Home » 2019 » February » 04

Daily Archives: 4th February 2019

Batik Tulis Desa Kenanti Capai Pemasaran Hingga Luar Negeri

Pati (04/02/19) – Tim KKN I UNDIP berkesempatan untuk membatu proses pembuatan batik tulis bu Aida. Batik tulis tersebut merupakan karya bu Aida warga desa Kenanti yang berbasis Home Industry. Motif dari batik tulis yang diproduksi mencerminkan kekhasan lokal dari desa Kenanti dan kabupaten Pati seperti kepiting, udang, kelapa kopyor, ikan bandeng dan lainnya.

Desain batik di gambar secara manual dengan tangan dan diproduksi sesuai pesanan. Proses pembuatan batik dimulai dengan pembuatan desain batik, kemudian dilanjutkan dengan pencantingan, dan pewarnaan. Proses tersebut dapat memakan waktu satu minggu atau lebih cepat tergantung dari banyaknya pesanan dan kecepatan tangan pekerja.

Desa kenanti memiliki banyak potensi UMKM salah satunya batik tulis bu Aida, yang pemasarannya sudah sampai luar negeri.” Kata Pak Sutrisno selaku Sekertaris Desa Kenanti

Usaha batik tulis ini mulai berjalan dari 2015, awalnya saya mengikuti pelatihan membatik yang diadakan oleh pemerintah desa dari PNPM Mandiri. Dari situlah saya tertarik untuk mengembangkan minat saya pada batik tulis sekaligus membantu pengembangan desa Kenanti. Alhamdulillah, sekarang ini pemasaran sudah mencapai luar negeri seperti Canada dan India yang dijual melalui metode word of mouth (mulut ke mulut).” Kata Bu Aida.

Peluang usaha dapat datang dari mana saja seperti dari minat dan bakat individu, diperlukan ketekunan untuk membuat usaha tersebut berkembang dan sukses.

ReviewbyAriany

PEMBUATAN KOMPOS DAN MOL DENGAN BAHAN SAMPAH DAPUR

Selasa, 22 Januari 2019, tim KKN Desa Puncel mengunjungi kediaman Bapak Ikhsan selaku anggota BLH Kabupaten Pati. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk belajar cara membuat komposter yang nantinya akan menjadi program multi tim KKN Desa puncel. Selain komposter, tim juga diajari cara membuat MOL (mikroorganisme lokal) sebagai pengganti pupuk kimia unuk tanaman yang dibimbing oleh Bapak Aris.

Pembuatan komposter dan MOL tidaklah sulit. Untuk komposter sendiri, cukup dengan kaleng bekas cat yang diberi lubang di bagian bawah, dan dimasukan paralon sebagai saringan. Lalu masukan sampah dapur ke dalam komposter, aduk setiap hari dan beri sedikit MOL untuk membantu mempercepat pembusukan. Setelah dua minggu, sampah yang sudah membusuk itu sudah siap dijadikan pupuk. Adapun pembuatan MOL hanya memasukan makanan sisa, kulit buah atau buah busuk ke dalam kaleng tidak terpakai. Beri lubang kecil pada tutup kaleng, lalu biarkan sekitar 1-2 minggu. Hanya dengan bahan-bahan yang tidak terpakai di sekitar kita, kita bisa meminimalisir jumlah sampah yang akan dibuang, dan kebersihan ligkungan pun tetap  terjaga.

Hasil dari kegiatan ini akan diteruskan kepada masyarakat, teknologi tepat guna yang diaplikasikan bersama dengan program interaksi Mahasiswa, Dosen KKN dan masyarakat.

