Home » 2019 » February » 06

Daily Archives: 6th February 2019

Pengolahan bata merah dan genteng di Desa Tunggul Pandean, Jepara

 

batamerah

 

genteng

Jepara – Minggu (13/01/2019), Desa Tunggul Pandean, Jepara, merupakan salah satu kawasan yang menghasilkan produk bata merah dan genteng. Tepatnya di sepanjang jalan Tunggulpandean, terdapat banyak pengerajin bata merah dan genteng.

Proses pembuatan bata merah yaitu dengan menggunakan tanah liat yang dibentuk menggunakan cetakan, kemudian dijemur di terik matahari untuk dikeringkan dan selanjutnya dibakar sampai warnanya menjadi kemerahan.

Produk bata merah dan genting di Desa Tunggul Pandean ini didistribusikan baik di Jepara sendiri maupun ke luar Jepara seperti ke Semarang dan Surakarta dan masih banyak lagi.

 

Editor : Romadhon S.Pi,M.Biotech

Edukasi Pengenalan Ikan Segar secara Organoleptik dan Teknik Penyimpanannya

Edukasi tentang ikan segar

Kamis, 31 Januari 2019, telah dilaksanakan sebuah program monodisiplin salah satu mahasiswa KKN Undip Desa Tritis yang bertemanakan Edukasi Pengenalan Ikan Segar secara Organoleptik dan Teknik Penyimpanannya yang tepat. Masyarakat Desa Tritis belum begitu memahami akan pentingnya mengonsumsi ikan segar dan bagaimana penyimpanan ikan yg baik guna menjaga mutunya. Oleh karena itu, sasaran dari kegiatan ini merupakan ibu-ibu PKK yang nantinya diharapkan dapat memulai kebiasaan mengonsumsi ikan segar dan memahami cara penyimpanannya agar kesegarannya terjaga.

Edukasi tentang ikan segar

Kegiatan ini dimulai dengan pemaparan mengenai kandungan dari ikan segar serta bagaimana pembusukan pada ikan dapat terjadi dan apa dampaknya pada kandungan ikan. Setelah itu, dijelaskan cara membedakan ikan segar dan yang sudah tak segar secara organoleptik (menggunakan indra manusia, seperti secara visual, bau, dan tekstur). Terakhir, dijelaskan mengenai bagaimana penyimpanan ikan dilakukan untuk menjaga mutu ikan setelah mengetahui bagaimana pembusukan pada ikan dapat terjadi.

Dengan diadakannya program ini, diharapkan agar masyarakat desa tritis paham akan pentingnya mengonsumsi ikan segar dan juga menambah wawasan agar tidak membeli ikan yg sudah tidak segar yang mana kandungan proteinnya telah banyak berkurang. Selain itu, dengan mengetahui tata cara menyimpan ikan yang tepat, seperti menyimpan ikan dalam es, diharapkan agar kualitas ikan segar tetap terjaga sehingga tidak mudah rusak dan kandungan proteinnya tidak hilang

Editor : Romadhon S.Pi,M.Biotech

Pengenalan dan Pelatihan Teknik Menyulam Smock dan Sashiko sebagai Keterampilan Baru Ibu-Ibu Desa Tritis

Pelatihan menyulam teknik smock dan sashiko

Kamis, 31 Januari 2019 telah terlaksana program monodisiplin salah satu mahasiswa KKN Undip Tritis mengenai Pelatihan Teknik Menyulam Smock dan Sashiko kepada ibu-ibu PKK Desa Tritis. Pelatihan yang diadakan di Balai Desa Tritis ini dilaksanakan guna menambah keterampilan para ibu PKK Desa Tritis dalam hal menyulam. Selain itu juga dapat menjadi modal untuk warga yang ingin mulai berwirausaha.

Kegiatan ini diawali dengan penjelasan mengenai Teknik Menyulam Smock dan Sashiko. Tidak hanya penjelasan, kegiatan ini dilanjutkan dengan praktik langsung menyulam Teknik Smock dan Sashiko yang mana disambut dengan antusias oleh ibu-ibu. Untuk praktik ini, semua bahan sudah disiapkan, yaitu kain yang telah diberi pola, jarum, dan benang, sehingga memudahkan para ibu PKK untuk mencobanya. Hasil teknik menyulam ini nantinya dapat diaplikasikan pada banyak hal, seperti sarung bantal sofa, taplak meja, tas, dan lain-lain.

