Pelatihan Pemanfaatan Minyak Jelantah Sebagai Bahan Baku Pembuatan Sabun Batang Kepada Ibu-Ibu PKK Desa Sumbermulyo

Sumbermulyo, 2 Agustus 2019 РMinyak jelantah adalah minyak limbah yang bisa berasal dari jenis-jenis minyak goreng seperti halnya minyak jagung, minyak sayur, minyak samin dan sebagainya, minyak ini merupakan minyak bekas pemakaian kebutuhan rumah tangga umumnya, dapat digunakan kembali untuk keperluaran kuliner. Akan tetapi bila ditinjau dari komposisi kimianya, minyak jelantah mengandung senyawa-senyawa yang bersifat karsinogenik, yang terjadi selama proses penggorengan. Jadi jelas bahwa pemakaian minyak jelantah yang berkelanjutan dapat merusak kesehatan manusia, menimbulkan penyakit kanker, dan akibat selanjutnya dapat mengurangi kecerdasan generasi berikutnya.

Sebagian orang memilih untuk membuang limbah minyak tersebut karena tidak berguna dan tidak dapat dimanfaatkan lebih lanjut. Tim pengabdian masyarakat Universitas Diponegoro tahun 2019 memperkenalkan sebuah sabun yang berasal dari minyak jelantah. Maka dari itu, agar pemahaman masyarakat berubah mengenai minyak jelantah. Dengan harapan, warga desa setempat mampu memanfaatkan minya jelantah menjadi sabun batang.

Kegiatan ditujukan kepada ibu-ibu PKK dan dilaksanakan di balai PKK desa setempat. Hal ini sangat didukung oleh ketua kader karena dengan adanya sosialisasi diharapkan mampu membuka wawasan masyarakat tentang sabun batang yang berbahan dasar minyak jelantah. Kader PKK menyampaikan bahwa produk tersebut sangatlah baik jika dimanfaatkan. Ketua PKK juga menyampaikan dan menghimbau ibu-ibu PKK yang lain untuk mempraktikkannya di rumah masing-masing.