Home » 2020 » February » 10

Daily Archives: 10th February 2020

‘Literasik’ gerakan berliterasi di Desa Batursari

Pemalang– Jum’at, 31 Januari 2020 Salah satu kegiatan rutin di Desa Batursari Kecamatan Pulosari adalah pengajian mingguan yang lokasi kegiatannya bergilir dari rumah warga yang satu ke rumah warga lainnya. Pada kali ini, kegiatan mahasiswa KKN TIM I UNDIP, Faiz Azhari mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya berkesempatan menyampaikan sebuah materi yang bertajuk ‘literasik’. Materi tersebut merupakan sebuah gerakan untuk mendorong orang tua, khususnya para ibu untuk meningkatkan kecerdasan anak dengan cara berliterasi.

Pada kesempatan kali ini, Faiz memilih menyampaikan cara berliterasi dengan mendongeng. Pemilihan dongeng yang tepat untuk anak sesuai usia, memulai cara mendongeng, juga manfaat mendongeng bagi untuk anak ataupun orang tua. Ibu-ibu yang memang hadir dalam pengajian tersebut tampak sangat antusias mendengarkan.

IMG_6346

Editor:

Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Eva Annisaa, S.Farm., Apt., M.Sc.

Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

Desa Batursari Menyambut Pompa Hidram

Batursari – Sabtu, 01 Februari 2020 Musim penghujan menjadi sebuah anugerah untuk masyarakat Desa Batursari Kecamatan Pulosari yang biasanya mengalami kekeringan. Pada musim penghujam seperti ini, air melimpah dan biasanya warga memiliki tempat penampungan air hujan di setiap rumahnya. Air hujan yang tertampung biasanya akan dipompa menggunakan mesin pompa listrik ke toren air guna kebutuhan sehari-hari. Melihat hal tersebut, Muhammad Hisyam Hanief, mahasiswa jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik memberikan sebuah alternatif lain untuk para warga memompa air tampungan menggunakan pompa hidram. Sebuah pompa air tanpa listrik yang dirasa bisa dijadikan opsi menggantikan pompa listrik yang mahal.

Pompa Hidram, Hisyam sampaikan pada sebuah kegiatan pengajian warga yang biasanya dilakukan setiap sabtu malam. Dalam kegiatan tersebut, Hisyam menyampaikan teknis pembuatan pompa hidram meliputi, apa saja alat yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya. Warga tampak antusias dan menyambut dengan baik mengenai pompa hidram tersebut.

WhatsApp Image 2020-02-02 at 1.12.50 PM

Editor:

Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Eva Annisaa, S.Farm., Apt., M.Sc.

Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

Skrining Tumbuh Kembang Anak di Desa Pagenteran menggunakan DDST dengan Metode Bermain

Pemalang (17/1). Mahasiswa Undip melaksanakan program DDST dengan metode bermain Engklek di Desa Pagenteran Kecamatan Pulosari. Tujuan dari Program ini yaitu untuk mengetahui pertumbuhan anak umur 3-5 tahun. Seperti perkembangan Motorik halus, motorik kasar, bahasa dan personal sosial.

Program ini diawali dengan permainan Engklek yang diikuti oleh 20 anak di Paud Nusa Indah.  Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti permainan Engklek. Setelah permainan Engklek dilanjutkan dengan memberi pertanyaan sesuai umur. Anak-anak sangat antusias dalam menjawab pertanyaan. Beberapa anak-anak tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan.

Setelah program selesai, dilanjutkan dengan pelatihan cuci tangan bersama anak-anak. Anak-anak diajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar dengan air dan sabun. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama anak-anak. Diharapkan dengan program ini dapat mengetahui tumbuh kembang anak.

Program dilanjutkan pada hari kamis (23/1) di Paud Nusa Indah. Program terdiri dari 3 pos yang diisi oleh mahasiswa KKN UNDIP. Setiap pos anak-anak diberi pertanyaan tentang bagaimana cara memakai baju, pertanyaan tentang lawan kata, cara menggambar, main ular tangga dan menyusun balok.

