Kunjungan sehat Desa Lodan Kulon

Kunjungan Sehat Desa Lodan Kulon, Bersama Puskesmas Sarang 2

Lodan Kulon, Sarang, Rembang – Kamis (9/1) – Kebersihan lingkungan dan pola hidup merupakan sebagian faktor yang menentukan kesehatan warga. Berkaitanhalitu, Puskesmas Sarang 2 bersama Ibu-Ibu PKK Desa Lodan Kulon dibantu Mahasiswa Tim I KKN Undip mengadakan Kunjungan Sehat, yang rencananya diadakan secara rutin dan merata ke rumah warga. Kunjungan Sehat ini bertujuan untuk mendata Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) warga Desa Lodan Kulon.

Tim Puskesmas Sarang 2, mulai jam 08.00, bersama ibu-ibu PKK Desa Lodan Kulon dan Mahasiswa Tim 1 KKN Undip berkumpul di balai desa. Dimulai dari pembekalan dari Tim Pusksmas Sarang, berupa tata cara pengisian form kesehatan, kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk disebar ke beberapa RT. Pada pukul 9, masing masing kelompok berangkat menuju lokasi Kunjungan Sehat dan mulai melakukan survey di RT masing-masing.

Kunjungan ke warga Lodan Kulon

Foto : Kunjungan Sehat Ke Salah Satu Warga Desa Lodan

Selang 2 jam, Kunjungan Sehat selesai dan tim kembali berkumpul di balai desa untuk melaporkan hasil Kunjungan Sehat di RT masing-masing.

Terdapat lebih dari 100 rumah yang didata dan dilaporkan pada Puskesmas Sarang, berupa data kesehatan para penghuni rumah dan kondisi rumah yang meliputi : keberadaan jentik dan kondisi jalur pembuangan. Acara selesai sekitar pukul 11.30 WIB. Dari kegiatan ini Puskesmas mendapatkan data profil kesehatan keluarga untuk mengenali masalah-masalah kesehatan di keluarga, sehingga diharapkan dapat menyelesaikan dan menghindari masalah-masalah tersebut. (Rev / Ear)