Membaur Dengan Masyarakat Sebagai Sasaran Utama

 

REPORTASE

DESA TAMBAHAGUNG, KECAMATAN TAMBAKROMO , PATI

“Membaur Dengan Masyarakat Sebagai Sasaran Utama”

 

a

 

Pagi hari, tanggal 18 Januari 2016, digelar upacara pelepasan mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim I Undip di lapangan Widya Puraya Undip. Upacara yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB ini molor hingga pukul 08.00 WIB. Upacara tidak berjalan lama, hanya berkisar pukul 08.00 hingga pukul 09.00 WIB. Selepas itu, masing-masing mahasiswa akan diterjunkan ke lokasi KKN masing-masing.

Keesokan harinya pada tanggal 19 Januari 2016, dilaksanakan upacara penerimaan mahasiswa KKN Tim 1 tingkat kabupaten pati yang di mulai pada pukul 09.00 WIB ini molor hingga pukul 10.00 WIB. Upacara tingkat kabupaten pati ini berjalan tidak lama hanya berkisar pukul 10.00 sampai pukul 11.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan upacara di kecamatan Tambakromo pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Selepas itu, masing-masing kelompok KKN kembali ke lokasi desa masing-masing, diantaranya yang melingkupi kecamatan Tambakromo satu yaitu Angkatan Kidul, Angkatan Lor, Kedalingan, Tambahagung, Sitirejo, Karangmulyo, Karangwono, Mangunrekso, dan Tambaharjo. Dengan adanya apel penerjunan dan penerimaan mahasiswa KKN Tim I tersebut, maka secara resmi mahasiswa KKN telah diterima di kabubaten pati dan lebih tepatnya di kecamatan Tambakromo.

b

Masyarakat dijadikan sasaran utama dalam program KKN yang akan dijalankan. Oleh karenanya, sebelum program dilaksanakan tentu perlu dilakukan pendekatan terlebih dahulu kepada masyarakat yang menjadi sasarannya. Dalam melakukan pendekatan atau pembauran terhadap masyarakat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti sowan terhadap para petinggi dan perangkat desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Di Desa Tambahagung, minggu pertama setelah penerjunan diisi dengan silaturahim dan sowan kepada masyarakat. Kepala Desa dan Kepala Dusun menjadi salah satu sasaran dalam kegiatan silaturahim tersebut. Selain untuk perkenalan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meminta izin kepada petinggi wilayah untuk melaksanakan program-program KKN yang telah dirancang. Selain itu, mahasiswa KKN undip di Desa Tambahagung juga melakukan pendataan keluarga. Pendataan keluarga ini termasuk bagian dari posdaya yang sasarannya warga dusun Kluwung (RW.02). Dusun Kluwung ini terbagi menjadi enam RT, setiap RT nya dibagi kelompok yang terdiri dari 2 orang untuk pendataannya,  kecuali kelompok yang mendata RT 04 karena warganya paling banyak sehingga pembagian kelompok khusus RT 04 terdapat empat orang.

c

Mahasiswa KKN Undip yang ditempatkan di Desa Tambahagung pada hari kamis tanggal 21 januari 2016 diundang oleh kepala desa untuk datang ke acara MUSRENBANG DESA (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa) yang di hadiri oleh perwakilan kecamatan, kepala BPD, perangkat desa, perwakilan koramil, perwakilan polsek, dan mahasiswa KKN UNDIP. Keesok harinya mahasiswa KKN meminta ijin untuk menjalankan program kerja ke SDdan TK yang bedrada di desa Tambahagung. Di desa Tambahagung terdapat 3 SD, yaitu SD Negeri Tambahagung 01, SD Negeri Tambahagung 02, dan SD Negeri Tambahagung 03.

 

Mahasiswae KKN Undip yang ditempatkan di Desa Tambahagung berjumlah 14 orang yang berasal dari empat fakultas, yakni Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan  Fakultas Psikologi. Masing-masing mahasiswa KKN mempunyai dua program monodisiplin kepada beberapa sasaran. Selain silaturahim, pertemuan pertama dimaksudkan untuk meminta persetujuan untuk dijadikan sasaran program.

Masyarakat yang akan dijadikan sasaran program bagi mahasiswa KKN adalah pengfusaha UMKM (Usaha Menengah Kecil Mandiri), ibu-ibu hamil, dan ibu-ibu PKK. Berbagai program telah dirancang dan disesuaikan dengan masing-masing sasaran, seperti Pembentukan Posdaya Bidang Ekonomi Kewirausahaan: Tales (Tabungan Lestari), Pemberdayaan UMKM Home Industry Produk Kasur Lantai Berbahan Dasar Kapuk, Pemberdayaan UMKM Pertanian, Penyuluhan tata cara penulisan Surat dinas/resmi berdasarkan EYD, dan penyuluhan tentang penyakit DBD dan Kegiatan Pengendalian vektor DBD dengan metode 3M+.