Screening Kesehatan (Tensi, BB, TB, Pengobatan gratis) untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Para Lansia

Loadn Kulon, 5 Agustus 2019 – Tim pengabdian masyarakat Universitas Diponegoro tahun 2019 melakukan pengabdian berupa screening kesehatan untuk para lansia. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas keseharan para lansia. karena kita tahu sendiri bahwa lansia adalah golongan yang termasuk mudah untuk terpapar penyakit. Maka dari itu, perlu semua diantara kita untuk tetap menjaga kesehatan.

Screening yang dilakukan adalah periksa tensi untuk emngetahui tekanan darah, TB, BB, dan konsultasi kesehatan gratis termasuk tim juga menyediakan obatuntuk dapat dibagikan kepada para lansia desa setempat.

Tes screening adalah penerapan serangkaian tes atau prosedur yang dilakukan untuk mendeteksi potensi gangguan kesehatan atau penyakit tertentu pada seseorang.Tujuan dari tes skrining adalah deteksi dini untuk mengurangi risiko penyakit atau memutuskan metode pengobatan yang paling efektif. Tes ini tidak masuk dalam kategori diagnostik, tetapi digunakan untuk mengidentifikasi populasi yang diharuskan untuk menjalani tes tambahan untuk menentukan ada atau tidaknya penyakit.