Edukasi Penggunaan Merek Sebagai Strategi Pemasaran bagi Pelaku UMKM di Desa Kabunan

Kabunan, Taman, Pemalang (12/01/19). Pada hari Sabtu telah dilakukan program kerja “Edukasi Penggunaan Merek Sebagai Strategi Pemasaran bagi Pelaku UMKM di Desa Kabunan”, program kerja tersebut merupakan pemberian edukasi terkait penggunaan merek sebagai komponen pendukung dalam melakukan pemasaran. Yang mana program ini dilakukan oleh Reynaldo Zen Ferry dari Tim I KKN 2019, kegiatan ini ditujukan untuk masyarakat umum khususnya yang mempunyai UMKM. Kegiatan ini dilakukan agar pelaku UMKM dapat melakukan pemasaran produknya lebih baik dan efisien karena dengan merek dagang akan memperkenalkan produk nya dan mempunyai citra nya sendiri.

Penggunaan merek pada suatu produk akan menghasilkan citra tersendiri dikalangan konsumen, misal pada suatu produk keripik singkong buatan UMKM setempat. Pada awal mula produk tersebut dibuat tanpa sebuah merek yang mendampingi ketika produk tersebut terjual ke konsumen dan menghasilkan respon yang baik maka citra atau branding konsumen mengenai produk tersebut tidak akan tersalur kan dengan baik. Karena yang teringat oleh konsumen hanya produk dan tempat mendapatkan produk tersebut, sehingga akan menyulitkan membawa kembali konsumen yang ingin membeli produk karena sulit diingat dan tidak menonjol. Dengan menggunakan merek dagang akan meningkatkan engagment produk dari konsumen.