Home » 2020 » February » 04

Daily Archives: 4th February 2020

Penyuluhan Penilaian Resiko Bencana Banjir Berbasis Komunitas di Desa Margorejo, Pati

Dit 1

Pemaparan Materi Penilaian Risiko Bencana Banjir Berbasis Komunitas di Balai Desa Margorejo (25/1)

 

WEDARIJAKSA, PATI (25/1) –  Tim KKN Desa Margorejo Kecamatan Wedarijaksa menggelar kegiatan penyuluhan tentang Penilaian Resiko Bencana Banjir Berbasis Komunitas bertempat di Balai Desa. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat Desa Margorejo merupakan kawasan rentan air bah yang merupakan banjir kiriman  dari Waduk Gunung Rowo pada saat debit air naik karena didera hujan lebat. Tampil sebagai narasumber:   Aisha Wirastri mahasiswa KKN dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Khansa Salsabila Afaf mahasiswa KKN dari Fakultas Kesehatan Masyarakat. Kedua narasumber menyampaikan materi “Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana” dilanjutkan dengan diskusi dan simulasi. Aktivitas simulasi diarahkan untuk mengenalkan pemetaan lokasi resiko bencana dan lokasi evakuasi. Penyuluhan diikuti 30 peserta dari anggota Kelompok Tani.

Peserta mengikuti kegiatan dengan penuh antusias hingga selesai. Semua peserta bersemangat dalam mengikuti diskusi dengan bersedia menunjukkan secara langsung sejumlah lokasi yang beresiko banjir. Selain itu, peserta juga bersedia menjelaskan sejumlah titik kerawanan yang berbahaya karena dapat mengancam sawah. Bermula dari simulasi, kemudian didapatkan informasi tujuh lokasi yang diprediksi beresiko banjir,  dan tiga rekomendasi lokasi untuk evakuasi yang terpetakan untuk memudahkan akses masyarakat dalam melakukan antisipasi (Aisya/Khansa). ***

 
Editor: Amirudin

Jelajahi Desa Ketangi Bersama Tim KKN UNDIP 2020

Ketangi, Rembang (12/01/20), kegiatan KKN UNDIP tahun 2020 dilakukan pada 3 kecamatan salah satunya adalah Kecamatan Pamotan,  Kecamatan Pamotan terdiri dari 23 desa, 10 diantaranya menjadi lokasi kegiatan KKN UNDIP salah satunya berada di Desa Ketangi. Sebanyak lima mahasiswa ditempatkan di Desa Ketangi, yang berasal dari berbagai jurusan. Diawal kegiatan KKN, kelima mahasiswa KKN diajak berkeliling menjelajahi Desa Ketangi untuk lebih mengenal kondisi desa baik dari segi lingkungan maupun dari segi kondisi sosial masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari senin 6 januari 2020 (08.00), yang didampingi oleh perangkat Desa Ketangi yang meliputi masing-masing kepala dusun yaitu kepala Dusun Ropoh, Kepala Dusun Ketangi Barat, Kepala Dusun Ketangi Timur, dan Kepala Dusun Plukisan.

line_131277108187747Sumber : Dokumentasi KKN UNDIP Tim 1, 2020

line_131415246860832Sumber : Dokumentasi KKN UNDIP Tim 1, 2020

Berdasarkan hasil jelajah desa, potensi utama yang ada di Desa Ketangi adalah lahan pertanian tebu, dan salah satu masalah utama yang ada di Desa Ketangi adalah kekurangan sumber daya air. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak pemerintah Desa Ketangi seperti pembangunan embung dan sumur. Keberadaan sumur-sumur air sebagian besar berada di Dusun Plukisan, namun dari banyaknya sumur, hanya terdapat 1 sumur yang dapat dimanfaatkan. Terdapat juga belasan mesin air yang digunakan untuk memompa air, namun sebagian besar mesin tersebut tidak dapat digunakan, keberadaan embung yang ada di Desa Ketangi telah beralih fungsi menjadi lahan pertanian dan lapangan.

line_131436090676987Sumber : Dokumentasi KKN UNDIP Tim 1, 2020

Editor: Hendrik A.S.

Sputum dipunguti, TB Dibasmi

Tempaling, Rembang (11/1) – Siang itu telah diadakan penyuluhan Sputum di Desa Tempaling. Bersama dengan TIM 1 KKN Undip Desa Tempaling para warga yang berpotensi mengidap penyakit TB Paru diundang untuk melakukan pemeriksaan.

Berdasarkan hasil SMD (Survei Mawas Diri), 80% warga yang mengalami indikasi TB Paru nya tidak berobat secara teratur. Oleh karena itu dengan “Gerakan Sputum dipunguti, TB dibasmi” harapannya dapat mendorong masyarakat untuk memeriksakan penyakitnya apabila terbukti mengidap penyakit TB Paru. Acara tersebut dipimpin oleh tim dokter dari Puskesmas Kecamatan Pamotan. Hari itu warga yang hadir sekitar 15 orang yang kemudian diadakan penyuluhan pentingnya diadakan kegiatan tersebut yang dilanjutkan dengan pembagian wadah pengambilan sputum.

