Rabu ceria di SDN Sariglagah

Batang, Warungasem, [Rabu, 25/1], TIM KKN 1 Universitas Diponegoro menyambangi SD Negeri Sariglagah untuk menjalankan beberapa program kerja monodisiplin. Sasaran dari program kerja ini adalah siswa mulai dari kelas 2 sampai dengan kelas 5 SD. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti acara yang dilaksanakan di ruang kelas tersebut.

Siswa kelas 3 mendapatkan materi tentang bagaimana cara belajar matematika yang asik dan tidak membosankan. TIM KKN membuat alat peraga dari kardus, kertas bekas dan tusuk gigi. Alat peraga tersebut disamping untuk mengurangi sampah disekitar, juga bisa diharapkan bisa meningkatkan ketertarikan anak – anak pada matematika.

titi

Untuk meningkatkan pengetahuan tentang cerita nusantara, siswa kelas 2 dibacakan cerita nusantara yang menarik disertai dengan peraga dari masing – masing tokoh. Peraga tokoh juga dibuat dari beberapa barang bekas seperti sedotan dan styrofoam bekas. Disamping itu, siswa kelas4 juga mendapatkan tambahan pengetahuan tentang sastra melalui tugas pembuatan puisi. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas anak SD.

okta

Siswa kelas 5 juga tidak luput dari sasaran program kerja monodisiplin. Mereka diwajibkan membawa botol plastik bekas pada hari itu. Botol plastik tersebut digunakan sebagai bahan dasar pembuatan aquascape atau akuarium mini. Sontak keadaan kelas 5 langsung riuh ketika melihat TIM KKN membawa contoh akuarium mini dan membawa beberapa ekor ikan yang akan diberikan pada siswa. Program ini selain memanfaatkan botol bekas menjadi barang yang berguna, kreatifias anak SD juga diasah melalui penataan bagian dalam akuarium mini menggunakan pasir, dan batu hias.

ETA

Aksi terakhir yang sangat diminati semua siswa adalah aksi gizi. Bertepatan dengan hari gizi nasional tanggal 25 Januari, siswa sekolah dasar dijelaskan berbagai macam jenis makanan bergizi dan manfaat dari zat gizi itu sendiri. Diharapkan siswa sekolah dasar lebih sadar gizi dan bisa menunjang pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik. Pada aksi ini juga dilaksanakan bagi – bagi susu gratis untuk anak siswa sekolah dasar.

RIS

Acara hari tersebut selesai dengan dibaginya susu gratis bagi siswa sekolah dasar. TIM 1 KKN Undip desa Sariglagah sangat berterimakasih pada semua pihak, terutama segenap civitas akademika SDN Sariglagah yang sudah membantu kelancaran pelaksanaan program monodisiplin dari masing – masing disiplin ilmu para mahasiswa.