Home » 2020 » February » 01

Daily Archives: 1st February 2020

Mahasiswa KKN UNDIP Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Desa Sidomulyo Terkait IMB

Sidomulyo-Pagerbarang, Tegal (30/1) – Masih banyaknya masyarakat yang belum paham mengenai izin mendirikan bangunan menjadi penyebab utama pentingnya sosialisasi terkait izin mendirikan bangunan. Hal tersebut telah terkonfirmasi oleh perangkat desa tentang rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya izin mendirikan bangunan.

Sosialisasi terkait IMB kepada masyarakat Desa Sidomulyo

“Iya dek, masyarakat disini masih rendah sekali pengetahuannya tentang izin mendirikan bangunan. Jadi saya sangat setuju tentang penyuluhan pentingnya izin mendirikan bangunan” Tutur Pak Munanto yang menjabat sebagai Penanggung Jawab Kepala Desa Sidomulyo.

Izin mendirikan bangunan atau IMB adalah dokumen yang berisi perizinan, yang dikeluarkan oleh camat kepada pemilik bangunan yang ingin membangun, merobohkan, menambah atau mengurangi luas hingga merenovasi suatu bangunan. Karena sudah mengantongi izin  terkait penyuluhan izin mendirikan bangunan, maka sosialisasi dilakukan pada saat acara pengukuhan ketua RT dan RW yang bertempat Balai Desa yakni pada Rabu, 29 Januari 2020. Banyaknya peserta yang hadir dalam kegiatan ini, diharapkan semua informasi penting terkait IMB dapat sampai di masyarakat secara luas.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan penjelasan terkait pengertian tentang izin mendirikan bangunan, persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi serta alur yang akan dilakukan ketika mengurus izin mendirikan bangunan. Tidak lupa, mahasiswa juga menyampaikan berbagai manfaat yang akan didapatkan ketika selesai mengurus izin mendirikan bangunan. Pembagian leaflet dilakukan untuk mempermudah peserta dalam memahami informasi yang disosialisasikan Terlihat antusiasme peserta dalam memperhatikan materi dikarenakan sosialisasi seperti ini belum pernah ada sebelumnya. Hal tersebut dibuktkan dengan akitifnya peserta dalam mengajukan pertanyaan seputar materi. Dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya izin mendirikan bangunan serta segera mendaftarkan bangunannya sebagai upaya tindak lanjut dari program ini.

Editor : Nurhadi Bashit, ST., M.Eng, Dr, Untung Sujianto, SKp., M.Kes., Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc.

Pemanfaatan E-Commerce untuk Pemasaran Produk UMKM Desa Pegandon

Pegandon, Karangdadap – Diera digital saat ini, kita dituntut untuk  mengikuti perkembangan digital. Tidak dapat dipungkiri, bahwa perkembangan zaman saat ini sangatlah pesat. Semua serba menggunakan alat digital, media sosial, media online sebagai salah satu untuk komunikasi. Media sosial merupakan salah satu media online yang mana para penggunanya sangat mudah untuk berpartisipasi, berbagi, membuat konten, tulisan atau lainnya. Menurut data, hampir sepertiga pengguna internet menggunakan media sosial.

Tidak hanya sekedar itu, media sosial juga digunakan sebagai sarana pemasaran. Karena melalui media ini, jutaan pengguna dapat dengan mudah melihat produk-produk yang ditampilkan. SehingWhatsApp Image 2020-01-26 at 18.28.03ga memungkinkan besar untuk bertransaksi melalui media sosial/ media online.

Desa Pegandon merupakan salah satu desa di Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Sebagian besar masyarakatnya menggeluti Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM), seperti konveksi, batik, dan sebagainya. Beberapa usaha yang mereka kerjakan, sebagian besar dalam pemasarannya belum memanfaatkan media online sehingga informasi produk-produknya belum tersebar luas.

Senin (13/1), Tim I KKN Undip yang didampingi Dosen KKN-Solikhin, melakukan pendampingan dalam hal pemasaran produk kepada para pelaku UMKM Desa Pegandon, Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Pendampingan yang dilakukan adalah memanfaatkan media online untuk pemasaran produk UMKM.

“Kami akan memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran produk UMKM”, Tutur Solikhin.

Melalui saran media online ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Pegandon.

“iya, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat” Tambah Nizar Fahmi mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Undip.

Kegiatan ini melibatkan pemilik UMKM Desa pegandon Kec. Karangdadap Kab. Pekalongan. Terkhusus para pemilik UMKM yang belum memasarkan hasil produksinya di platform e-commerce. Jika ada yang sudah memasarkan hasil produksinya di platform e-commerce maka akan dilakukan pendampingan supaya hasil produksinya bisa terjual lebih banyak lagi dan bisa diketahui oleh masyarakat yang luas lagi.