Editor : Romadhon S.Pi,M.Biotech

Senam Sehat dan Bugar

Senam Sehat Bugar

PENGAJIAN2
PRNGAJIAN

              Jepara, Minggu (20/01/2019), Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Desa Ngetuk, Kec. Nalumsari    bersama dengan para ibu-ibu desa Ngetuk sedang menjalankan kegiatan yang rutin dilakukan tiap hari Minggu, yaitu senam sehat. Senam dimulai dari pukul 6 pagi hingga pukul 7 pagi. Kegiatan senam ini selalu dilaksanakan dikarenakan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, juga untuk merekatkan tali silaturahmi antar ibu-ibu desa Ngetuk. Senam ini dihadiri oleh para ibu-ibu dengan jumlah peserta 30 orang. Selain dari desa Ngetuk itu sendiri, kegiatan rutin senam ini juga banyak diikuti oleh ibu-ibu dari desa sebelah, seperti desa Bendanpete dan desa Daren. Senam ini berlangsung selama 1 jam dan para ibu-ibu yang mengikuti sangat bersemangat dan sangat antusias.

Editor : Romadhon S.Pi,M.Biotech

Rapat antara Perangkat Desa Tunggul Pandean dengan PLN untuk rencana pembangunan GI

rapatpln

 

rapatpln2

Jepara – Selasa (24/01/2019), Perangkat desa Tunggul Pandean melakukan rapat dengan perwakilan PLN yang berencana untuk membangun GI. Tim KKN Undip diundang oleh petinggi untuk hadir menyaksikan jalannya rapat. Rencananya, pembangunan GI ini akan dilakukan di wilayah Desa Tunggul Pandean, Kecamatan Nalumsari. Pembangunan GI ini penting untuk memenuhi pasokan listrik di wilayah kecamatan Nalumsari. Salah satu hasil dari rapat ini adalah untuk membangun saluran irigasi dan menyelesaikan perizinan terlebih dahulu sebelum dibangunnya GI.

Editor : Romadhon, S.Pi,M.Biotech

Sosialisasi Asap Cair dan Minyak Ikan kepada Ibu-Ibu PKK Desa Tunggul Pandean, Jepara

sosialisasi1

 

Jepara – Selasa (15/01/2019), Tim 1 KKN Undip yang ditempatkan di Desa Tunggul Pandean, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, mensosialisasikan asap cair dan minyak ikan kepada ibu-ibu PKK Desa Tunggul Pandean.

Asap cair adalah suatu bahan yang tadinya merupakan asap dari bahan alami yang kemudian dengan proses tertentu diubah bentuknya menjadi cair. Asap cair digunakan pada proses pengolahan ikan yang memiliki manfaat untuk pengawetan ikan. Cara penggunaan asap cair yaitu dengan merendam ikan yang telah diolesi bumbu ikan dengan asap cair yang dicampur air putih dengan perbandingan 1 : 10. Kemudian didiamkan selama satu sampai dua jam. Dengan proses ini, ikan telah diawetkan dan dapat bertahan lama baik sebelum digoreng ataupun sebelum digoreng.

Tim KKN Undip juga mensosialisasikan tentang manfaat minyak ikan sebagai pengganti makanan selain ikan. Minyak ikan kaya akan vitamin A dan Omega 3 yang dapat menjaga kesehatan dan baik untuk otak.

Editor : Romadhon S.Pi,M.Biotech

Kurangi Masalah Belajar Pada Anak Usia Sekolah, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Bimbingan Belajar di Desa Pringtulis Kecamatan Nalumsari

IMG-1892

Jepara, Sabtu (12/01) Kedatangan mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro di Desa Pringtulis selain disambut hangat oleh perangkat Kecamatan dan Desa juga menarik perhatian anak-anak di Desa Pringtulis. Pendekatan terhadap anak-anak usia sekolah Desa Pringtulis di lakukan setiap sore setelah kegiatan sekolah. Hal tersebut dilakukan guna mendekatkan diri kepada anak-anak sehingga memudahkan mahasiswa dalam mencari tahu masalah belajar yang dialami. Setelah dilakukan pendekatan, didapati permasalahan belajar yang beragam pada setiap anak.

