Home » 2019 » February » 10

Daily Archives: 10th February 2019

Edukasi Rumah Sehat

Bodeh, KKN Undip Tim 1 Desa Kebandungan – Rabu, 6 Februari 2019 bertempat di Balai Desa Kebandungan, mahasiswa KKN Undip Tim I 2019 melaksanakan program edukasi rumah sehat yang dihadiri oleh ±35orang kader dan anggota PKK dalam pertemuan mandiri PKK. Program edukasi ini merupakan salah satu program mono disiplin mahasiswa KKN Undip Tim 1 tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB ini dihadiri dan dibuka oleh Ibu Muyasaroh, selaku Kepala Desa Kebandungan.

Edukasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang seberapa pentingnya rumah sehat terhadap kehidupan penghuninya, bagaimana cara memelihara lingkungan baik di dalam maupun luar rumah, dan perilaku penghuni seperti apa saja yang bisa dilakukan untuk mendukung fisik rumah sehat. Selain memberikan informasi dasar tentang rumah sehat, di kegiatan ini juga dilakukan diskusi antarpeserta kegiatan. Kegiatan ini selain dilakukan pemberian materi oleh mahasiswa KKN Undip juga didukung oleh demo maket rumah sehat dan poster yang dibagikan ke peserta kegiatan. Antusias peserta kegiatan cukup tinggi.

Edukasi ini dinilai penting dikarenakan hampir setengah dari jumlah rumah  di Desa Kebandungan masih belum memenuhi syarat rumah sehat menurut pendataan yang dilakukan oleh kader PKK Desa Kebandungan. Dari kegiatan edukasi ini diharapkan anggota peserta dapat lebih mengerti dan menerapkan perilaku sehat melalui pemeliharaan rumah maupun pola hidup sehat.

Pemberian Materi

Editor: Nimas Nurafifah Putri

Pengembangan Komoditas Jagung menjadi “Brownies Jagung”

Bodeh, KKN Undip Tim 1 Desa Kebandungan – Senin, 28 Januari 2019 bertempat di balai desa kebandungan, mahasiswa KKN Undip Tim 1 2019 berkolaborasi dengan PKK desa kebandungan melaksanakan penyuluhan terkait pembuatan produk olahan makanan brownies dari komoditas pertanian jagung. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan program multi disiplin mahasiswa KKN Undip Tim 1 tahun 2019. Kegiatan ini menjadi kegiatan penting melihat di Kecamatan Bodeh, jagung merupakan komoditas pertanian tertinggi kedua setelah padi dengan jumlah produksi + 16.000 ton pertahunnya. Namun demikian, hingga saat ini jagung hanya dipanen dan dijual kepada pengepul seharga + Rp500.000/kw dan belum ada pengolahan lebih lanjut yang dapat meningkatkan nilai jual dari jagung itu sendiri. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip Tim 1 tahun 2019 masuk untuk berbagi pengetahuan tentang potensi pengembangan makanan berbahan dasar jagung, khususnya brownies jagung.

Pembuatan Brownies Jagung

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Bapak Suto Kencono selaku Kasi Pemerintahan, sambutan Ibu Dwi selaku Ketua PKK desa Kebandungan dilanjutkan penyuluhan deteksi boraks/bleng pada makanan dan penyuluhan pembuatan brownies jagung. Selain memberikan penyuluhan, mahasiswa juga mengajak ibu-ibu yang hadir untuk membuat secara langsung produk brownies jagung serta membagi informasi tentang bahan dan alat yang digunakan untuk membuatnya. Kegiatan ini sendiri dihadiri + 40 peserta yang terdiri dari anggota PKK dan ibu rumah tangga dengan antusias yang tinggi. Dari kegiatan ini diharapkan dapat membuka peluang usaha baru bagi masyarakat desa Kebandungan.