Anak-anak sangat antusias dalam menjawab pertanyaan dan mengikuti program yang diberikan dari mahasiswa Undip. Beberapa tidak bisa menjawab pertanyaan. Diharapkan program ini dapat menjadi salah satu acuan untuk mengetahui tumbuh kembang anak.PROKER YULI PAUD

PROKER YULI PAUD 1

Editor:

Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Eva Annisaa, S.Farm., Apt., M.Sc.

Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

Gejolak Semangat Sehat Lansia Jurangmangu

posbinduKab. Pemalang, Kec. Pulosari, Desa Jurangmangu (17/1) Lansia Jurangmangu antusias mengikuti program bulanan Posbindu yang diselenggarakan oleh Ibu-ibu kader Posbindu, bertempat di Balai Desa Jurangmangu, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang. Kegiatan diawali dengan Senam Hipertensi pada pukul 09.00 yang dipimpin oleh Amira Huwaida, mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi. Senam Hipertensi dilaksanakan mengingat populasi penderita Hipertensi di Jurangmangu cukup tinggi dan mayoritas penderitanya adalah lansia. Kemudian rangkaian acara selanjutnya dilaksanakan pengukuran tekanan darah, gula darah, dan asam urat sebagai pemeriksaan rutin yang bertujuan untuk mendata kesehatan warga desa. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh lansia tetapi juga oleh perangkat dan kepala desa. Acara ini diselenggarakan rutin oleh Posbindu Jurangmangu dan bulan Januari lalu dibantu oleh Mahasiswa KKN Tim I.

Bersamaan dengan acara tersebut, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro mengadakan program penyuluhan tentang Sekolah Pendidikan Kader Pembinaan Posyandu, Kader Cerdas Tangani Hipertensi dan Edukasi Kefarmasian pada Kader Kesehatan. Program ini digagas oleh Amira Huwaida, Mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi dan Febrina Safitry, Mahasiswa Jurusan Farmasi. Progam ini sendiri dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kader mengenai kegiatan posyandu secara umum dan cara pengukuran antropometri yang baik dan benar, serta pemahaman mengenai penggunaan obat-obatan saat posbindu karena mengingat sebelumnya belum pernah diadakan pelatihan dan Pendidikan kader mengani hal tersebut. Selain itu, edukasi kepada kader kesehatan terkait penanganan hipertensi juga dilakukan.

Kegiatan ini menggunakan booklet sebagai media penyuluhan dan praktik pengukuran antropometri secara langsung oleh kader. Mahasiswa Tim I 2020 berharap kegiatan ini dapat diaplikasikan secara rutin dalam periode tertentu oleh Bidan Desa maupun Kader Kesehatan sehingga dapat menciptakan pelayanan ke masyarakat yang lebih baik.

Editor:

Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Eva Annisaa, S.Farm., Apt., M.Sc.

Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

Reporter : Mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 202

Gomi Bunbetsu Sebagai Edukasi Pengelolaan Sampah Untuk Menjaga Lingkungan Secara Berkelanjutan di Desa Jurangmangu

desi2

Kab. Pemalang Kecamatan Pulosari, Jurangmangu (26/1) Pengelolaan sampah di desa Jurangmangu masih belum berjalan dengan baik, meskipun bank sampah sudah terbentuk namun warga belum sepenuhnya menerapkan pengelolaan sampah. Banyak sampah plastik yang berakhir di pembakaran ataupun dibuang di sungai.

