Survey Bangkim di Desa Jatirunggo

Pada minggu pertama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa KKN di Desa Jatirunggo sudah memulai kegiatan survey untuk program multidisiplin dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) yaitu Bangkim (Bangunan dan Pemukiman).

Mahasiswa KKN Desa Jatirunggo dibagi dalam beberapa tim untuk mempermudah jalannya survey. Pada pelaksanaan survey mahasiswa KKN Desa Jatirunggo melakukan pengamatan keadaan bangunan dan lingkungan dan wawancara kepada Ketua RT yang ada pada masing-masing dusun. Pengamatan dan wawancara meliputi beberapa aspek seperti keadaan bangunan, air minum, pengolahan air limbah, keadaan jalan lingkungan, sistem drainase, pengelolaan sampah, dan proteksi kebakaran. Hasil dari pengamatan dan wawancara akan dituangkan pada sebuah kuisioner.

 

Z

Gambar 1. Kondisi Rumah di Dusun Seneng

 

X

Gambar 2. Kondisi Drainase di Dusun Seneng

Desa Jatirunggo memiliki 9 dusun yaitu Dusun Jatirunggo-Krajan, Dusun Seneng, Dusun Jatisari-Gambir, Dusun Getaskombang, Dusun Kebonagung, Dusun Legarang-Legarang Gunung, Dusun Kedung Gondang, Dusun Kunciputih, dan Dusun Jatikurung. Hingga pada Hari Jumat 20 Januari 2017 terdapat 5 dusun yang telah kami survey.

C

Gambar 3. Dokumentasi Wawancara dengan Ketua RT