#X Bukan KKN Desa Ponari, Ini Istilah Kegiatan KKN UNDIP Di Masa Pandemi Covid-19 X-06-A-2#

Kab. Semarang – Ditengah pandemi Covid-19 yang terjadi, Universitas Diponegoro tetap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Upacara penerjunan KKN Tim II Universitas Diponegoro pada pagi hari, 08.00 WIB melalui via daring dengan perwakilan dari masing-masing kabupaten. Tema yang diusung pada KKN 2020 ini yakni “Pemberdayaan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).” Sistem yang diterapkan pada pelaksanaan ini dengan istilah “KKN Pulang Kampung.” Oleh sebab itu, penempatan lokasi pelaksanaan KKN ini sesuai dengan lokasi yang ditinggali oleh mahasiwa saat ini (5/7).

Perijinan di area Kecamatan Bawen dilakukan pada pagi hari, 09.00 dengan Selasa, 7 Juli 2020 dengan terdiri dari 7 mahasiswa yang berada diwilayah Kecamatan Bawen yang masing-masing juga berasal dari kelurahan atau desa yang berbeda antara lain Kelurahan Harjosari, Kelurahan Bawen, Desa Samban, dan Desa Lemahireng. Dengan mendatangi Kantor Kecamatan Bawen yang berlokasi di Harjosari, Kec. Bawen, Kab. Semarang, Jawa Tengah (7/7).

Selama proses perijinan berlangsung bertemu dengan Ibu Umi yang merupakan salah satu pegawai Kantor Kecamatan. Kedatangan mahasiswa UNDIP disambut baik oleh pihak Kecamatan Bawen. Dimana diberikan perijinan untuk melaksanakan kegiatan KKN di daerah tempat tinggal masing-masing dengan syarat jika ingin melakukan kegiatan yang mengumpulkan warga perlu berkoordinasi oleh pihak Kelurahan/Desa terlebih dahulu. Sehingga perlu untuk melakukan perijinan kepada kepala desa/lurah masing dengan membawa proposal kegiatan serta surat ijin kegiatan.

Perijinan Di Desa Lemahireng
Sumber : tangkapan gambar ponsel

Setelah perijinan dari Kecamatan Bawen telah di terima. Kemudian selanjutnya bertemu oleh Kepala Desa Lemahireng untuk meminta perijinan pelaksanaan kegiatan KKN di Dusun Sedandang. Perijinan dilakukan bertemu dengan Bapak Kabul Widodo, Kepala Desa Lemahireng. Beliau menuturkan, “Saya memberikan ijin untuk melakukan kegiatan KKN di Dusun Sedandang RW 04, akan tetapi kalau melakukan kegiatan dengan mengumpulkan warga harus menaati protokol kegiatan yang berlaku seperti social distancing serta pemakaian masker.” Melihat kondisi yang sedang terjadi perlu diperhatikan oleh mahasiswa pelaksana KKN.

Perijinan Di Dusun Sedandang RT04/RW04
Sumber : tangkapan gambar ponsel

Begitu pula, ketika perijinan kepada Ketua RT 04/RW 04, Desa Lemahireng, Dusun Sedandang. Bapak Rochmat selaku Ketua RT 04, juga memberikan perijinan terkait pelaksanaan KKN di wilayah RT 04/RW 04 subyek kegiatan yakni para remaja IRSELA. Akan tetapi, perlu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku pula.

Dengan adanya pelaksanaan kegiatan KKN ini dengan memberdayakan remaja IRSELA, diharapkan dapat memberikan pengetahuan, pengalaman, serta peningkatan ketrampilan dari para remaja berkaitan dengan dunia bisnis. Sehingga nantinya dapat memanfaatkan peluang bisnis sesuai dengan trend yang ada.