Dengan adanya permasalahan lingkungan yang mulai menjadi perhatian banyak pihak, mahasiswi KKN Tim I Universitas Diponegoro mengadakan program edukasi tentang pemisahan sampah serta cara pengelolaannya. Pelaksanaan program tersebut bersamaan dengan acara pertemuan rutin  muslimat NU – fatayat NU di balaidesa Jurangmangu pada minggu, 26 Januari 2020. Dalam pelaksanaan program tersebut juga dipraktikkan bagaimana memanfaatkan sampah plastik untuk diolah sebagai kerajinan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti mengubah bungkus jajan menjadi dompet ataupun keranjang tas.

Kegiatan ini menggunakan modul pengelolaan sampah dengan mengadaptasi konsep pengelolaan sampah di Jepang dengan sedikit perubahan agar mudah diterapkan oleh warga. Dengan diadakannya program tersebut diharapkan pengelolaan sampah yang baik dapat diterapkan secara berkelanjutan oleh warga desa Jurangmangu agar lingkungan menjadi lebih bersih dan terjaga selain itu pemanfaatan sampah plastik sebagai barang kerajinan diharapkan dapat meningkatkan kreativitas warga setempat.

 

Editor:

Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Eva Annisaa, S.Farm., Apt., M.Sc.

Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

TIM KKN UNDIP DORONG GERAKAN SENSASI DI DESA PENAKIR

Penakir, 19/01/2020. Gerakan Sensasi merupakan Gerakan Sehat Atasi Hipertensi yang digerakan oleh TIM KKN UNDIP untuk mengurangi tingginya angka hipertensi di Desa Penakir Kecamatan Pulosari. Gerakan ini dilakukan saat keiatan rutin POSBINDU (Pos Binaan Terpadu) pada hari Kamis (16/01) di Balai Desa Penakir. Kegiatan Posbindu dimulai dengan Senam Sensasi yang dipimpin oleh TIM 1 KKN UNDIP dan Kader Kesehatan setempat. Kegiatan ini pun disambut antusias oleh warga, terkhusus oleh lansia dan juga kader kesehatan. Antusiasme warga terhadap kegiatan ini terlihat dengan hadirnya warga 60 orang, yang didalamnya mencangkup lansia, kader kesehatan, dan bidan desa, serta mahasiswa/i UNDIP.

Setelah melakukan Gerakan Senam Hipertensi, kegiatan pun dilanjutkan dengan pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh Kader Kesehatan Desa Penakir dan Bidan Puskesmas Pulosari, serta mahasiswa/i UNDIP. Pemriksaan rutin ini meliputi pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, gula dan asam urat, serta pemberian obat. Sembari pemeriksaan rutin dilakukan, penyuluhan terkait hipertensi dan juga manfaat senam hipertensi dilakukan pula oleh mahasiswa/i UNDIP untuk meningkatkan pengetahuan warga Desa Penakir terkait hipertensi dengan media leaflet. Melalui rangkaian kegiatan hari ini, kader kesehatan dan  juga mahasiswa/i UNDIP berharap warga Desa Penakir lebih sadar terkait hipertensi dan rutin melakukan senam hipertensi pula. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian video senam hipertensi yang dibuat oleh TIM KKN UNDIP Kec. Pulosari kepada kader kesehatan Desa Penakir, dengan harapan dapat digunakan sebagai contoh.Rangkaian kegiatan hari ini ditutup dengan berfoto bersama kader kesehatan dan juga mahasiswa/i UNDIP.

Editor:

Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Eva Annisaa, S.Farm., Apt., M.Sc.

Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

Siap Sehati: Si Ibu Tanggap, Balita Sehat

Mahasiswa KKN Undip Tim I Desa Clekatakan Kecamatan Pulosari melaksanakan salah satu dari program unggulan yang bertajuk ‘Siap Sehati: Si Ibu Tanggap, Balita Sehat’ pada hari Jumat (17/1). Program ini dikemas dalam bentuk kelas ibu dan balita yang di terdiri dari pemaparan mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak usia 6 bulan – 2 tahun serta penjelasan mengenai MP ASI secara lebih mendalam. Pelaksanaan kelas ibu dan balita yang berlangsung pada pukul 8 pagi di PAUD Pertiwi, Dusun Gunungsari, Desa Clekatakan ini diikuti oleh 10 ibu dan bayi usia 6 bulan – 2 tahun.