Penguatan Budaya Literasi Media Dan Informasi Di Kecamatan Jaken

PATI, 20/01/2020 – Di zaman globalisasi ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terasa sangat pesat. Hal tersebut menawarkan banyak sekali kemudahan bagi manusisa dalam menjalankan kegiatan, termasuk kebutuhan informasi yang sudah menjadi aspek terpenting dalam kehidupan manusia, dari yang sifatnya hiburan sampai ilmiah. Dalam memahami banyaknya informasi yang berdatangan, kita ditekankan untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam berliterasi khususnya literasi media agar tidak mengalami kesalahpahaman atau terjebak akan informasi yang salah.
Literasi media merupakan kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media. Kemampuan ini ditujukan agar penikmatnya menjadi sadar (melek) tentang cara media dikonstruksi (dibuat) dan diakses. Dengan adanya literasi media, kita akan mempunyai kemampuan untuk memahami media baik yang tercetak maupun yang non cetak dari aspek penggunaannya hingga pesan yang disajikan. Dengan kemampuan tersebut, harapannya adalah masyarakat tidak mengalami disorientasi informasi.
Hal tersebut disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan KKN dari Fakultas Imu Budaya, Bapak Zaki Ainul Fadli, dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bertema “Penguatan Budaya Literasi Media Dan Informasi Di Kecamatan Jaken” yang diadakan di Desa Sidomukti, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kegiatan yang dilakukan di Balai Desa Sidomukti ini diselenggarakan pada hari Senin, 20 Januari 2020. Hadir pada kegiatan tersebut Ketua PKK Sidomukti dan warga masyarakat di Kecamatan Jaken. Materi kegiatan ini selanjutnya disampaikan oleh Arza, salah satu mahasiswa KKN Tim 1 Undip yang membawakan tips-tips mengenali berita hoaks di media sosial. Selain diadakan di Balai Desa Sidomukti, kegiatan penguatan literasi juga diselenggarakan di Desa Manjang, Kecamatan Jaken. Sebagai fasilitator kegiatan ini adalah Nurul Hardhiati yang membawakan materi mengenai penguatan budaya literasi dengan mading sebagai salah satu medianya.
Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat di Kecamatan Jaken semakin cerdas dalam memanfaatkan media dan informasi secara positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

Sex Education bagi Remaja Desa Nogosaren: Tabu atau Perlu?

Foto Reportase 4

Dusun Karangbawang – Sabtu (25/01/2020), telah dilaksanakan Edukasi Kenakalan Remaja dan HIV/AIDS oleh salah satu mahasiswa KKN Tim I Tahun 2020 Universitas Diponegoro, Dio Putra Pratama. Bertempat di rumah Bapak Slamet Sunyoto, kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 30 pemuda anggota Karang Taruna Dusun Karangbawang. Tema mengenai kenalakan remaja dan HIV/AIDS dirasa sangat penting untuk disampaikan kepada pemuda setempat karena banyaknya jumlah remaja dan angka penderita HIV/AIDS yang relatif tinggi di Kecamatan Getasan.  Dalam penyusunan materi edukasi, mahasiwa bekerjasama dengan Puskesmas dan pihak Kecamatan Getasan sebagai pihak yang lebih mengetahui kondisi sebenarnya yang dialami remaja setempat.

Kegiatan yang dimulai pukul 20.00 WIB berjalan dengan lancar. Materi yang disampaikan antara lain, edukasi mengenai bentuk-bentuk kenalakan remaja dan cara mengatasinya. Selain itu, dalam edukasi ini juga dijelaskan mengenai apa itu HIV/AIDS dan bagaimana cara penyebaran virus tersebut. Antuasisme audiens ditunjukkan dengan beberapa pertanyaan yang muncul pada sesi tanya-jawab. Kepala Dusun Karangbawang yang juga hadir pada kesempatan tersebut menyatakan bahwa edukasi dengan tema kenakalan remaja dan HIV/AIDS sangat penting untuk diberikan kepada remaja setempat. Hal ini mengingat pendidikan remaja yang relatif masih rendah, terutama terkait dengan sex education. Beliau mengakui bahwa beberapa pihak menganggap tema semacam ini masih terkesan tabu untuk diberikan kepada remaja. Namun demikian, tema ini sangatlah penting untuk menekan angka penderita HIV/AIDS. Selain itu, edukasi ini juga diharapkan dapat menekan angka pernikahan di usia dini. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan diskusi antara mahasiswa KKN dan beberapa pemuda Karang Taruna terkait materi yang telah disampaikan sebelumnya.

