#X Pentingnya media online untuk meningkatkan produktifitas UMKM di masa new normal X-40-A-2#
Senin, 13 April 2020- Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Mahasiswa UNDIP bersama salah seorang mitra UMKM melakukan brainstorming untuk memulai penjualan berbasis online untuk meningkatkan penjualan di masa new normal sekarang ini. Mitra tersebut tak lain dan tak bukan adalah Bu Ses, salah satu UMKM yang kian berjuang melawan zaman untuk menghidupi keluarganya.
Bersama dengan mahasiswa UNDIP mereka berdua mencanangkan sebuah rencana untuk memasarkan produk sehingga dapat menggaet sebuah pangsa pasar baru ditengah kalangan mahasiswa. Strategi pemasaran, yang merupakan salah satu pilar dari suatu bisnis untuk berkembang merupakan hal yang pokok untuk dipikirkan dalam menyusun suatu rencana bisnis/business plan. Dengan sedikit bantuan skill mengolah media mahasiswa UNDIP berencana mengubah citra warung kecil tersebut menjadi warung yang muda yang digemari oleh kalangan remaja lewat keaktifannya di media sosial.
Membangun citra saja tidak cukup jika tidak diimbangi dengan kualitas produk yang dihasilkan. Dengan demikian perlu sebuah testimoni dari target pasar yang dituju untuk mencicipi produk dari warung Bu Ses. Pindang Lombok Hijau menjadi favorit diantara 6 menu yang saya canangkan untuk dipasarkan secara online.
Platform sudah terbentuk, produk sudah di fiksasi maka langkah selanjutnya adalah memasarkan. Dengan begitu dapat diketahui kecacatan dan resolusinya, begitu seterusnya hingga settle. Mahasiswa UNDIP berkomitmen untuk mengawal Bu Ses hingga beliau dapat dengan mandiri menjalankan bisnis tersebut dengan baik.