Program ‘Siap Sehati’ merupakan program mono disiplin yang dicanangkan oleh mahasiswi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Sebelumnya telah dilakukan diskusi mengenai urgensi pelaksanaan kelas ibu dan balita dengan bidan desa. Dari hasil diskusi diperoleh kesimpulan bahwa program kelas ibu dan balita perlu dilaksanakan secara rutin. Salah satu point penting yang dipaparkan di dalam kelas Siap Sehati ialah mengenai tahap perkembangan anak mulai dari usia 6 – 9 bulan, 9 – 12 bulan, dan 1 – 2 tahun. “Setiap anak mempunyai perkembangan motorik kasar dan motorik halusnya sendiri-sendiri. Jadi, para bunda harus selalu waspada dan mengawasi adeknya, ya,” tutur Ocha, mahasiswi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Dokumentasi 1. Pembagian leaflet mengenai tumbuh kembang anak usia 6 bulan - 2 tahun di kelas ibu dan balita Siap Sehati
Dokumentasi 1. Pembagian leaflet mengenai tumbuh kembang anak usia 6 bulan – 2 tahun di kelas ibu dan balita Siap Sehati

Di dalam kelas Siap Sehati yang berlangsung selama 2 jam ini para ibu dapat mengajukan pertanyaan mengenai tumbuh dan kembang anaknya. Selain itu, para ibu dapat saling berdiskusi mengenai aspek-aspek perkembangan si anak yang harus dipantau secara berkelanjutan, seperti gerak kasar atau motorik kasar, gerak halus atau motorik halus, kemampuan bicara dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian.

Dokumentasi 2. Pemaparan mengenai MP ASI oleh mahasiswi Tim I KKN Undip Desa Clekatakan
Dokumentasi 2. Pemaparan mengenai MP ASI oleh mahasiswi Tim I KKN Undip Desa Clekatakan

Di akhir kelas, mahasiswi KKN Undip Tim I Desa Clekatakan juga membuka sesi kuis yang ditujukan kepada para ibu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana para ibu mengerti materi yang telah disampaikan. Respon dari seluruh peserta kelas pun cukup baik. Hampir sebagian besar dari para ibu yang hadir dapat menjawab pertanyaan dengan benar. “Kelas ibu dan balita ini akan dilaksanakan secara rutin. Ya, minimal sebulan dua kali, lah. Materi setiap pertemuan juga akan berbeda, nanti kita coba buat agar selalu beragam,” ujar Rina, bidan kecamatan Pulosari. (Muli S./Tim I KKN Undip Desa Clekatakan)

Dokumentasi 3. Foto bersama peserta kelas ibu dan balita Siap Sehati
Dokumentasi 3. Foto bersama peserta kelas ibu dan balita Siap Sehati

Editor:

Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Eva Annisaa, S.Farm., Apt., M.Sc.

Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

Mengenalkan Pemilahan Sampah Melalui Kegiatan Menggambar

Gunungsari, Pemalang (13/1) – Pada hari Senin pagi mahasiswa KKN Universitas Diponegoro mengunjungi SDN 01 Gunungsari yang terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang. Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa mengajak anak-anak untuk belajar mengenal jenis-jenis sampah dan cara pengolahannya melalui kegiatan menggambar.

Sebelum kegiatan menggambar dilakukan, anak-anak diberikan penjelasan mengenai apa itu sampah, jenis-jenis sampah, bahaya membuang sampah sembarangan,  dan bagaimana cara mengolahnya. Setelah diberi penjelasan, anak-anak diminta untuk menggambar satu contoh sampah dari masing-masing jenis sampah (organik dan non-organik). Anak-anak pun cukup antusias untuk menggambar dan mewarnai karya mereka dengan menggunakan pensil warna yang disediakan oleh mahasiswa.