Pembuatan Brownies Jagung

Editor: I Nyoman Ary Mandhara Putra

Siswa SD di Kesesirejo Meraih Juara 1 di Pesta Siaga se-Kecamatan Bodeh

BODEH, Tim 1 KKN UNDIP Desa Kesesirejo – Siswa-siswi SDN 1, SDN 2, SDN 3 Desa Kesesirejo mengikuti Pesta Siaga di Kecamatan Bodeh (03/02/2019). Pesta siaga ini diikuti oleh siswa-siswi SD kelas 4 dan 5 se-Kecamatan Bodeh.

Pesta Siaga ini dilaksanakan di lapangan SMP N 1 Bodeh dan terdiri dari berbagai lomba. Dimulai dari lomba pramuka, lomba memanah, basket, peta buta, dan lain-lain. Setiap SD diikuti oleh 2 kelompok yang masing-masing terdiri dari 10 orang. Sehingga terdapat ratusan siswa SD yang mengikuti Pesta Siaga se-Kecamatan Bodeh ini.

Randho, salah satu mahasiswa TIM 1 KKN Undip yang mendampingi peserta pesta siaga dari Desa Kesesirejo mengatakan, bahwa ia mengapresiasi semangat peserta pesta siaga. Menurutnya, pesta siaga ini merupakan kegiatan positif untuk mengisi waktu anak-anak. Ia juga berpendapat bahwa inti dari pesta siaga ini adalah bagaimana meningkatkan sportifitas, kerja sama dan bakat kemampuan anak.

Siswa-siswi peserta pesta siaga juga terlihat sangat bersemangat mengikuti setiap rangkaian kegiatan. Mereka memiliki tekad yang kuat untuk meraih prestasi pada kegiatan ini. Mereka berharap dapat membanggakan nama sekolah masing-masing.

Pada kegiatan pesta siaga ini, SDN 1 dan SDN2 Kesesirejo berhasil memperoleh juara 1 pada beberapa cabang perlombaan.  Biyana, kepala sekolah SDN 2 mengatakan bahwa ia bangga dengan prestasi yang diperoleh oleh siswanya. Ia berharap, prestasi ini dapat dipertahankan oleh siswa yang mewakili SDN 2 di tingkat selanjutnya.

Para pemenang pesta siaga tingkat kecamatan ini nantinya akan melanjutkan perjuangan di tingkat Kabupaten Pemalang untuk mewakili Kecamatan Bodeh. Pesta siaga tingkat kabupaten ini nantinya akan dilaksanakan 17 Februari 2019 bertempat di lapangan SMP N 1 Bodeh.

Peringatan Haul Mbah Rapijan Desa Kesesirejo

KKN Undip 2019 TIM 1, Desa Kesesirejo – Mbah Joko Rapijan Bin Dulmanan atau sering disebut Mbah Rapijan merupaka warga di Desa Kesesirejo yang di percayai oleh masyarakat setempat sebagai keturunan dari wali. Beliau wafat pada 3 Februari 2013 dan peristiwa wafatnya Mbah Joko 6 tahun silam kemudian diperingati warga setiap tahunnya sebagai peringatan Haul.

Kegiatan haul dilaksanakan pada Desa Kesesirejo Dusun 4 tepatnya di makam Mbah Joko Rapijan. Murwanto, warga dusun 4 Kesesirejo yang juga merupakan panitia peringatan Haul mengatakan, peringatan ini merupakan bentuk penghormatan warga terhadap almarhum dan menjadi agenda religi yang tidak hanya diikuti oleh warga desa Kesesirejo, namun juga diikuti oleh peziarah dari berbagai kota.  Ada yang berasal dari Brebes, Tegal, Semarang, dan kota/kabupaten lainnya.

Perayaan Haul ke-6 ini dimulai dengan gotong royong warga untuk pembangunan pendopo di sebelah makam Mbah Rapijan dan pembersihan makam. Warga Kesesirejo dan tim KKN Undip bergotong royong dalam pembangunan pendopo ini. Mahasiswa tim 1 KKN Undip tampak begitu bersemangat mengecat pilar pendopo.

