Penanaman Pohon Mangorve Di Desa Mangunharjo Tugu Semarang Sebagai Bentuk Kepedulian Lingkungan

Semarang (September, 2019) – Telah dilakukan program kerja pengabdian masyarakat “Penanaman Pohon Mangorve Di Desa Mangunharjo Tugu Semarang Sebagai Bentuk Kepedulian Lingkungan”, program kerja pengabdian tersebut merupakan kegiatan ceramah / penyuluhan dan praktik langsung. Yang mana program ini dilakukan oleh E.I.H.A. Nindia Rini dan Yuliani Rahmah dari Tim Pengabdian Masyarkat 2019, kegiatan ini ditujukan untuk masyarakat umum. Kegiatan ini dilakukan untuk membuka wawasan akan pentingnya kelestarian alam lingkungan pantai dan bagaimana menjaga keseimbangan ekosistem di dalam nya serta mengasah kepedulian terhadap daerah pesisir Semarang. Dengan program penyuluhan dan praktek penanaman secara langsung di lokasi abrasi, diharapkan dapatmemupuk rasa percaya diri, kepedulian,dan kemampuan bekerjasama yang baik dalam mendukung program peduli lingkungan.

Persiapan pelaksanaan kegiatan diawali dengan survey dan observasi untuk memilih lokasi pengabdian kepada masyarakat. Setelah konsolidasi dengan pejabat setempat untuk mengurus perijinan agar kegiatan mendapat dukungan dari masyarakat setempat,tahap persiapan dilanjutkan dengan penyusunan materi, pemilihan narasumber, persiapan alat dan bibit pohon mangrove,serta penyusunan urutan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertempat di Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengahpada tanggal 29 September 2019selama kurang lebih 6jam.

Di akhir kegiatan, seluruh peserta diberikan kesempatan untuk memberikan review,kesan ataupun pendapat mengenai kegiatan penanaman bibit pohon mangrove yang baru saja diikutinya.Kegiatan tersebut bertujuan menstimulan para mahasiswa belajar untuk mengemukakan pendapat,menerima serta memberi kritik dan saran secara objektif terhadap sebuah kegiatan massal.