Home » 2019 » February » 05

Daily Archives: 5th February 2019

POSYANDU ISTIMEWA DARI KKN TANGGUNGHARJO

Grobogan (23/1) – Antusiasme warga Desa Tanggungharjo dalam mengikuti kegiatan posyandu cukup tinggi. Hal ini terlihat dari ramainya kegiatan posyandu yang diselenggarakan di Desa tersebut. Desa Tanggungharjo sendiri memiliki delapan kali kegiatan posyandu yang terjadwal tiap bulannya, terdiri dari enam kali posyandu balita dan dua kali posyandu lansia. Posyandu balita dilakukan bergilir di tiga dusun di Desa Tanggungharjo yaitu Dusun Krajan, Dusun Sidoharjo, dan Dusun Sidomulyo. Sehingga pada setiap dusun dilakukan dua kali posyandu balita dalam satu bulan. Sedangkan untuk posyandu lansia dilakukan satu kali di Balai Desa Tanggungharjo dan satu kali di dusun tiap bulannya.

1tanggungharjo

Menurut kader kesehatan Desa Tanggungharjo, Sri Lestari, Desa Tanggungharjo memiliki sistem posyandu yang paling rajin se Kecamatan Grobogan. Hal ini juga dibenarkan oleh Bidan Desa Tanggungharjo, yang menyatakan bahwa Desa Tanggungharjo memiliki posyandu yang baik serta memiliki kader kesehatan yang aktif. Sehingga antusias warga untuk selalu datang kontrol kesehatan juga sangat baik.

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

MENGABDI UNTUK NEGERI DI DESA REJOSARI

Grobogan (23/1) – Tim I KKN 2019 Universitas Diponegoro dari Desa Rejosari, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan berbagi ilmu dan keceriaan dengan siswa-siswi SD Negeri 02 Rejosari.  Kegiatan ini kami lakukan sebagai salah bentuk pengabdian kami terhadap dengan sedikit memberikan ilmu yang kami miliki kepada siswa-siswi di lokasi KKN kami.

1rejosari

Rangkaian kegiatan bimbingan belajar ini diawali dengan sesi belajar bersama dilanhutkan dengan sesi bermain bersama di lapangan sekolah yang tersedia. Untuk memudahlan dan menghindari kericuhan siswa dibagi 2 kelompok yaitu kelompok kelas 1,2,3 dan kelompk kelas 4,5,6. Masing-masing kelompok dibimbing oleh 3 orang mahasiswa. Meskipun mungkin menghinggapi siswa –siswi yang sebelumnya sudah belahar di sekolah dilanjutkan dengan belajr bersama ini tidak menyurutkan semangat dan antusiasme mereka untuk mengikuti rangkaian acar yang juga menjadi penutup pada pertemuan pertama kami dengan mereka.

rejosari

Antusiasme siswa tidak hanya ditunjukkan ketika bermain saja namun antusisme dan rasa ingin tahu mereka terhadap hal-hal yang belum diketahui juga tingi. Hal ini terlihat dari aktifnya para siswa untuk bertanya ketika menemukan soal yang belum dipahami dan keatifan mereka ketika menjawab pertanyaan dari kami. Kegiatan ini berakhir hingga pukul 16.00 WIB dan para siswa pulang dengan raut muka bahagia.

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

 

PERENCANAAN PEMBANGUNAN REST AREA DAN TALUD DI DESA NGABENREJO

Grobogan (24/1) – Desa Ngabenrejo berada di bagian Barat Kecamatan Grobogan dekat dengan pusat kegiatan kecamatan dan dilewati jalan kolektor. Letaknya yang strategis dan memanjang di sepanjang jalur utama tersebut membuat Desa Ngabenrejo memiliki potensi pengembangan yang bagus untuk pembangunan sarana penunjang transportasi, seperti rest area bagi truk-truk pengangkut barang. Truk-truk tersebut seringkali singgah di tempat pengisian bahan bakar/ Pom Bensin yang bukan seharusnya menjadi lahan parkir dan singgah kendaraan bermuatan besar tersebut. Oleh karena itu, pihak Kecamatan Grobogan dan pihak Desa Ngabenrejo berencana membangun rest area bagi kendaraan-kendaraan besar.

1ngabenrejo

KKN Tim I Undip 2019 Desa Ngabenrejo berkesempatan untuk membantu pihak kecamatan dan desa dalam perencanaan pembangunan rest area tersebut. Bersamaan dengan pembangunan talud di beberapa titik di Desa Ngabenrejo dan pembangunan tahap pertama rest area yang juga berupa talud, KKN Tim I Desa Ngabenrejo berkesempatan membantu dalam pembuatan RAB talud-talud tersebut. Kegiatan yang turut diikuti dalam perencanaan talud-talud tersebut, yaitu survei lapangan untuk melakukan pengukuran, survei harga bahan bangunan, dan proses penyunan RAB yang diikuti asistensi berkala dengan pihak kecamatan.

Rangkaian kegiatan dalam perencanaan pembangunan rest area dan talud di Desa Ngabenrejo dimulai sejak tanggal 23 Januari dengan rangkaian kegiatan pertama berupa survei lapangan untuk pengukuran dan membuat patok rencana pembangunan talud. Pembangunan talud yang tersebar di Desa Ngabenrejo selain pada pembangunan tahap pertama rest area, juga pada dusun-dusun di Desa Ngabenrejo, yaitu RT 08 dan RT 11 Dusun Ngabenrejo, RT 03 dan RW 04 Dusun Gareh, serta RT 03 Dusun Demangan. Selanjutnya, setelah rangakaian pertama, maka dilakukan rangakaian kedua berupa survei harga dan penyusunan RAB pembangunan talud.