Metode bimbingan belajar dilakukan dengan membentuk kelompok kecil sesuai dengan jenjang persekolahan anak-anak Desa Pringtulis. Mata pelajaran yang ditawarkan pada bimbingan belajar ini antara lain Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS dan IPA.  Mayoritas Kesulitan belajar yang dialami oleh anak-anak Desa Pringtulis ialah pada mata pelajaran Matematika. Pada anak kelas 4, ditemui kesulitan dalam melakukan perkalian. Maka, diberikan solusi dengan memberikan tabel perkalian dan mengajarkan metode yang lebih mudah dipahami oleh anak-anak.

Kurangnya pemahaman mengenai sastra seperti puisi dan pantun juga dialami oleh anak kelas 6 dan kelas 7. Dalam hal ini, mahasiswa memberikan contoh sederhana yang dapat dikembangkan oleh siswa sehingga dapat melatih kreatifitas. Selain itu juga diberikan tema sederhana seperti Lingkungan, Keluarga dan Alam guna mempermudah anak-anak dalam melatih kemampuan menulis. Bimbingan belajar yang dilakukan Mahasiswa KKN Undip di Desa Pringtulis akan berlangsung setiap malam bertempat di Posko KKN Undip Desa Pringtulis.

Editor : Romadhon S.Pi,M.Biotech

Rapat Koordinasi Desa Nalumsari Kabupaten Jepara

Jepara (15/01/2019). Telah dilaksanakan rapat koordinasi perangkat desa dan BPD pada pukul 20.00. Rapat ini bertempat di balai desa Nalumsari, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara. Rapat ini dihadiri oleh jajaran perangkat desa dan BPD Nalumsari serta mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Desa Nalumsari.

Rapat koordinasi ini dilaksanakan 4 kali dalam setahun dan merupakan rapat terakhir tahun 2018. Rapat berjalan dengan kondusif, dipimpin oleh Petinggi Desa, ketua BPD dan seorang moderator. Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP desa Nalumsari turut hadir untuk pembelajaran lebih lanjut mengenai perangkat desa dan BPD beserta tugasnya.

Dari kiri ke kanan : Petinggi Desa Nalumsari, Ketua BPD Desa Nalumsari, Moderator

Inti dari pembahasan rapat kali ini adalah koordinasi antara perangkat desa dan BPD Nalumsari terkait kegiatan dan anggaran Desa. Dilanjutkan dengan sesi saran dan tanya jawab dan diakhiri dengan pembacaan do’a.

Editor : Romadhon S.Pi,M.Biotech

Edukasi dan Pembagian Minyak Ikan kepada Peserta Posyandu Dukuh Gerjen, Desa Nalumsari

Jepara, Selasa (15/01/2019), Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Desa Nalumsari, Kec. Nalumsari mengisi kegiatan rutin Posyandu Dukuh Gerjen dengan materi edukasi kepada para ibu-ibu yang hadir dalam kegiatan Posyandu Dukuh Gerjen. Tim KKN memulai dengan ikut berpartisipasi aktif membantu ibu bidan dalam kelangsungan kegiatan posyandu. Anak-anak dilakukan penimbangan dan kemudian dilakukan pengukuran tinggi. Setelah itu orangtua menyerahkan buku catatan perkembangan anak dimana buku ini wajib dibawa ketika mengikut kegiatan posyandu. Di dalam buku tertera keterangan mengenai jenis imunisasi apa saja yang telah diterima si anak tersebut dan data mengenai perkembangan anak tersebut. Bidan akan melakukan pengecekan buku tersebut untuk memastikan apakah imunisasi masih perlu dilakukan atau tidak.

