UNDIP PECAHKAN MASALAH KEKERINGAN DI JATIRUNGGO PRINGAPUS

Penerapan pompa hydran untuk mengatasi kesulitan air bersih di Desa Jatirunggo, Pringapus, Kabupaten Semarang. 

SEMARANG-Setiap musim kemarau warga sekitaran Desa Jatirunggo Pringapus, Kabupaten Semarang kesulitan mendapatkan air bersih.  Hal ini disebabkan karena kondisi alam, yang setiap musim kemarau  pasokan air tanah tidak mencukupi kebutuhan warga. 

Tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Undip 2019 di desa tersebut, yang dibekali oleh Program Dosen Pembimbing, Adityawarman S.E., M.Acc, dan Kustopo Budiraharjo M.P mencoba untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Ide dan gagasan penyelesaiannya berupa penerapan pompa hydram. 

Pompa ini menggunakan konsep tekanan yang dihasilkan aliran air, sehingga tidak membutuhkan bahan bakar, baik bensin ataupun solar atau bahan lain sejenisnya.

“Keseharian warga dalam mendapatkan akses air bersih, hanya dengan membeli air bersih keliling dan menunggu jatah pasokan air bersih dari pabrik sekitar dusun. Ada juga bantuan pemerintah melalui BPBD Kabupaten Semarang setiap 2 minggu sekali,” papar dosen pendamping KKN PPM Undip, Kustopo Budiraharjo di Kabupaten Semarang, Senin 16 September 2019.

Disatu sisi, di wilayah tersebut ada sumber air yang dapat dimanfaatkan yakni sungai Pungkruk. Namun bukan tanpa kendala, selain medan yang berbeda ketinggian, juga ketiadaan sumber listrik untuk menggerakan pompa air. Persoalan tersebut coba dipecahkan, dengan penggunaan pompa hydram.

“Melalui kegiatan pengabdian masyarakat lewat program KKN ini, kita bersama warga dusun mencoba menerapkan pompa hydram, agar dapat membantu kebutuhan akses air bagi warga. Dengan memanfaatkan aliran sungai yang berada di dam sungai pungkruk,” lanjutnya.

Tim KKN Undip dan warga berupaya mendistribusikan air sungai, menuju ke pemukiman warga dusun dengan menerapkan pompa hydram. Terlebih lokasi sungai dengan pemukiman warga, berbeda ketinggian sekitar 15 meter.

“Harapan dengan adanya, penerapan alat sederhana dari tim KKN PPM Undip ini, dapat membantu sedikit kebutuhan utama warga berupa akses air bersih,”pungkasnya.