Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Berwawasan Lingkungan di Desa Puncel Kabupaten Pati

(2019) Sampah merupakan suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktivitas manusia maupun alam yang masih mempunyai nilai ekonomis hanya jika sampah tersebut dimanfaatkan kembali untuk menghasilkan sesuatu yang berguna. Dengan memanfaatkan sampah organik rumah tangga menjadi pupuk tanaman, dapat memberikan fungsi ganda terhadap kehidupan masyarakat desa, yaitu selain menghasilkan pupuk tanaman, juga dapat membantu masyarakat dalam menjaga hidup bersih.

Di mana dengan adanya kegiatan pengolahan sampah organik tersebut yang sebagian besar sampahnya berasal dari buangan sampah rumah tangga, dapat mengurangi volume sampah yang berpotensi terjadinya kekumuhan dan pencemaran lingkungan yang menyebabkan lingkungan menjadi tidak sehat dan kotor.

Untuk itu, diperlukan adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam pemanfaatan sampah organik di lingkungan masyarakat desa Puncel menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan sebagai pupuk tanaman dengan menggunakan komposter dan lubang biopori.

Kegiatan Puncel PUNCEL BERSERI merupakan program pelatihan pengolahan dan pemanfaatan sampah skala rumah tangga yang diberikan kepada ketua RT/RW dan perangkat Desa Puncel. Kegiatan ini berhasil menarik antusiasme perangkat desa dan ketua RT/RW untuk membangun desa puncel menjadi desa yang BERSERI. Permintaan bantuan untuk memfasilitasi pembuatan biopori dan pembuatan mol oleh beberapa RT menjadi awal keberlanjutan program PUNCEL BERSERI.

Untuk mengurangi genangan air di beberapa titik lingkungan rumah warga dipasang biopori. Pengolahan sampah organik sisa aktivitas rumah tangga dapat dijadikan mol menggunakan kaleng bekas biskuit dan dijadikan kompos dengan menggunakan alat komposter.