diatur oleh Dewi Rantamsari yang memasukkan roh bidadari  ke tubuh Sulasih. Sejak saat itulah setiap diadakan pertunjukan sintren sang penari pasti dimasuki roh bidadari oleh pawangnya, dengan catatan sang penari harus perawan.

Editor : Jazimatul Husna

Mahasiswa KKN Undip Ikut Serta Dalam Penyuluhan RPJM Desa Surajaya

Surajaya, Pemalang, Sabtu (2/01/2019) Desa Surajaya menerima penyuluhan RPJM Desa Surajaya tepatnya pada hari Selasa, 29 Januari 2019 di Balai Desa Surajaya. Penyuluhan ini berisi tentang rencana pembangunan jangka menengah desa Surajaya dengan periode 2019-2025. Penyuluhan dihadiri oleh semua perangkat Desa yang masih aktif, Ketua RW, Ketua RT seluruh pedukuhan yang ada di Desa Surajaya serta Mahasiswa KKN UNDIP yang ikut serta dalam membantu kegiatan penyuluhan.

MG-3882
Kegiatan Penyuluhan Desa

RPJM Desa merupakan kepanjangan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, dimana program tersebut mempunyai jangka waktu pengevaluasian per-6 Tahun sekali. perencanaan pembangunan Desa akan  di musyawarahkan terlebih dahulu oleh perangkat-perangkat Desa, baik ditingkat RT/RW maupun kelurahan atau perangkat Desa. Penyuluhan ini bertujuan agar perangkat Desa Surajaya dapat memahami dan mengaplikasikan cara-cara dalam perencanaan program, monitorin, evaluasi dan penyelenggaraan program.

Editor : Jazimatul Husna

Peran Aktif Mahasiswa KKN dalam Musyawarah Dusun (MUSDUS) Desa Danasari

Danasari, Pemalang, Jumat (01/02/2019) desa Danasari mengadakan kegiatan musyawarah dusun yang merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan satu tahun sekali dengan tujuan mendapatkan rencana pembangunan desa dalam jangka menengah yaitu 6 tahun mendatang. “Selama kepemimpinan bapak Kepala desa Ma’nun yang telah dilantik pada tanggal 2 Desember 2018 kemarin, rencana pembangunan desa 6 tahun mendatang sudah harus mulai dibuat” ujar Mas Ari selaku pembawa acara dalam kegiatan tersebut.

S-14385193

Mahasiswa KKN bersama warga dalam kegiatan Musyawarah Dusun

Musyawarah dusun kali ini berlokasi di rumah Bapak Casmito selaku Kepala dusun 2 Kembaran pada malam hari pukul 21.00 yang dihadiri oleh bapak-bapak warga dukuh tersebut. Kegiatan dibuka oleh Mas Ari selaku pembawa acara, dilanjutkan pengisian materi oleh mahasiswa KKN TIM 1 Undip dan diakhiri dengan penutupan doa.

Musyawarah dusun ini akan menampung semua rencana pembangunan oleh warga dusun kembaran dengan menuliskan rencana pembangunan desa yang diinginkan agar nantinya pembangunan desa yang dilaksanakan sesuai yang diharapkan. Musyawarah dusun ini tidak berhenti sampai disini saja namun berlanjut ke musyawarah desa yang dihadiri oleh perwakilan dusun kembaran yang nantinya akan beradu argumen dalam pemilihan program kerja pembangunan desa serta waktu pelaksanaannya.

“Mangke bapak-bapak sedoyo kumpul maleh dateng musyawarah desa sami-sami kalih dusun sanese mbahas program kerja desa”

Editor : Ima Wijayanti

Desa Wanamulya adakan Doa Bersama untuk Kab Pemalang pada Malam “Wungon”

Wanamulya, Pemalang – Rabu (23/1) menjelang Hari Jadi Kabupaten Pemalang yang jatuh pada 24 Januari, seluruh kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten Pemalang melaksanakan doa dan tahlil bersama. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian acara yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang untuk hari jadi yang ke- 444. Tak ingin ketinggalan, Desa Wanamulya turut berpartisipasi untuk mengadakan malam doa dan tahlil yang biasa disebut “wungon”. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia, “wungon” memiliki arti yang sama dengan begadang. Acara Wungon dilaksanakan di balai desa wanamulya dan dihadiri oleh perangkat, tokoh masyarakat, masyarakat umum, dan mahasiswa KKN Undip Tim I 2019.

IMG-1514

Mahasiswa berperan aktif dalam acara Wungon Desa Wanamulya

Sebelum memulai acara doa bersama dan tahlil, terlebih dahulu Bapak Ribut Triyono membacakan amanat dari Bupati Pemalang. Didalam amanat rersebut, Bupati Pemalang berharap agar kedepannya Pemalang bisa lebih unggul, maju, dan setiap desa diharapkan dapat berpartisipasi untuk pembangunan kabupaten. Setelah pembacaan amanat dan doa tahlil, acara wungon diisi dengan makan bersama sekaligus pemutaran film “Babad Tanah Pemalang”. Film tersebut menceritakan sejarah dan asal mula pemalang, serta perjalanan Pangeran Benowo menjadi Adipati di Pemalang.