Setelah itu ibu dan anak dipersilahkan untuk mengikuti rangkaian acara selanjutnya yaitu edukasi mengenai minyak ikan. Ketika peserta edukasi telah siap mengikuti acara, pemateri yaitu salah satu anggota dari Tim KKN Desa Nalumsari, Rafifta, memulai kegiatan dengan melakukan sambutan dan ucapan terimakasih atas partisipasi peserta edukasi. Kegiatan edukasi minyak ikan dilanjutkan dengan menjelaskan secara garis besar tentang minyak ikan. Dijelaskan bahwa minyak ikan dapat memberikan omega-3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan petunjuk penggunaan yang baik dan benar adalah bagi dewasa sebanyak 2 kali sehari dan bagi anak-anak diatas umur 1 tahun sebanyak 1 kali sehari. Peserta edukasi memberikan respon yang sangat positif dengan memberikan tanggapan dan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Kegiatan diakhiri dengan membagikan secara cuma-cuma 3 kapsul minyak ikan kepada tiap peserta edukasi.

Editor : Romadhon S.Pi,M.Biotech

KEGIATAN MANAQIB SEBAGAI BENTUK MEMPERERAT HUBUNGAN ANTAR PERANGKAT DESA NALUMSARI

IMG-20190126-WA0013
Jepara, Jumat (25/Januari/2019), Mahasiswa TIM I KKN UNDIP dan Perangkat Desa Nalumsari, Kecamatan Nalumsari pada saat itu mengadakan acara Manaqib di rumah Ketua Dukuh Gerjen. Acara ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan kurang lebih sekitar satu kali dalam kurun waktu 45 hari atau Salapanan dalam istilah Masyarakat Jawa. Manaqib sendiri memiliki arti tersendiri meurut masyarakat Desa Nalumsari yaitu suatu bentuk kegiatan upacara pembacaan riwayat hidup seorang tokoh ulama (sufi) yang sangat kharismatik dan memiliki banyak karomah, seperti Syaikh ‘Abdul Qodir Jilani atau orang-orang yang dihormati di sekitarnya yang sudah almarhum (Tahlilan). Salapanan yaitu hitungan yang digunakan untuk sebuah pelaksanaan acara di masyarakat Jawa dengan menggunakan hari nasional dan hari jawa, misal sebuah acara yang dilaksanakan setiap Jumat Kliwon maka acara selanjutnya akan bertemu lagi di hari Jumat Kliwon, yang biasanya berjarak sekitar 45 hari

Acara Manaqib yang diadakan oleh perangkat Desa Nalumsari ini diadakan secara rutin dan bergilir di setiap rumah ketua dukuh yang ada di Desa Nalumsari dengan kurun waktu satu kali dalam 45 hari. Bentuk acara ini berupa berkumpulnya para perangkat di salah satu rumah ketua dukuh yang ada di Desa Nalumsari. Desa Nalumsari sendiri memilki 4 dukuh yaitu Dukuh Nalumsari, Dukuh Gerjen, Dukuh Lawu dan Dukuh Penagon, dari keempat dukuh tersebut akan mendapatkan gilirannya masing-masing. Sudah menjadi budaya dalam acara Manaqib di dalamnya membaca bacaan manaqib harus terlebih dahulu diawali dengan khadloroh dan kemudian membaca tahlil bersama-sama, pemimpin atau yang membaca manaqib baru memulai membaca manaqib dengan bacaan sholawat nabi. Selesainya pembacaan Manaqib dilanjutkan dengan acara makan bersama yang disediakan oleh tuan rumah. Makanan yang disediakan berupa ayam, nasi, lauk pauk, buah, air teh, rokok dan lain sebagainya sambil dibarengi dengan perbincangan-perbincangan halus antar perangkat seputar dukuhnya masing-masing

Acara Manaqib ini memiliki nilai positif yaitu untuk mempererat tali silaturahmi antar perangkat dan warganya. Karena dengan semakin eratnya tali silaturahmi maka hubungan antar sesama akan baik dan segala acara atau kegiatan yang diadakan Desa Nalumsari memilki dukungan yang kuat dari berbagai pihak.

editor : Romadhon S.Pi,M.Biotech