Kegiatan selanjutnya adalah pengajian warga yang diadakan pada malam tanggal 2 Februari. Pengajian dilaksanakan pada pukul 19.00-22.00 WIB. Warga Kesesirejo tampak memadati tenda yang dipasang disekeliling makam. Sekitar lingkungan acara pun dipadati penjual makanan dan minuman.

Acara utama peringatan Haul diadakan pada hari minggu (03/01/2019) pada pukul 07.00 WIB. Peziarah dari Desa Kesesirejo maupun yang berasal luar desa mulai berdatangan memenuhi tempat acara. Rahayu, perangkat desa mengatakan bahwa mayoritas peziarah merupakan orang yang pernah dibantu almarhum Mbah Rapijan semasa hidupnya.

Banyak anak-anak remaja yang memanfaatkan acara ini dengan bertemu dan bermain teman-teman rumah maupun sekolah. Ibu-ibu rumah tangga pun tidak ketinggalan untuk dapat bercengkraman dengan saudara-saudara jauh yang sudah lama tidak bertemu. Harapan kami acara ini dapat terus diselenggarakan setiap tahun. “Semoga aja tidak hanya tahun-tahun awal saja aara ini diselenggarakan tetapi dapat seterusnya seperti peringatan haul di desa lain”, kata Waluyo perangkat Desa Kesesirejo.206990

Edukasi Bahaya Boraks

Bodeh, KKN Undip Tim 1 Desa Kebandungan – Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP 2019 pada 28 Januari 2019 melakukan edukasi mendasar tentang bahaya bahan tambahan makanan khususnya boraks kepada ibu-ibu PKK di Balai desa Kebandungan. Hal tersebut dilakukan karena menurut data yang diperoleh,kurangnya pengetahuan  masyarakat  tentang bahaya  bahan tambahan makanan khususnya boraks yang sampai sekarang masih banyak digunakan karena dianggap tidak berbahaya dan merupakan hal yang lazim.Maka dari itu, sebagai pengetahuan kesehatan pangan bagi masyarakat desa Kebandungan .Tim 1 KKN UNDIP 2019 melakukan penyuluhan mengenai boraks dan uji sederhana dengan tusuk gigi yang sudah direndam didalam kunyit untuk menganalisis makanan yang mengandung boraks.Sehingga diharapkan masyarakat lebih berhati – hati dalam memilih makanan dan  juga meningkatkan kesehatan masyarakat desa Kebandungan.Dimana sampai sekarang mereka jarang sampai tidak pernah mendapatkan edukasi tentang penyalahgunaan bahan kimia. Maka dari itu, kami memutuskan untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak yang ditimbulkan dari penggunaan boraks.

Edukasi Bahaya Boraks

Pada saat kami memaparkan materi, ibu- ibu PKK Kebandungan begitu antusias dengan rasa keingintahuan mereka yang tinggi. Ibu- ibu PKK Kebandungan tersebut menerima materi yang disampaikan oleh narasumber dengan baik dan tenang.Dimana boraks yang memiliki nama lain natrium borat atau bleng merupakan bahan kimia pengawet kayu,bahan kimia  yang ditambahkan di pestisida,detergen dll dan dilarang penggunaanya pada makanan.Penggunaan boraks pada makanan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti gangguan otak,gagal ginjal,diare,kanker dll.Setelah memaparkan bahaya-bahaya dari boraks tersebut, mereka langsung paham, mengapa boraks harus dihindari.Ibu-ibu PKK juga sudah mengetahui bagaimana cara untuk identifikasi sederhana boraks. Setelah materi dipaparkan, ada sesi tanya jawab yang mana ibu ibu dapat berinteraksi dengan narasumber.

