Ibu-Ibu Desa Mijen Glowing nan bercahaya dengan Sabun Beras dan Kentang

IMG_0775 DEMAK– Tim I Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Desa Mijen, Kecamtan Mijen, Kabupaten Demak mengadakan kegiatan program mono yaitu Pelatihan Pembuatan Sabun Organik berlangsung pada hari Jumat tanggal 31 Januari 2019 jam 16.00 WIB yang bertempat di rumah Posko KKN Desa Mijen. Program ini dilaksanakan oleh mahasiswi KKN Desa Mijen dan ditujukan untuk para wanita tani di Desa Mijen.

Di zaman yang canggih ini penampilan menjadi faktor utama pemikat baik dalam pekerjaan, kehidupan maupun hubungan rumah tangga. Berapapun usianya menjaga penampilan dan keinginan memiliki kulit glowing, sehat dan bercahaya menjadi idaman baik anak gadis hingga ibu-ibu. Walaupun sudah berumur atau menjadi ibu-ibu harus tetap menjaga penampilan terutama kulit badan. Kulit badan yang glowing, terawat, sehat dan bercahaya menambah kepercayaan diri ibu-ibu dan menjaga keharmonisan rumah tangga. Salah satu cara membuat kulit glowing bercahaya adalah dengan menggunakan sabun pemutih. Namun, sabun pemutih memiliki sisi negatif dimana kandungan kimia yang kita tidak ketahui kadar dan manfaatnya, sabun pemutih yang ada di pasaran tentu dapat memutihkan kulit dengan cepat sekali pakai tapi permasalahannya adalah dalam pengunaan jangka panjang dapat berbahaya bagi kesehatan. Salah satu cara untuk mengatasi hal itu adalah pembuatan sabun organik sendiri menggunakan bahan-bahan alami seperti beras dan kentang. Beras dan kentang adalah salah satu bahan pemutih alami yang banyak terdapat di dalam skincare dan kosmetik.

MaIMG_0773nfaat Pelaksanaan program Pelatihan Pembuatan Sabun Pemutih Alami dari Beras dan Kentang adalah memanfaatkan bahan-bahan dapur sebagai bahan kosmetik alami yang ramah lingkungan dan ramah di kantong. Pembuatan sabun organik ini dapat juga dijadikan mata pencaharian tambahan dimana para ibu-ibu Desa Mijen dapat menjajakan sabun buatan mereka melalui platform jual beliĀ online.

Editor : Rani Tiyas