KKN Undip Tolokan, Ijin Melakukan Pengabdian

Minggu pertama TIM I KKN Undip 2020 yang di tempatkan di Desa Tolokan, Kecamatan Getasan Kabupaten semarang melakukan kegiatan survey. Survey Desa bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik desa yang meliputi kondisi fisik desa, perkembangan desa, monografi desa, potensi serta permasalahan yang ada, dengan cara melakukan tinjauan langsung ke beberapa dusun di Desa Tolokan. Selainitu, survey ini dilakukan sebagai bahan untuk penyusunan Laporan Rencana Kegiatan (LRK) dan juga sebagai bekal untuk kegiatan yang akan TIM I KKN Undip 2020 laksanakan untuk pemenuhan tugas KKN. Survey dimulai dari perkenalan Kepala Desa dan perangkat Desa tepatnya di Balai Desa Tolokan yang berlangsung pada hari senin (6 Januari 2020). Kegiatan survey ini dilakukan oleh mahasiswa UNDIP yang terdiri dari empat fakultas yaitu Fakultas Teknik (FT) , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

Dalam proses survey, TIM I KKN Undip 2020 banyak mendapatkan informasi yang berhubungan seputar Desa Tolokan, baik potensi desa maupun kegiatan masyarakat desa. Menurut pak Ahmad Solikhin selaku sekretaris desa, penduduk Desa Tolokan terdiri dari 2.845 jiwa, dengan mayoritas penduduk bekerja sebagai buruh tani. Desa Tolokan memiliki organisasi dan kegiatan masyarakat yang cukup banyak seperti Karang Taruna, PKK, Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani),dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Namun, Pokdarwis yang ada di Desa Tolokan belum aktif hal ini dikarenakan masyarakat belum memiliki edukasi dan keahlian dalam mengelola potensi wisata di Desa Tolokan.

Secara keseluruhan tidak banyak kegiatan yang dilakukan pada minggu pertama oleh TIM I KKN Undip 2020.Selain survey ke instansi, TIM I KKN Undip juga mengunjungi kepala-kepala Dusun dan warga sekitar untuk lebih dekat dan lebih mengenal dengan warga di Desa Tolokan. Hal ini bertujuan untuk menemukan potensi dan permaslahan yang terdapat di Desa. Setelah melakukan survey Desa Selama satu minggu TIM I KKN Undip 2020 menemukan perkebunan kentang yang melimpah, jalur pendakian, peternakan babi, sapi, kambing dan ayam serta pemanfaatan  air sebagai sumber air minum dan wisata.