Home » 2020 » February » 08

Daily Archives: 8th February 2020

MLAGEN STORY5: LANSIA DIGOYANGG

pemaparan materi

MLAGEN, Rembang (02/02) Telah dilaksanakan acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Tribina (BKB, BKR, BKL). Kegiatan ini memprioritaskan lansia beserta keluarganya sebagai sasaran kegiatannya. Seperti kegiatan kesehatan lainnya, pelatihan ini juga dilaksanakan di Balai Desa Mlagen. Kegiatan dilaksanakan pukul 09.00-12.00 WIB.

Acara dimulai dengan doa dan sambutan-sambutan dari kepala desa, ketua FKK, serta ketua pelaksana. Kemudian acara dilanjutkan dengan transparansi keuangan dan pemberian materi terkait kesehatan lansia. Pada kesempatan ini mahasiswa KKN Undip khususnya dengan jurusan Kesehatan Masyarakat memberikan materi pencerdasan kepada masyarakat. Materi yang diberikan ialah  mengenai Ostheoarthritis atau kerapuhan tulang. Materi ini dianggap penting untuk diberikan karena besarnya kemungkinan para lansia dapat mengalami penyakit ini. Namun, dengan minimnya pengetahuan masyarakat, kesalahan dalam penangan rentan terjadi. Sehingga kami mahasiswa KKN UNDIP memutuskan untuk memberikan materi tersebut. Selain itu harapannya lansia dan keluarganya dapat mencegah terjadinya penyakit ini sehingga semakin sedikitnya angka kesakitan khususnya pada penyakit Ostheoarthritis. Senangnya kami, dikarenakan selama pemberian materi masyarakat yang hadir antusias untuk bertanya dan menanggapi. Harapannya masyarakat dapat menerapkan mater yang telah diberikan di kehidupan sehari-hari.

melakukan senam lansia

Acara dilanjut dengan senam lansia. Semua audiens turut serta mengikuti gerakan instruktur senam yang dipimpin oleh salah satu mahasiswa KKN UNDIP. Euforia yang dirasakan selama senam sungguh terasa. Selain menyenangkan senam juga baik untuk kesehatan para lansia.  Sebagai penutup acara ini dibacakan tahlil yang diikuti oleh seluruh peserta acara. Dengan demikian acara selesai dilaksanakan.

(TIM KKN MLAGEN)

Editor : Diar

MLAGEN STORY 5 : EKADO LUDES DIBORONG REKTOR UNDIP

Desa Pamotan, Rembang – Kamis, 6 Februari 2020 diselenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi yang bertemakan “Rembang Berkembang”. Tujuan acara ini adalah untuk memperlihatkan seberapa jauh program KKN Tim 1 yang berada di Kabupaten Rembang berjalan. Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama S. H.,M. Hum., Bupati Kabupaten Rembang H. Abdul Hafidz serta jajarannya dan rombongan dari UNDIP yang terdiri dari pimpinan LPPM sampai Dekan setiap fakultas pun turut hadir.

Kunjungan Rektor Undip di Stand Desa Mlagen

Acara berlangsung pukul 13.00-15.00 WIB. Pertama-tama Prof. Yos dan Bapak Abdul datang ke lokasi kemudian langsung menuju ke stand pameran yang sudah dipersiapkan oleh mahasiswa. Setiap mahasiswa yang berada pada stand tersebut menjelaskan produk yang dipamerkan kepada Prof. Yos dan Bapak Abdul secara rinci. Tidak jarang Pak Yos membeli semua produk yang ada pada stand untuk dinikmati bersama pengunjung lainnya. Tim KKN Desa Mlagen memamerkan produk unggulan yaitu Ekado. Ekado merupakan produk makanan yang berbahan baku ikan yang dicampur dengan bumbu-bumbu dapur pada umumnya seperti bawang putih, bawang bombay, wortel dll, kemudian dibalut dengan kulit lunpia lalu digoreng. Ekado terjual habis langsung dibeli semua oleh Pak Yos dan pengunjung lainnya menikmati produk dari Tim KKN Desa Mlagen. Tidak hanya Ekado yang dipamerkan, tim KKN Desa Mlagen juga memamerkan pembuatan pupuk cair yang berasal dari limbah ikan, leaflet dan booklet yang merupakan luaran dari pelatihan ibu-ibu PKK serta ibu-ibu hamil yang berada di Desa Mlagen, dan juga peta citra satelit.

