Home » 2020 » February » 18

Daily Archives: 18th February 2020

EXPO KECAMATAN GRINGSING: PAMERKAN PRODUK UNGGULAN DESA DAN PENGEMBANGAN PRODUK MASYARAKAT

report expo

Krengseng, Batang (9/2). Expo Kecamatan Gringsing merupakan program tingkat kecamatan yang diikuti oleh seluruh Tim KKN yang berada di Kec. Gringsing dengan tujuan agar mahasiswa dapat lebih berfokus pada program unggulan dan pengembangan produk masyarakat di desa Kec. Gringsing.

Expo Kecamatan Gringsing digelar pada Minggu, 9 Februari 2020 di Kawasan Wisata Cokro Kembang Desa Mentosari. Selain mahasiswa dan masyarakat sekitar, acara turut dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan, Wakil Dekan I FSM, Ketua Komisi I, Dosen Koordinator Kab. Batang, Humas, Kasubag Umum LPPM, serta Dosen Pembina Lapangan (DPL) Kec. Gringsing. Acara diselenggarakan pukul 07.00 hingga 12.00 yang diawali dengan senam pagi dan dilanjutkan dengan sarapan, lomba menghias makanan, serta penyampaian program unggulan yang berada di setiap desa Kec. Gringsing. Selain dipamerkannya program unggulan desa, mahasiswa turut membawa produk unggulan UMKM yang ada di desa, salah satunya ialah keripik singkong.

Desa Krengseng sebagai salah satu partisipan kegiatan expo, memamerkan produk unggulan Tim KKN Desa Krengseng, yaitu desain balai desa dan perangkap nyamuk elektrik. Selain itu, Desa Krengseng juga menunjukkan lavitrap, desain jamban sehat dan ekonomis, peraturan desa terkait pengelolaan sampah, serta buku rekomendasi bahan dan olahan PMT pemulihan. Acara expo Kec. Gringsing berlangsung mendapatkan antusias yang baik dari warga Kec. Gringsing yang terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir untuk berpastisipasi dalam kegiatan ini. (Ed–by Bsl 2020)

DONOR DARAH SEBAGAI WUJUD KEPEDULIAN SOSIAL

Picture1

BATANG, 3 Februari 2020 diadakan acara donor darah yang diselenggarakan Tim KKN Gringsing Undip berkerjasama dengan PMI Kabupaten Batang. Acara ini dilaksanakan di Kutosari mulai pukul 08.00 s/d selesai.  Acara ini dihadiri perangkat desa dan tokoh masyarakat. Aksi donor darah ini bertujuan untuk membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah. Selain itu juga agar menjadikan masyarakat terutama masyarakat Kabupaten Batang mempunyai rasa peduli sosial yang tinggi terhadap sesama. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, hal ini dapat terlihat dari cukup banyaknya antrian masyarakat untuk mengikuti kegiatan yang pada dasarnya merupakan kegiatan sukarela untuk mendonorkan darahnya. Selain masyarakat dan perangkat desa, Tim I KKN UNDIP 2020 pun turut berpartisipasi dalam acara donor darah ini. Kantong darah yang telah terkumpul di dalam acara ini akan digunakan untuk membantu orang yang membutuhkan. (Ed–by Bsl 2020)

TALUD LAPANGAN DESA GRINGSING SIAP DIKERJAKAN

Picture2

GRINGSING – Penyerahan desain talud Lapangan Desa Gringsing oleh Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2020 dilaksanakan pada 4 Febuari 2020 di Kantor Desa Gringsing. Penyerahan langsung diserahkan kepada Bapak Murtadho selaku Kepala Desa Gringsing.  Pembangunan talud dan peninggian Lapangan Desa Gringsing dilaksanakan, karena kondisi lapangan bila turun hujan pasti tergenang oleh air. Pembangunan talud Lapangan Desa Gringsing sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Desa yang telah dibahas pada Musyawarah Desa (31/1). Dalam perencanaan talud tersebut, Mahasiswa KKN dibantu oleh Perangkat Desa Gringsing dan Pendamping Desain Desa. (Ed–by Bsl 2020)

 