ReviewbyAriany

Ceria Bersama Lansia di Desa Kenanti DukuhSeti Pati

DSC-0123

KENANTI (21/1) –Mahasiswa KKN Undip Tim I tahun 2019  Desa Kenanti melakukan kegiatan Posyandu Lansia yang diadakan setiap tanggal 21. Posyandu Lansia ini terdiridari beberapa kegiatan, diantaranya adalah senam lansia, senam kaki diabetes, penyuluhan tentang hipertensi dan makanan sehat bagi penderita diabetes.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah senam lansia. Kegiatan ini dilakukan guna mengisi aktivitas, menjaga kesehatan dan menjaga kebugaran para lansia agar otot-otot mereka tidak kaku. Gerakan-gerakan senam dimulai dari gerakan pemanasan, gerakan inti, dan gerakan pendinginan. Para mahasiswa dan lansia terlihat sangat antusias mengikuti senam ini.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan senam kaki diabetes. Senam ini berfungsi untuk memperbaiki sirkulasi darah dan memperkuat otot-otot kecil pada kaki. Gerakan senam ini berfokus pada gerakan telapak kaki dengan menggunakan media kertas. Selain itu diberikan tips-and-trick pada penderita penyakit diabetes agar tidak terjadi komplikasi. (more…)

PERPUSTAKAAN BARU, SEKOLAH DASAR DI DESA GROGOLAN PATI

IMG-20190201-WA0004       IMG-20190201-WA0005
SDN Grogolan 01 merupakan salah satu sekolah dasar negeri yang ada di Desa Grogolan Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Memiliki 6 kelas yaitu kelas 1 sampai kelas 6 dan memiliki 1 perpustakaan. Perpustakaan di sekolah ini sudah lama tidak digunakan karena bencana banjir beberapa waktu lalu tepatnya pada pertengahan tahun 2018. Kondisi buku-buku dan ruangan yang tidak tertata menyebabkan perpustakaan berhenti beroperasi untuk sementara.

Mahasiswa Universitas Diponegoro yang diterjunkan KKN di Desa Grogolan tertarik untuk mengaktifkan kembali perpustakaan tersebut. Pada tahapan survey lokasi, 3 mahasiswa mendatangi sekolah-sekolah, salah satu hal yang menarik yaitu perpustakaan sekolah. Dilanjutkan mengajukan program pengaktifan kembali perpustakaan di SDN Grogolan 01 kepada pimpinan perpustakaan. Usulan tersebut diterima dengan baik oleh pihak sekolah.

Program pada perpustakaan tersebut diusung oleh salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro, Purwaningsih. Dengan bantuan dari satu tim KKN Desa Grogolan, pembenahan perpustakaan selesai dalam 7 hari kerja, yang dilakukan selama 2 minggu. Pengerjaan dijadwalkan 3 hari dalam seminggu, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat. Dimulai pada hari Senin, 21 Januari 2019 dan selesai pada Kamis, 31 Januari 2019. Semangat dari tim tersebut membuat pengerjaan perpustakaan lebih cepat dari rencana awal.

Pekerjaan yang dilakukan di perpustakaan adalah pembersihan dan persiapan tempat, filter buku atau koleksi yang layak dan tidak layak digunakan, pengklasifikasian pada kelas besar, pemberian label dengan menggunakan kertas warna, penataan pada rak atau shelfing, dan display buku.  Pembuatan label dengan kertas warna merupakan salah satu cara untuk membiasakan siswa melakukan shelfing mandiri setelah peminjaman koleksi. Display buku dilakuakn untuk menarik siswa untuk memancing minat siswa masuk ke perpustakaan. Display buku dilakukan dengan sederhana, yaitu dipajang pada jendela depan ruang perpustakaan. Keterbatasan sumber daya menjadikan pustakawan harus lebih banyak ide, agar perpustakaan tetap berjalan meskipun tidak ada pustakawan khusus yang ditugaskan di perpustakaan.

Dengan adanya perpustakaan baru ini, guru dan mahasiswa KKN berharap perpustakaan dapat digunakan sebagai tempat belajar siswa. Membantu meningkatkan kemampuan baca siswa, karena masih banyak siswa yang belum lancar dalam membaca, serta dapat membantu sekolah dalam memberikan referensi pengetahuan lain ditengah keterbatasan sumber informasi siswa.