KKN Undip Serahkan Desain Gedung Kesenian Desa Getasan

Getasan (20/01/2020), telah dilakukan kegiatan monodisiplin oleh Lius Catur Adiputro dan Fauzan Adiyana di Balai Desa. Lius telah memaparkan desain gedung kesenian Desa Getasan. Selain itu,  Lius telah menyerahkan kepada Bapak Swarlan selaku Kepala Desa yaitu, produk berupa modul desain gedung kesenian yang sekiranya dapat dipakai atau menjadi referensi untuk Desa Getasan kedepannya. Rencananya, Desa Getasan akan membangun gedung kesenian sebagai salah satu objek wisata yang dapat menarik perhatian masyarakat kedepannya, mengingat kesenian merupakan salah satu potensi desa yang dimiliki Desa Getasan. Kemudian dihari yang sama, Fauzan memberikan pelatihan pembuatan pedoman baku tentang tata cara pembentukan peraturan perundang-undangan. Pelatihan tersebut sangat diapresiasi oleh perangkat desa karena sangat dibutuhkan bagi perangkat Desa Getasan. Fauzan juga memberikan modul pembuatan pedoman baku tentang tata cara pembentukan peraturan perundang-undangan kepada Bapak Kepala Desa. Produk-produk diatas telah diterima dengan baik oleh Bapak Kepala Desa dan semoga bermanfaat untuk Desa Getasan.WhatsApp Image 2020-01-31 at 14.16.56

LIMBAH SAMPAH JADI BERKAH MEWAH

Karangdadap, Pekalongan(31/1). Jumat 31 Januari 2020 Tim 1 Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro (KKN UNDIP) berhasil melaksanakan program multidisiplin bertajuk “Bimbingan Teknis Pembentukan BUMDes Berbasis Pengolahan Sampah” yang berlangsung di Balai Desa Desa Kebonrowopucang dihadapan perangkat desa dan juga masyarakat.

Pada kesempatan ini Tim KKN UNDIP mencoba untuk menggerakan warga Desa Kebonrowopucang untuk membentuk BUMDes berbasis pengolah sampah yang nantinya diharapkan dapat mengurangi limbah sampah rumah tangga dan mengubahnya menjadi suatu bentuk yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi yang  keuntunganya dapat dimanfaatkan untuk kemajuan masyarakat Desa Kebonrowopucang.

Kegiatan ini diawali dengan materi bagaimana bahaya yang dapat ditimbulkan sampah ketika tidak dikelola dengan baik. Lalu,dilanjutkan mengenai system pengelolaannya menggunakan alat pengubah sampah anorganik menjadi minyak tanah berbasis pirolisis. Selain itu, sampah plastik juga diolah menjadi plastic cacahan dengan menggunakan mesin pencacah sampah. Plastik cacahan ini memiliki nilai jual lebih. Kegiatan selanjutnya merupakan pemberian informasi mengenai apa itu BUMDes dan juga apa saja yang diperlukan dalam pembuatan BUMDes tersebut.

Kegiatan yang berlangsung pukul 19.30 ini berjalan dengan penuh antusias warga yang ditunjukan dengan menariknya diskusi dua arah yang berlangsung antara peserta dan juga Tim KKN UNDIP. Dengan antusias yang ditunjukan, diharapkan nantinya program BUMDes ini dapat berjalan dan membantu perihal pengelolaan sampah di Desa Kebonrowopucang.

 

Editor : Solikhin

KKN Undip Inisiasi Penanganan Permasalahan Desa Susah Air Samirono

Samirono, Kab Semarang– Desa Samirono merupakan salah satu wilayah yang berada di lereng Gunung Merbabu Kecamatan Getasan. Desa ini memiliki lima dusun yaitu Dusun Kendal, Dusun Pongangan, Dusun Samirono, Dusun Watu Lawang dan Dusun Tawang, kelima dusun dengan kesuburan tanah yang ada, namun tetap memiliki persoalan mengenai krisis air bersih. Persoalan ini sering terjadi pada tiap tahunnya dan masalah ini berpuncak pada kemarau Panjang yang hinggap selama delapan bulan hingga awal musim hujan sudah tiba. Menelisik kembali akan pentingnya air bersih bagi kehidupan masyarkat, Tim KKN I Undip Desa Samirono Tahun 2020 mempunyai sebuah gagasan untuk mengatasi krisis air yang berkepanjangan didesa tersebut dengan mengundang pihak dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral Cabang Telomoyo-Ungaran.

