PELATIHAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI WARGA BERBASIS WEB (SIMAGAWEB) DI DESA KANGKUNG, KECAMATAN MRANGGEN, KABUPATEN DEMAK

DEMAK-Selama ini data kependudukan yang secara terpadu tingkat nasional tidak dapat optimal di akses apratur pemerintah tingkat desa. Padahal akses data kependudukan untuk mendukung pelayanan warga desa. 

“Maka desa perlu data elektronik kependudukan yang dapat menyajikan informasi kependudukan tingkat desa,” ujar Ir Saiful Manan MT, ketua tim pengabdian di Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak di Demak, Kami 21 September 2019.

Tim pengabdian ini dari Sekolah Vokasi Undip, dengan beberapa anggota diantaranya  Arkhan SUbari ST MKom, Yuniarto ST MT, Priyo Samoko ST MEng, dan Dista Yoel ST MT.

Selama pengabdian ini menggunakan dilakukan beberapa tahap, diawali dengan sharing kendala dan permasalahan akses data yang ada di aparatur desa. Kemudian mencarikan solusi dengan system informasi warga berbasis web, dengan system ini penyajian dapat dilakukan dengan cepat dibandingkan secara manual.

“Untuk mendatka informasi tidak harus dicek secara manual di kantor desa, tapi dapat dikukan dimanapun oleh pemilik akun yang sudah tersertifikasi,”tambahnya.