Editor : Abdul Syakur

Khidmatnya Warga Desa Kramat dalam Acara Doa Bersama dan Wungon

Kramat, Pemalang – Dalam rangka memperingati HUT  ke-444 Kabupaten Pemalang, setiap desa di Kabupaten Pemalang mengadakan doa bersama, tidak terkecuali di Desa Kramat. Doa bersama dan tidak tidur semalam suntuk atau sering disebut dengan wungon oleh warga sekitar dilakukan dengan khidmat di Balai Desa Kramat pada hari Rabu, 23 Januari 2019 pukul 20.00 WIB.
IMG-2478

Kepala Desa Kramat Memberikan Sambutan (more…)

Mahasiswa KKN Undip Turut Memperingati HUT ke 444 Pemalang dengan Doa Bersama

Mengori, Pemalang, Rabu, 23 Januari 2019 seluruh warga Desa Mengori mulai dari RW 01 sampai RW 04 berbondong-bondong ke Balai Desa Mengori untuk memperingati HUT Pemalang yang ke 444. Peringatan HUT Pemalang disambut antusias oleh bapak-bapak, ibu-ibu serta Mahasiswa KKN Undip TIM I Desa Mengori yang turut berpartisipasi dalam acara ini. Peringatan HUT Pemalang selalu diperingati dengan doa bersama yang dilakukan serentak di seluruh wilayah Pemalang yang bertempat di Balai Desa masing-masing, salah satunya yaitu di Balai Desa Mengori. Acara peringatan HUT Pemalang di Desa Mengori ini berlangsung dari pukul 20.00 WIB sampai selesai.

Foto-Kegiatan-190124-0093

Doa bersama dalam memperingati HUT Pemalang

Prosesi peringatan HUT Pemalang dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh bapak Rifqi selaku Kadus III Desa Mengori, kemudian dilanjutkan doa bersama dengan membaca Al-Qur’an 30 juz, lalu di dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan makan bersama. Setelah prosesi doa bersama selesai dilanjutkan dengan acara “wungon”. Wungon merupakan istilah jawa yang berarti tidak tidur semalam suntuk. Peringatan HUT Pemalang ini diharapkan dapat menjadi ajang dalam menambah semangat masyarakat Desa Mengori untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan di desa, meningkatkan silaturrahmi antar warga serta mendoakan supaya Kabupaten Pemalang semakin maju dan berkembang dalam segala bidang.

Editor : Abdul Syakur

Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Sirup Air Kelapa Kepada Ibu-Ibu Desa Kramat

Kramat, Pemalang – Selasa (22/01/19) pukul 16.00 WIB Mahasiswa KKN Tim I Undip bernama Emi Simanjuntak dari Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Undip melaksanakan program monodisiplin yang pertama. Program KKN tersebut yaitu pembuatan sirup dengan memanfaatkan limbah air kelapa.

IMG-2362

Emi, Mahasiswa KKN Sedang Menjelaskan Bahan Pembuatan Sirup

(more…)

Pembukaan BUMDes dan DesaMart Desa Bojongnangka

Bojongnangka, Pemalang, Rabu (23/01/2019) BUMDes Bojongnangka, kini melakukan kegiatan operasional di gedung baru, yakni di sebelah Timur Kantor Kelurahan Bojongnangka. Grand Opening peresmian kantor baru BUMDes dan DesaMart diresmikan secara simbolis dengan acara tasyakuran dan doa bersama dipimpin oleh tokoh agama sekitar pada Rabu malam.

Acara peresmian gedung ini dihadiri puluhan tamu undangan, turut hadir juga perwakilan dari Ketua BPD, perwakilan UMKM, Ketua Karangtaruna serta seluruh ketua RT dan RW sedesa Bojongnangka.
Menurut bapak Wahmu. S.E selaku kepala desa Bojongnangka, adanya kantor baru yang representatif ini, mampu meningkatkan performa dan kualitas Badan Usaha Milik Desa.
Harapan saya tentunya karyawan lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga DesaMart ini lebih berkembang,” ucap Wahmu S.E. ketika menyambut peresmian gedung ini dengan menyatakan peresmian gedung ini merupakan momentum untuk sentralisasi pusat DesaMart di bawah naungan BUMDes. Harapannya momentum ini dapat menciptakan kebersamaan untuk menularkan setiap kerja sama multidisplin menjadi lebih baik antar pusat perbelanjaan. Bapak Wahmu menambahkan dengan adanya kantor baru, mimpi dari BUMDes untuk menjadi desa yang bisa berkembang secara nasional bisa tercapai.

Lebih lanjut bapak Wahmu juga menginginkan ikut berkontribusi secara langsung dalam membantu Pemerintah Desa, dalam hal memperkenalkan DesaMart yang ada di Desa Bojongnangka.
“Kami ingin memperkenalkan dan mengekspos DesaMart yang selama ini belum terlalu terkenal, menjadi lebih dikenal, sehingga Desa Bojongnangka tidak kalah dengan desa-desa lain yang lebih maju seperti Desa Sungapan yang kaya akan ragam wisata Candinya dan Desa Surajaya dengan wisata sungai alamnya” terangnya.
Hal yang diandalkan pada desa Bojongnangka ini, selain BUMDes dan DesaMart pihaknya mempunyai lahan pertanian yang luas dan beragam-ragam jenis sayuran yang biasa diekspor ke luar kota bahkan sampai keluar provinsi.
IMG-20190123-WA0025

Mahasiswa KKN beserta warga setelah acara Persemian BumDes

Gedung ini mempunyai lokasi yang cukup strategis dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat, sehingga dapat berkontribusi lebih baik terhadap masyarakat. Sentralisasi DesaMart ini diharapkan dapat mempengaruhi produktivitas perbelanjaan. Di sisi lain, proses ini diiringi dengan pengaturan administrasi yang lebih efisien terhadap seluruh transaksi. Harapan ke depannya, sentralisasi pusat perbelanjaan ini dapat menjadi tonggak kerja sama antar masyarakat dengan Badan Usaha Milik Desa sehingga visi menjulang tinggi Desa Bojongnangka dapat tercapai.

Editor : Ima Wijayanti