Home » 2019 » February » 08

Daily Archives: 8th February 2019

Pemberdayaan PKK Desa Karangnongko Pemanfaatan Sampah Organik menjadi Pupuk Organik Cair

25119-PKK-desa-pupuk-cair

Jepara, Jumat (25/01/2019), Pertemuan ibu PKK Desa Karangnongko di balai desa diisi oleh mahasiswa KKN Tim 1 Undip. Acara diawali dengan menyanyikan mars PKK dan mars Jepara. Pembuatan pupuk cair dipresentasikan oleh Aulia, mahasiswa Teknik Kimia, FT, Undip. Pupuk cair merupakan pupuk befasa cair yang dibuat dari bahan-bahan organik melalui proses pengomposan. Pupuk cair yang dibuat berasal dari limbah ampas tebu yang difermentasikan dalam kondisi anaerob dengan bantuan organisme hidup. Alat dan bahan yang dibutuhkan seperti tong kedap udara ukuran 100 liter sebagai media pembuatan pupuk, sampah organik, gula merah, bioaktivator (EM4), air. Banyaknya sampah organik dari rumah tangga di Desa Karangnongko membuat kegiatan seperti ini menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Karena hujan kegiatan ini dihadiri 15 peserta yang terdiri perwakilan dari 5 RW di Desa Karangnongko yang biasanya sekitar lebih dari 30 peserta.

 

Direview oleh:

Maharani Patria Ratna

Peningkatan Minat Baca Buku Murid SD N 3 Karangnongko dengan Mulai Membaca Buku Dongeng

24-01-19-Ngajar-2

Jepara, Kamis (24/01/2019), KKN Tim 1 Undip Desa Karangnongko, Kecamatan Nalumsari mengajak siswa/siswi SD 3 Karangnongko untuk meningkatkan minat baca buku. Murid SD 3 Karangnongko dari kelas 1 sampai kelas 6 berjumlah 53 anak. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dimulai dengan perkenalan diri mahasiswa KKN. Untuk menarik perhatian anak-anak diawali dengan menanyangkan video tentang dongeng nusantara. Beberapa tayangangan video dongeng seperti Timun Emas, Cindelaras, Lutung Kasarung mampu menghibur anak-anak. Setelah itu mahasiswa KKN membagikan hadiah buku dongeng kepada siswa/siswi yang berani untuk membacakannya di depan siswa/siswi lain. Siswa/siswi senang dengan kehadiran mahasiswa KKN dan materi yang dibawakan. Selain meningkatkan minat baca buku siswa/siswi, diadakannya kegiatan seperti ini bagi anak-anak bertujuan untuk melatih keberanian berbicara di depan umum yang perlu dibiasakan sejak dini.

Menurut Bayu, mahasiswa Antropologi Sosial, FIB, Undip sebagai penyelenggara, ada banyak manfaat dari dongeng atau cerita rakyat Nusantara terutama bagi perkembangan perilaku anak. Dongeng mampu membantu anak untuk berimajinasi. Imajinasi akan membantu anak untuk berpikir kreatif dan anak terampil berkomunikasi dengan orang lain. Dongeng sarat akan pesan moral, etika dan nilai-nilai kehidupan. Banyak tokoh dalam dongeng yang memiliki nilai-nilai kejujuran, rendah hati, rasa empati, juga sikap tolong menolong. Pelestarian cerita rakyat Nusantara harus dikenalkan sejak dini supaya mampu bertahan terutama diera globalisasi seperti ini.

 

Direview Oleh:

Maharani Patria Ratna

KEGIATAN SURVEY PERPUSTAKAAN SDN JATISARI KECAMATAN NALUMSARI KABUPATEN JEPARA

1548652685257

Sabtu, 12 Januari 2019 – Pada pukul 09.00 WIB, TIM I KKN UNDIP melakukan kegiatan survey ke SDN Jatisari. Tujuan dilakukannya kegiatan survei ini adalah untuk mengetahui kondisi perpustakaan milik SDN Jatisari sebagai bahan pertimbangan untuk pembuatan program monodisiplin mahasiswa ilmu  perpustakaan. Saat ini, kondisi dari perpustakaan satu-satunya milik SDN Jatisari bisa dikatakan kurang memadai. Dari segi administrasi, perpustakaan SDN Jatisari belum memiliki sumberdaya manusia yang paham di bidang perpustakaan. Hal tersebut menyebabkan kondisi koleksi buku yang ada di perpustakaan SDN Jatisari belum memenuhi standar dan dalam keadaan kurang tertata. Diharapkan dengan dilakukannya kegiatan survei tersebut, mahasiswa TIM I KKN UNDIP khususnya mahasiswa ilmu perpustakaan dapat menentukan program monodisiplin yang sesuai sehingga dapat meningkatkan kondisi dari perpustakaan SDN Jatisari.