PMT Pemulihan dan Lavitrap: Upaya Pemenuhan Gizi Anak dan Cegah DBD

IMG_4939

IMG_4935

Krengseng, Batang (24/1). Bertempat di Balai Desa Krengseng, tim KKN melakukan kegiatan pembekalan tentang peningkatan kemampuan kader dalam Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pemulihan bagi balita dan pencegahan demam berdarah (DBD) menggunakan lavitrap. Kegiatan dipandu oleh Olivia Nada Destiany dan Ajeng Linggar Rinanti dari ilmu kesehatan masyarakat. Materi terkait disampaikan atas dasar permasalahan kesehatan yang ada di Desa Krengseng, dimana masih terdapatnya balita yang berada di Bawah Garis Merah (BGM) dan kasus DBD setiap tahunnya. Peserta yang hadir terlihat antusias dalam menyimak materi serta memberikan tanggapan terhadap materi yang disampaikan. Kegiatan diakhiri dengan pemberian buku rekomendasi bahan dan olahan PMT Pemulihan serta perangkap nyamuk yang telah dipraktikkan bersama. (Ed–by Bsl 2020)

MAHASISWI KKN UNDIP TAWARKAN DESAIN GEDUNG SERBAGUNA DESA KEBONDALEM

PROKER VIRA

Kebondalem, Batang (27/1). Tim I KKN Universitas Diponegoro dari Fakultas Teknik, Departemen Arsitektur mempresentasikan hasil rancangannya dan berdiskusi langsung dengan perangkat desa di Balai Desa pada Senin, 27 Januari 2020. Kegiatan tersebut dihadiri kepala desa, kepala dukuh dan kepala urusan pembangunan. Diskusi dilakukan bersama beberapa perangkat desa guna mendapatkan persetujuan bersama terhadap rancangan desain yang diberikan. Rancangan desain yang dibuat merupakan desain ulang kantor balai dan desain gedung serbaguna yang terletak di sebelah balai. Pada lahan gedung serbaguna yang dirancang awalnya merupakan gedung untuk layanan kesehatan, namun karena tidak terawat serta sudah tidak berfungsi dengan baik, bangunan tersebut diruntuhkan dan dibangun gedung serbaguna yang baru yang dapat digunakan selain untuk ruang aula atau pertemuan juga sebagai sarana olahraga futsal dan badminton.

Rancangan desain tersebut dibuat oleh Elvira Andrianti dari Tim I KKN Universitas Diponegoro yang memiliki kompetensi dibidang Arsitektur. Dengan adanya rancangan gedung serbaguna tersebut, perangkat desa terutama Kepala Desa berharap gedung tersebut dapat berfungsi dan dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat desa Kebondalem itu sendiri. Tim I KKN Universitas Diponegoro juga berharap dengan adanya rancangan desain gedung tersebut dapat membantu perangkat desa untuk mewujudkan impian mereka dalam beberapa tahun kedepan, yaitu dapat membangun gedung serbaguna dan memperbaiki tata ruang kantor balai yang masih belum optimal. (Ed – by Bsl 2020)

HIDUP SEHAT SAMPAI LANJUT USIA

Picture3

GRINGSING, BATANG (24/01). Tim I KKN Undip Desa Gringsing melakukan pendampingan dalam pemeriksaan kesehatan lansia yang diadakan di Posyandu RW 3 Desa Gringsing pada pukul 08.00 – 10.00 WIB. Pemeriksaan ini dilakukan oleh Ibu Sundari Bidan Desa Gringsing dan Ibu Dita dari Puskemas. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pengukuran berat dan tes tekanan darah, juga diadakan senam lansia dipandu oleh petugas puskesmas dengan tujuan untuk mengurangi resiko berbagai penyakit, mengingat usia diatas 60 tahun, sangat rentan sekali terkena penyakit seperti stroke, asam urat, dan lain-lain. (Ed – by Bsl 2020)

SABUN EKSTRAK MELATI

Sidorejo, Batang (28/1). Tim I KKN Universitas Diponegoro melakukan pelatihan pembuatan sabun dengan ekstrak melati sebagai upaya peningkatan nilai jual dan potensi dari bunga melati yang ada di Desa Sidorejo. Perkebunan bunga melati di Desa Sidorejo, tersebar di 3 dusun, memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Saat ini, hasil panen dari bunga melati (kuncup) hanya dijual langsung ke pengepul. Harga penjualan bunga melati tersebut berkisar Rp 5.000,00 – Rp 7.000,00 yang selanjutnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan teh dan sebagai ronceng untuk pernikahan. Namun, bunga melati yang sudah mekar tidak layak untuk ikut dijual ke para pengepul. Oleh karena itu, bunga melati yang sudah mekar tersebut dapat tetap bernilai ekonomis dengan cara memanfaatkannya menjadi ekstrak melati.

