Optimalisasi Pembuatan Pakan Tambahan Budidaya Ikan Lele dengan Membuat Bakteri Probiotik untuk Meningkatkan Daya Tahan Ikan dan Mempercepat Penyerapan Nutrisi Pakan Ikan Lele

Semarang, 19 Januari 2019, – TIM 1 Pengabdian Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang melaksanakan kegiatan edukasi kepada masyarakat desa Wiru, kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang. Kegiatan edukasi dilaksanakan di aula kantor pemerintahan Desa Wiru dan dihadiri oleh Kepala Desa Wiru serta Kelompok UMKM peternak ikan lele desa Wiru. Kegiatan tersebut berupa edukasi tentang “ Optimalisasi Pembuatan Pakan Tambahan Budidaya Ikan Lele dengan Membuat Bakteri Probiotik untuk Meningkatkan Daya Tahan Ikan dan Mempercepat Penyerapan Nutrisi Pakan Ikan Lele”. Para peternak ikan lele desa Wiru diajarkan bagaimana membuat bakteri probiotik di lingkungan kolam lele yang cocok untuk meningkatkan daya tahan ikan lele tersebut. Bakteri probiotik sendiri adalah bakteri yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya.

Tujuan kegiatan tersebut agar para peternak ikan lele di desa Wiru dapat membuat bakteri probiotik sendiri dan dapat memanfaatkan bakteri probiotik tersebut untuk meningkatkan hasil ternak lele mereka. Pemanfaatan bakteri probiotik juga diharapkan agar ikan lele lebih tahan terhadap serangan penyakit.