Budidaya Ikan Lele dalam Ember dengan Sistem Aquaponik sebagai Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Juwana, Pati (15/07/2020), Kebanyakan orang berpikir bahwa jika ingin beternak dan bertani harus memiliki lahan yang luas. Belakangan ini teknik budidaya ikan lele dalam ember cukupĀ  populer di masyarakat terlebih di era pandemi COVID-19. Dengan sistem aquaponik ini seseorang dapat beternak lele dan menanam sayur sekaligus meskipun di rumah atau lahan sempit sekalipun. Teknik ini tidak perlu lahan yang luas cukup menggunakan ember, gelas plastik, kawat, arang, benih ikan dan sayur dalam pembuatannya.

Untuk membuat budidaya ini cukup mudah yaitu pertama melubangi bagian bawah gelas plastik guna menyerap air saat menanam kangkung. Kawat dipotong dengan ukuran antara 10 – 12 cm dan dibengkokan seperti huruf U agar gelas plastik dapat dikaitkan ke ember, selanjutnya gelas plastik tersebut diisi dengan bibit kangkung dan diisi dengan arang. Ember diisi dengan air secukupnya (sampai mengenai akar dari kangkung), kemudian bibit lele dimasukkan (satu ember dapat diisi 60-100 bibit ikan lele).

Program kegiatan ini dilaksanakan oleh Putra Aldi Pramudya dari Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2020. Pelatihan ini dilakukan dengan menjelaskan terlebih dahulu kepada warga mengenai teknik budidaya, dan melakukan interaksi tanya jawab secara langsung. Dari kegiatan ini diharapkan agar masyarakat sekitar dapat mengaplikasikan teknik budidaya ini guna meningkatkan perekonomian.

Oleh: Putra Aldi Pramudya

Editor : Rani Tiyas