Beberapa kendala yang dihadapi saat merencanakan pembangunan talud di desa, salah satunya kondisi ketinggian jalan yang terkadang terdapat jalan dengan kondisi rusak. Kondisi yang demikian tentu mempengaruhi perencanaan dan tidak bisa dipukul rata, namun kondisi yang demikian ternyata telah dipelajari oleh pihak kecamatan dan desa, sehingga kendala tersebut tidak dibiarkan begitu saja. Selain itu, Desa Ngabenrejo dengan kredibilitas baik di Kecamatan Grobogan dengan menjadi yang pertama menyerahkan laporan tahunan, tentu merupakan faktor pendukung pembangunan talud yang baik di desa.

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

ANTI STROKE! RAHASIA KESEHATAN LANSIA DESA GETASREJO

Grobogan, Getasrejo (23/1) – Bersamaan dengan Posyandu Lansia Desa Getasrejo pada hari Rabu, 23 Januari 2019 lalu mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro telah melaksanakan salah satu program kerja monodisiplin. Program ini bertajuk “Senam Lansia sebagai Upaya Pendampingan Lansia Hipertensi” yang disusun oleh Sri Gama Apriani, mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat. Kegiatan dimulai pada pukul 09.30 sampai 12.00 yang dihadiri oleh Kepala Desa Getasrejo, Ketua PKK, bidan desa, serta lansia Desa Getasrejo sejumlah dua puluh lima orang.

1getasrejo

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Lansia yang dipimpin oleh Ayu Tiara Karel Bua’. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan senam anti stroke bersama. Senam ini berguna untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan membantu mengurangi risiko terjadinya stroke pada seseorang yang menderita hipertensi. Peserta lansia sangat antusias mengikuti senam seperti ikut menghitung bersama dan melakukan gerakan senam dengan semangat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai informasi seputar hipertensi. Sri Gama selaku pembicara menyapaikan informasi umum, klasifikasi, gejala , hingga kiat anti hipertensi. Pembicara juga memberikan infografis seputar hipertensi berbentuk poster kepada pihak posyandu agar dapat digunakan nantinya. Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi para lansia oleh bidan desa.

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, M.Si

Bersama Karang Taruna, Desa Mlatiharjo Jaya!

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 28/01/2019 “Pengabdian yang baik adalah bagaimana suatu kegiatan dapat terus berjalan meskipun fasilitator sudah tidak berada pada kawasan tersebut.” kalimat ini yang membuat mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 Desa Mlatiharjo membuat suatu program yaitu “Pengaktifan Kembali Karang Taruna di Desa Mlatiharjo”. Program ini bertujuan agar karang taruna yang belum aktif menjadi aktif dan yang sudah aktif menjadi lebih aktif untuk dapat menjadi aktor utama dalam melaksanakan program yang sudah direncanakan dan diajarkan oleh KKN UNDIP TIM 1 Desa Mlatiharjo.
Tim KKN Mlatiharjo Berdiskusi Bersama Perangkat Desa

(more…)

BPN Kabupaten Kendal Bagikan Sertifikat PTSL Kepada Warga Desa Gedong

Desa Gedong, Kabupaten Kendal – Kamis, 24 Januari 2019, BPN Kabupaten Kendal membagikan sebanyak 467 Sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Desa Gedong. Registrasi dibuka pukul 10.00 dan acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Desa Gedong dan perwakilan dari pihak BPN Kendal.

Pembagian Sertifikat PTSL kloter pertama pada hari ini, BPN memiliki target 1.000 bidang tanah yang akan diberikan sertifikat namun, realisasinya hanya ada 467 bidang yang dapat diajukan dengan pembagian kloter pertama yaitu sebanyak 357 bidang tanah. Pembagian dilakukan oleh 6 petugas BPN (Badan Pertanahan Nasional) kabupaten Kendal, pihak BPN didampingi perangkat Desa membagikan sertifikat. Bertempat di Balaidesa Gedong Kecamatan Patean Kabupaten Kendal
Keterangan : Sambutan dari Kepala Desa Gedong (Foto : Iqbal)

Kepala Desa Gedong, Suwarno dalam sambutannya mengatakan, penyerahan penerima manfaat Sertifikat gratis PTSL mengacu pada aturan Presiden dimana pada tahun 2021 sidang tanah harus sudah bersertifikat.

Semua Pengukuran bidang tanah dilakukan oleh panitia Desa dan dari petugas BPN, dengan adanya sertifikat gratis warga menjadi punya kepastian tanah dan semoga antar warga semakin menjalin kerukunan.

Suwarno mengucapkan “Terimakasih pada panitia PTSL yang dengan ini warga mendapatkan sertifikat dimana prosesnya dari ukur tanah, kepastian bidang tanah. Terimakasih juga kepada petugas dari BPN yang pro aktif dalam mensukseskan PTSL”. ucap Suwarno.

Petugas BPN Kendal, Tantri mengatakan bahwa, ”Saya ucapkan terima kasih atas antusiasme kepada bapak dan ibu penerima sertifikat tanah. Sertifikat ini adalah tanda bukti hukum hak atas tanah dan agar digunakan dengan sebijak mungkin.

Keterangan : Pembagian Sertifikat PTSL Desa Gedong (Foto : Iqbal)

Adapun syarat pengambilan sertifikat PTSL ini cukup dengan fotocopy E-KTP, dapat pula diwakilkan dengan dilampirkan surat kuasa.

 

(Wulaida / Tim I KKN Undip Desa Gedong, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal)