#XHRD Bocorkan Cara Wawancara Kerja Kepada Calon WirausahaX-17-B-2#

Gunung Tumpeng, 16/07/2020 Penyuluhan mengenai materi kewirausahaan dan tata cara wawancara kerja yang bertempat di Gedung Pertemuan Desa Gunung Tumpeng, Kecamatan Suruh telah terlaksana dengan baik.

“Desa Gunung Tumpeng saat ini memang berupaya memaksimalkan UMKM dan BUMDES. Hal ini kami lakukan untuk menciptakan kemandirian masyarakat, agar warga memiliki penghasilan dan bisa membuka lapangan kerja untuk tetangga sekitar.” Ungkap Bapak Sutriyono selaku Kepala Desa Gunung Tumpeng.

Selain itu, dalam sambutannya beliau mengatakan sangat mendukung dengan program yang dilaksankan oleh mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro tahun ini. Program penyuluhan yang diberikan dinilai sangat bermanfaat serta merupakan materi yang dibutuhkan. Acara yang dihadiri oleh sejumlah perangkat kelurahan dan pemuda pemudi perwakilan dari beberapa karang taruna ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Seperti setiap peserta dihimbau untuk mengenakan masker, ketika akan memasuki ruangan atau meninggalkan ruangan dihimbau untuk mencuci tangan terlebih dahulu, serta posisi duduk antar individu yang berjauhan. Acara tersebut bukan hanya memperhatikan keterbutuhan pserta dengan materi, namun juga memperhatikan protocol kesehatan.

Kegiatan yang positif ini dihadiri oleh sekitar 32 peserta, dengan membawakan materi yang pertama adalah kewirausahaan. Materi yang dibawakan oleh saudara Luluk selaku mahasiswa KKN dari UNDIP dinilai penting, dimana diharapkan pemuda yang ada di Desa Gunung Tumpeng tertarik untuk berwirausaha. Rumpun ilmu dari narasumber memang sesui dengan materi ini, dimana pemateri merupakan mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Selain itu Ia juga mahasiswa yang merintis usaha dan memiliki beberapa usaha dan masih berjalan.

Pada sesi materi kedua, dalam penyuluhan ini dihadiri pula oleh narasumber senior dari PT APAC INTI, Pemateri bernama lengkap Ibu Tri Lestari Setyani merupakan HRD dan Personalia senior di perusahaan tersebut. Beliau memberikan materi mengenai tata cara wawancara kerja, dimana kita tahu bahwa salah satu momok bagi pelamar kerja adalah pada tahap ini, tahap wawancara menentukan diterima atau tidaknya pelamar. Sehingga pengetahuan diperlukan dalam proses melamar pekerjaan, tidak heran pad sesi ini banyak diantara peserta yang melontarkan pertanyaan kepada narasumber.

“Siapkan mental, bersikap tenang dan rileks, serta tetap semangat adalah kunci dalam interview.” Ungkap Ibu Tri.

Antusias peserta dinilai bagus, terlihat dari beberapa pertanyaan yang dilontarkan.

“Acaranya bagus, saya dapat banyak ilmu disini, nanti kalua saya ada pertanyaan lain waktu bisa saya tanyakan ke kamu.” Ungkap salah satu peserta bernama Aji Sarbono sembari bercengkrama dengan mahasiswa KKN UNDIP.

Harapan dari acara ini dapat memberikan ilmu bagi masyarakat khususnya pemuda Desa Gunung Tumpeng, serta harapan positif lainnya yang telah dilontarkan oleh Kepala Desa diawal sambutan Beliau.