 

ReviewbyAriany

STOP BAB Sembarangan Menuju Desa Banjarmulya ODF (Open Defecation Free)

Banjarmulya, Pemalang, Minggu (27/01/2019) TIM I KKN Undip 2019, melaksanakan program monodisiplin dengan tema ODF (Open Defecation Free) yang dilakukan di Dusun Lobongkok Desa Banjarmulya. Pelaksanaan kegiatan berupa pembinaan agar tidak melakukan perilaku Buang Air Besar (BAB) sembarangan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya septic tank. Penentuan tema pembinaan tersebut, berawal dari salah satu permasalahan di Desa Banjarmulya yaitu berkaitan dengan perilaku masyarakat yang masih melakukan BAB sembarangan. Mayoritas dari warga desa Banjarmulya, masih melakukan BAB di sawah, di sungai, dan di jamban yang aliran pembuangannya ke sungai.

Mahasiswa KKN menjelaskan tentang jamban sehat

Warga desa Banjarmulya masih banyak yang belum memiliki septic tank. Pengalirannya dilakukan ke sungai dengan menggunakan pipa pralon yang disambung dari satu rumah ke rumah yang lain. Hal tersebut sudah berlangsung lama, sehingga menjadi kebiasaan warga dalam hal mengalirkan limbah tinja. Bukan berarti warga tidak mampu membangun septic tank, namun hal tersebut memang sudah menjadi kebiasaan di Desa Banjarmulya.

Masyarakat Dusun Lobongkok memperhatikan materi yang disampaikan

Nggak sih. Sebenernya bisa, cuman karena udah dari dulu kayak gitu akhire melu-melu.” Kata Warniti, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Banjarmulya.
Padahal dengan perilaku pembuangan limbah tinja yang sembarangan, memiliki dampak yang buruk diantaranya dapat mencemari makanan dari bakteri yang dibawa oleh lalat. Bakteri tersebut dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit diantaranya diare, muntaber, tifus, polio, dan hepatitis A. Selain itu, limbah tinja dapat mencemari air yang mengakibatkan penurunan kualitas air di Desa Banjarmulya. Pembinaan dihadiri oleh warga yang berjumlah 50 orang. Melalui pembinaan ini, diharapkan warga dapat memperoleh ilmu yang telah disampaikan untuk kemudian diaplikasikan dikeluarga masing-masing.

Editor : Jazimatul Husna

Minggu Sehat dengan Senam ala ibu–ibu Lawangrejo

Lawangrejo, Pemalang – (03/02/2019) Untuk menjaga kebugaran tubuh, Ibu-ibu Desa Lawangrejo mengadakan kegiatan rutin senam BL (Body Language) di aula balai desa. Kegiatan senam tersebut dilakukan bertujuan untuk pembentukan otot-otot dasar pada tubuh khususnya pinggul dan perut. Senam yang dipandu oleh Pak Edi selaku instruktur yang juga pemilik sanggar senam ini dihadiri oleh hampir seluruh ibu-ibu Desa Lawangrejo ini diikuti dengan antusias.

Senam BL dilakukan setiap dua minggu sekali pukul 06.30-08.00 pada hari minggu. Mahasiswa KKN Tim I UNDIP yang belum mengetahui senam ini bersama-sama melakukan senam BL dengan semangat karena gerakan senam yang cukup sulit, yang berfokus pada otot perut, pinggul dan panggul. Namun Pak Edi dengan sabar membantu mahasiswa dalam melakukan gerakan agar bisa mengikuti gerakan yang diajarkan. Dengan adanya kegiatan senam ini diharapkan dapat menjaga kebugaran tubuh dan mempererat tali silaturahmi antar warga.