 

Direview oleh:

Maharani Patria Ratna

PENIGKATAN MINAT BACA SISWA SDN GEMIRING KIDUL 02

1548982291485-1

Kurangnya minat baca pada warga Desa Gemiring Kidul menyebabkan perpustakaan Desa menjadi sepi pengunjung. Hal tersebut mengakibatkan kurang terawat dan tertatanya perpustakaan Desa Gemiring Kidul. Rendahnya tingkat Pendidikan diduga merupakan salah satu sebab rendahnya minat baca masyarakat desa Gemiring Kidul. Hal ini menginisiasi terlaksanya kegiatan Gerakan Anak Bangsa Membaca yang telah terlaksana pada 28 Januari 2019 di SDN Gemiring Kidul 02.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca pada warga Desa Gemiring Kidul khususnya pada generasi muda. Dengan sasaran siswa SD diharapkan pada masa yang mendatang minat baca warga Desa Gemiring Kidul dapat meningkat. Kegiatan ini mendapat tanggapan yang positif dari tenaga pengajar SDN Gemiring kidul 02. Guru SDN Gemiring Kidul 02 merasa senang dengan adanya kegiatan ini, mereka berharap perpustakaan menjadi banyak pengunjung.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan dengan mengadakan lomba story telling yang dilakukan oleh siswa SDN Gemiring Kidul 02. Tingginya antusias siswa SDN Gemiring Kidul 02 menjadikan kegiatan Gerakan Anak Bangsa Membaca meriah dan lebih hidup.

 

Direview oleh:

Maharani Patria Ratna

Limbah Pohon Pisang Menjadi Produk Menguntunkan Desa Karangbrai

Pemalang, Selasa (29/01/2019), mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2019 mengadakan pelatihan pengolahan keripik ares dan bonggol pisang di Desa Krangbrai, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Program ini merupakan salah satu program monodisiplin gari Fatimatuz Zahra mahasiswa program studi Teknologi Pangan Undip. Pohon pisang merupakan tumbuhan yang mudah tumbuh di mana saja terlebih di lingkungan pertanian. Pohon ini memiliki limbah berupa ares dan bonggol yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Pohon pisang juga banyak tumbuh di Desa Karangbrai, akan tetapi pemanfaatannya masih sangat kurang. Pemanfaatan limbah pohon pisang menjadi produk yang menguntungkan di Desa Karangbrai merupakan salah satu upaya untuk mendorong masyarakat Desa Karangbrai khususnya ibu – ibu agar lebih prodktif sekaligus memanfaatkan peluang yang ada.

(more…)

Ikuti Lomba Memasak Tanpa Beras Desa Mlatiharjo Cipatakan Makanan Lezat dari Singkong dan Jagung

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 04/02/2019 Tim KKN UNDIP Desa Mlatiharjo ikut serta dalam kegiatan memasak tanpa beras yang diselengarakan oleh EXPO SMK 6 Kendal. Terdapat 5 tim dari Desa Mlatiharjo yang mengikuti lomba tersebut. Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar ibu-ibu dapat berkreasi menciptakan makanan selain beras dengan mengkreasikan potensi umbi-umbian dan jagung di desa masing-masing. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin silatuhrahmi antar desa.

(more…)

Pelatihan Pembuatan Kreasi Penyajian Kopi “Kori Kohi” dan “Latte Art”

DESA MLATIHARJO, KECAMATAN PATEAN 05/02/2019 Potensi kopi yang dimiliki Desa Mlatiharjo belum sebanding dengan keuntungan yang didapat oleh Masyarakat Desa Mlatiharjo. Permasalahan dasar yang menyebabkan hal tersebut adalah potensi kopi yang melimpah belum diolah dengan baik oleh petani kopi mulai dari masa pascapanen. Masyarakat Desa Mlatiharjo cenderung menjual langsung hasil panen. Padahal apabila diolah setelah pasca panen maka akan menambah nilai jual.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Tim KKN Mlatiharjo membuat pelatihan mengenai pengolahan kopi agar nilai jual kopi menjadi lebih tinggi. Penyajian kopi yang menarik tentunya akan meningkatkan harga jual dan menumbuhkan simpati kaum muda terhadap potensi desa. Pelatihan yang dilakukan Tim KKN Mlatiharjo adalah membuat kreasi kopi “Kori Kohi” dan “Latte Art”.

Persiapan Tim KKN UNDIP Mengadakan Pelatihan untuk Karang Taruna

(more…)

Pengelolaan Website Sebagai Media Penyampaian Informasi ke Masyarakat

Desa Karangbrai, Bodeh, Pemalang – Selasa (29/01) Website merupakan salah satu komponen penting dalam menyebarkan informasi di internet. Saat ini hamper setiap desa memiliki website sendiri sendiri, tapi akan sanga disayangkan apabila tidak ada perangkat desa kurang menguasai dalam mengelolanya. Pada tanggal 29 dan 30 januari di Kantor Balai Desa Karangbrai diadakan program pelatihan pengelolaan website, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari perangkat desa. Keberjalanan program dipandu oleh Yahya Nur Marfuad dari Fakultas Sains dan Matematika. Alasan pelatihan ini diadakan salah satunya adalah karena diminta langsung oleh pihak perangkat desa.

Pelatihan ini mengajarkan bagaimana cara mengelola sebuah website, seperti melakukan penambahan artikel, menambahkan plugin, dan juga mengubah tema atau tampilan website. Sebelumnya admin desa sudah bisa melakukan penambahan artikel, akan tetapi karena banyak kesibukan serta tugas perangkat admin desa lupa bagaimana menambahkan artikel di website. Website karangbrai.desakupemalang.id sudah tidak ada update sejak bulan Mei 2018. Kedepannya setelah diadakannya pelatihan ini diharapkan website karangbrai akan terus update informasi untuk dibagikan ke masyarakat.