Tim KKN UNDIP, Monica mengenalkan cara pemanfaatan ekstrak melati sebagai pewangi di sabun hotel. Dengan memberikan pelatihan pembuatan sabun menggunakan tambahan ektrak melati. Diharapkan ibu – ibu PKK yang hadir dalam pembuatan sabun ini dapat benar –benar melakukan dan mengembangkannya sebagai salah satu produk  UMKM unggulan di desa Sidorejo. (Ed – by Bsl 2020)120708 120709 120710

E-Pelayanan Website Desa Guna Mendukung Smart Village

https://i.ibb.co/TbhN9qM/Screenshot-2.png

Mentosari, Batang (25/01). Dalam rangka mendukung program smart village , mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro mengadakan optimalisasi website desa bersama dengan perangkat desa, tokoh masyarakat, dan perwakilan masyarakat. Bertempat di Balai Desa Mentosari, kegiatan ini diisi dengan pengenalan dan launching website resmi desa kepada masyarakat oleh Monica Sari dan Jati Rahma, selaku mahasiswa KKN.

Launching www.mentosari.desa.id dengan tampilan terbaru ini dilengkapi dengan adanya fitur tambahan berupa e-pelayanan, fitur yang mengakomodir pembuatan surat online, informasi mengenai pelayanan administrasi dan kotak aduan ini diharapkan menjadikan website desa menjadi sarana informasi dan komunikasi yang mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang cepat,adil dan efektif. (Ed – by Bsl 2020)

PELANTIKAN RT/RW DALAM MEWUJUDKAN DESA GRINGSING YANG MAJU

Picture1

GRINGSING, BATANG (23/01). Tim I KKN Undip Desa Gringsing berpartisipasi dalam acara pelantikan ketua RT dan RW periode tahun 2020 s/d 2025 Desa Gringsing, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Acara tersebut dilaksanakan pada hari kamis pukul 09.00 – 11.00 WIB di Balai Desa Gringsing. Pelantikan di hadiri oleh Ibu-Ibu PKK, tokoh masyarakat dan dipimpin oleh Kepala Desa Gringsing Bapak Murtadho. Pelantikan Ketua RT/RW Desa Gringsing berjalan dengan lancar dan hikmat, dengan harapan, semoga dengan RT dan RW baru, Desa Gringsing dapat mewujudkan Desa Gringsing menjadi lebih baik dan maju. Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat dan foto bersama. (Ed – by Bsl 2020)

MENUJU GRINGSING SEHAT

Gringsing, 3 Januari 2020 Tim 1 KKN Undip Desa Gringsing berpartisipasi dalam kegiatan “Jumat Sehat Desa Gringsing” yang dilaksanakan di halaman kantor kelurahan Desa Gringsing. Kegiatan “Jumat Sehat Desa Gringsing” merupakan acara senam sehat bersama warga Desa Gringsing. Acara sendiri merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh perangkat Desa Gringsing setiap satu bulan sekali, waktu pelaksanaan dimulai dari pukul 07.30 sampai 09.00 WIB. Kegiatan tersebut mengundang tiga instruktur senam. Masyarakat sekitar berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan tersebut dan sangat antusias melakukan satu persatu gerakan senam. Kegiatan senam diadakan setiap satu bulan sekali pada hari jumat di minggu pertama. Manfaat diadakanya senam tersebut selain dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar juga menjadi tempat berkumpulnya warga di desa Gringsing. Senam ini dilakukan dengan mengikuti irama musik yang membuat masyarakat tidak bosan saat mengikuti gerakan senam tersebut. Gerakan senam bervariasi dan mudah untuk diikuti oleh masyarakat khususnya ibu-ibu setempat. (Ed – by Bsl 2020)