Acara setelah kunjungan stand adalah makan bersama kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Alvis ketua panitia, Bapak Mahfudz sebagai Camat Kecamatan Pamotan dan Prof. Yos selaku Rektor Universitas Diponegoro yang kemudian acara dibuka oleh Prof. Yos. Setelah pembukaan acara, terdapat presentasi dari setiap kecamatan yang mendapatkan program KKN, yaitu Kecamatan Sedan, Sarang dan Pamotan. Presentasi setiap kecamatan diwakili oleh koordinator kecamatan masing-masing. Kecamatan Pamotan diwakili oleh Ahmad Musawwir, kemudian Kecamatan Sedan diwakili oleh Fega Frendiansyah dan Kecamatan Sarang diwakili oleh Angga Satria Wicaksana. Presentasi berisikan program-program unggulan dari setiap kecamatan. Presentasi ditanggapi positif oleh pengunjung yang hadir. Presentasi pun berakhir, kemudian acara ditutup dengan foto bersama.

 (TIM KKN Desa Mlagen)

Editor : Diar

GAMBIRAN SERIUS PUNYA WISATA!

Desa Gambiran, Kecamatan Pamotan (3/2) – TIM I KKN UNDIP melakukan pelaksanaan Program Multidisiplin yaitu Perencanaan Desain Wisata Embung Desa Gambiran. Setelah melakukan konsultasi ke Dinas Pariwisata, TIM I KKN UNDIP melakukan pemaparan ke masyarakat desa mengenai desain kawasan yang akan diterapkan di Embung Desa Gambiran. Kegiatan tersebut mengundang Kepala dan Perangkat Desa Gambiran, Ketua dan Anggota BPD Desa Gambiran, Ketua dan Anggota LPMD Desa Gambiran, Ketua RW dan RT Desa Gambiran, Pengurus PKK Desa Gambiran, Ketua Karang Taruna Desa Gambiran, Kepala Satgas Linmas Desa Gambiran, dan Anggota IPNU.

Mahasiswa KKN telah mengumpulkan dan mengidentifikas potensi dan masalah yang ada di Desa Gambiran melalui survey-survey yang telah dilaksanakan sebelumnya. Hal ini bertujuan agar kedepannya program yang direncanakan akan tercapai dan berjalan dengan lancar. Kegiatan tersebut dilakukan diskusi dan memberikan masukan mengenai desain yang telah Mahasiswa KKN kerjakan. Adanya rencana wisata embung di Desa Gambiran sudah disetujui oleh pihak Kecamatan Pamotan dan Dinas Pariwista siap membimbing pelaksanaan program pariwisata di Desa Gambiran. Pemaparan program disini berguna untuk menggerakkan masyarakat untuk bekerjasama membangun pariwisata di Desa Gambiran dan diharapkan program tersebut dapat terealisasikan dengan baik.

 

Editor: Diar

Gerakan Literasi Sekolah di SDN 1 Lodan Kulon

Lodan   Kulon,   Sarang,     Rembang     (30/1)   –   Literasi   merupakan   kemampuan   mengakses,memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, contohnya membaca, melihat, menyimak, menulis, serta berbicara.  Gerakan   Literasi   Sekolah   bertujuan,   agar   siswa   memiliki   budaya   membaca   dan   menulis, sehingga   tercipta   pembelajaran   sepanjang   hayat   melalui   perlibatan   publik.

Setelah dilakukan survey oleh Tim 1 KKN Universitas Diponegoro, diketahui minat membaca dan menulis siswa SDN 1 Lodan Kulon masih sedikit. Bahkan, siswa-siswi SDN 1 Lodan Kulon jarang mengunjungi perpustakaan sekolah. Oleh karena itu Tim 1 KKN UniversitasDiponegoro   pada   Kamis   (30/1)   mengunjungi   SD   Negeri   1   Lodan   Kulon   untuk mensosialisasikan Gerakan Literasi Sekolah yang ditujukan untuk siswa kelas 4.

Tim 1 KKN Universitas Diponegoro memberikan materi-materi pembelajaran literasi, seperti empat cara membaca, yaitu membacakan nyaring, membaca terpadu, membaca bersama, dan membaca mandiri. Ada pula tiga tahapan pelaksanaan GLS, yaitu membaca selama 15 menit, kegiatan menanggapi buku pengayaan, dan strategi  membaca di semua buku mata pelajaran.