Editor : Talisia Kresna Shih

Malam Wungon Hari Jadi Pemalang ke 444

Bodeh, KKN Undip Tim 1 Desa Kebandungan – Pada 24 Januari 2019, Pemalang merayakan hari jadinya yang ke-444. Desa Kebandungan merayakan hari jadi tersebut dengan diadakannya doa Bersama. Acara tersebut berlangsung di Balai Desa Kebandungan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Acara dimulai pukul 20.00 WIB. Kegiatan malam wungon dihadiri oleh kepala desa beserta perangkat desa, tokoh masyarakat, ketua RT dan RW, karang taruna serta masyarakat Desa Kebandungan.

Malam Wungon Hari Jadi Pemalang

Pembukaan acara malam wungon diisi dengan sambutan dari Kepala Desa Kebandungan, selanjutanya acara dilanjutkan dengan doa dan tahlil bersama mendoakan hari jadi Pemalang. Acara terakhir yaitu makan bersama dan saling menjalin silaturahmi antar sesame warga Desa Kebandungan.

Malam Wungon Hari Jadi Pemalang

Editor : Muhammad Fahri

Pencegahan Stunting dengan MPASI

Bodeh, KKN Undip Tim 1 Desa Kebandungan – Hari Senin dan Selasa, 22-23 Januari 2019 Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP 2019 melakukan edukasi mendasar tentang MPASI di PKD Kebandungan. Hal tersebut dilakukan karena menurut data yang diperoleh, termasuk salah satu dari tiga desa stunting di Kecamatan Bodeh. Maka dari itu, diperlukan edukasi mendasar tentang cara-cara pembuatan, pemberian dan hal yang perlu diperhatikan dalam MPASI. Ibu Dewi selaku Bidan Kebandungan menyebutkan bahwa ibu-ibu pemilik balita masih kurang paham mengenai MPASI dan ASI eksklusif. Sering sekali terdapat kesalahan-kesalahan dalam pemberian MPASI salah satunya yaitu pemberian yang terlalu dini yaitu pada balita dibawah 6 bulan, selain itu menu MPASI yang diberikan cenderung rendah gizi untuk balita.

Pada saat pelaksanaan edukasi, dihadiri sekitar 15 Ibu balita per harinya dengan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari Senin untuk Ibu balita usia 0-6 bulan dan hari Selasa untuk Ibu balita usia 7-24 bulan. Para Ibu mengikuti kegiatan edukasi dengan serius dan juga aktif bertanya saat diakhir forum.

Pencegahan Stunting dengan MPASI

Editor : Dewandhaka Putra Andaru

Pelatihan Word dan Excel Perangkat Desa Kesesirejo

BODEH, Tim 1 KKN UNDIP Desa Kesesirejo – Tim 1 KKN Undip Desa Kesesirejo mengadakan pelatihan Microsoft yang diadakan di Balai Desa Kesesirejo (26/01/2019). Nanda, salah satu mahasiswa KKN mengatakan, ide ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan perangkat desa Kesesirejo di era perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dewasa ini. Tujuannya agar perangkat desa Kesesirejo dapat memanfaatkan tekhnologi mereka dan juga dapat mempermudahkan tugas di desa.

 

Microsoft Office sendiri adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan Power Point. Dalam pelatihan ini, aplikasi yang menjadi objek pembelajaran adalah Microsoft Office Excel dan Microsoft Office Word.

 

Pada pelatihan ini, peserta kegiatan difasilitasi laptop, modul pembelajaran, agar peserta pelatihan dapat mempraktikan langsung bagaimana menggunakan Microsoft Office Excel dan Word. Nanda sebagai penggagas pelatihan ini pun tampak bersemangat dalam menyampaikan materi juga menjawab pertanyaan yang dilontarkan peserta.
Kegiatan ini disambut baik oleh perangkat desa Kesesirejo. Pada kegiatan tersebut peserta kegiatan tampak begitu bersemangat dan aktif bertanya pada mahasiswa Tim 1 KKN Undip yang turut mendampingi pelatihan ini.