Senin, 27 Januari 2020, Tim KKN Undip telah melaksanakan salah satu program multidisiplin berupa peningkatan kualitas kesadaran masyarakat akan pentingnya pengentasan kekurangan air. Kegiatan ini dilaksankan di Balai Desa Samirono tepat pukul 10.00 WIB dalam kesempatan kali ini terdapat narasumber dari instansi terkait dan dihadiri oleh perangkat desa dan pengurus pamsimas desa setempat. Pembicara menjelaskan mengapa Desa Samirono dapat dikatakan menjadi langganan krisis air bersih karena berada di Cekungan Air Tanah rawa pening dan salatiga serta memiliki kontur tanah piroklastik merbabu 2 yang didalamnya terdapat batuan tuf dan breksi laharik yang berwarna kelabu kecokelatan, didominasi oleh tuf berukuran pasir halus berlapis dan fragmen batuan andesit berukuran kerikil. Dari penjelasan tersebut dapat diutarakan bahwa apabila hujan turun maka air hujan tersebut tidak dapat ditampung dilapisan tersebut melainkan langsung tembus ke lapisan berikut yang ada dibawahnya. Rekomendasi yang diberikan untuk mengatasi persoalan tersebut adalah pelibatan dari akademisi dari Teknik Geologi Perguruan Tinggi Negeri Universitas Diponegoro dengan maksud dan tujuan untuk melaksanakan penelitian terhadap kondisi geografis dan penentuan titik air supaya tepat sasaran serta membuat sumur resapan dengan ukuran tertentu yang ada di setiap rumah agar ketika hujan turun air tersebut mampu di tampung dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar.

Mengatasi Gaptek, Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Pelatihan Komputer

mengatasigaptek

Desa Samirono Ajak Perempuan Terlibat Aktif Dalam Pemberdayaan Ekonomi

kegiatan kerja bakti bersama warga samirono
kegiatan kerja bakti bersama warga samirono
Kegiatan pengukuran jalan untuk perbaikan jalan
Kegiatan pengukuran jalan untuk perbaikan jalan
Kegiatan kelompok wanita tani
Kegiatan kelompok wanita tani

Dusun pongangan adalah dusun yang sebagian besar penduduknya dengan mata pencaharian petani. Disini mahasiswa tim II KKN undip menjalankan program kerja tentang  pemaparan mesin pencacah yang disosialisasikan oleh jimmy cesario dari fakultas teknik mesin pada tanggal 25 juli 2016 dirumah ibu kepala desa samirono yang dilaksanakan pada jam 13.00-15.00 wib . Proker yang kedua mensosialisasikan tentang pembuatan silase yang dijelaskan oleh evy rahmawati dari fpp yaitu menjelaskan proses pengawetan pakan hijauan melalui fermentasi dengan menggunakan starter molasses dan proker dilaksanakan dirumah ibu kepala desa samirono jam 13.00-15.00 dan yang ketiga menjalankan proker tentang pembuatan pupuk organik yang dijelaskan oleh awang ghosypea dari fpp yaitu menggunakan pupuk EM4 yang dilaksanakan dirumah ibu kepala desa samirono jam 13.00-15.00 wib pada hari minggu tanggal 31 juli 2016 membantu dusun pongangan desa samirono melaksanakan kerja bakti untuk HUT ke-71 di rt 01.

 

KKN Undip Rintis Oleh-Oleh Khas Desa Samirono

Samirono, Kab. Semarang – Letak Desa Samirono yang berada di kaki Gunung Merbabu menjadikan daerah ini memiliki tanah yang subur sehingga cocok digunakan untuk sektor perkebunan. Salah satu komoditas perkebunan yang dimiliki oleh Desa Samirono ini adalah singkong. Produksi singkong yang cukup besar di desa ini, terutama di Dusun Watulawang, merupakan potensi yang harus dikembangkan. Sadar akan hal ini, tim KKN Undip Desa Samirono Tahun 2020 Periode 1 berinisiasi untuk menciptakan produk makanan yang terbuat dari singkong. Singkong yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dapat diolah dengan mudah untuk menambah nilai jual dari tanaman khas Indonesia ini. Hal itu lah yang dilakukan oleh Tim KKN Undip dengan cara mengolah singkong menjadi nugget.

Pada Sabtu, 17 Januari 2019, tim KKN Undip telah melaksanakan salah satu program monodisiplin berupa optimalisasi produk olahan singkong dengan pembuatan nugget singkong. Kegiatan ini dilakukan di Balai Desa Samirono dan diukuti oleh segenap anggota PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Peserta kegiatan diberikan pelatihan pembuatan nugget singkong yang berupa demonstrasi oleh mahasiswa KKN Undip. Peserta kegiatan pun diberikan sampel dari hasil olahan nugget singkong setelah demonstrasi selesai.

Harapan dari dilakukannya kegiatan ini adalah masyarakat dapat mengembangkan olahan singkong tersebut menjadi salah satu produk oleh-oleh khas daerah setempat. Selain itu, masyarakat juga didorong untuk mengembangkan kreativitasnya dalam mengolah hasil produksi perkebunan agar memiliki nilai jual yang lebih untuk membantu pertumbuhan perekonomian warga setempat.