Peningkatan Enterpreunership Masyarakat melalui Pelatihan Pembuatan Sabun dan Ecobrick

Pemalang (23/1). Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro Desa Datar ajari warga membuat sabun yang berasal dari minyak jelantah dan memanfaatkan plastik sebagai ecobrick untuk membuat kursi. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Kamis pukul 09:00 WIB yang bertempat di Balai Desa Datar. Terdapat dua sesi program dalam kegiatan tersebut. Sesi pertama dimulai pada pukul 09:00 WIB dan sesi kedua dimulai pada pukul 10:00 WIB.

Pelatian tersebut dilakukan mengingat banyaknya sampah rumah tangga seperti minyak jelantah dan plastik yang belum dimanfaatkan oleh warga. Berangkat dari latar belakang tersebut, ibu PKK dan ibu-ibu rumah tangga tertarik untuk menghadiri pelatihan pembuatan sabun dan ecobrick. Para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan saat kegiatan berlangsung.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi oleh mahasiswa KKN, kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan sabun dan ecobrick. Harapan dengan dilakukannya pelatihan tersebut adalah terciptanya lingkungan yang lebih bersih dari sampah plastik serta tertanamnya prinsip 3R (Reduse, Reuse dan Recycle) pada kehidupan warga sehari-hari. Selain itu diharapkan pelatihan tersebut juga menjadi sumber pendapatan warga sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Datar.

Editor :

Nissa Kusariana., S.KM., M.Si.

Dr Sunarno., S.Si., M.Si

Dr. Ir. Eny Fuskhah., M.Si