Editor : Ima Wijayanti

Pendataan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk Mengembangkan UMKM di Desa Mlatiharjo

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 26/01/2019 Mahasiswa KKN UNDIP mengadakan program KKN yakni pendataan UMKM karena setelah melakukan survei potensi dan permasalahan terdapat potensi UMKM di Desa Mlatiharjo. Namun, potensi ini belum terdata dengan baik dari mulai modal, sumber bahan baku, tenaga kerja, keungan, wilayah pemasaran, omset, tahun berdiri usaha, dan kendala-kendala yang dihadapi. Oleh karena itu Mahasiswa KKN UNDIP melakukan pendataan UMKM dengan tujuan memberikan gambaran potensi dan permasalahan UMKM yang nantinya dapat direncanakan lebih lanjut untuk meningkatkan perekonomian Desa Mlatiharjo. Tidak hanya itu, dengan adanya informasi yang lengkap dan informasi berbentuk peta dapat mempromosikan potensi UMKM di Desa Mlatiharjo sehingga dapat menarik minat investor untuk berinvestasi pada berbagai UMKM yang terdapat di Desa Mlatiharjo.
Survei Pendataan UMKM di Desa Mlatiharjo
(more…)

Mahasiswa KKN Undip Galakkan Senam Jumat Sehat

180119-190123-0003

Karanganyar-Tirto, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) Desa Karanganyar Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan menggalakkan Senam Jumat Sehat di Balai Desa Karanganyar, Jumat pagi (18/1/2019).

Ayu Febriani, mahasiswa KKN Undip mengatakan senam jumat sehat ini bertujuan untuk mengajak warga Desa Karanganyar untuk aktif berolahraga.

 

“Karena dengan kita berolahraga salah satunya dengan senam,  maka akan meningkatkan kesehatan bagi tubuh,” ujarnya.

 

Ayu mengatakan rencananya senam Jumat sehat ini menjadi agenda rutin setiap minggunya.

 

“Mudah-mudahan senam jumat sehat ini akan menambah guyub warga Desa Karanganyar untuk berolahraga secara rutin,” ujarnya.

Senada dengan itu, Mudayaroh, Ketua Forum Kesehatan Desa (FKD) Desa Karanganyar mengungkapkan acara senam rutin tersebut sangat bermanfaat.

“Saya sangat senang dengan adanya mahasiswa KKN Undip membuat senam yang dulu tidak ada menjadi ada,” ujarnya.

(Ulil/ mahasiswa KKN Undip Tim I Desa Karanganyar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan)

Editor : Solikhin

 

ORIENTASI KADER KESLING WULED

Wuled-Tirto-Pekalongan, Minggu kedua TIM 1 KKN UNDIP 2019 untuk Desa Wuled Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan mengikuti acara Orinetasi Kader Kesehatan Lingkungan di Balai Desa yang berlangsung  pada hari Sabtu (9 Januari 2019). Acara ini mengundang para kader dari masing-masing RT yang ada di Desa Wuled, perangkat Desa serta Bidan Desa dengan dipandu oleh Bu Endah dari Bagian Kesling Puskesmas dan Bu Rina.

Orientasi ini dilakukan untuk menindak lanjuti terkait program ODF yaitu pemetaan jamban pada masing-masing KK  yang ada di Desa Wuled secara manual dan digital.

Whats-App-Image-2019-01-20-at-17-59-58

Editor : Solikhin

JALAN SEHAT BERSAMA WARGA DESA WULED

Wuled-Pekalongan (20/01/2019). Jalan sehat bersama warga Desa Wuled yang diselenggarakan untuk memperingati milad / hari ulang tahun toko “Jasmine” yang berada di Desa Wuled. Seluruh warga Wuled diundang untuk menghadiri acara tersebut. Acara jalan sehat berlangsung tepat pukul 06.00 WIB hingga selesai. Acara tersebut dimeriahkan oleh drumband dari siswa / siswi SD Muhammadiyah 01 dan SD Mumahammadiyah 02. Acara tersebut juga menyediakan makan gratis, bazar, dan doorprize bagi peserta jalan sehat.

TIM KKN I Desa Wuled-Tirto, Pekalongan melaporkan.
upload
Editor : Solikhin