 

Rastiyo, salah satu perangkat desa Kesesirejo mengatakan, pelatihan ini baru pertama kali diikuti oleh perangkat desa. Menurutnya, ini merupakan pelatihan yang sangat bermanfaat mengingat hingga saat ini hanya sedikit perangkat desa Kesesirejo yang menguasai penggunaan Microsoft Office. Ini tentu menyulitkan bagi mereka, mengingat saat ini pengolahan dan pelaporan data desa harus dilakukan menggunakan komputer.

 

Dengan kegiatan pelatihan ini, tim KKN 1 Undip berharap kedepannya kemampuan perangkat desa Kesesirejo semakin meningkat sehingga mempermudah mereka dalam menjalankan pekerjaannya.

Kebandungan Sehat

Bodeh, KKN Undip Tim 1 Desa Kebandungan – 12 Januari 2019 Mahasiswa KKN Tim 1  Undip 2019 di Desa Kebandungan Kecamatan Bodeh mengikuti kegiatan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu). Kegiatan Posyandu ini dilaksanakan di RT 01 RW 03. Posyandu ini terstruktur dengan rapi dilihat dari administrasi, pelayanan serta sarana dan prasarana tertata dengan rapi dan juga para kader yang mengurus keberlangsungan posyandu sangat antusias. Keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan ini dalam rangka mengakrabkan diri dengan para kader PKK dan masyarakat.

Kegiatan kali ini mahasiswa turut membantu para kader dalam mengukur tinggi badan, mengukur berat badan serta mengukur lingkar kepala balita. Posyandu ini melayani imunisasi untuk balita, cek kesehatan tekanan darah bagi lansia dan cek kehamilan pada ibu hamil.

Peralatan Posyandu yang digunakan dalam kegiatan seperti pengukur lingkar kepala, pengukur berat badan, dan timbangan mendapat subsidi dari pemerintah.

Kegiatan Posyandu

Editor : Muhammad Fahri

Generasi Penerus Kebandungan Bebas Narkoba!

Bodeh, KKN Undip Tim 1 Desa Kebandungan – 18 Januari 2019 Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP 2019 melakukan edukasi mendasar tentang Narkoba di SDN 1 Kebandungan. Hal tersebut dilakukan karena menurut data yang diperoleh, kesadaran masyarakat secara umum tentang narkoba masih kurang. Maka dari itu, sebagai fondasi dari kepemimpinan di masa yang akan datang, Tim 1 KKN UNDIP 2019 memutuskan untuk menciptakan generasi penerus yang sadar akan jenis jenis dan bahaya narkoba. Ibu Sri selaku Kepala sekolah SDN 1 Kebandungan menyebutkan bahwa siswa-siswi SDN 1 Kebandungan masih kurang paham mengenai narkoba. Mereka jarang sampai tidak pernah mendapatkan edukasi tentang narkoba. Maka dari itu, kami memutuskan untuk menanamkan sifat anti narkoba kepada siswa-siswi SDN 1 Kebandungan.
Edukasi Bahaya Narkoba
Pada saat kami memaparkan materi menggunakan proyektor, siswa siswi SDN 1 Kebandungan begitu antusias dengan rasa keingintahuan mereka yang tinggi. Siswa siswi tersebut menerima materi yang disampaikan oleh narasumber dengan baik dan tenang. Mereka juga sudah tau jenis jenis narkoba yang umum beredar di Indonesia. Setelah memaparkan bahaya-bahaya dari narkoba tersebut, mereka langsung paham, mengapa narkoba harus dihindari. Siswa siswi juga sudah mengetahui bagaimana cara untuk terhindar dari narkoba, mulai dari pendekatan agama, psikologis, dan sosial. Setelah materi dipaparkan, ada sesi tanya jawab yang mana siswa siswi dapat berinteraksi dengan narasumber. Ketika narasumber menanyakan hal hal yang berkaitan dengan narkoba, siswa sudah paham dan bisa menjawab bahaya dan jenis jenis narkoba dengan baik.

Editor: Ariyoga Adento