Home » 2019 » October

Monthly Archives: October 2019

PENANAMAN BENIH SAYURAN BERSAMA SISWA-SISWI SDN 03 JATIWANGI, PAGERBARANG, TEGAL.

Selasa (23/7) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2019 melakukan pendampingan kepada siswa dan siswi kelas empat dan kelas lima SDN 03 Jatiwangi dalam penanaman benih sayuran. Kegiatan dilakukan di dalam ruangan kelas empat dan kelas lima SDN 03 Jatiwangi. Siswa dan siswi sebelumnya telah diminta untuk membawa botol plastik bekas pakai, tanah, dan pupuk sebagai peralatan yang dibutuhkan untuk menanam benih.

Kegiatan yang dimaksudkan untuk memanfaatkan sampah botol plastik dan memberikan pengetahuan kepada siswa dan siswi tentang penanaman benih ini dilaksanakan saat jam pelajaran berlangsung. Setelah mendapat perizinan dari pihak SD, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro langsung memberikan pendampingan untuk menanam benih sayuran. Pendampingan dilakukan oleh enam mahasiswa. Siswa-siswi SDN 03 Jatiwangi diajarkan proses penanaman benih sayuran dari mulai membuat tempat menanam benih sampai bagaimana cara menebarkan benih sayuran secara rata.

Siswa-siswi melakukan kegiatan penanaman benih sayuran dengan sangat antusias. Penanaman benih berlangsung selama kurang lebih dua jam. Setelah melakukan penanaman benih di dalam botol plastik, siswa dan siswi dibina oleh mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro untuk meletakkan botol plastik yang sudah ditanamkan benih di taman sekolah. Sebelum ditinggalkan dibawah sinar matahari, siswa dan siswi diinstruksikan untuk menyiram benih yang sudah ditanam minimal dua kali sehari pada padi dan sore hari supaya benih dapat tumbuh sebagai tanaman dengan baik dan sempurna.

 

Editor

drh. Siti Susanti, Ph.D