Tim dokter juga menyampaikan cara pengambilan sputum yang benar yaitu dengan beberapa tahapan-tahapan. Setelah bangun pagi (sebelum makan atau minum apa pun) sikatlah gigi dan bilas mulut dengan air. Sebisa mungkin tidak menggunakan cairan pencuci mulut. Selanjutnya jika memungkinkan, pergilah ke luar atau buka jendela sebelum mengambil sampel sputum. Ini membantu melindungi orang lain dari kuman TBC ketika batuk. Langkah selanjutnya adalah ambil napas dalam-dalam, kemudian tahan selama 5 detik. Setelah itu secara perlahan keluarkan napas. Ambil napas dalam sekali lagi, kemudian batuklah dengan keras sehingga keluar sputum di mulut. Selanjutnya ludahkan sputum ke wadah yang telah diberikan. Ulangi kegiatan ini terus sehingga sputum mencapai garis 5 ml (atau lebih) pada wadah. Pasang tutup wadah dengan kuat agar tidak bocor. Cuci bagian luar wadah, kemudian keringkan. Selanjutnya tuliskan tanggal pengambilan sputum pada wadah tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini, Desa Tempaling telah menyatakan kepedulian terhadap kesehatan paru para warga Desa Tempaling. Mari dukung Gerakan ini: Sputum dipunguti, TB dibasmi, warga Tempaling siap jadi warga sehat!

Foto Bersama Tim Dokter Sputum Puskesmas Pamotan

Editor: Hendrik A.S.

REMAJA BANGKIT MAJUKAN TEMPALING, GEBRAK !!

Minggu, 19 Januari 2020 – Merokok bukanlah hal yang aneh lagi di masa kini. Di keseharian kita, di tempat kerja, lingkungan keluarga hingga jalanan umum yang biasa kita lalui. Merokok seolah menjadi budaya akibat terbiasakan dalam kehidupan masyarakat. Terlepas dari itu, rokok sangat berbahaya bagi kesehatan para perokok aktif maupun pasif yang hanya terpapar asap dari rokok tersebut. Di Desa Tempaling sendiri presentase anggota keluarga yang merokok sebesar 67,84 %  ini berarti disetiap rumah warga terdapat perokok aktif. Berdasarkan informasi dan survey yang didapat maka dari itu untuk mengurangi bertambahnya jumlah perokok aktif di Desa Tempaling maka diadakannya pemberdayaan remaja dalam program “ Desa Anti Rokok”.

Pemberdayaan remaja ini dilakukan dengan cara edukasi terhadap remaja di Desa Tempaling tentang bahaya merokok juga dilakukannya simulasi secara langsung menggunakan alat sederhana untuk membuktikan adanya zat Tar dan Gas Karbon Monoksida yang berbahaya bagi tubuh. Selain edukasi bahaya merokok bagi remaja program “Desa Anti Rokok” juga melakukan pembentukan Tim yang disebut GEBRAK (Gerakan Bersama Remaja Anti Rokok). Tim ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja di Desa Tempaling untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung kawasan yang aman dari asap rokok untuk lingkungan yang lebih sehat untuk seluruh warga Desa Tempaling.

Tim GEBRAK merupakan suatu kelompok remaja yang melakukan kegiatan rutin setiap bulannya untuk berpartisipasi dalam mendukung “Desa Anti Rokok”. Salah satu kegiatan dari GEBRAK adalah melakukan kegiatan bersama remaja dalam sharing bahaya rokok juga adanya platform untuk berbagi informasi untuk warga Desa Tempaling.

Negeri ini bukan hanya butuh pemuda pencari solusi, tapi butuh banyak pemuda yang berani membawa perubahan

Gambar. Pengedukasian Bahaya Merokok

Editor: Hendrik A.S.

KKN UNDIP PANEN AIR HUJAN

Gambar. Program Multidisiplin
Gambar. Program Multidisiplin

Ketangi, Rembang (29/01/2020), telah dilaksanakan Program Multidisiplin dari mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim 1 Tahun 2020 di Balai Desa Ketangi. Program multidisiplin yang disampaikan yaitu tentang “Pemanfaatan Air Hujan dengan Sistem Panen Air Hujan untuk Kebutuhan Sehari-hari dan Budidaya Ikan”. Program multidisiplin ini merupakan program kolaborasi antara 3 Fakultas yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Program ini merupakan ide perencanaan dari Tim KKN Universitas Diponegoro untuk menanggulangi kekeringan di Desa Ketangi, dengan menampung air hujan pada suatu wadah yang dapat dialirkan untuk 1 atau 2 rumah.