Setelah itu, hasil karya anak-anak dipilih kemudian ditempelkan ke dua tempat sampah yang ada di depan kelas. Dari kegiatan mengambar tersebut, harapannya anak-anak dapat belajar membedakan dan memisahkan sampah organik dan non organik dengan memberikan gambar penanda pada tempat sampah mereka di sekolah.

Editor:

Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Eva Annisaa, S.Farm., Apt., M.Sc.

Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

Giat Sehat dengan Pemberdayaan Masyarakat Desa Batursari

Pemalang – Rabu, 15 Januari 2020 Mahasiswi TIM I KKN UNDIP di Desa Batursari Kecamatan Pulosari, telah melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk para kader posyandu di desa setempat. Pemberdayaan tersebut disampaikan oleh Nanda Trinsa Prastifani dari Jurusan Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran dengan pembahasan mengenai antropometri dan interpretasi status gizi. Kegiatan ini dilakukan bersaman dengan kelas ibu hamil dan berlangsung di rumah salah satu kader posyandu. Kegiatan ini diikuti oleh 12 anggota kader posyandu yang penuh antusias mengikuti serangkaian kegiatan.

Dalam kegiatan ini, Nanda menyampaikan bagaimana cara yang tepat dalam mengukur tinggi badan, lingkar kepala, dan segala macam informasi mengenai gizi dan tumbuh kembang untuk anak-anak.

IMG-20200123-WA0005

 

 

Batursari – Sabtu, 18 Januari 2020 Mahasiswi TIM I KKN UNDIP di Desa Batursari kembali mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan informasi dalam kegiatan masyarakat. Kali ini, kesempatan itu datang bertepatan dengan Posyandu Lansia yang berlokasi di rumah salah satu kader posyandu lansia. Kegiatan ini diikuti oleh 20 lansia yang terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan posyandu lansia berupa pengukuran tinggi badan, berat badan, juga pengecekan tensi darah.

Dita Ria Oktaviani mahasiswi jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran, didampingi oleh bidan desa dan ibu lurah, kembali menyampaikan mengenai hipertensi dan juga diabetes atau gula darah yang umumnya menyerang para lansia. Para lansia terlihat serius menyimak penjelasan dari Dita dan juga menyampaikan beberapa pertanyaan seputar dua penyakit tersebut. Tidak hanya itu, Dita juga mencontohkan bagaimana senam kaki yang baik dilakukan para penderita diabetes. Kegiatan posyandu lansia ditutup dengan kegiatan senam bersama di pelataran rumah kader.

IMG_5742

Editor:

Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Eva Annisaa, S.Farm., Apt., M.Sc.

Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

Pelatihan Breast Care dan Senam Oksitosin

Pemalang (20/1). Dilaksanankan program berupa Pelatihan Breast Care dan Senam Oksitosin di Posyandu Karang Jambu, Desa Pagenteran, Kecamatan Pulosari. Kegiatan pelatihan dihadiri oleh 6 ibu menyusui. Kegiatan ini bertujuan agar ibu hamil dapat merawat payudara agar payudara bersih, dapat memproduksi ASI, melenturkan dan memperkuat puting susu.

Sebelum pelatihan dijelaskan pula manfaat dari ASI, serta pentingnya menyusui bayi. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan Breast Care yang terdiri dari 12 langkah cara merawat payudara dan pijat oksitosin agar. Saat pelatihan Breast Care dan Senam Oksitosin, ibu menyusui tampak antusias memahami pelatihan yang diberikan. Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini ibu menyusui dapat merawat payudara terutama saat menyusui bayi serta dengan adanya pijat oksitosin dapat memperlancar ASI.

23438

Editor:

Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Eva Annisaa, S.Farm., Apt., M.Sc.

Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.