Siswa-siswi kelas 4 SDN 1 Lodan Kulon mengikuti materi dengan sangat antusias, sehingga kegiatan sosialisasi ini berjalan secara kondusif. Harapannya ke depan, minat membaca dan menulis  siswa SDN 1  Lodan Kulon semakin meningkat, agar tercipta lingkungan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literet. (Rev /Ear)

 

Reportase Lodan Kulon ...10

Foto: Tim 1 KKN Universitas Diponegoro Bersama

Siswa-siswi Kelas 4 SDN 1 Lodan Kulon

 

Ecobrick, Solusi Kreatif Atasi Sampah Plastik

Sarang Meduro, Sarang, Rembang (1/2). Mahasiswa KKN I UNDIP melaksanakan kegiatan pengenalan dan pelatihan ECOBRICK. Faktor diadakannya kegiatan tersebut karena banyaknya sampah plastik yang belum dimanfaatkan. ECOBRICK sendiri merupakan salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik dengan mengolahnya menjadi barang yang lebih bermanfaat, seperti menjadi pengganti batu bata, sofa, meja, kursi dan barang rumah tangga lainnya.

Pelaksanaan kegiatan dihadiri 18 orang dari ibu PKK, kader kesehatan serta perangkat desa. Kegiatan bertempat di Kantor Desa Sarang Meduro, menghasilkan 9 botol ECOBRICK yang akan digabungkan menjadi kursi kecil untuk anak – anak. Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat Desa Sarang Meduro. (Rev / Ear)

Ekobis ..sarang meduro

Foto : Pemaparan materi tentang ECOBRICK

Ecobrik...sarang meduro ..02

Foto : Pelatihan pembuatan ECOBRICK

Lansia Sehat,  Kuat,  Produktif Melalui Posyandu Lansia  Kalipang

 

Lansia Kalipang ...01

Foto 1 : Foto Bersama Kader dan Peserta Posyandu Lansia

Kalipang, Sarang, Rembang (4/02) – Telah dilaksanakan program Optimalisasi Posyandu Lansia Melalui Kader Lansia oleh salah satu mahasiswa KKN Tim 1 Tahun 2020 Universitas Diponegoro, Wiranti. Kegiatan ini dilaksanakan di Posbindu Desa Kalipang pada Selasa (28/1). Lebih dari 20 peserta posyandu lansia datang untuk merasakan rangkaian acara posyandu lansia di Desa Kalipang yang berbeda dari biasanya.  Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat ini bersama kader lansia merangkai kegiatan posyandu, agar para lansia dapat merasakan dampaknya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kegiatan ini dilatar belakangi banyaknya masalah kesehatan yang diderita masyarakat usia lanjut di Desa Kalipang. Para lansia ini sebagian besar memiliki riwayat Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan kondisi kronis, di mana penyakit berkembang secara bertahap dan memburuk dalam jangka waktu yang lama. Beberapa bulan yang lalu desa ini sudah mulai menjalankan kegiatan posyandu lansia untuk mengatasi masalah ini, namun dalam pelaksanaannya kader bcapai tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat lansia Desa Kalipang, Wiranti bersama TIM I KKN UNDIP 2020 berinisiatif untuk melakukan optimalisasi posyandu lansia melalui kader lansia yang menerapkan upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Sebelum pelaksanaan posyandu lansia para kader diberikan edukasi oleh Wiranti mengenai pentingnya pemberian materi pada saat kegiatan posyandu sebagai upaya promotif dan melakukan senam sebagai upaya preventif.

Senam lansia ...kalipang 02 :                                                       Foto 2 :. Pelaksanaan Senam Lansia

Kegiatan yang dimulai pada pukul 15.30 WIB ini berjalan dengan lancar. Dibuka dengan perkenalan mahasiswa KKN dan doa, kemudian dilanjutkan dengan senam lansia yang dipimpin oleh mahasiswa KKN dan kader lansia. Walaupun keringat sudah bercucuran tetapi semangat para lansia Desa Kalipang belum juga padam. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai diabetes meilitus oleh bidan desa, iti Nur Fadhilah. Selanjutnya para lansia melakukan pengecekan kesehatan seperti mengukur tinggi badan, berat badan, dan tekanan darah yang dibantu oleh kader landia. Tak lupa para kader juga mencatat hasil pengecekan keseahatan agar dapat dilakukan monitoring kesehatan setiap bulannya. Lansia yang memiliki keluhan kesehatan diberikan obat oleh bidan desa sesuai dengan diagnosa hasil dari keluhan yang disampaikan.

Lansia ...kalipang 03

Foto 3 : Pelaksanaan Posyandu Lansia

Kegiatan ini diharapkan dapat terus dilanjutkan di Desa Kalipang. Kader lansia dapat mengoptimalkan program posyandu lansia dengan menerapkan upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Sehingga kedepannya masyarakat lansia Desa Kalipang terus sehat, kuat, dan semakin produktif. (Rev/Ear)Lansia Kalipang ...01