Gambar. Program Multidisiplin
Gambar. Program Multidisiplin

Pemaparan program multidisiplin ini dihadiri oleh perangkat desa dan warga Desa Ketangi yang meliputi 4 dusun yaitu Ketangi Barat, Ketangi Timur, Plukisan dan Ropoh. Program perencanaan ini disambut antusias oleh warga, dikarenakan kekeringan serta kekurangan air bersih merupakan masalah utama di desa Ketangi. Diharapkan perencanaaan program pemanfaatan air hujan ini dapat membantu permasalahan di Desa Ketangi dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Editor: Hendrik A.S.

WAJAH CANTIK BERSERI ALAMI DENGAN MASKER ASLI DESA BANGUNREJO

Gambar. Pembuatan Masker Beras bersama PKH Desa Bangunrejo            

Bangunrejo, Pamotan Rembang (25/01/20) “Mau punya wajah cantik berseri alami ? Gunakan masker beras asli Desa Bangunrejo”. Bangunrejo, salah satu desa di Kota Rembang yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, mulai dari menanam padi, jagung, kelapa, cabai, ketimun, dll. Melihat potensi hasil pertanian yang melimpah inilah mahasiswa KKN Undip TIM 1 membuat inovasi untuk mengolah beras yang sebelumnya hanya di jual mentahan, kini dapat diubah menjadi masker wajah yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dibandingkan beras yang hanya dijual dalam bentuk mentahan.

             Pelatihan pembuatan masker beras bekerjasama dengan penerima bantuan pelita Keluarga Harapan (PKH) Desa Bangunrejo yang sasaran nya adalah perwakilan ibu – ibu dari seluruh Dukuh yang ada di Desa Bangunrejo. Masker beras yang dibuat dicampur dengan bahan alami lain, seperti daun pandan dan kunyit dengan kegunaan yang berbeda – beda. Kedepan diharapkan agar masyarakat Desa bangunrejo dapat membuat inovasi – inovasi masker beras baru dengan memanfaatkan bahan – bahan alami yang ada di lingkungan sekitar mereka.

Editor: Hendrik A.S.

Which Roulette Apps Will Be the Very Best Roulette Software Packages?

Which Roulette Apps Are the Greatest Roulette Applications?

Everybody would like to engage in with the ideal roulette matches out there on the industry now. On what is available, people don’t need to settle. They want to engage in on the stage that they come across supplies and gets the features.

Roulette is a casino game people have been playing for decades. It is one of the very adored games because of its quality and the means. In spite of the fact that blackjack is obviously popular, it can be easily mis read. However good the applications, it cannot hide the fact that the Leading Roulette Programs player needs to be honest with their stakes.

Apps have various things to offer. Many are free while some can price a few dollars. Some are available totally free to download and trial while some others are a purchase. It’s up to this consumer. You’ll find gaps between these though these are alike.

Now, there are two principal categories of different roulette programs. The first category consists of the ones that are downloaded from the internet and are therefore less likely to be contaminated with viruses. This is the kind.

The second kind is that the version that are completely totally free. They are certainly effective at enjoying blackjack although All these really generally are not without any flaws. These programs are tested by experts, who ensure that all the software gets got the very best matches games. The consumers are protected from viruses or spyware and the gambles they wish without even being affected by the addiction can be taken by the players.

Roulette is a fun and challenging match. Lots of users have a tendency to eliminate the game on account of the fact that they aren’t employing the best roulette apps for their protection, although it’s an enjoyable game. Instead of trying to guard themselves, customers should attempt and increase their expertise so they could play roulette like gamblers.

Consequently, if the program plays with with best blackjack matches and is absolutely totally free, the person needs to think about because the very ideal alternative. But many users opt for spending to get their favourite program. This really is only because they’ve the selection of buying a program or buying a match that is new. Purchasing a brand new program means becoming a more complex and high priced variant of the game.

The roulette apps’ expense depends on complexity of this game’s degree, the sum of money spent upgrading the matches and the features of the app has. By way of example, a game that is simple would not need a lot of money to be spent on updates. If this game is more complex and needs money to obtain, subsequently a total cost of this system will go upward.

Before purchasing a program, end users must do their research on the application first. This will make sure they have a superior deal. A few roulette app providers offer you a risk trial offer and also users ought to benefit from this option. The app ought to try and find out whether they would care to buy it.

Users should also think about the versions which are supplied If coming up with the decision to purchase a program. Clients try the apps out and then should start looking for those that are similar to the paid version. The people that have a feature list that is much better will have more features compared to one other person.

It is important for consumers to understand what’s your ideal blackjack program as there are lots of roulette programs offered for downloading. An individual needs to receive yourself a combo. An individual needs to not count using an individual app alone.