Rancang Bangun Alat Pres Briket Bonggol Jagung Sederhana bagi Masyarakat Desa Cangak, Kecamatan Bodeh, Pemalang

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Diponegoro melakukan penelitian untuk melakukan rancang bangun alat pres briket bonggol jagung sederhana di Desa Cangak, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang (16/02)

Perancangan ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman perancang, bahwa minimnya pemanfaatan limbah dari hasil pertanian yaitu bonggol jagung dan juga minimnya penggunaan teknologi untuk proses pengolahan limbah bonggol jagung tersebut. Salah satu teknologi yang digunakan adalah proses pembuatan pisau pada mesin briket pencacah arang tongkol jagung. Dalam Mesin ini pisau pencacah termasuk dalam komponen utama dalam pembuatan briket.

Fungsinya untuk mencacah arang tongkol jagung menjadi bagian yang lebih kecil. Tujuan dari proses pembuatan pisau ialah untuk dapat membuat alat pencacah pada mesin briket arang tongkol jagung dengan kapasitas 40kg/jam dan untuk mengetahui mesin dan peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan pisau mesin alat pencacah arang tongkol jagung. Harapannya, dengan adanya briket ini masyarakat dapat lebih mandiri untuk membuat arang sendiri tanpa harus membeli.